Tips & Trik

5+ Cara Aktivasi Windows 10 Pro

Cara Aktivasi Windows 10 Pro
https://kuotabro.com

Lisensi WIndows mahal? Kamu bisa pakai 5+ Cara Aktivasi Windows 10 Pro ini tanpa menggunakan produk key. Aman dan legal, silahkan coba cara ini.

Kuotabro.com – Ketika kita menggunakan atau menginstal Windows 10, baik yang Windows 10 biasa maupun yang versi Pro tentunya kita perlu melakukan aktivasi.

Apa sebenarnya fungsi aktivasi di Windows 10? Tujuannya adalah agar kita dapat menggunakan segala fitur yang disediakan.

Karena seperti yang kita ketahui bahwa Windows 10 Pro saat ini menjadi salah satu sistem operasi yang banyak digunakan di dunia.

Untuk melakukan aktivasi seringkali pengguna juga gagal sehingga perlu melakukan aktivasi kembali.

Namun sebenarnya untuk aktivasi Windows 10 Pro sangat mudah apalagi jika anda memiliki produk key resmi dari Windows 10 Pro.

Yang menjadi masalah adalah tidak semua orang memiliki produk tersebut sehingga perlu cara aktivasi Windows 10 Pro tanpa product key.

Oleh karena itu dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan sedikit informasi beberapa cara aktivasi Windows 10 Pro baik secara online maupun offline serta tanpa product key.

Bagi pembaca yang mengalami masalah ketika aktivasi Windows 10 Pro bisa membaca pembahasan kali ini secara lengkap.

Cara Aktivasi Windows 10 Pro Online

Untuk Cara yang pertama ini hanya bisa digunakan bagi Anda yang membeli Microsoft Windows 10 Pro secara resmi serta mendapatkan DVD original atau hanya mendapatkan product key nya saja.

Cara pertama ini bisa digunakan untuk Windows 10 Pro 32 bit maupun 64 bit.

Silakan simak langkah-langkah berikut ini secara lengkap:

  1. Pertama-tama anda perlu memastikan laptop atau komputer yang digunakan sudah terkoneksi dengan internet yang stabil. Untuk mengecek kualitas koneksi internet bisa dengan browsing website atau membuka YouTube.
  2. Lalu setelah itu tekan tombol Start yang ada di pojok kiri bawah layar lalu pilih icon menu settings yang berbentuk seperti gear.Aktivasi Windows 10 Pro
  3. Lalu setelah itu Anda akan dibawa ke Windows setting, pada tampilan tersebut silakan Anda memilih menu “update and security”, lanjutkan dengan memilih activation.
  4. Coba perhatikan dan fokus pada sisi sebelah kanan maka akan ada tombol opsi “Change Product Key”Cara Aktivasi Windows 10 Pro
  5. Tekan tombol tersebut dan silahkan masukkan keyoriginal yang anda dapatkan dari Windows 10 Pro yang terdiri dari 25 digit perpaduan antara angka dan huruf. Setelah itu klik opsi Next.Key Product Input
  6. Setelah itu akan muncul tombol “Activate”, Klik tombol tersebut untuk memulai aktivasi Windows 10 pro dan tunggu beberapa saat sampai proses aktivasi Windows 10 Pro selesai dilakukan.

Apabila anda melakukan semua langkah-langkah di atas dengan benar, maka akan ada tampilan yang menerangkan “Windows is activated”, klik opsi Close.

Sampai di sini anda sudah menyelesaikan cara aktivasi Windows 10 Pro online menggunakan key product.

Bisa dibilang cara ini yang paling aman dan paling mudah digunakan sehingga pastikan anda mendapatkan key product ketika membeli PC atau laptop.

Cara Aktivasi Windows 10 Pro Offline

Untuk cara yang kedua ini bisa Anda gunakan jika tidak memiliki produk key mengingat harganya yang memang mahal.

Cara aktivasi Windows 10 Pro offline yaitu dengan menggunakan Acticator KMS Auto Lite.

Hadirnya aplikasi ini membantu pengguna yang ingin melakukan aktivasi Windows secara legal tanpa harus membeli lisensi yang mahal.

Aplikasi ini bersifat portable sehingga tidak harus di-instal di laptop atau komputer anda, hanya perlu menyediakan flash disk untuk melakukan aktivasi Windows dengan mudah.

Untuk lebih jelasnya cara menggunakan KMS Auto Lite Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Pertama-tama anda perlu mengunduh terlebih dahulu aplikasi KMS Auto Lite yang banyak tersedia di internet.
  2. Jika anda sudah selesai mendownload aplikasi tersebut maka selanjutnya matikan koneksi internet. Apabila menggunakan wifi maka terlebih dahulu harus dilakukan disconnect maupun bagi yang menggunakan kabel LAN maka harus dicabut dulu kabelnya.
  3. Disini anda sudah menginstal aplikasi Windows 10 Pro maupun Windows seri lainnya maka silakan non-aktifkan Windows Defender security termasuk aplikasi antivirus lainnya yang terinstal di perangkat anda.Non Aktifkan Window Defender
  4. Pastikan semua antivirus yang Anda gunakan sudah dalam keadaan nonaktif. Fokus pada menu Real Time protection, dimana secara default selalu on, maka geser ke off.Matikan Aplikasi Virus
  5. Langkah yang berikutnya Anda bisa masuk ke aplikasi KMS auto Lite yang sudah didownload dan diekstrak. Untuk menjalankan aplikasi ini maka anda perlu mengetahui berapa bit jenis operasi Windows yang digunakan pada perangkat anda. Sesuaikan dengan yang Anda gunakan.
  6. Misalnya di sini menggunakan versi 64-bit maka pilih menjalankan KMS auto misalnya disini menggunakan versi 64-bit maka pilih menjalankan KMS auto x64. Lalu pilih opsi Run as administrator.Run As Administrator
  7. Jika aplikasi sudah terbuka Maka selanjutnya pilih opsi instal keys. Apabila antarmuka aplikasi sudah berubah maka pilih saja opsi Windows GVLK. Berikutnya akan muncul pertanyaan yang berkaitan dengan installing key maka silakan pilih opsi “Yes” sehingga secara otomatis aplikasi KMS auto Lite mencari key yang sesuai dan memasangnya ke sistem operasi Windows anda.Instal GVLK KMS Auto Lite

Apabila anda menyelesaikan langkah demi langkah seperti yang sudah dijelaskan diatas dengan benar maka proses aktivasi Windows 10 Pro berjalan dengan lancar dan berhasil.

Sudah banyak yang menggunakan aplikasi ini untuk cara aktivasi Windows 10 Pro tanpa product key original.

Sehingga dengan menggunakan cara tersebut maka status Windows Pro yang Anda gunakan saat ini sudah legal dan anda bisa menggunakan semua fitur yang tadinya terkunci menjadi terbuka.Aktivasi Windows 10 Pro KMS Auto Lite Berhasil

Bagaimana, mudah sekali bukan?

Akan tetapi jika ada pengguna yang tidak bisa menggunakan cara ini atau mengalami masalah maka biasanya karena adanya kekurangan program Windows yang digunakan.

Sehingga solusinya harus menginstal program Net Framework versi 4 terlebih dahulu.

Apabila anda sudah instal key namun status Windows masih ilegal, maka buka kembali aplikasi KMS auto Lite dan klik opsi “Activate Windows” lalu tunggu hingga prosesnya selesai.

Setelah itu coba restart Windows anda dan cek kembali status aktivasinya apakah sudah teraktivasi secara legal atau belum.

Cara Aktivasi Windows 10 KMSpico

Cara ini bisa Anda gunakan jika Anda masih gagal melakukan aktivasi Windows 10 Pro menggunakan cara-cara yang sebelumnya.

Caranya yaitu dengan menggunakan KMS Pico di mana cara penggunaannya lebih mudah daripada aplikasi KMS auto Lite meskipun sama-sama versi portable.

Hanya saja pada aplikasi KMS Pico ini memiliki ukuran yang lebih kecil namun memiliki kemampuan yang sama seperti KMS auto Lite dalam mengaktivasi Windows 10 Pro m

Saking mudahnya penggunaan aplikasi ini bahkan pengguna hanya perlu menekan satu tombol saja untuk semua proses sehingga aktivasi akan berjalan secara otomatis.

Akan tetapi yang terpenting dengan menggunakan aplikasi KMS Pico ini bisa digunakan sebagai cara aktivasi Windows 10 Pro tanpa product key.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Karena cara ini juga menggunakan aplikasi pihak ketiga maka terlebih dahulu Anda harus mendownload aplikasi KMS Pico yang ada di internet. Setelah terdownload langsung saja ekstrak aplikasi tersebut.
  2. Langkah yang selanjutnya anda perlu mematikan semua koneksi internet sekaligus antivirus yang terpasang di perangkat anda. Selain itu pastikan anda juga mematikan Windows Defender Security seperti cara sebelumnya. Karena jika anda tidak mematikan aktifitas Windows Defender security tersebut maka aplikasi KMS Pico akan dikarantina.
  3. Setelah itu langsung saja masuk ke folder KMS Pico portable dan klik kanan pada aplikasi KMS ELDI lalu pilih Run as administrator.Run As Administrator KMS Pico
  4. Jika aplikasi KMS Pico sudah terbuka maka anda bisa memilih opsi tombol merah besar. Klik tombol tersebut.Tombol Merah Aplikasi KMSPico
  5. Seperti yang sudah di singgung sebelumnya bahwa aplikasi ini akan bekerja secara otomatis untuk mengaktivasi Windows 10 Pro anda maka tunggu hingga prosesnya selesai. Seperti yang sudah di singgung sebelumnya bahwa aplikasi ini akan bekerja secara otomatis untuk mengaktivasi Windows 10 Pro anda maka tunggu hingga prosesnya selesai

Sebagai catatan bahwa aplikasi KMS Pico akan tertutup secara otomatis tanpa adanya konfirmasi apakah aktivasi berhasil atau gagal.

Namun beberapa pengguna juga ada yang mendapatkan informasi maupun pesan suara atas keberhasilan aktivasi.

Bagi pengguna yang tidak mendapatkan keterangan atau notifikasi berhasil atau tidaknya aktivasi maka bisa mengecek melalui sistem.

Caranya yaitu dengan masuk ke file explorer lalu klik kanan pada This PC dan pilih opsi properties.

Silakan anda melakukan langkah-langkah di atas dengan benar dan semoga berhasil melakukan aktivasi Windows 10 Pro anda untuk menikmati semua fitur yang tersedia secara legal.

Bagi pengguna awam tentu disarankan lebih baik menggunakan cara yang ketiga ini karena tidak perlu menyediakan koneksi internet dan hanya satu langkah Klik tombol saja untuk memulai proses aktivasi Windows 10 Pro.

Apalagi aplikasi KMS Pico adalah software portable sehingga pengguna tidak perlu menginstal aplikasinya terlebih dahulu.

KMS Pico tidak hanya digunakan untuk menangani aktivasi Windows 10 saja melainkan juga Windows 7, Windows 8 maupun Windows 8.1.

Selain itu aplikasi ini juga memiliki fitur untuk membuat cadangan berupa file dari lisensi produk yang berguna memulihkan lisensi produk ketika terjadi kesalahan dalam proses aktivasi.

Cara Aktivasi Windows 10 Pro dengan CMD

Seberapa penting aktivasi Windows 10 Pro? Jawabannya adalah sangat penting sekali karena dengan melakukan aktivasi Windows 10 maka anda bisa menggunakan beragam fitur yang disediakan oleh Windows dengan mudah dan legal.

Jika anda tidak melakukan aktivasi Windows 10 Pro maka anda tidak akan bisa menggunakannya seperti biasa.

Selain beberapa cara aktivasi Windows 10 Pro seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada cara lainnya untuk aktivasi Windows 10 Pro bagi kalian yang tidak memiliki produk key dari Windows.

Caranya yaitu menggunakan CMD.

Adapun berikut ini cara aktivasi Windows 10 dengan CMD yang bisa anda ikuti langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu memastikan perangkat Anda terhubung dengan koneksi internet.
  2. Selanjutnya Anda bisa mencari produk dengan mengunjungi situs Free Key. Menggunakan cara ini memang Anda perlu mendapatkan key product terlebih dahulu, namun key tersebut hanya dapat digunakan untuk aktivasi Windows 10 melalui CMD saja.
  3. Jika anda sudah mendapatkan key-nya, maka anda bisa membuka CMD melalui Run as administrator. Caranya yaitu dengan Klik Kanan pada Start menu lalu pilih command prompt.Menu Command Promt
  4. Lalu setelah itu ketik “slmgr/ipk xxxx-xxxx-xxxx-xxxx (xxx = nomor key yang sudah Anda dapatkan), lalu tekan enter.
  5. Lalu setelah muncul tampilan berikutnya ketik lagi “slmgr/skms kms.xspace.in”, kemudian enter. Lanjutkan dengan mengetik “slmgr/ato”.
  6. Apabila anda sudah mendapatkan bacaan sukses dan berhasil maka artinya Windows 10 perangkat anda sudah teraktivasi. Namun jika belum Maka akan muncul tulisan “Code Error atau Keys Blocked”.

Jika ternyata anda gagal menggunakan cara ini untuk aktivasi Windows 10 Pro perangkat anda, maka anda bisa mengulangi dari langkah pertama dengan menggunakan produk key yang lain, siapa tahu berhasil.

Cara Aktivasi Windows 10 Pro Tanpa Product Key

Bagi yang tidak ingin membeli lisensi untuk aktivasi Windows 10 from memang cara aktivasi Windows 10 Pro tanpa product key bisa menjadi solusinya.

Anda bisa menggunakan cara aktivasi Windows 10 Pro tanpa product key dengan bantuan aplikasi AAct portable.

Nama aplikasi ini memang kurang populer jika dibandingkan dengan aplikasi KMS auto Lite maupun KMS Pico, hanya saja performa dari aplikasi AAct portable cukup bisa diandalkan untuk urusan aktivasi Windows 10 Pro tanpa menggunakan product key.

Apalagi dengan penggunaannya yang mudah serta tingkat keberhasilannya yang tinggi sehingga membuat aplikasi ini recommended dijadikan alternatif untuk aktivasi Windows 10 Pro.

Aplikasi ini bahkan tidak hanya bisa digunakan untuk aktivasi Windows 10 Pro saja melainkan juga bisa digunakan untuk aktivasi Windows 7 Windows 8 maupun Windows 8.1.

Untuk lebih jelasnya langsung saja ikuti langkah-langkah aktivasi Windows 10 menggunakan AAct Portable:

  1. Sama seperti cara-cara yang sebelumnya terlebih dahulu Anda harus mendownload aplikasi AAct Portable yang tersedia linknya di internet. Software ini bisa anda dapatkan secara gratis sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk mengaktivasi Windows 10. Jika anda sudah mendapatkan aplikasinya maka ekstrak aplikasi tersebut.
  2. Kemudian masuk ke folder AAct, pilih sesuai versi bit komputer yang Anda gunakan. Dalam folder tersebut ada pilihan AAct (untuk versi bit 32) dan AAct_x64 (untuk bersi bit 64). Kemudian pilih Run as administrator. Jika ada pertanyaan klik Yes saja.
  3. Jika aplikasi sudah terbuka maka anda bisa memilih Windows Activation yang ada di sebelah kiri dan tunggu hingga proses aktivasi komplit.
  4. Apabila proses aktivasi berhasil maka anda bisa melihat pada Visual Basic Information About Your ComputerAAct Portable

Meskipun aplikasi ini berukuran kecil dan belum terlalu populer dibandingkan aplikasi lainnya dalam hal Windows 10 Pro activation, namun AAct cukup handal untuk melakukan aktivasi Windows 10 Anda tanpa harus menggunakan key product.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas maka sekarang Windows anda sudah menjadi legal.

Selain itu proses aktivasi dengan menggunakan aplikasi ini juga selalu berjalan sempurna dan bahkan banyak yang sudah membuktikan berhasil melakukan aktivasi secara legal menggunakan aplikasi yang satu ini.

Jarang ada pengguna yang mengalami error ketika melakukan aktivasi sehingga Anda bisa mencobanya sendiri untuk melakukan aktivasi Windows 10 Pro anda.

Akhir Kata

Demikian itulah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk melakukan aktivasi Windows 10 Pro baik secara online maupun offline serta tanpa product key.

Anda bisa menggunakan salah satu cara diatas untuk melakukan aktivasi Windows 10 anda sehingga dapat menikmati berbagai fitur Windows 10 dengan legal.

Bagaimana menurut anda, apakah informasi ini cukup membantu? Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tentang Penulis

Nurikhsani S.I.Kom.

Nurikhsani S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992