Tips & Trik

3 Cara Cek NISN Siswa SD, SMP, SMA/ SMK

Cara Cek NISN Siswa
https://kuotabro.com
Siva Nurikhsa S.I.Kom.
Writen & Edited By Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Bagaimana Cara Cek NISN Siswa SD, SMP, SMA/ SMK secara online berdasarkan nama/ sekolah? Mudah sekali, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Kuotabro.comCara Cek NISN Siswa SD, SMP, SMA/ SMK – NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional merupakan layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa untuk tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, yang artinya NISN merupakan data yang dikelola oleh Kemendikbud.

Setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang sudah memiliki NPSN dan juga sudah terdaftar di referensi Kemendikbud akan diberikan NISN.

Namun masih juga terdapat siswa atau siswi yang belum mengetahui NISN miliknya sendiri, hal tersebut bisa terjadi karena biasanya kesalahan dari orang tua siswa yang tidak melakukan daftar ulang atau juga bisa karena kesalahan dari pihak sekolah.

Dikarenakan NISN siswa tidak tercantum pada rapor sekolah ataupun daftar absensi maka banyak juga kasus siswa kelas 9 atau 12 tidak bisa untuk mengikuti UN hanya karena tidak memiliki NISN padahal pada kenyataannya setiap siswa atau siswi pasti memiliki NISN.

Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan Cara Cek NISN Siswa SD, SMP, SMA/ SMK yang akan kami bahas disini.

Kegunaan Dan Tujuan NISN

NISN memiliki beberapa kegunaan baik itu untuk sebagai alat verifikasi peserta didik maupun untuk keperluan administrasi instansi terkait.

Berikut adalah beberapa kegunaan dan tujuan dari NISN:

  • Untuk memudahkan ketika verifikasi siswa atau peserta didik yang bersekolah di Indonesia ataupun sekolah Indonesia di luar negeri secara standar, konsisten, dan juga berkesinambungan.
  • Untuk memudahkan dalam sistem pengelolaan pada banyak unit kerja.
  • Sebagai alat pendukung dari program dapodik yang berguna dalam pengembangan serta penerapan program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan juga program pendidikan untuk tingkat nasional, provinsi, kota, kabupaten, hingga tingkat sekolah.

Cara Cek NISN Siswa Kemendikbud secara Online dengan Mudah

Untuk cara mengetahui NISN sebenarnya terdapat beberapa cara yaitu dapat dengan menghubungi pihak skolah atau langsung datang ke ka kantor Kemendikbud.

Sementara untuk cara yang lebih praktis bisa mengunjungi situs kemendikbud dimana situsnya adalah hasil dari kerjasama kemendikbud dengan dapodik.

Untuk selengkapnya kami akan  mengulas caranya disini tentang cara cek NISN Siswa secara online.

Cara Cek NISN Untuk Siswa SD, SMP, SMA / SMK Berdasarkan NISN

Cara ini bertujuan untuk mengecek kebenaran dari NISN siswa dan untuk memastikan data yang sudah tercantum pada database NISN sudah sesuai dengan akta kelahiran siswa seperti ejaan nama, tempat lahir, dan juga tanggal lahir.

Pengecekan tersebut sangat penting, sehingga jika ada kesalahan data seperti penulisan nama lengkap maka bisa segera menghubungi pihak sekolah agar tidak menjadi masalah kedepannya.

Berikut adalah cara untuk mengecek NISN siswa berdasarkan NISN:

  1. Kunjungi Website NISN
    Langkah yang pertama yaitu dengan mengunjungi situs resmi NISN yang beralamat di https://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data.cek nisn online
  2. Masukan NISN siswa dan nama Ibu Kandung
    Setelah itu masukkan NISN siswa dan nama Ibu Kandung pada kolom yang sudah tersedia, lalu klik tombol Cari.
  3. Cek data yang sudah muncul
    Selanjutnya perhatian dan cek data siswa yang muncul seperti nama, jenis kelamin, tempat lahir, dan juga tanggal lahir.

Jika terdapat kesalahan data sebaiknya segera untuk menghubungi pihak kemendikbud atau juga bisa lihak sekolah agar segera untuk memperbaiki data yang keliru atau salah.

Cara Cek NISN Siswa Berdasarkan Dengan Nama Siswa, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir

Untuk skenario yang berbeda, mungkin siswa tidak mengetahui berapa nomor NISN mereka. Namun tidak perlu khawatir karena bisa menggunakan cara cek NISN berdasarkan nama siswa, tempat lahir dan tanggal lahir.

Berikut adalah cara untuk mengecek NISN untuk siswa SD, SMP, SMA / SMK melalui nama:

  1. Kunjungi website NISN
    Langkah yang pertama adalah siswa dapat mengunjungi pada situs laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data yang dapat dibuka dan jalankan di browser HP atau PC atau laptop.
  2. Tab pencarian berdasarkan nama
    Jika sebelumnya menggunakan tab berdasarkan NISN, maka kali ini menggunakan tab berdasarkan nama yang ada di sebelah kanan. cek nisn online berdasarkan nama
    Karena untuk mencari NISN berdasarkan nama maka siswa dapat mengklik tab pencarian berdasarkan nama.
  3. Masukkan beberapa data yang diminta
    Setelah itu masukkan beberapa data seperti nama lengkap siswa, tempat lahir, tanggal lahir (DD-MM-YY), dan juga nama Ibu.
  4. Klik tombol cari
    Jika semua data yang diminta sudah diisi klik pada tombol cari yang terletak di bagian bawah formulir.
    Jika data yang dimasukan sudah benar, maka siswa akan dialihkan pada laman hasil pencarian berdasarkan nama yang dimana lada laman ini akan muncul beberapa data seperti NISN, Nama, Jenis Kelamin, Tempat Lahir dan Tanggal Lahir.
    Namun jika data yang muncul pada tabel adalah keterangan ‘No records to display‘ itu berarti terdapat kesalahan data yang dimasukkan.

Siswa dapat memuat ulang halaman dan melakukan pengisian data kembali dengan benar dan cek NISN melalui nama kembali.

Mudah sekali bukan cara pengecekan NISN berdasarkan nama?

Cari NISN Siswa Melalui Aplikasi

Cara yang ketiga, bisa melalui aplikasi jika Anda ingin melakukan pengecekan NISN secara online.

Selain melalui situs cara mengecek NISN juga dapat dilakukan melalui aplikasi android yang bernama “Data NISN”, tentu dengan bantuan aplikasi ini kita bisa mencari NISN dengan mudah hanya lewat  ponsel pintar.

Pada aplikasi ini data yang dipakai sudah bersumber dari database Kemendikbud sehingga bisa menampilkan data siswa secara valid dimana databasenya sama seperti yang digunakan pada web NISN.

Ditambah aplikasi data NISN ini memiliki desain antar muka yang sederhana sehingga mudah jika digunakan, berikut adalah cara untuk mengecek NISN lewat aplikasi yaitu:

  1. Download dan install aplikasi data NISN
    Yang pertama download dan install terlebih dahulu aplikasi data NISN yang terdapat di Google Play Store dan jalankan aplikasi jika sudah berhasil terpasang.
  2. Klik tab cari biodata atau cari NISN
    Selanjutnya jika sudah berada di jendela aplikasi klik tab cari biodata untuk mencari data siswa atau cari NISN untuk mencari NISN berdasarkan nama, tempat lahir dan tanggal lahir
  3. Isi data formulir secara lengkap dan benar
    Kemudian masukkan data-data yang diminta secara lengkap dan benar lalu klik cari.
  4. Cek informasi data yang muncul
    Jika semua data sudah muncul, cek secara teliti dan jika terdapat kesalahan maka segera menghubungi pihak yang terkait.

Akhir Kata

Nah, demikian itulah cara cek NISN Siswa SD, SMA/SMK dengan mudah secara online.

Cara pengecekan secara online ini sangat penting bagi Anda atau siswa yang ingin mengetahui apakah data-data mereka yang tersimpan sudah benar atau belum.

Hal tersebut juga untuk mencegah kesalahan data yang tidak diketahui. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992