Tips & Trik

Cara Flash Oppo R1001 Hanya Getar

Cara Flash Oppo R1001 Hanya Getar
https://kuotabro.com

HP Oppo Anda cuma getar panjang dan tidak nyala? Pakai Cara Flash Oppo R1001 Hanya Getar ini dengan beberapa langkah mudah.

5/5 (21)

Kuotabro.com – Salah satu gejala ponsel yang mengalami masalah yaitu ketika dinyalakan hanya menunjukkan getar saja.

Biasanya getar cenderung lebih lama namun kemudian ponsel mati kembali.

Tak terkecuali pada HP Oppo R1001 dimana beberapa penggunanya mengeluhkan masalah ponsel yang dinyalakan namun hanya getar saja.

Salah satu penyebab ponsel yang tidak mau menyala dan hanya bergetar saja ya itu biasanya karena ada error pada bagian motherboard nya sehingga ponsel tidak bisa bekerja dengan optimal.

Oleh karena itu ketika mengalami masalah seperti ini pastinya anda akan panik bukan?

Salah satu cara untuk mengatasi ponsel yang hanya bergetar saja ketika dinyalakan termasuk di HP Oppo R1001 yaitu dengan melakukan Flash.

Flashing sendiri merupakan pekerjaan untuk melakukan upgrade software pada ponsel ke yang baru.

Berbeda dengan factory reset yang hanya akan mengembalikan setelan pabrik ke semula.

Pada proses blasting ini benar-benar mengganti sistem yang ada di Smartphone anda dengan file firmware flashing yang baru.

Tidak usah buru-buru datang ke tempat service smartphone, Karena Anda bisa melakukan flashing HP Oppo R1001 sendiri di rumah.

Bagaimana caranya?

Dalam artikel kali ini akan membahas cara flash Oppo R1001 hanya getar.

Download Firmware Oppo R1001

Apa yang dimaksud dengan firmware?

Mungkin sebagian dari Anda masih terasa asing dengan istilah yang satu ini.

Firmware merupakan produk yang digunakan untuk melakukan flash smartphone.

Sehingga untuk melakukan flashing tidak terlepas dari komponen yang satu ini.

Sebelum Anda melanjutkan ke tahap cara flash Oppo R1001 terlebih dahulu Anda harus mencari file firmware Oppo R1001 original.

Ada dua cara yang bisa digunakan untuk Flash Oppo R1001 yaitu dengan SD card atau SP flash tool gimana keduanya memiliki firmware yang berbeda.

Firmware Oppo R1001 SD Card

Firmware Oppo R1001 SD card ini berguna untuk Anda yang ingin melakukan flashing langsung melalui smartphone tanpa harus menggunakan perangkat komputer.

Cara ini memang lebih praktis karena flashing akan berjalan secara otomatis ketika memori SD card di isi dengan file firmware Oppo R1001 original.

Sehingga apabila anda akan melakukan flash Oppo R1001 dengan maka silakan unduh file firmware nya terlebih dahulu berikut ini:

Firmware Oppo via Flash Tool

Untuk cara flashing Oppo R1001 dengan menggunakan PC maka membutuhkan firmware Oppo via flash tool.

Namun untuk menggunakan cara flashing via PC ini Anda juga harus menginstal software SP flash toolnya di perangkat komputer anda.

Karena sp-flash-tool ini merupakan software yang digunakan untuk melakukan flashing pada smartphone Android dengan chipset MediaTek atau MTK.

Sehingga jika ingin melakukan flashing Oppo Joy R1001 perlu menggunakan software SP flash tool ini.

Tentunya Anda harus memastikan bahwa anda menggunakan software yang original agar tidak menyebabkan masalah lainnya  pada ponsel Anda.

SP flash tool ini juga sangat ampuh untuk mengatasi HP Oppo R1001 yang hanya getar saja.

Berikut link untuk mendownload zip Oppo R1001 Via flashtool:

Cara Flashing Oppo R1001

Apabila anda sudah mengunduh file zip yang sebelumnya untuk bahan flashing, maka selanjutnya Anda bisa melakukan cara flash Oppo R1001 hanya getar.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa untuk melakukan flashing Oppo R1001 dapat dilakukan menggunakan PC maupun tanpa PC.

Keduanya sama-sama bisa digunakan untuk mengatasi ponsel Oppo yang hanya getar saja ketika dinyalakan.

Langsung saja ikuti tutorialnya berikut ini:

Flashing Oppo R1001 Hanya Getar via SP Flashtool

Sebelum anda melakukan cara flashing Oppo R1001 dengan SP flash tool, terlebih dahulu Anda harus menginstall aplikasi SP flashtool.

Apabila sudah menginstal aplikasi SP flash tool pada komputer anda, lanjutkan untuk mengikuti step by step berikut ini untuk flashing HP Oppo R1001 yang hanya getar saja menggunakan SP flash tool:

  1. Untuk melakukan flashing Oppo R1001 dengan menggunakan SP flash tool cukup mudah, langkah pertama silakan Anda ekstrak file film yang sebelumnya sudah anda download.
  2. Apabila SP flashtool sudah terinstal pada komputer anda maka download dan instal USB driver di laptop Anda juga.
  3. Setelah itu Anda bisa membuka dan menjalankan aplikasi SP flash tool tersebut lalu pilih tab download yang tertera pada layar awal.
  4. Lalu langkah yang berikutnya anda perlu memasukkan file firmware dengan mengklik tombol scatter-loading dan pilih folder firmware yang sebelumnya sudah anda ekstrak.
  5. Selanjutnya silahkan anda mencari file scatter yang ada di folder firmware Oppo.
  6. Berikutnya Anda bisa menekan tombol download untuk mulai melakukan proses flashing atau menekan ikon tombol panah kebawah yang berwarna hijau pada layar.
  7. Kemudian Anda harus menghubungkan smartphone Oppo dengan kabel USB. Namun sebelum itu pastikan Hp sudah dalam keadaan mati sehingga setelah itu proses flashing akan berjalan secara otomatis.
  8. Proses flashing yang selesai dan juga berhasil ditandai dengan tampilan centang berwarna hijau.

Apabila anda mengikuti tahap demi tahap di atas dengan benar, maka proses flash HP Oppo R1001 dengan menggunakan flashtool dijamin akan berhasil dalam waktu kurang lebih selama 10 hingga 15 menit.

Namun jika ternyata HP anda tidak dapat Menyala kembali kemungkinan besar proses flashing gagal, sehingga Anda bisa mengulanginya dari awal.

Proses flashing yang berhasil juga ditandai dengan HP yang booting secara otomatis di mana membutuhkan waktu agak lama.

Namun tak perlu khawatir, karena jika sudah ke tahap booting berarti proses flashing sudah berjalan lancar.

Flashing Oppo R1001 via SD Card

Cara flashing Oppo R1001 via SD card bisa digunakan bagi Anda yang tidak ingin menggunakan komputer atau laptop dalam proses flashing.

Langsung saja berikut ini tutorial melakukan flashing Oppo via SD card:

  1. Pertama-tama pastikan anda sudah memiliki file firmware Oppo R1001 original untuk bahan flashing via SD card. Jika anda sudah mengunduh file tersebut, ekstrak file firmware menggunakan aplikasi WinRAR atau lainnya terserah anda.
  2. Setelah di ekstrak maksudkan file tersebut ke kartu memori dan masukkan ke ponsel Oppo R1001 anda.
  3. Matikan ponsel Oppo R1001 anda dan masuk ke mode recovery. Caranya dengan menekan tombol power + volume down secara bersamaan dalam beberapa saat hingga muncul halaman mode recovery.
  4. Jika anda sudah dibawa kehalaman mode recovery maka akan ada pilihan bahasa, pilih bahasa Inggris atau english.
  5. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan Anda bisa memilih opsi Wipe Data And Cache dalam dua kali.
  6. Selanjutnya Silahkan pilih install from SD card dan pilih firmware Oppo Joy R1001
  7. Sampai di sini proses flashing akan berlangsung dalam 5 hingga 10 menit. Jika berhasil dan sukses maka ponsel akan reboot.

Demikian itulah cara flash Oppo R1001 hanya getar yang bisa mengatasi masalah pada HP Oppo R1001 anda yang ketika dinyalakan hanya getar panjang saja.

Semoga bermanfaat dan membantu bagi pembaca yang sedang mengalami masalah tersebut.

Rating:

Tentang Penulis

Nurikhsani S.I.Kom.

Nurikhsani S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992