Android & iPhone

Cara Flash Oppo R1001 Tanpa PC

Cara Flash Oppo Joy R1001
https://kuotabro.com
Listiyaningsih S.I.Kom.
Writen & Edited By Listiyaningsih S.I.Kom.

Cara Flash Oppo R1001 Tanpa PC dengan mudah dan terbukti berhasil tanpa bantuan aplikasi tambahan, hanya firmware dan sd card.

Kuotabro.com – Pernah nggak Android Anda mengalami Bootloop? Bootloop adalah suatu kondisi dimana perangkat Smartphone tidak mau masuk ke dalam sistem.

Jadi, saat dinyalakan HP akan terus loading dan berhenti hanya pada tampilan logo dan tidak menampilkan menu home.

Kondisi tersebut tentu akan membuat Android kehilangan semua fungsinya dan pengguna tidak bisa melakukan semua kegiatan menggunakan perangkat tersebut.

Bahkan, hal ini juga bisa menyebabkan pekerjaan yang membutuhkan koneksi HP banyak yang terbengkalai.

Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena bukan berarti perangkat tidak bisa digunakan lagi.

Android akan bisa bekerja lagi sebagaimana mestinya dengan cara melakukan flashing.

Istilah gampangnya, flashing ini merupakan tindakan install ulang pada Android atau upgrade software.

Nah, buat Anda yang beruntung karena menggunakan Android Oppo Joy, berikut akan kami ulas bagaimana cara flash Oppo R1001 tanpa PC

Apa Saja Penyebab Bootloop?

Semeblum membahas lebih jauh terkait cara flash Oppo R1001 dengan mudah tanpa menggunakan PC, alangkah baiknya untuk mengenal lebih dulu beberapa penyebab terjadinya bootloop.

Hal ini nantinya bisa dijadikan sebagai referensi atau pertimbangan dalam memperlakukan perangkat agar tidak mengalami bootoop lagi.

Karena seperti yang kita tahu bahwa bootloop itu sangat merepotkan, apalagi jika terjadi secara mendadak di waktu yang tidak tepat.

Adapun beberapa penyebab bootloop pada Android yaitu:

Pangaturan Permission yang Kurang tepat

Seringnya menginstall aplikasi dari pihak ketiga (selain dari Google Playstore atau Appstore di perangkat) biasanya akan membuat kita melakukan perubahan permission sistem.

Pemberian permission tersebut dilakukan agar aplikasi yang didapatkan dari sumber lain bisa dipasang pada Android.

Sayangnya, hal ini ternyata berpotensi pada terjadinya bootloop jika file tersebut justru mengandung virus, malware ataupun penyebab kerusakan sistem lainnya pada perangkat.

Untuk itu, sebaiknya telitilah terlebih dahulu jika ingin mengaktifkan permission pada perangkat.

Aktifkan permission hanya saat dibutuhkan saja.

Install MOD

Pernah nggak melakukan install mod di perangkat Android? atau malah sering melakukannya?

Nah, jika Anda sering melakukannya sebaiknya mulai sekarang dikurangi.

Mod yang tidak kompatibel dengan ROM bisa menyebabkan kerusakan pada sistem dan berakhir bootlop.

Tak hanya itu, mod yang penyusunannya tidak baik juga menjadi salah satu penyebab bootloop pada perangkat Android.

Restore System Backup

Penyebab lain terjadinya bootloop pada smartphone yaitu restore system backup.

Backup seringkali kita lakukan untuk mencegah terjadinya kehilangan data penting yang ada pada perangkat, baik itu file dokumen, musik, video, foto serta file penting lainnya.

Nah, biasanya setiap orang akan melakukan restore dari hasil backup tersebut setelah melakukan reset factory pada perangkat.

Ternyata, restore file tersebut bisa menimbulkan bootloop karena pada dalvik-cache yang lama masih belum terhapus secara keseluruhan atau sempurna.

Untuk itu, sebelum melakukan restore file pastikan terlebih dahulu bahwa semua datanya bersih.

Melakukan Custom ROM yang Tidak tepat

Bagi orang-orang yang awam dengan teknologi, cutom ROM hampir tidak pernah dilakukan, berbeda halnya dengan mereka yang suka mengutak-atik perangkat.

Custom ROM umunya dilakukan untuk mengupgrade perangkat.

Jika paket custom ROM yang digunakan kurang tepat (rusak), maka bootloop akan sangat mungkin terjadi.

Bootloop juga bisa terjadi akibat dalvik-cache data lama belum terhapus sempurna seperti pada saat melakukan restore system backup.

Apa Bahan yang Dibutuhkan dalam Flashing Oppo R1001 Tanpa PC?

Melakukan flashing Oppo R1001 tanpa PC merupakan cara flashing paling mudah, efektif dan terbukti memiliki peluang keberhasilan tinggi.

Flash tanpa PC ini dilakukan dengan bantuan sd card.

Jadi nantinya yang dibutuhkan adalah sd card dan file firmware saja, tidak perlu harus menginstall aplikasi untuk membantu melakukan flashing.

File firmware ini adalah bahan (software) utama yang digunakan untuk mengistall ulang Android.

Firmware ini ibarat sistem operasi pada sebuah perangkat yang nantinya menjalankan semua perintah kerja dari penggunanya.

Oleh karena itu, cerdaslah dalam memilih firmware original, berkualitas dan pastinya kompatibel untuk perangkat.

Cara Flash Oppo R1001 Tanpa PC

Sebelum mengulas langkah-langkah melakukan flash Oppo R1001 tanpa PC, hal lain yang perlu diperhatikan selain mempersiapkan bahan-bahannya yaitu memastikan bahwa baterai perangkat sudah terisi penuh.

Hal ini berfungsi untuk mencegah terjadinya gagal flashing akibat perangkat tiba-tiba mati saat prosesnya masih berjalan.

Proses flashing ini lumayan memakan waktu dan kurang efektif jika dibarengi dengan melakukan pengisian daya.

Berikut cara flash Oppo R1001 tanpa PC yang mudah dan efektif.

  1. Pertama, pastikan Anda sudah mendownload file firmware yang akan dijadikan sebagai bahan update sistem. File ini umumnya berbentuk zip dan tetaplah mempertahankan bentuknya. Jika sudah mengunduhnya, pindahkan firmware tersebut ke dalam sd card. Letakkan file di luar folder untuk memudahkan pencarian (pembacaan). Download firmwarenya di artikel ini.
  2. Setelah itu, matikan perangkat Oppo R1001 dan masuklah ke menu Recovery dengan menekan tombol Volume down (-) dan Power secara bersamaan hingga muncul logo Oppo atau tulisan Recovery mode di layar.
  3. Selanjutnya akan muncul halaman untuk memilih bahasa yang digunakan, pilihlah bahasa Inggris (English).
  4. Kemudian pilih Wipe data and cache dan klik wipe data and cache lagi.
  5. Selanjutnya konfirmasi dengan mengklik Yes, maka secara otomatis perangkat akan bekerja untuk membersihkan semua data dan cache di dalamnya.
  6. Tahapan berikutnya yaitu melakukan update sistem dengan mengklik Install from SD.
  7. Berikutnya Anda akan dibawa ke halaman sd card, pilih dan klik file firmware berbentuk zip yang telah diunduh sebelumnya.
  8. Setelah itu lakukan konfirmasi dengan klik Yes, maka secara otomatis perangkat akan mengistall firmware baru tersebut. Tunggulah prosesnya hingga instalasi berhasil.
  9. Proses flashing ini bisa dipantau hingga selesai. Jika sudah 100% maka klik Reboot, kemudian klik Yes maka perangkat akan restart dengan sendirinya.

Setelah melakukan langkah-langkah flash di atas, maka Android Oppo Joy yang tadinya bootloop akan bisa digunakan kembali.

Seperti yang telah disinggung di atas, bahwasannya melakukan flash perangkat Android Oppo R1001 tanpa menggunakan PC merupakan pilihan metode flashing terbaik.

Dengan cara ini Anda tidak perlu ribet harus mencari PC sebagai alat bantu flashing.

Selain itu, pengguna juga tidak perlu mengistall aplikasi tambahan berupa tool flashing yang akan memboroskan kuota, penggunaan RAM serta memori penyimpanan pada perangkat.

Nah, itulah tadi tutorial lengkap terkait cara flash Oppo R1001 tanpa PC beserta informasi pendukungnya.

Setelah melakukan flashing, jaga perangkat sebaik-baiknya agar bootloop tidak terulang karena biasanya sekalinya sebuah Android bootloop maka kemungkinan terjadinya bootloop susulan lebih besar.

Jangan asal-asalan dalam memasang aplikasi tambahan pada perangkat.

Jika dengan menggunakan cara di atas masih belum berhasil, maka Anda bisa mencoba alternatif lain dengan menggunakan bantuan SP flash tool.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992