Tips & Trik

[100% Tested] Cara Flash Oppo Joy R1001 Via SD CARD

Cara Flash Oppo Joy R1001

Kuotabro.com – Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk melakukan flash Oppo Joy R1001, salah satunya dengan menggunakan cara flash Oppo R1001 via SD Card.

Secanggih apapun smartphone  saat ini, pasti suatu saat akan mengalami yang namanya penurunan fungsi seiring berjalannya waktu, termasuk pada Oppo Joy R1001.

Meskipun dahulunya ponsel keluaran Oppo ini sempat booming di masanya dengan pengguna mencapai jutaan orang, namun kini pengguna ponsel Oppo R1101 mengeluhkan sering mengalami masalah pada ponsel ini.

Mulai dari performa ponsel yang menurun drastis, ponsel menjadi lemot, atau bahkan pada kondisi terburuk ponsel sudah mengalami mati total atau bootlop.

Sehingga tak heran jika banyak yang mencari informasi cara flash Oppo R1001.

Karena hingga saat ini flashing smartphone  Android masih menjadi cara untuk mengatasi ponsel yang eror, apalagi jika sudah sampai tahap yang fatal.

Untuk masalah ringan, mungkin bisa diatasi dengan reset factory yaitu dengan mengembalikan ponsel ke setelan pabrik.

Namun cara tersebut tidak bisa mengatasi erornya ponsel yang sudah sampai ke tahap bootlop.

Cara Flash Oppo R1001 via SD Card

Anda sedang mengalami masalah pada ponsel Oppo R1001 milik Anda?

Dalam artikel kali ini Kami akan memberikan ulasan tentang cara flash Oppo R1001 via SD Card.

Cara melakukan flash Oppo R1001 via SD Card ini bisa digunakan untuk Anda yang tidak mau menggunakan komputer atau laptop.

Karena untuk cara yang satu ini bisa dilakukan secara langsung menggunakan via smartphone .

Jika Anda ingin melakukan flash ponsel Oppo Joy R1001 via SD Card, silahkan ikuti tutorial berikut ini:

  • Langkah yang pertama, Anda bisa mengunduh terlebih dahulu firmware resmi dari Oppo Joy R1001. Kurang lebih filenya berukuran 553 MB

Download MTK USB Driver VCOM.rar
Download Firmware Oppo Joy R1001 (549 MB)
Download SP Flashtool

  • Jika Anda sudah selesai mengunduh file tersebut, maka selanjutnya Anda bisa mengestrak file tersebut. Untuk mengekstrak filenya bisa langsung menggunakan smartphone maupun melalui PC.
  • Di dalam file rar tersebut setelah Anda ekstrak akan ada file dengan format .zip lagi, silahkan salin file tersebut ke kartu memori Anda, lalu masukkan kembali memori ke smartphone
  • Lalu langkah selanjutnya, silahkan Anda matikan Oppo R1001 Anda dan masuk ke mode recovery. Caranya cukup dengan menekan tombol power + vol down secara bersamaan dalam beberapa detik. Anda akan dibawa ke halaman mode recovery.
  • Selanjutnya, akan muncul opsi bahasa, silahkan pilih opsi Bahasa Inggris (English)
  • Kemudian pada tampilan yang selanjutnya, akan muncul lagi beberapa opsi, silahkan Anda pilih opsi Wipe data and Cache, setelah itu pilih Wipe Data and Cache lagi.
  • Langkah yang berikutnya, Anda bisa memilih Install From SD, kemudian pilih firmware Oppo Joy R1001 yang sebelumnya sudah Anda simpan di SD Card.
  • Setelah itu, proses flashing akan berlangsung kurang lebih 5 hingga 7 menit. Apabila proses berhasil, maka Anda bisa memilih opsi Reboot.

Sampai ke langkah delapan tersebut, Anda sudah berhasil melakukan flashing HP Oppo Joy R1001 dengan menggunakan SD Card.

Jika sudah sampai ke tahap reboot, maka Anda tingga menunggu saja hingga proses berakhir, biasanya 10 hingga 15 menit. Jadi dimohon untuk bersabar.

Data Yang Hilang Akibat Flashing HP Oppo Joy R1001

Bagaimanapun juga, jika Anda memutuskan untuk melakukan flashing maka akan ada data-data yang hilang. Berikut beberapa data yang akan hilang karena flashing Oppo Jpy R1001.

  • Data Kontak Telepon

Daftar kontak telepon yang tersimpan di memori internal ponsel bisa dipastikan hilang.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda melakukan back up terlebih dahulu jika memang Anda ingin melakukan flashing.

Itulah mengapa terkadang lebih baik menyimpan daftar kontak HP di email saja, karena bisa di restore kembali.

Namun untuk kondisi HP yang mati total, memang tidak bisa menyelamatkan kontak HP jika tidak disimpan via email atau cloud.

Karena smartphone  Anda sendiri memang menyediakan tiga fitur sekaligus untuk penyimpanan kontak, yaitu di memori internal, kartu SIM atau melalui Google.

Sehingga apabila data kontak telepon Anda semua disimpan di memori internal, sebaiknya dilakukan ekspor terlebih dahulu.

  • Data di Galeri

Selain data kontak, data galeri di ponsel juga yang disimpan di memori internal juga akan terhapus.

Jadi jika Anda tidak menyimpan atau melakukan back up terlebih dahulu, maka dipastikan setelah flashing semua data di galeri akan terhapus.

Tapi tenang saja, jika data di galeri disimpan di memori eksternal yang tersemat di ponsel, maka tidak akan terpengaruh dengan proses flashing ini.

  • Aplikasi

Flashing sama saja mengembalikan ponsel ke keadaan yang sangat baru, sehingga apapun di dalamnya termasuk aplikasi non sistem akan terhapus setelah proses flashing.

Namun apabila Anda menempatkan aplikasi-aplikasi di memori eksternal, maka tetap aman dan tidak akan terhapus.

Tapi bisa saja aplikasi tersebut akan tetap terkena dampaknya setelah dilakukan flashing.

  • Akun Terhapus

Flashing menghapus semua akun yang terlogin di HP Oppo Joy R1001 yang dilakukan flashing, misalnya seperti akun Google, WhatsApp, BBM dan akun-akun lainnya yang Anda pasang di ponsel tersebut.

Oleh karena itu, pastikan Anda mengingat setiap username dan password untu login ke semua akun tersebut.

Karena pastinya ketika ponsel And sudah dilakukan flashing, Anda harus memasang ulang kembali setiap akun Anda.

  • Pengaturan Kembali ke Default

Flashing sama seperti factory reset, dimana Anda akan mengembalikan setelan ponsel Oppo Joy R001 kembali ke setelan pabrik,.

Bagi para pengguna ponsel mungkin sering melakukan berbagai pengaturan sistem sesuai dengan selera masing-masing, misalnya seperti kecerahan layar, setting, volume, pengaturan nada maupun lain sebagainya.

Dengan proses flashing ini, maka nantinya HP Oppo Joy R1001 Anda akan kembali sesuai dengan defaut pengaturan pabriknya.

Manfaat Flashing Android

Proses flashing yang dilakukan dengan cara yang benar dan aman, maka sebenarnya membeirkan banyak manfaat untuk ponsel Anda.

Karena sama halnya dengan melakukan flashing ini berarti Anda melakukan pembersihan secara tuntas pada ponsel Anda.

Sehingga salah satu kelebihan dari flashing HP Android ini yaitu untuk membantu ponsel agar dapat berjalan normal kembali.

Apalagi jika HP Oppo Joy R1001 Anda sering mengalami masalah seperti lemot, sering eror atau karena hal lainnya yang mengganggu aktivitas.

Proses flashing yang berjalan dengan normal dan aman akan membantu ponsel Anda kembali fresh layaknya HP baru.

Proses flashing ini cocok untuk para pengguna Oppo Joy R1001 yang sering mengalami masalah saat menggunakannya.

Jadi semoga informasi tentang cara flash Oppo R1001 via SD Card seperti yang sudah dijelaskan di atas bermanfaat untuk pembaca, terutama bagi yang sedang mengalami masalah pada ponsel Oppo-nya.

Selamat mencoba.

Tentang Penulis

Nurikhsani S.I.Kom.

Nurikhsani S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992