Aplikasi Tips & Trik

Cara Menghilangkan Iklan di Chrome Android Tanpa Root

Cara Menghilangkan Iklan di Chrome Android
https://kuotabro.com

Cara Menghilangkan Iklan di Chrome Android Tanpa Root – Pakai langkah-langkah ini untuk menghilangkan iklan yang mengganggu.

5/5 (8)

Kuotabro.com – Iklan adalah media atau cara suatu pengelola website bisa mendapatkan penghasilan.

Rata-rata para pengelola website apapun jenisnya, hampir sebagian besar karena ingin mendapatkan passive income.

Namun sayangnya, terkadang mereka tidak memperhatikan kenyamanan pembaca atau pengguna internet.

Seringkali iklan mengganggu karena menutupi layar atau tiba-tiba muncul padahal kita sedanga syik berselancar di internet.

Apakah Ada Cara Menghilangkan Iklan di Chrome Android?

Chorme sendiri adalah web browser yang cukup populer saat ini bahkan menjadi yang nomor satu digunakan oleh para pengguna Android.

Munculnya iklan saat berselancar di Chrome juga bukan sesuatu yang asing lagi.

Hampir sebagian besar orang mungkin sudah terbiasa dengan munculnya iklan-iklan.

Akan tetapi, di suatu waktu mungkin Anda pernah merasa kesal karena iklan di Chrome cukup mengganggu dan terlalu sering muncul.

Sehingga tak heran jika Anda sampai ke website ini untuk mencari tahu cara menghilangkan iklan di Chrome Android dengan efektif.

Meskipun sebenarnya tidak ada cara yang benar-benar 100% dapat mematikan iklan di Chrome, nmaun setidaknya dapat meminmalisir bermunculannya iklan.

Apalagi perlu Anda ketahui bahwa iklan di Chrome seringkali membawa malware atau virus yang membayakan ponsel Anda.

Tapi tenang saja, karena Anda bisa menggunakan cara menghilangkan iklan di Chrome Android tanpa harus melakukan root

Karena tentunya dengan menggunakan root justru akan membuat Anda kehilangan file-file yang mungkin saja penting.

Untuk menghilangkan iklan di Chrome bisa dilakukan dengan melakukan pengaturan di Google Chrome itu sendiri tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan.

Cara Menghilangkan Iklan di Chrome Android

Hadirnya iklan dengan frekuensi tinggi dan terlalu sering memang sangat mengganggu karena tentunya akan mengurangi kenyamanan Anda saat browsing di Chrome.

Bukan hanya terjadi di perangkat desktop saja, melainkan juga di Android ketika Anda menggunakan Google Chrome.

Misalnya ketika Anda membuka suatu situs di Google Chrome Android, maka beberapa situs mungkin Akan memunculkan iklan yang berbentuk pop-up dengan membuka tab baru.

Bahkan tak jarang iklan menghalangi tampilan situs yang sedang kit abaca atau kunjungi.

Tapi tidak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan tutorial di bawah ini sebagai cara menghilangkan iklan di Chrome Android dengan beberapa langkah mudah:

  1. Langkah yang pertama, Anda bisa membuka Google Chrome melalui ponsel Android Anda. Karena Chrome Mobile tidak memiliki dukungan ekstension layaknya bersi desktop, maka untuk mengkalinya Anda bisa membuka menu setting dengan klik ikon titik tiga di sudut kanan atas dan pilih settings
  2. Langkah yang selanjutnya untuk menghapus iklan pop-up, pada menu settings tersebut silahkan cari opsi Pop-ups and redirects, ketuk opsi ini. Apabila tombolnya masih berwarna biru, maka Anda memberikan ijin iklan pop-up untuk muncul. Maka ketuk tombol tersebut untuk membatalkan pemberian ijin.
  3. Secara otomatis, Google Chrome di ponsel Android Anda akan melakukan pencegahan iklan pop-up yang muncul.
  4. Tidak berhenti sampai disitu saja, Anda harus melanjutkan ke langkah berikutnya dengan masuk ke menu settings, disitu Anda akan menemukan pilihan Ads yang ada di bawah pop-up. Lakukan langkah yang serupa dan matikan tombol berwarna biru yang ada di sebelah kanan.
  5. Tahap yang berikutnya, Anda perlu mematikan fitur JavaScript pada Google Chrome. Caranya dengan mengetuk opsi JavaScript lalu klik tombol warna biru di sebelah kanan.

Perlu menjadi catatan bahwa beberapa situs membutuhkan JavaScript agar bisa berjalan dengan lancar dan optimal. Sehingga Anda perlu membuat pengecualian secara manual.

Tutorial seperti yang sudah dibahas diatas sebagai cara menghilangkan iklan di Chrome Android dapat digunakan pada Android dengan versi apa saja.

Tanda-Tanda Smartphone Android Terserang Malware Berbahaya

Setelah membahas tentang cara menghilangkan iklan di Chrome Android seperti yang sudah dijelaskan diatas, mungkin sebaiknya Anda juga harus mengetahui tanda-tanda smartphone Android terserang Malware berbahaya, berikut diantaranya:

Muncul Iklan Pop-Up

Sering berselancar di internet menggunakan Chrome memungkinkan smartphone Anda terkena malware atau virus yang berbahaya.

Salah satu pertandanya adalah munculnya iklan-iklan pop-up padahal Anda sedang tidak menjalan Chrome.

Mungkin saat sedang membuka aplikasi tertentu atau sedang main game adalah hal yang lumrah, tapi bagaimana jika pop-up muncul saat sedang tidak melakukan apa-apa?

Bisa jadi itu merupakan serangan malware di ponsel Android Anda.

Misalnya ketika ada pop-up iklan yang  muncul di homescreen, lockscreen, maupun saat membuka aplikasi yang biasanya seharunsya tidak memunculkan iklan.

Jika memang memunculkan pertanda tersebut, maka sebaiknya Anda tidak mengklik iklan-iklan yang muncul agar tidak semakin membahayakan ponsel Anda.

Mengirim atau Menerima SMS yang Aneh

Smartphone yang terinfeksi virus malware biasanya sering mengirim atau menerima SMS secara diam-diam, bahkan juga bisa mengirim panggilan telepon ke nomor tertentu yang ada di kontak Anda.

Misalnya ketika Anda menemukan SMS yang aneh, padahal merasa tidak melakukannya, bisa jadi itu adalah gejala serangan malware.

Bahkan itu juga bisa menjadi tanda bahwa smartphone Anda sedang di-hack.

Karena bisa jadi peretas menggunakan teknik phising untuk mengambil alih akun perbankan yang Anda login di smartphone atau media sosial Anda.

Solusi untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda mengaktifkam otentikasi dua langkah di semua layanan yang Anda gunakan.

Baterai Smartphone Menjadi Boros

Apakah Anda mendapati smartphone yang  menjadi lebih boros atau cepat habis dari biasanya? Padahal sedang menggunakan smartphone sewajarnya?

Bisa jadi itu merupakan tanda ada program lain yang sedang berjalan di latar belakang.

Sehingga Anda perlu mencari tahu apakah ada aplikasi yang tidak diinginakn dan berjalan di belakang layar.

Untuk mengetahui hal tersebut, Anda bisa masuk ke menu Settings lalu masuk ke opsi Apps untuk memeriksa semua aplikasi yang ada di smartphone Anda.

Melalui list tersebut, Anda harus cukup jeli  untuk menemukan aplikasi asing yang mungkin saja mencurigakan dan mengandung virus.

Smartphone Menjadi Lemot

Ada pertanda lainnya yang bisa menjadi gejala smartphone Anda terkena serangan malware, yaitu ketika smartphone menjadi lebih lemot dari biasanya.

Karena virus malware biasanya dapat menurunkan performa smartphone dan menjadikannya lebih sering hang.

Bisa jadi smartphone Anda telah mengunduh cache yang isinya adalah malware berbahaya.

Untuk mengatasi hal ini bisa dengan melakukan clear cache secara rutin, baik di Google Chrome maupun di ponsel Anda.

Cache ini merupakan beberapa file aplikasi dan situs web yang disimpan di ponsel dalam rangka mempercepat waktu saat Kamu membuka aplikasi lagi.

Nah, itulah cara menghilangkan iklan di Chrome Android dengan beberapa langkah mudah.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk pembaca yang mengalami gangguan iklan di Android.

Rating:

Tentang Penulis

Nurikhsani S.I.Kom.

Nurikhsani S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992