Aplikasi

Emulator Android Ringan Terbaik

Emulator Android Ringan Terbaik
https://kuotabro.com
Avatar
Writen & Edited By Irfan

Berikut rekomendasi 11 emulator Android ringan terbaik yang bisa kamu pilih lengkap beserta link download hanya di KuotaBro.com!

Emulator Android Ringan – Ingin bermain game online atau offline di PC/Laptop ? Tenang bro, saya punya rekomendasi alternatif software terbaik yang bisa kamu coba nih!

Di mana kamu tentu bakal bisa main game kesukaan kamu meskipun tidak memiliki Android, namun punya PC/Laptop. Pasalnya, di era serba digital yang modern saat ini memiliki software alternatif yang bentuknya hampir sama Android, loh.

Sebut saja Emulator Android, salah satu aplikasi yang bisa kamu andalkan untuk bermain game, browsing, chatting, dan sebagainya. Tetapi, tidak jarang pula orang yang memiliki spek pc maupun laptop yang bagus. Untuk memudahkan dan melancarkan aktivitasmu, saya berikan beberapa Emulator Android Ringan Terbaik di tahun ini.

Yah, agar semuanya berjalan dengan baik kamu bisa gunakan software emulator android ringan pilihan saya ini. Sebagai pengganti Android, emulator ringan pc ini bakal memiliki tampilan yang menyerupai smartphone pada umumnya. Penasaran ? Yuk, simak artikel langsung yaa bro !

Rekomendasi Emulator Android Ringan PC/ Laptop

Yang saya rekomendasikan untuk emulator Android ringan kali ini tidak berurutan mana yang terbaik. Karena saya telah merangkum untuk memberikan refrensi emulator mana yang cocok sesuai dengan kebutuhanmu, bro.

Jadi, kamu bisa pilih sendiri ulasan emulator android ringan terbaik di tahun 2020 dibawah ini !

1. GameLoop

GameLoop, yang sebelumnya dikenal sebagai Tencent Gaming Buddy, baru-baru ini berhasil mencapai emulator Android terbaik untuk PC. Berkat dukungan ekslusif untuk game Call of Duty Mobile di PC.

Sebelum peluncuran COD, emulator untuk Android hanya mendukung PUBG dan banyak judul game dari Tencent Developer.

Emulator Android ringan ini benar-benar didedikasikan untuk permainan Android, karenanya kurang dukungan untuk aplikasi Android lainnya, bro.

GameLoop menjadi salah satu emulator Android terbaik untuk PC Windows 10, menawarkan kinerja gaming yang anti lemot.

Harga : Gratis

Mengapa menggunakan GameLoop ?

  • Integrasi keyboard dan mouse yang sangat baik.
  • Mitra resmi Call Of Duty.
  • Performa luar biasa.
Download GameLoop

2. BlueStacks

emulator android ringan

BlueStacks merupakan emulator Android paling terkenal di kalangan pengguna Android. Di mana emulator ini lebih disukai untuk bermain game dan sangat mudah pengaturannya, loh.

Selain dari PlayStore, kamu memiliki opsi untuk mengunduh aplikasi BlueStacks yang dioptimalkan dari toko aplikasi sendiri.

Sedangkan emulator Android ringan ini mendukung pemetaan keyboar, itu tidak cocok dengan setiap gerakan. Kelemahan utama dari BlueStakcs yaitu menjadi lambat dalam aplikasi produktivitasnya.

Selain itu, iklan yang disponsori membuat emulator kalah dari emulator Android gratis terbaik lainnya untuk Windows.

Adapun kinerja gaming, BlueStacks memang mengungguli beberapa emulator Android lainnya. Akan tetapi, kamu masih akan melihat kelambatan, terutama pada pc yang spesifikasi sangat rendah sekali.

Emulator BlueStacks Android sekarang ini didasarkan pada Android 7.1.2 (Nougat).

Harga : Gratis / Premium $24

Mengapa menggunakan BlueStacks ?

  • Mudah diatur tanpa pengetahuan teknis yang diperlukan.
  • Dukungan beberapa akun.
  • Emulator Android serba terbaik.
Download BlueStacks

3. MEmu

emulator android ringan

MEmu relatif pemain aplikasi baru dibandingan dengan yang lain. Diluncurkan pada tahun 2015, MEmu Play, sekali lagi fokus pada game. Jadi, cocok nih buat kamu yang hobi bermain game bro!

Mengenai kecepatan, emulator Android ringan ini memberikan hasil yang hampir sama dengan Nox dan BlueStacks.

Salah satu fitur terpenting emulator Android MEme yaitu dukungannya untuk chip AMD dan Nvidia. Ini juga mendukung berbagai versi Android seperti Android Jelly Bean, Kit Kat, dan Lolipop.

Sementara MEmu menganjurkan untuk gaming berkinerja tinggi, kinerja grafisnya realtif buruk. Saya melihat tekstur dan kehalusan hilang dibandingkan dengan emualtor Android ringan lainnya.

MEmu saat ini didasarkan pada Android Lolipop dan bekerja di atas kelas dengan aplikasi produktivitas, loh.

Harga : Gratis

Mengapa menggunakan MEmu ?

  • Pemetaan Kunci.
  • Setel lokasi virtual kamu di Google Maps.
  • Mendukung AMD dan NVidia.
Download MEmu

4. KOPlayer

emulator android ringan

Seperti emulator game Android lainnya,KOPlayer berfokus untuk memberikan pengalaman gaming yang bebas lag dengan perangkat lunak yang ringan.

Karena emulator android ringan ini gratis, kamu mungkin akan melihat beberapa iklan disana-sini. Ini juga mendukung pemetaan keyboard dan emulasi gamepad.

Kelemehan dari KOPlayer ini adalah kadang-kadang membeku tiba-tiba. Selain itu, pemainnya agak buggy dan menyulitkan pengguna untuk mencopot emulator Android.

Harga : Gratis

Mengapa menggunakan KOPlayer ?

  • UI sederhana.
  • Siapkan perangkat Android apapun.
  • Mudah diatur.
Download KOPlayer

5. Genymotion

emulator android ringan

Genymotion bukan emulator Android kasual kamu, hanya di targetkan untuk pengembang. Simulator Android memungkinkan kamu menguji aplikasi pada berbagai perangkat virtual dengan beberapa versi Android.

Emulator ini kompatibel dengan Android SD dan Android Studio. Bahkan aplikasi ini bekerja di macOS dan Linux, guys.

Karena emulator Android ringan ini condong ke pengembang, ia dilengkapi dengan banyak fitur yang ramah pengembang. Dan itu mungkin bukan pilihan yang tepat bagi orang yang mencari pengalaman untuk bermain Android.

Harga : Premium $136 per tahun.

Mengapa menggunakan Genymotion ?

  • Mendukung Android Studio.
  • Berjalan di MacOS dan Linux.
  • Jalankan versi dari Android 4.1 hingga 8.0.
Download Genymotion

6. Nox Player

emulator android ringan

Nox Player secara khusus menargetkan gamer Android. Sementara emulator sangat baik untuk menggunakan aplikasi Android dan menikmati seluruh pengalaman Android.

Paling cocok banget buat kamu untuk bermain game besar seperti PUBG maupun Justice League, guys.

Nox Player memungkinkan kamu memetakan tombol keyboard, mouse, dan gamepad. Kamu bahkan bisa menetapkan tombol keyboard untuk gerakan, misalnya, memetakan pintasan atau untuk menggesek ke kanan.

Selain itu, kamu bisa menentukan penggunaan CPU dan RAM di opsi pengaturan untuk mendapatkan hasil permainan terbaik. Jika rooting Android adalah fokus kamu, emulator Android ringan ini bakal memudahkan untuk melakukan rooting perangkat virtual dalam waktu kurang satu menit.

Satu masalah besar dengan Nox adalah menempatkan banyak beban pada sistem, oleh karena itu kamu tidak bisa menggunakan banyak aplikasi lainnya. Emulator Android didasarkan pada Android 5 Lolipop yang mungkin menjadi perhatian banyak orang.

Selama setahun terakhir, pemain aplikasi Nox beralih dari emulator terbaik untuk Android ke yang terburuk. Meskipun masih gratis, emulator dibundel dengan perangkat lunak yang tidak diinginkan oleh pengguna digambarkan sebagai “sulit untuk dihapus”

Selain itu, beberapa antivirus populer menggambarkan file sistem Nox sebagai mencurigakan.

Harga : Gratis

Mengapa menggunakan Nox Player ?

  • Banyak jendela pada satu perangkat.
  • Memetakan pintasan pada pengontrol.
  • Muda di-root.
  • UI yang menakjubkan.
Download Nox Player

7. Android Studio

emulator android ringan

Android Studio adalah IDE pengembangan dari Google sendiri dan terutama untuk pengembang. Itu pada dasarnya datang dengan sekelompok alat plugin untuk membantu pengembang membangun dan menguji aplikasi mereka.

Android Studio memiliki emulator bawaan tetapi mengemas lebih sedikit fitur dibandingkan dengan Genymotion. Emulator tidak bisa diragukan lagi untuk penggunaan umum dan bermain game berat.

Android Studio sulit diatur tetapi secara bersamaan menjadi favorit banyak pengembang, loh.

Harga : Gratis

Mengapa menggunakan Android Studio ?

  • Emulator resmi Google.
  • Pembaruan rutin.
Download Android Studio

8. Remix OS

emulator android ringan pc

Ya, Remix OS tidak seperti emulator Android lain di luar sana. Ini adalah keseluruhan OS Android yang bisa kamu gunakan untuk root.

Tidak seperi emulator Android ringan lain yang bisa dengan mudah berada di atas Window, RemixOS perlu diinstal pada partisi yang terpisah.

Remix OS adalah produk Jide Technology, sebuah perusahaan yang dibentuk oleh mantan karyawan Google. Kamu bisa menempatkan Remix OS di perangkat USB dan boot dari sana ke komputer mana pun.

Emulator Android bagus untuk aplikasi produktivitas teapi tidak mendukung game yang berta, guys.

Meskipun teknologi Jide telah menghentikan dukungannya, kamu masih bisa mengunduh versi Android Marshmallow terbaru. Sementara itu, proyek serupa yang dikenal sebagai Phoenix OS sedang populer di kalangan penggemar Remix OS. Dan baru-baru ini, proyek tersebut diperbarui ke Android 7 Nougat.

Harga : Gratis

Mengapa menggunakan Remix OS ?

  • Pengalaman OS Android.
  • Manajer file baru.
  • Bagus untuk aplikasi produktivitas.
Download Remix OS

9. PrimeOS

emulator android ringan pc

PrimeOS adalah alternatif sempurna bagi orang-orang yang telah mengikuti Remix OS. OS berbasis Androidx86 sumber terbuka bisa di boot menggunakan drive USB atau bisa di boot ganda pada PC.

Performa gaming bagus, tetapi potensi sebenarnya dari emulator Android ringan ini adalah untuk memberikan pengalaman seperti Android di desktop. Karena dukungan UI dan Android yang memukau, PrimeOS bisa sama saja dengan ChromeOS dalam beberapa kasus.

Dalam ulasan mendalam saya, PrimeOS menjadi alternatif yang kuat untuk BlueStacks dan emulator Android ringan terbaik lainnya untuk PC.

Datang ke permainan dan penggunaan berat, PrimeOS memiliki dukungan multi jendela dan pemetaan keyboard dalam game. Karena itu, kamu tentu bakal melihat kelambatan permainan yang intens secara gratis.

Mengapa menggunakan PrimeOS ?

  • Pengalaman Android terbaik secara keseluruhan.
  • Antarmuka pengguna yang indah.
  • Dukungan multi jendela.
Download Prime OS

10. ARChon

emulator android ringan pc terbaik

ARChon bukan emulator Android yang hebat, juga tidak memiliki banyak penggemar, ini lebih merupakan perbaikan untuk menjalakan aplikasi Android di Chrome OS.

Itu dimulai ketika Google membawa dukungan untuk dua atau tiga aplikasi Android di Browser Web Chrome. Setelah ini, pengembang GitHub mengambil sedikit lebih jauh dan merilis ARChon untuk menjalankan semua aplikasi Android di Chrome.

Emulator Android ringan ini tidak cocok untuk gaming hardcore, tetapi sangat baik untuk menggunakan aplikasi produktivitas karena aksesnya yang mudah, guys.

Harga : Gratis

Mengapa menggunakan ARChon ?

  • Terintegrasi ke dalam Chrome.
  • Tidak ada instalasi yang merepotkan.
  • Bagus untuk aplikasi produktivitas.
Download ARChon

11. Bliss OS

emulator android ringan pc terbaik

Bliss OS sedikit berbeda dari emulator diatas. Di mana “Emulator Android” meniru Android pada PC Windows kamu, Bliss OS. Di sisi lain adalah Android itu sendiri dan perlu diinstal sebagai OS yang terpisah.

Sedangkan untuk pemasangannya, kamu bisa menggunakan Kota Virtual atau kamu bisa membuat drive USB yang bisa di boot dan menginstal ROM OS Bliss pada penyimpanan eksternal.

Sekarang, menginstal Bliss OS atau proyek berbasis Android x86 lainnya selalu lebih baik jika kamu mencari pengalaman Android yang tepat di PC kamu.

Belum lagi faktanya Bliss OS adalah open source dan tidak mencakup iklan atau kekacauan Android emulator.

Harga : Gratis

Mengapa menggunakan Bliss OS ?

  • Sumber terbuka dan bebas iklan.
  • Versi beta berjalan di Android 9 Pie.
  • Dukungan engine Substratum Them.
Download Bliss OS

Itulah diatas daftar kumpulan emulator Android ringan yang bisa kamu coba dan pilih untuk menemani aktivitasmu dalam mengganti Android. Semoga bermanfaat dan menjadi refrensi kamu yaa bro !

Tentang Penulis

Avatar

Irfan

Seorang rakyat jelata yang bercita-cita membahagiakan orang tua dengan hasil berkarya menulis, merangkum dari berbagai sumber.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992