Aplikasi GPS Terbaik

Oleh: /

Sebagian besar smartphone atau ponsel pintar saat ini pastinya telah dilengkapi dengan Global Positioning System (GPS). Melalui aplikasi GPS pengguna smartphone biasa memanfaatkannya sebagai penunjuk jalan atau lokasi tertentu. Terlebih, GPS merupakan sistem yang tersinkronisasi dengan sinyal satelit, sehingga mampu akurat.

Aplikasi GPS yang baik tentunya tidak hanya dilengkapi dengan peta yang dihasilkan dari citra penginderaan jauh. Namun juga dilengkapi dengan berbagai fitur bermanfaat lainnya. Seperti misalnya, info tempat publik, arus lalu lintas, hingga penunjuk arah dengan suara. Salah satu yang paling terkenal adalah Google Maps.

Tapi tahukan Anda, bahwa ternyata ada banyak aplikasi GPS terbaik lain selain Google Maps. Nah, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi jika akan bepergian atau mengunjungi suatu tempat. Bahkan melalui aplikasi GPS terbaik Anda juga bisa memperkirakan berapa jarak dan waktu tempuh. Langsung saja simak ulasan berikut.

Google Maps

Aplikasi GPS Terbaik - gmaps img

Sudah tidak diragukan lagi jika aplikasi GPS terbaik yang paling populer adalah Google Maps.

Aplikasi dari Google LLC tersebut hampir selalu ada di perangkat smartphone, terutama dengan OS Android. Google Maps telah memetakan lebih dari 220 negara dan wilayah dan ratusan juta tempat bisnis serta ruang publik lainnya.

Salah satu yang menjadikan Google Maps populer adalah karena kemampuannya dalam melakukan navigasi. Informasi real-time pada Google Maps berisi kondisi lalu lintas, info transportasi umum, dan estimasi waktu tempuh serta kemampuan pengubahan rute otomatis. Tak heran jika banyak yang memakai untuk perjalanan.

Selain itu, Google Maps juga memiliki fitur peta offline, Street View yang mampu melihat citra di dalam ruangan, serta informasi tempat-tempat publik mulai dari tempat nongkrong hingga SPBU dan ATM.

Sayangnya, beberapa fitur tidak tersedia di semua negara dan keakuratan dari GPS di aplikasi Google Maps juga sangat terbatas.

Pros

  • Terkenal dan banyak digunakan
  • Dibekali teknologi Street View dan peta offline

Cons

  • Beberapa fitur tidak tersedia di semua negara
  • Akurasi navigasi cukup terbatas

Waze

Aplikasi GPS Terbaik - waze img

Aplikasi GPS terbaik yang juga banyak digunakan adalah Waze. Dikembangkan oleh perusahaan Waze yang berkantor di Tel Aviv, Israel, saat ini aplikasi tersebut telah diakuisisi oleh Google.

Salah satu yang menarik dari Waze adalah karena data dikumpulkan secara otomatis oleh rute dari pengguna, menggunakan sinyal GPS.

Selain itu, data juga bisa di-input secara manual oleh pengguna. Hal tersebut membuat Waze selalu update perihal kondisi lalu lintas. Keunggulan lain yang dimiliki Waze adalah karena dikelola berdasarkan komunitas. Sehingga, data yang terdapat di Waze sangat beragam. Baik itu rute perjalanan maupun rekomendasi tempat terbaik.

Bahkan antar sesama pengguna Waze dapat saling mengetahui apabila bertemu di jalan. Tapi Waze juga memiliki kekurangan, salah satu yang paling dikeluhkan adalah tampilan dari peta pada aplikasi Waze. Aplikasi tersebut juga sesekali bisa mengganggu, terutama dengan iklan pop-up, dan banyaknya notifikasi yang muncul.

Pros

  • Navigasi berbasis sosial komunitas
  • Memiliki data real-time yang lebih beragam

Cons

  • Iklan pop-up dan notifikasi lumayan mengganggu
  • Tampilan peta di aplikasi kurang oke

Yandex.Navigator

Aplikasi GPS Terbaik - yandex.navigator img

Selain Google, perusahaan search engine yang juga meluncurkan aplikasi GPS terbaik adalah Yandex dari Rusia.

Melalui developer Yandex Apps, aplikasi Yandex.Navigator dibuat untuk keperluan navigasi. Aplikasi tersebut juga dilengkapi dengan berbagai informasi jalan raya serta tersedia juga penunjuk jalan menggunakan voice prompt.

Salah satu hal yang membuat Yandex.Navigator berbeda dari aplikasi GPS lain adalah berkaitan dengan algoritma di dalam aplikasi. Fitur unggul lain yang dimiliki Yandex.Navigator seperti, sikronisasi tempat-tempat favorit, peringatan tentang kamera pemantau di jalan raya, dan informasi faktual yang terjadi di sepanjang rute.

Tetapi Yandex.Navigator juga memiliki beberapa kelemahan, seperti informasi lalu lintas yang telat update sekitar 20 menit, otomatis menutup aplikasi jika sedang menerima panggilan, dan sesekali terdapat informasi rute yang kurang akurat. Meskipun begitu, Yandex.Navigator adalah pilihan GPS yang cepat dan user-friendly.

Pros

  • Mempunyai algoritma khusus dalam navigasi peta
  • Informasi lalu lintas yang beragam

Cons

  • Pembaruan informasi real-time kurang update
  • Terdapat beberapa informasi rute yang kurang akurat

MAPS.ME

Aplikasi GPS Terbaik - maps.me img

MAPS.ME merupakan sebuah aplikasi GPS terbaik yang diluncurkan oleh MAPS.ME (CYPRUS) LTD.

Aplikasi MAPS.ME telah digunakan oleh lebih dari 140 juta pelancong di seluruh dunia. Salah satu yang membuat MAPS.ME menarik adalah ketersediaan peta offline yang mampu menghemat data serta terdapat rute navigasi perjalanan.

MAPS.ME telah bekerjasama dengan pembuat konten perjalanan, sehingga memiliki rute dan estimasi perjalanan yang baik. Selain melalui jalan raya, MAPS.ME juga memiliki rute lain seperti jalur mendaki gunung dan lokasi yang tidak ada di peta lain. Karena peta di MAPS.ME diperbarui setiap hari oleh kontributor di OpenStreetMap.

MAPS.ME juga tidak memiliki banyak iklan yang mengganggu serta mampu melakukan render peta dengan cepat. Tetapi, MAPS.ME tidak dibekali dengan opsi aerial atau pencitraan satelit dan untuk menentukan rute perjalanan cukup memakan waktu. Informasi lalu lintas juga tidak tersedia di semua negara dengan opsi terbatas.

Pros

  • Bekerjasama dengan OpenStreetMap
  • Memiliki rute pendakian gunung

Cons

  • Tidak dibekali dengan peta citra satelit
  • Informasi lalu lintas tidak tersedia di semua negara

HERE WeGo

Aplikasi GPS Terbaik - here wego img

HERE WeGo adalah aplikasi besutan HERE Apps LLC yang termasuk sebagai salah satu aplikasi GPS terbaik.

Melalui HERE WeGo Anda dapat menemukan informasi seputar navigasi kota. Seperti misalnya, informasi tentang taksi, transportasi umum, atau arus lalu lintas. HERE WeGo memiliki peta offline hingga lebih dari 100 negara.

Salah satu fitur unggul yang ada pada HERE WeGo memang berkaitan dengan informasi seputar transportasi publik dan lalu lintas di sebuah kota. Termasuk tarif taksi, tempat untuk parkir, dan penundaan arus lalu lintas. Ada setidaknya 1.300 lebih informasi tentang kota di HERE WeGo, seperti New York, Berlin, Paris, hingga Sydney.

Menariknya aplikasi HERE WeGo bisa Anda download secara gratis. Tetapi ada juga beberapa kelemahan dari aplikasi tersebut. HERE WeGo membutuhkan penyimpanan lebih untuk mendownload peta offline. Selain itu, informasi tempat publik seperti ATM atau restoran kurang update serta fitur kompas tidak tersedia bagi pejalan kaki.

Pros

  • Informasi seputar kota besar di dunia terbaik
  • Memiliki banyak informasi publik bermanfaat

Cons

  • Peta offline harus didownload terlebih dahulu
  • Informasi banyak yang kurang update

Avia Maps Aeronautical Charts

Aplikasi GPS Terbaik - avia maps img

Avia Maps Aeronautical Charts adalah sebuah aplikasi GPS terbaik yang unik.

Aplikasi yang digarap oleh Remy Webservices UG tersebut ditujukan bagi pilot dan para penggemar dirgantara di seluruh dunia. Setidaknya ada lebih dari 50000 bandara dan 11000 penerbangan dari seluruh belahan bumi yang dipetakan oleh aplikasi tersebut.

Avia Maps Aeronautical Charts akan menampilkan area 5 kali 5 derajat dari sebuah belahan peta di mana saja yang bisa Anda download untuk penggunaan offline. Untuk memberi kejelasan bagi pengguna, Avia Maps Aeronautical Charts memakai peta dengan gaya ICAO Annex 4 (Aeronautical Charts), yang lebih mudah digunakan.

Dengan Avia Maps Aeronautical Charts, Anda bisa merencanakan rute pra-penerbangan, termasuk kalkulasi angin dan bahan bakar, cuaca, dan navigasi penerbangan di semua dunia, kecuali Antartika. Sayangnya, Avia Maps Aeronautical Charts adalah aplikasi trial selama 30 hari saja, setelah itu dikenai biaya USD 10.99.

Pros

  • Aplikasi GPS terbaik untuk penerbangan
  • Dibekali dengan banyak informasi aeronautika

Cons

  • Terbatas hanya untuk kegiatan penerbangan
  • Biaya berlangganan mahal

GPS Field Area Measure

Aplikasi GPS Terbaik - gps field img

Aplikasi GPS terbaik selanjutnya adalah GPS Field Are Measure yang dibuat oleh developer Farmis.

Menariknya, tidak seperti aplikasi GPS yang lain, sebab GPS Field Area Measure berfungsi sebagai pengelolaan area, jarak, dan perimeter. Dengan kata lain, aplikasi tersebut berguna bagi user untuk mengukur ladang atau lahan mereka.

Selain mengukur, aplikasi GPS Field Area Measure juga mampu digunakan untuk menandai batas lahan dan membagikannya kepada orang yang berkepentingan. Fitur penambahan tempat menarik atau point of interest dapat membantu menandai batu, pagar, batas-batas wilayah, atau juga area pakan rumput bagi ternak-ternak tertentu.

Secara keseluruhan, GPS Field Area Measure berguna bagi orang-orang yang berurusan dengan pemetaan lanskap, mulai dari petani, peternak, perencana kota, kontraktor, hingga artis lanskap. Meskipun sangat akurat, tetapi GPS Field Are Measure memiliki fitur terbatas dan ada iklan, kecuali jika membayar versi PRO-nya.

Pros

  • Aplikasi GPS pemetaan tanah terbaik
  • Banyak fitur pemetaan yang berfungsi baik

Cons

  • Khusus untuk kegiatan pemetaan saja
  • Ada iklan dalam aplikasi

ViewRanger

Aplikasi GPS Terbaik - view ranger img

ViewRanger adalah aplikasi GPS terbaik dari Augmentra yang sesuai namanya dibuat sebagai panduan perjalanan outdoor.

Dengan ViewRanger Anda yang hobi melakukan pendakian gunung atau jeljah alam pun sangat terbantu. Salah satunya berkat teknologi Skyline dari ViewRanger, yaitu teknologi augmentasi melalui kamera ponsel.

Dengan fitur tersebut Anda bisa mengenali lokasi-lokasi di sekitar dengan bermodal kamera ponsel. Karena ViewRanger akan memberikan informasi seperti puncak gunung, danau, dan arah panah penunjuk jalan. Selain itu, ViewRanger juga dibekali dengan pemetaan topografi yang berasal dari OpenStreetMap dan OpenCycleMap.

Menariknya lagi navigasi pada ViewRanger menggunakan GPS, jadi bisa dijalankan tanpa koneksi internet namun tetap akurat. Selama penjelajahan, Anda juga bisa melihat statistik perjalanan dan membagikannya dengan orang lain. Tapi untuk bisa menjalankan ViewRanger, smartphone Anda harus sudah dibekali kompas dan gyro.

Pros

  • Aplikasi GPS untuk kegiatan luar ruangan dengan fitur yang oke
  • Bisa digunakan meskipun offline

Cons

  • Perangkat harus sudah mendukung kompas dan gyro
  • Terbatas hanay untuk kegiatan luar ruangan

C-MAP

Aplikasi GPS Terbaik - c map img

C-MAP merupakan aplikasi GPS terbaik yang mneyediakan peta laut berkualitas tinggi. Navico Norway AS meluncurkan C-MAP sebagai panduan rute pelayaran.

Apalagi, C-MAP dilengkapi dengan informasi cuaca, navigasi, dan lalu lintas di perairan. Selain untuk pelayar, C-MAP juga bisa menjadi pemandu bagi pemancing.

Fitur yang terdapat dalam aplikasi C-MAP sangat beragam. Mulai dari grafik kelautan yang tersedia offline, auto-routing, dan data AIS yang bisa digunakan untuk melihat informasi posisi, kecepatan, dan jalur perahu di sekitar dalam radius 100 km. Anda juga bisa menemukan informasi seputar pelayaran, seperti pelabuhan atau pantai.

C-MAP juga memungkinkan bagi sesama penggunanya untuk berbagi tempat terbaik. Meskipun peta di dalam C-MAP bisa digunakan secara gratis, namun cukup terbatas. Jadi apabila Anda ingin melihat sekitar 70 wilayah baru yang lain, maka Anda harus berlangganan terlebih dahulu. Terutama di daerah terpencil tanpa sinyal.

Pros

  • Aplikasi GPS untuk navigasi laut yang handal
  • Dibekali fitur berbagi tempat

Cons

  • Fitur gratisnya sangat terbatas
  • Hanya berkaitan dengan kelautan saja

Life360 – Family Locator

Aplikasi GPS Terbaik - life360 img

Terakhir, yang juga termasuk sebagai aplikasi GPS terbaik adalah Life360 – Family Locator.

Mungkin aplikasi yang dibuat oleh Life360 tersebut cukup berbeda dari aplikasi GPS yang lain. Karena, Life360 – Family Locator berfokus pada pemantauan lokasi antar anggota keluarga, sehingga digunakan secara lebih privat dan terbatas.

Ide awal dari pembuatan aplikasi Life360 – Family Locator adalah untuk saling mengetahui keberadaan dari penggunanya, biasanya sesama anggota keluarga atau orang tua dan anak. Lokasi akan terlacak secara real-time dari perangkat, tetapi fitur berbagi lokasi bisa diatur waktunya sehingga tidak setiap saat bisa terlihat di peta.

Life360 – Family Locator juga memungkinkan pengguna untuk mengobrol dengan semua orang yang terdapat di Life360 Circle. Selain itu, aplikasi tersebut juga bisa digunakan untuk melacak ponsel yang hilang atau dicuri. Sayangnya, Life360 – Family Locator cukup membingungkan bagi pengguna pemula dan akurasinya juga kurang.

Pros

  • Aplikasi yang tepat untuk memantau lokasi keluarga
  • Berbasis sosial komunitas yang lebih privat

Cons

  • Kurang user-friendly bagi pemula
  • Akurasi peta real-time masih kurang

Rekomendasi Aplikasi GPS Terbaik Lainnya

Selain yang aplikasi GPS terbaik sudah disebutkan dalam ulasan sebelumnya. Ada juga beberapa rekomendasi aplikasi GPS yang bisa digunakan sebagai alternatif.

Secara keseluruhan, aplikasi GPS berikut ini memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda serta dilengkapi dengan fitur unggulan masing-masing. Diantaranya yaitu:

1. Sygc GPS Navigation & Offline Maps

Aplikasi GPS Terbaik - sygic gps img

2. BackCountry Navigator TOPO GPS

Aplikasi GPS Terbaik - backcountry navigator img

3. TomTom GO

Aplikasi GPS Terbaik - tomtomgo img

4. MapFactor Navigator

Aplikasi GPS Terbaik - mapfactor gps img

5. Polaris GPS Navigation

Aplikasi GPS Terbaik - polaris gps img

6. Map My Tracks

Aplikasi GPS Terbaik - mapmytracks img

7. CoPilot GPS Navigation & Traffic

Aplikasi GPS Terbaik - copilot gps img

8. Navitel Navigator GPS & Maps

Aplikasi GPS Terbaik - navitelgps img

9. Magic Earth Navigation & Maps

Aplikasi GPS Terbaik - magicearth navigation img

10. OsmAnd

Aplikasi GPS Terbaik - osmand img

Akhir Kata

Demikian itulah beberapa aplikasi GPS terbaik yang bisa anda gunakan dan cocok digunakan untuk navigasi, baik di darat, laut, maupun udara.

Selain itu, aplikasi GPS terbaik juga bisa digunakan untuk kegiatan pengukuran dan bahkan pemantauan. Semoga ulasan tentang aplikasi GPS terbaik ala Kuotabro, bermanfaat bagi pembaca.

Baca juga: 15 Aplikasi Ganda Terbaik

Selalu ada pembelajaran dari setiap tulisan, selalu ada mimpi dari setiap inspirasi. Terima kasih telah membaca artikel saya!

Tinggalkan komentar