Aplikasi Tips & Trik

Cara Kompres PDF Hingga Kecil

Cara Kompres PDF
https://kuotabro.com
Siva Nurikhsa S.I.Kom.
Writen & Edited By Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Mau mengecilkan file dengan format PDF? Anda bisa menggunakan Cara Kompres PDF Hingga Kecil ini, meskipun pdf tersebut sudah di kompres.

Kuotabro.comCara kompres PDF hingga kecil sangat dibutuhkan bagi kita yang sehari-hari berputar dengan paper atau pekerjaan yang berhubungan dengan dokumen-dokumen.

Seringkali file dokumen yang berformat PDF memiliki ukuran yang besar sehingga cukup boros dalam ruang penyimpanan.

Belum lagi jika kita harus mengupload atau mengirim file tersebut kepada orang lain di mana tentunya semakin banyak file maka akan semakin berat proses pengirimannya.

File PDF sendiri saat ini lebih paling banyak digunakan oleh masyarakat karena memiliki beberapa kelebihan dibandingkan format dokumen yang lain.

Salah satunya yaitu file dengan format PDF tidak mudah diedit dan tidak mudah rusak.

Memang bukan tanpa alasan jika banyak yang lebih memilih menggunakan format file PDF untuk berbagai keperluan mengingat dari segi kenyamanan saat digunakan.

Hanya saja seringkali file PDF memiliki ukuran yang cukup besar sehingga akan memakan memori atau ruang penyimpanan.

Akan tetapi pengguna tidak perlu khawatir karena saat ini banyak tersedia tools online maupun aplikasi untuk kompres PDF hingga kecil.

Dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi cara mengecilkan PDF secara online dan offline.

Agar lebih jelasnya silakan simak pembahasan kali ini secara lengkap Bagi anda yang membutuhkan cara mengecilkan ukuran file PDF hingga kecil.

Cara Kompres PDF Offline dengan Aplikasi

Hampir setiap pengguna internet pasti sudah familiar dengan file dokumen dengan format PDF.

Format PDF adalah bentuk format dokumen lain selain Word, Excel dan PowerPoint milik Microsoft Office.

Mungkin diantara pembaca pernah ada yang mengalami gagal mengirim file PDF karena ukuran file yang terlalu besar.

Karena beberapa situs membatasi penggunanya mengupload file dengan limit tertentu.

Ukuran file PDF sendiri bergantung dari isinya sehingga semakin banyak halamannya atau konten bergambar maka ukurannya akan menjadi semakin besar.

Namun anda tidak perlu khawatir karena anda bisa mencoba cara kompres PDF offline dengan aplikasi.

Adapun berikut ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan untuk menghasilkan file berformat PDF.

Kompres PDF dengan NitroPDF

Cara pertama yang bisa anda gunakan yaitu dengan menggunakan software Nitro PDF.

Nitro PDF sendiri adalah software yang multifungsi untuk melakukan segala hal terkait file berformat PDF termasuk mengubah file PDF menjadi format lain, menggabungkan file PDF, memotong file PDF dan terutama dapat digunakan untuk mengkompres file PDF.

Untuk menggunakan aplikasi ini langsung saja anda mengikuti langkah-langkahnya berikut:

  1. Pertama-tama Anda harus menginstall terlebih dahulu aplikasi Nitro PDF di perangkat yang Anda gunakan. Aplikasi ini hanya tersedia untuk PC sehingga silakan Anda pasang di perangkat PC atau laptop anda.
  2. Setelah itu Anda bisa membuka dan menjalankan aplikasi tersebut, buka file PDF mana yang akan anda kecilkan ukurannya.
  3. Lalu pilih tab file. Lanjutkan dengan memilih opsi Optimize PDF.Cara Kompres PDF dengan NitroPDF
  4. Kemudian setelah itu akan muncul beberapa pilihan, untuk mengecilkan file PDF Anda bisa memilih opsi Reduced Size. Klik Optimize.Kompres PDF dengan NitroPDF
  5. Selanjutnya Anda tinggal menunggu proses compressing hingga selesai. Apabila prosesnya sudah selesai maka anda akan melihat jendela yang berisi perbandingan ukuran file PDF sebelum dikecilkan dan ukuran file PDF setelah dikecilkan. Untuk melanjutkan klik “Accept”.
  6. Maka setelah itu file PDF yang sudah dikecilkan tadi akan terbuka secara otomatis dan anda bisa mengklik tombol save untuk menyimpannya di folder perangkat yang diinginkan.

Dengan menggunakan aplikasi Nitro PDF memungkinkan anda untuk melakukan banyak hal pada file dengan format PDF.

Banyaknya fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Nitro PDF ini sehingga cukup disarankan terinstal di perangkat komputer anda.

Apalagi bagi Anda yang terbiasa bekerja dengan file dokumen berformat PDF maka aplikasi ini bisa sangat membantu dan bahkan tidak memerlukan akses internet sama sekali.

Kompres PDF dengan Orpalis PDF Reducer

Cara kompres PDF secara offline lainnya yaitu dengan menggunakan software Orpalis PDF Reducer.

Akan tetapi software ini sedikit berbeda dengan software Nitro PDF yang sudah dijelaskan sebelumnya dimana software ini tidak kaya fitur editing PDF.

Orpalis PDF Reducer dikhususkan untuk aktivitas mengecilkan file PDF saja sehingga tidak dapat menggunakan fitur-fitur lainnya layaknya pada aplikasi Nitro PDF.

Namun untuk pekerjaan mengecilkan file PDF aplikasi ini bisa diandalkan.

Agar lebih jelasnya Anda bisa melihat langkah-langkah menggunakan Orpalis PDF Reducer berikut ini:

  1. Pertama-tama anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasinya terlebih dahulu. Software Orpalis PDF Reducer bisa anda dapatkan secara gratis di internet atau Google. Ada banyak yang menyediakan link dari software ini silahkan anda cari terlebih dahulu.
  2. Biasanya anda akan diminta untuk mengisi data diri terlebih dahulu dan apabila sudah mensubmit data diri maka suhu air akan terdownload secara otomatis.
  3. Jika anda sudah mendapatkan softwarenya maka silakan instal software tersebut seperti biasa. Apabila muncul kotak dialog yang berisi keterangan “Free Version Limitation”, maka klik ok.
  4. Setelah itu akan muncul sebuah tampilan aplikasi Orpalis PDF Reducer. Pada kolom search Klik tombol ” …” Untuk memilih file PDF mana yang akan dikompres atau dikecilkan. Lalu pada kolom destination lakukan hal yang sama untuk menentukan lokasi file PDF yang setelah dikompres atau dikecilkan. Jika sudah selanjutnya klik “Start Batch” untuk memulai proses compressing atau pengecilan file PDF.Kompres PDF dengan Orpalis PDF Reducer
  5. Tunggu hingga proses selesai maka secara otomatis file yang anda kompres tadi akan tersimpan di folder destination yang sudah ditentukan.Cara Kompres PDF dengan Orpalis PDF Reducer
  6. Lama tidaknya proses compressing tergantung dari ukuran PDF anda dan apabila proses berhasil maka akan ada notifikasi “Process Complete” yang menandakan bahwa proses kompres file sudah berhasil.

Mudah sekali bukan dengan menggunakan cara kompres PDF dengan Orpalis PDF Reducer? Namun sayangnya Jika anda ingin menggunakan aplikasi ini dalam jangka panjang Anda harus membeli versi premiumnya yang berbayar.

Kompress PDF dengan Adobe Acrobat Pro

Cara compress PDF offline yang ketiga yaitu dengan menggunakan Adobe Acrobat Pro.

Aplikasi ini mirip seperti Nitro PDF yang memungkinkan pengguna menggunakan beragam fitur bermanfaat terkait file PDF, termasuk mengecilkan ukuran PDF.

Pastikan anda sudah mengunduh dan menginstal aplikasi Adobe Acrobat Pro jika ingin menggunakan software ini untuk mengecilkan ukuran file PDF.

Software ini bisa anda dapatkan secara gratis di internet atau Google.

Jika anda sudah mendapatkan software-nya, maka silahkan ikuti tutorial berikut ini untuk mengecilkan file PDF menggunakan Adobe Acrobat Pro:

  1. Buka software Adobe Acrobat pro dan import file PDF mana yang akan anda kecilkan ukurannya. Caranya yaitu dengan mengklik tab file, lalu pilih open dan temukan file PDF mana yang akan anda kecilkan ukurannya.
  2. Jika file sudah terbuka, maka selanjutnya pilih yab file lagi dan pilih opsi “save as other” , lalu pilih Reduced Size PDF.Kompres PDF dengan Orpalis PDF Reducer
  3. Kemudian pada kolom “Make compatible with”, Anda bisa memilih “Retain existing”. Lalu klik OK.
  4. Selanjutnya Anda bisa menentukan folder mana yang diinginkan untuk menyimpan file PDF yang sudah dikompres. Klik save.
  5. Anda tinggal menunggu proses compressing file PDF selesai dan tersimpan secara otomatis di folder yang sudah ditentukan sebelumnya.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran file PDF dengan mudah menggunakan software.

Rata-rata software di atas dapat memperkecil ukuran file PDF hingga 163% dari ukuran normalnya.

Meskipun ukuran file PDF di kecilkan namun tidak mengurangi kualitas dokumen PDF itu sendiri.

Jika anda tidak menyukai cara cara kompres PDF hingga kecil menggunakan software maka anda bisa melanjutkan membaca artikel ini akan membahas cara kompres PDF tanpa software.

Cara Kompres PDF Tanpa Aplikasi

Bagi Anda yang sedang mencari cara kompres PDF tanpa menggunakan aplikasi maka berikut ini kami akan memberikan beberapa cara yang bisa anda gunakan.

Cara kompres PDF tanpa aplikasi bisa menjadi solusi Ketika anda menemukan file PDF berukuran besar padahal anda harus mengupload file tersebut di website dengan limit ukuran PDF tertentu.

Yuk langsung saja ketahui beberapa cara kompres PDF tanpa aplikasi berikut ini:

Kompres PDF dengan Tool Small PDF

Melalui kecanggihan teknologi saat ini memang segalanya dapat dimanfaatkan secara gratis termasuk ketika anda ingin mengecilkan ukuran file PDF.

Jika dulu untuk menghasilkan file berformat PDF harus dengan bantuan orang lain dan menggunakan software software tertentu, nama saat ini tidak lagi karena Anda bisa melakukannya sendiri menggunakan bantuan tools online.

Salah satu tools online yang bisa anda manfaatkan yaitu Small PDF.

Website tersebut bisa anda manfaatkan untuk mengecilkan ukuran file PDF tanpa harus menginstal aplikasi apapun dan dapat diakses secara gratis.

Agar lebih jelasnya Anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menggunakan website Small PDF:

  1. Langkah yang pertama anda perlu menyiapkan file PDF yang akan anda kecilkan ukurannya. Jika sudah disiapkan langsung saja mengunjungi situs smallpdf.com.
  2. User interface dari website small PDF cukup ramah pengguna sehingga bagi pengguna awam sekalipun akan dengan mudah menggunakannya. Kurang lebih Anda akan melihat tampilan halaman smallpdf.com seperti dibawah ini:Cara Kompress PDF Online dengan Tool Small PDF
  3. Dari tampilan tersebut terlihat ada beberapa fitur yang bisa anda gunakan. Namun karena Disini anda bertujuan untuk mengecilkan ukuran file PDF maka anda bisa memilih kolom “Compress PDF”.
  4. Setelah Anda memilih kolom tersebut maka tampilannya akan berubah menjadi seperti ini:Cara Kompress PDF OnlineTool Small PDF
  5. Lalu pada tampilan tersebut tekan tombol “Choose File” untuk memasukkan file PDF mana yang akan dikompres. Dengan menggunakan cara ini Anda bisa mengambil file dari memori internal perangkat maupun yang disimpan di Google Drive atau Dropbox.
  6. Setelah Anda memilih file maka tunggu beberapa saat hingga proses upload dan kompres file berjalan secara otomatis. Semakin besar ukuran file maka biasanya proses juga semakin lama.
  7. Jika proses compressing sudah selesai maka anda akan melihat link download dari file yang sudah dikompres. Apabila anda memperhatikan gambar di bawah ini maka terlihat bahwa file yang sebelumnya berukuran 272 KB setelah dikecilkan menjadi 93 KB.Kompress PDF Online dengan Tool Small PDF
  8. Sampai Disini anda bisa menyimpan file tersebut dengan cara download ke perangkat komputer maupun ke Dropbox atau Google Drive.

Bagaimana, mudah sekali bukan cara mengecilkan file PDF menggunakan tools online yang satu ini?

Dengan beberapa langkah saja Anda bisa mengecilkan file PDF tanpa harus menginstal aplikasi atau software apapun.

Dan pastinya Anda bisa menggunakan tools ini secara gratis.

Cara Kompres PDF dengan Tool PDF Compressor

Ada tool online lainnya yang bisa anda gunakan untuk mengecilkan file PDF dengan langkah yang mudah dan gratis, yaitu menggunakan tool PDF compressor.

Namun sayangnya tool ini agak berbeda dengan tool yang sebelumnya dimana hanya menyajikan fitur khusus untuk mengecilkan file PDF saja.

Tapi pengguna masih bisa menggunakan fitur konversi antar file yang tersedia di tool ini.

Tampilan dari tools ini sangat mudah dipahami oleh pengguna awam sekalipun.

Kurang lebih tampilannya seperti ini jika anda Masuk ke halaman PDF compressor:

Cara Kompress PDF Online dengan Tool PDF Compressor

Untuk melakukan compressing PDF, maka anda perlu menekan tombol unggah file untuk mengimpor file PDF yang sudah dikompres.

Sehingga pastikan anda sudah menyiapkan file PDF mana yang akan dikecilkan ukurannya

Jika file PDF sudah terunggah maka proses compressing akan berjalan secara otomatis jadi Anda tinggal menunggu prosesnya hingga selesai.

Setelah proses kompres selesai maka akan muncul link untuk mendownload file yang sudah terkompres tersebut.Kompress PDF Online dengan Tool PDF Compressor

Dari gambar ini terlihat bahwa ukuran file berkurang hingga 66%. Klik “unduh file” untuk menyimpan file PDF yang sudah dikompres.

Tools ini cukup ringan digunakan sehingga recommended untuk digunakan.

Kompres PDF dengan Tool iLovePDF

Selain dua tool yang sudah disebutkan sebelumnya, ilovepdf juga banyak digunakan untuk urusan mengecilkan ukuran file PDF.

Sekilas tool ini mirip seperti smallpdf yaitu menyajikan beragam fitur bermanfaat untuk PDF editing.

Anda dapat memanfaatkan tool ini untuk berbagai keperluan PDF editing seperti konversi antar format file, memotong file, menggabungkan file dan masih banyak fitur menarik lainnya.

Untuk menggunakan tool ilovepdf Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut:

  1. Siapkan file PDF mana yang akan anda kecilkan ukurannya lalu langsung saja kunjungi link tool ilovepdf. Kurang lebih Anda akan melihat tampilannya seperti gambar di bawah ini:Cara Kompress PDF Online dengan Tool iLovePDF
  2. Dari tampilan tersebut Anda akan melihat beberapa fitur yang ditawarkan oleh website ilovepdf, karena di sini akan mengecilkan ukuran file PDF maka anda bisa memilih opsi “Compress PDF”.
  3. Pada tampilan yang selanjutnya akan muncul tombol untuk mengunggah file yang akan dikecilkan ukurannya. Klik tombol “Select PDF file”. Ambil file PDF yang sudah anda siapkan tadi .Cara Kompress PDF Online Tool iLovePDF
  4. Setelah itu Anda akan di beri 3 pilihan level kompresi yaitu ekstrem compression untuk hasil kompres maksimal namun kualitas PDF menurun, recommended compression untuk kualitas dan hasil kompres yang seimbang serta less compression untuk kualitas PDF tinggi namun hasil kompres paling minimal. Disarankan anda untuk menggunakan pilihan default yaitu recommended compression.
  5. Selanjutnya Anda bisa menunggu proses compressing

Dengan menggunakan tools ini maka file PDF Anda meskipun ukurannya menurun namun kualitasnya akan tetap standar.

Akan tetapi jika Anda menggunakan fitur ekstrem compression untuk menghasilkan ukuran file paling kecil maka kualitas file PDF juga akan menurun.

Adapun berikut ini tool atau website lain yang bisa anda gunakan sebagai cara mengecilkan file PDF selain yang sudah disebutkan sebelumnya:

  • PDFCandy
  • SodaPDF
  • Sejda
  • Pdf2go
  • Foxitsoftware

Untuk menggunakan tool tool tersebut tidak jauh berbeda dengan tutorial yang sebelumnya.

Akhir Kata

Demikian itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan jika ingin mengecilkan atau mengkompres file PDF.

Semoga beberapa cara kompres PDF hingga kecil tersebut bermanfaat bagi pembaca. Selamat mencoba.

Tentang Penulis

Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992