Aplikasi Tips & Trik

Cara Instal XAPK

Cara Instal XAPK
https://kuotabro.com

Nggak bisa instal aplikasi game karena formatnya XAPK? Kamu wajib tahu Cara Instal XAPK ini untuk install XAPK PUBG dan game lainnya.

Kuotabro.com – Smartphone Android dapat berfungsi semakin canggih dan berguna karena adanya beragam aplikasi di dalamnya.

Kita ketahui secara umum format aplikasi yang biasa kita gunakan adalah APK.

Namun ternyata ada loh format aplikasi dalam bentuk XAPK.

Bagi yang masih awam mungkin cukup asing dengan istilah yang satu ini karena jarang digunakan pada ekstensi file aplikasi.

Namun jika Anda menyukai dunia gaming pasti cukup familiar dengan istilah XAPK.

Lalu apa itu XAPK?

Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu XAPK dan bagaimana cara menginstalnya, artikel kali ini kami akan memberikan ulasan tentang istilah tersebut.

Jika penasaran simak artikel ini sampai selesai.

Apa Maksudnya XAPK?

Sebelum kita membahas Bagaimana cara menginstal aplikasi ini, sebaiknya anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan format aplikasi XAPK.

XAPK adalah format baru untuk aplikasi berbasis Android di mana format tersebut merupakan gabungan antara APK dan OBB.

Seperti yang kita ketahui pada game-game tertentu biasanya file aplikasi dan file OBB terpisah, sehingga kehadiran format XAPK ini menjadi lebih praktis karena pengguna tidak harus menggunakan file yang terpisah.

Diantara pembaca mungkin ada yang pernah ingin menginstal PUBG mobile atau game lainnya yang berekstensi XAPK, dan ternyata gagal instal?

Itu karena anda belum mengetahui bagaimana cara instal XAPK.

Mungkin anda juga pernah mendapati suatu aplikasi dari Google Play Store hanya menunjukkan ukuran 20 MB saja namun ketika di-download justru menjadi 1GB lebih karena didalamnya ada file OBB.

Nah dari penjelasan singkat tersebut dapat dikatakan XAPK adalah solusi untuk mengompres data yang ada di aplikasi atau game karena biasanya APK hanya 1 sampai 100 mb saja, sedangkan untuk file dengan format XAPK dapat mencapai 1 GB lebih karena didalamnya sudah terselip file APK maupun OBB sekaligus.

Jadi sederhananya format ini seperti Rar atau Zip pada sebuah software yang terinstal di komputer, nah sedangkan di Android ini berformat XAPK.

Cara Instal XAPK

Cara instal XAPK sendiri ada beberapa cara yang bisa digunakan, berikut ini akan dibahas saru per satu untuk menyesuaikan dengan kebutuhan anda:

Cara Instal XAPK dengan ApKpure

Cara instal XAPK dengan APK pure biasanya digunakan untuk menginstal format tersebut tanpa PC.

Untuk menggunakan cara ini anda bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut:

  1. Pertama-tama anda perlu memberikan izin Android untuk menginstal aplikasi diluar Playstore atau Unknown Source. Caranya yaitu dengan masuk ke menu pengaturan pada smartphone lalu pilih opsi security. Pada menu tersebut silahkan pilih opsi “Alow installation app from unknown source”
  2. Nah setelah itu Anda bisa mendownload dan menginstal aplikasi APK pure. Cara Instal XAPK dengan ApKpure
  3. Kemudian jika aplikasi sudah terinstal maka buka lalu tekan gambar 3 horizontal di pojok kanan atas dan cari XAPK/ APK Management. Instal aplikasi yang dipilih.
  4. Selesai

Cara Instal XAPK  Tanpa PC (dengan Uptodown App)

Untuk menggunakan cara ini maka terlebih dahulu Anda juga harus mengizinkan ponsel Android Anda menginstal aplikasi di luar sumber yang dikenal.

Caranya seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya dengan masuk ke menu pengaturan lalu cari opsi “Installatiom Apps From Uknown Source”.

Jika anda sudah selesai melakukan pengaturan tersebut maka ikuti langkah-langkahnya berikut ini untuk cara instal XAPK tanpa PC dengan Uptodown App:

  1. Download dan install terlebih dahulu aplikasi uptodown Android. Untuk mendapatkan link downloadnya bisa anda dapatkan di internet Google.Cara Instal XAPK  dengan Uptodown App)
  2. Jika aplikasi sudah terinstal, maka buka aplikasi tersebut. Lanjutkan dengan menekan menu download.
  3. Setelah itu tekan XAPK, lalu kemudian pilih XAPK yang sudah Anda download tadi.
  4. Kemudian langkah yang terakhir aplikasi akan menginstal file XAPK menjadi game utuh.

Cara Instal XAPK di PUBG dengan RAR

Cara yang lainnya untuk menginstal XAPK yaitu menggunakan RAR app.

Cara ini bisa Anda gunakan jika ingin menginstal XAPK di PUBG, sebagai salah satu game mobile terpopuler saat ini.

Biasanya kita menggunakan aplikasi ini untuk mengekstrak suatu format ekstensi zip atau rar.

Namun kali ini kita akan memanfaatkan aplikasi tersebut untuk menginstal XAPK.

Agar lebih jelasnya Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Langkah yang pertama, jika anda sudah mendapatkan file dengan nama format XAPK maka ganti nama tersebut menjadi .Rar. jadi misalnya filenya seperti ini PUBG0.7.0.Xapk, maka silahkan ganti menjadi PUBG0.7.0.rar atau PUBG0.7.0.zipCara Instal XAPK di PUBG dengan RAR
  2. Jika sudah anda bisa melanjutkan untuk mendownload aplikasi rar melalui Google Play Store. Untuk mendownload aplikasi ini tidak perlu melakukan pengaturan unknown source karena aplikasi rar termasuk aplikasi dari Play Store atau dari sumber yang dikenal.
  3. Jika anda sedang mendapatkan aplikasi tersebut maka selanjutnya ekstrak file game yang sudah di ubah formatnya tadi. Pastikan anda mengekstrak file di folder yang kosong agar terlihat rapi, misalnya buat folder PUBG.
  4. Kemudian Anda bisa membuka folder tersebut lalu akan muncul pada didalamnya bernama Android. Didalam folder tersebut terdapat file OBB dan file APK.
  5. Selanjutnya instal aplikasi seperti biasa namun jangan dibuka terlebih dahulu aplikasinya setelah terinstal.
  6. Selanjutnya copy file OBB tersebut ke memori internal smartphone Android Anda di folder Android. Di dalamnya akan ada folder OBB, lalu pastekan file tersebut.
  7. Selesai

Sampai disini anda bisa download aplikasi game yang sudah anda lakukan sedikit otak-atik hadiah.

Biasanya aplikasi game tersebut akan melakukan update yang mana untuk mengambil file OBB yang sudah terpasang secara otomatis.

Tanpa adanya file OBB tersebut maka anda tidak dapat menjalankan aplikasi game yang menggunakan ekstensi XAPK.

Mengatasi Eror Saat Instal XAPK

Diantara Anda yang mencoba untuk menginstal XAPK Mungkin ada yang mengalami kegagalan atau Error saat proses install.

Mengalami Error saat mendownload atau mengunduh maupun menginstal aplikasi XAPK bisa saja terjadi.

Faktor penyebab terbesarnya adalah dari pengaturan smartphone anda sendiri.

Sehingga untuk mengatasinya Anda bisa melakukan seks bagian “permission” terlebih dahulu.

Kemudian ganti pengaturannya menjadi diizinkan semua maka dengan begitu file dengan format XAPK dapat terinstal di Smartphone anda.

Akan tetapi jika anda masih mengalami kendala ketika menginstal padahal sudah mengecek bagian tersebut, visa Saudi file yang anda download sudah rusak atau corrupt.

Sehingga solusi satu-satunya anda perlu mencari file lainnya yang masih valid dan tidak rusak.

Jika ternyata masih belum bisa menginstal XAPK maka barangkali memori Anda tidak mencukupi untuk menginstal format tersebut.

Sebenarnya masalah seperti ini tergantung dari spesifikasi ponsel masing-masing sehingga solusinya juga menyesuaikan dari masalah itu sendiri.

Akhir Kata

Nah demikian itulah pembahasan tentang cara instal XAPK yang bisa Anda coba,

Semoga pembahasan kami kali ini bermanfaat dan membantu bagi para pembaca sekalian.

Selamat mencoba.

Tentang Penulis

Nurikhsani S.I.Kom.

Nurikhsani S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992