Dompet Digital Terbaik

Oleh: /

Dompet digital atau yang dikenal sebagai e-wallet adalah sebuah aplikasi atau fitur yang dikembangan untuk memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi keuangan. Alhasil, saat ini menyimpan dan membelanjakan uang bisa Anda lakukan tanpa melalui mesin ATM atau metode konvensional, yaitu menggunakan uang tunai.

Menggunakan e-wallet tentu saja terasa lebih praktis dan menguntugkan. Kenapa bisa praktis? Tentu saja karena Anda bisa bertransaksi dimana pun dan kapan pun hanya bermodalkan smartphone dan koneksi internet. Kok bisa menguntungkan? Ya, sebab banyak diskon dan voucher dari merchant yang bekerjasama dengan e-wallet.

Terus bagaimana cara kerja e-wallet? Sederhana, Anda menaruh sejumlah nominal yang ke dalam akun e-wallet Anda. Tentunya setelah Anda berhasil melakukan registrasi dan verifikasi terlebih dahulu. Nah, nantinya saldo yang ada pada akun e-wallet Anda bisa dipakai berbelanja di tempat yang menerima transaksi dari e-wallet.

Jadi bisa dikatakan jika dompet digital atau e-wallet memang sesuai dengan namanya yaitu seperti dompet namun sifatnya digital. Apalagi saat ini bisa dibilang fenomena e-wallet telah diterima luas di masyarakat, terutama sejak merebaknya Covid-19. Sehingga banyak developer yang membuat aplikasi e-wallet terbaik di smartphone.

Bagi Anda yang mulai tertarik untuk menggunakan e-wallet, kali ini Kuotabro sudah merangkum bebrapa aplikasi dompet digital terbaik. Anda bisa menjadikan layanan dompet digital yang baik sebagai media bertransaksi, membayar tagihan, membeli pulsa, atau sekedar menyimpan uang. Langsung saja simak ulasan sebagai berikut.

GoPay

Dompet Digital Terbaik - ovo img

Aplikasi dompet digital terbaik pertama adalah GoPay yang dimiliki oleh Gojek, melalui PT Karya Anak Bangsa.

Terintegrasi langsung dengan aplikasi Gojek, Gopay dapat digunakan untuk membayar semua layanan Gojek. Seperti, GoRide, GoCar, GoSend. Selain itu, bisa dipakai untuk transaksi non tunai di rekan usaha terdaftar.

Fitur-fitur Menarik dari GoPay

  • Layanan pembayaran yang beragam, baik itu layanan langsung yang disediakan oleh Gojek, pembayaran di merchant yang menjadi rekanan usaha online maupun offline, hingga pembayaran tagihan melalui fitur GoBills atau GoPulsa.
  • Fitur GoPay Diary, yaitu merupakan rekapan transaksi GoPay selama satu bulan. Pengguna yang melakukan transaksi lebih dari satu kali selama sebulan akan mendapatkan e-mail GoPay Diary, asalkan sebelumnya sudah memverifikasi e-mail.
  • Split bill, salah satu fitur yang memudahkan urusan pembayaran secara patungan. Bagi pengguna yang sudah melakukan upgrade akun GoPay dapat meminta transfer pembayaran langsung lewat fitur minta/request dari chat grup kontak.
  • Minimum jumlah Top Up adalah Rp10.000 dan maksimum Top Up per bulan Rp1.000.000 (Unverified) / Rp10.000.000 (Verified). Saldo maksimum/limit sebesar Rp1.000.000 (Unverified) / Rp5.000.000 (Verified), dengan masa berlaku selamanya.
  • Apabila sudah upgrade ke GoPay Plus maka akan mendapatkan fitur lebih. Seperti, proteksi saldo GoPay, limit saldo yang lebih besar, mengirim dan menerima saldo ke sesama pengguna, transfer ke rekening Bank, PayLater, serta promo eksklusif.

Pros

  • Keamanan terjamin, terdapat PIN GoPay untuk verifikasi transaksi, kode OTP (one time password) saat login ke akun Gojek serta berada dalam pengawasan Bank Indonesia (BI)
  • Transaksi 24 jam penuh, kapan saja dan dimana saja
  • Ada GoPoints yang bisa ditukar dengan berbagai macam promo khusus dari Gojek

Cons

  • Fitur pembayaran dompet digital cenderung lebih sedikit
  • Aplikasi terintegrasi dengan Gojek dan tidak terpisah, sehingga harus registrasi akun Gojek terlebih dahulu
  • Pengguna harus upgarde ke GoPay Pro untuk menikmati fitur lebih banyak

OVO

Dompet Digital Terbaik - ovo img 1

OVO adalah aplikasi dompet digital yang diluncurkan oleh PT Visionet Internasional. OVO memberikan pelayanan untuk pembayaran transaksi secara online melalui OVO Cash.

Secara umum, OVO dapat digunakan untuk berbagai macam pembayaran di merchant dan aplikasi yang telah bekerjasama dengan OVO secara cepat dan mudah.

Fitur-fitur Menarik dari OVO

  • Fitur utama dari OVO adalah adanya poin yang dapat dikumpulkan setiap belanja di merchant rkanan yang disebut OVO Zone. Poin tersebut adalah loyalty reward, dengan satu OVO Points setara dengan Rp1 yang bisa untuk menghemat transaksi.
  • Ada banyak merchant hingga lebih dari 500.000 rekanan di seluruh Indonesia. Sehingga mudah untuk membayar tagihan, membeli pulsa, atau membayar parkir. OVO juga bisa dipakai untuk membayar semua layanan dari Grab dan Tokopedia.
  • Bisa transfer ke semua Bank atau sesama pengguna. Namun sebelumnya pengguna harus melakukan upgrade ke akun OVO Premier untuk dapat menggunakan fitur transfer ke sesama pengguna dan ke semua Bank di Indonesia.
  • Mudah untuk Top Up OVO Cash, karena ada banyak cara untuk melakukan Tup Up saldo OVO. Bisa melalui internet/mobile Banking, ATM, OVO Booth, pengemudi Grab, mitra Tokopedia, atau melakukan debit langsung di dalam aplikasi OVO.
  • Saldo maksimum/limit Rp2.000.000 (OVO Club) / Rp5.000.000 (OVO Premier). Minimum Top Up adalah Rp10.000, dan maksimum Top Up per bulan Rp1.000.000 (OVO Club) / Rp10.000.000 (OVO Premier), dengan masa berlaku tak terbatas.

Pros

  • Menawarkan banyak promo cashback menarik, mulai dari 10% hingga 70%
  • Adanya loyalty reward berupa poin yang bisa ditukarkan dengan diskon atau promo eksklusif lainnya
  • Keamanan terjamin dengan fitur CashShield yang mendeteksi dan mencegah penipuan, PIN dan kode OTP (one time password), serta diawasi langsung oleh Bank Indonesia (BI)

Cons

  • Masih ada tagihan yang belum bisa dibayar dengan OVO seperti pembayaran BPJS Ketenagakerjaan, Pajak Bumi Bangunan, dan sebagainya
  • Upgarde dari OVO Club ke OVO Premier harus dilakukan dengan datang ke OVO Booth, belum bisa dilakukan secara online
  • Tidak dapat melakukan tarik tunai

DANA

Dompet Digital Terbaik - dana img

Aplikasi dompet digital terbaik selanjutnya adalah DANA yang diluncurkan oleh PT Espay Debit Indonesia Koe.

DANA dapat digunakan untuk melakukan transaksi non-tunai dan non-kartu untuk kegiatan transkasi pembayaran offline hingga tagihan dan cicilan online. DANA adalah platform dompet digital Indonesia yang bisa diandalkan.

Fitur-fitur Menarik dari DANA

  • DANA Wallet atau dompet digital memiliki fitur minimal Top Up Rp10.000 dengan akumulasi pengisian total saldo per bulan Rp20.000.000. Sedangkan saldo pada akun DANA maksimal Rp2.000.000 (Unverified) / Rp10.000.000 (DANA Premium)
  • Fitur Cash Out atau Tarik Saldo, yang bisa dilakukan untuk menarik saldo pada akun DANA melalui rekening bank. Tetapi sebelumnya rekening Bank harus sudah terdaftar di dalam aplikasi DANA atau bisa melalui pihak yang telah bekerjasama
  • Send dan Request Money, yaitu fitur yang bisa digunakan unruk mengirim atau meminta sejumlah saldo DANA kepada sesama pengguna seperti lewat QR Code Fitur Send Money juga bisa dipakai transfer ke rekening Bank bagi non-pengguna.
  • Save Card, pengguna DANA dapat menyimpan informasi terkait kartu debit atau kartu kredit yang dikeluarkan oleh Bank untuk melakukan transaksi. Namun, Bank harus sudah bekerjasama dengan pihak DANA untuk menggunakan fitur tersebut
  • Pengaturan tagihan dengan fitur Manage Bills, poin loyalty reward setiap pembayaran pada merchant DANA, Paylater, DANA Bisnis dan DANA enterprise untuk UMKM, serta fitur FEED yang berisi aktivitas sesama pengguna DANA.

Pros

  • Transfer uang gratis ke sesama pengguna DANA dan banyak promo menarik
  • Dapat digunakan untuk melakukan berbagai macam pembayaran, mulai dari tagihan, merchant offline atau online, hingga untuk belanja online di Bukalapak
  • Keamanan terjamin dengan fitur password PIN atau face recognition, kode OTP (one time password), dan diawasi langsung oleh Bank Indonesia

Cons

  • Hanya bisa digunakan untuk transfer gratis 10 kali ke rekening Bank selama sebulan, jika lebih maka dikenakan biaya admin sebesar Rp4.000/transfer
  • Terdapat resiko tinggi kehilangan saldo jika ingin ganti nomor telepon
  • Harus upgarde ke akun DANA Premium untuk menikmati fitur yang lebih lengkap

LinkAja

Dompet Digital Terbaik - linkaja img

LinkAja adalah platform dompet digital plat merah yang dikelola oleh PT Fintek Karya Nusantara. Awalnya LinkAja bernama TCASH sebelum berubah pada tahun 2019 silam.

Karena merupakan bagian dari BUMN, maka LinkAja terintegrasi dengan perusahaan BUMN lain, seperti perbankan, telekomunikasi, jasa, dan lain sebagainya.

Fitur-fitur Menarik dari LinkAja

  • Transfer dimana pun dan kapan pun dengan menggunakan nomor telepon. Tarik Tunai juga gampang, tinggal datang ke ATM Bank yang terafiliasi dengan LinkAja. Mulai dari BTN, BNI, BRI, Bank Mandiri, bahkan bisa tanpa menggunakan kartu
  • Pembayaran praktis dan cepat menggunakan kode QR dan Token. Pengguna hanya perlu melakukan snap QR Code yang ada di merchant LinkAja atau dengan menunjukkan Token di dalam aplikasi LinkAja untuk melakukan pembayaran
  • Pembayaran berbagai macam layanan, seperti beli pulsa-data, tagihan bulanan PLN, PDAM, pajak, hingga donasi. Bisa juga untuk membayar keperluan lain seperti bayar taksi, ojek online, tiket pesawat, kereta, sampai bayar parkir non-tunai
  • Bisa digunakan untuk keperluan menabung dan investasi. Seperti misalnya beli reksadana, obligasi, dan produk investasi yang lain. Ada juga promo menarik dan layanan pembayaran yang fleksibel karena bisa dibayar nanti atau Paylater
  • Saldo maksimum/limit Rp2.000.000 (Basic) / Rp10.000.000 (Full Service) dengan minimal Top Up sebesar Rp10.000. Transfer maksimal Rp10.000.000 serta minimal transfer Rp100 sesama pengguna LinkAja dan Rp10.000 antar Bank (Full Service)

Pros

  • Top Up mudah melalui Bank yang telah terafiliasi dengan LinkAja seperti BRI, BTN, BNI, atau Bank Mandiri, dan tanpa biaya admin. Bisa juga lewat mobile Banking, Alfamart, Alfamidi, Circle K, GraPARI, Indomaret, dan masih banyak lagi
  • Keamanan terjamin menggunakan PIN password, kunci sidik jari, kode OTP (one time password) dan diawasi langsung oleh Bank Indonesia (BI)
  • Proses pendaftaran mudah dengan nomor telepon

Cons

  • Merchant belum menyeluruh dan tersebar merata di seluruh wilayah Indonesia
  • Proses upgrade ke Full Srevice membutuhkan waktu yang tidak sebentar
  • Fitur Basic tidak berfungsi dengan maksimal, terutama untuk keperluan transaksi

Sakuku

Dompet Digital Terbaik - sakuku img

Sakuku adalah aplikasi dompet digital terbaik yang dimiliki oleh PT Bank Central Asia Tbk., yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi lewat perangkat smartphone.

Pengguna BCA maupun bukan, bisa dengan mudah melakukan belanja, pembayaran non-tunai atau transkasi perbankan lainnya cukup dengan melalui aplikasi Sakuku.

Fitur-fitur Menarik dari Sakuku

  • Pendaftaran mudah menggunakan nomor telepon sebagai tanda kepemilikian dan rekening akun Sakuku BCA. Top Up juga praktis melalui ATM BCA, KlikBCA Individu, atau BCA Mobile. Bisa Tarik Tunai saldo langsung melalui ATM BCA
  • Tersedia fitur mutasi transaksi, transfer Sakuku untuk mengirim dan meminta transfer ke sesama pengguna Sakuku, dan transfer saldo ke nomor rekeing BCA. Ada juga fitur Split Bill yang bisa digunakan berbagi tagihan sesama pengguna.
  • Tawaran otomatis Sakuku Plus bagi pengguna m-BCA dengan nomor telepin yang sama antara Sakuku dan m-BCA. Syaratnya, aktif bertransaksi minimal dalam satu bulan terakhir, atau upgrade secara manual bagi pengguna kartu Paspor/ATM BCA
  • Tidak dibebankan biaya administrasi bulanan. Selain itu, ada beragam promo menarik setiap kali bertransaksi menggunakan Sakuku BCA seperti diskon belanja online, tempat nongkrong, beli buku, tiket bioskop, maupun tempat hiburan lain.
  • Saldo maksimum/limit sebesar Rp2.000.000 (Sakuku) / Rp10.000.000 (Sakuku Plus). Minimal jumlah Top Up yaitu Rp10.000 dan akumulasi maksimal Top Up per bulan Rp20.000.000 (Sakuku dan Sakuku Plus) dengan masa berlaku yang tidak terbatas.

Pros

  • Tampilan antarmuka dan tata letak menu bisa disesuaikan
  • Pendaftaran Sakuku BCA gratis dan cepat
  • Terjamin keamanannya dengan PIN Sakuku 6 digit numerik, kode OTP (one time password) dan diawasi langsung oleh Bank Indonesia (BI)

Cons

  • Lebih cocok digunakan bagi pengguna layanan BCA dan tidak bisa transfer ke rekening Bank lain
  • Untuk dapat melakukan transfer uang harus upgrade ke akun Sakuku Plus
  • Terkesan lebih eksklusif dan kurang fleksibel

DOKU

Dompet Digital Terbaik - doku img

DOKU merupakan layanan dompet digital terbaik yang dapat diandalkan dari PT. Nusa Satu Inti Artha. DOKU dapat digunakan untuk bertransaksi online atau offline dengan mudah dan cepat.

Selain itu, DOKU juga merupakan aplikasi dompet digital pertama di Indonesia yang telah berpengalaman daripada aplikasi e-wallet lainnya.

Fitur-fitur Menarik dari DOKU

  • Proses pendaftaran gratis dan tanpa biaya administrasi. Selain itu, Top Up juga mudah, bisa dilakukan dengan transfer Bank atau deposit pada merchant yang sudah bekerjasama dengan DOKU seperti Alfamart, Lawson, dan lain sebagainya
  • Saldo maksimum/limit Rp1.000.000 (Biasa) / Rp5.000.000 (Premium), dengan minimal Top Up saldo Rp10.000. Maksimal Top Up per bulan adalah Rp1.000.000 (Biasa) dan Rp10.000.000 (Premium) dengan masa berlaku yang tidak terbatas
  • Layanan pembayaran fleksibel melalui aplikasi DOKU. Baik untuk pembayaran barang atau jasa dari merchant DOKU, pembayaran tagihan listrik, PDAM, cicilan, atau membeli pulsa-data kapan saja dan dimana saja selama 24 jam setiap harinya
  • Melakukan pengiriman dan permintaan penerimaan uang ke sesama pengguna DOKU Wallet dan transfer ke rekening Bank bagi user Premium. Bisa melakukan Tarik Tunai dari gerai dan merchant yang telah bekerjasama dengan DOKU Wallet.
  • Laporan transaksi dapat dilihat secara online dan real-time. Selain itu, data pribadi terjamin kerahasiannya sehingga tetap aman saat bertransaksi. DOKU telah berpengalaman selama 13 tahun dengan 3 juta pengguna dan ratusan ribu mitra.

Pros

  • Ada layanan e-invoice bagi merchant dan beragam promo menarik bagi pengguna
  • Keamanan terjamin dengan kode OTP (one time password) saat pendaftaran, PIN, dan QRIS yaitu QR Code langsung dari Bank Indonesia
  • Banyak layanan dompet digital yang ditawarkan oleh DOKU

Cons

  • Aplikasi DOKU Wallet sesekali mengalami crash dan terkadang keluar sendiri
  • Tarik tunai hanya bisa diambil seminggu sekali dan adanya biaya setiap transaksi
  • Saldo Top Up masuk terhitung butuh waktu yang lama sekitar 10 – 15 menit dengan metode transfer Bank

i.Saku

Dompet Digital Terbaik - isaku img

Aplikasi i.Saku adalah platform dompet digital yang diluncurkan oleh Inti Dunia Sukses, PT. i.Saku menawarkan pengalaman bertransaksi e-money berbasis server dalam satu aplikasi.

Banyak hal yang dapat dilakukan melalui i.Saku seperti setor dan tarik tunai, pembayaran belanja, dengan fasilitas token yang dimiliki aplikasi i.Saku.

Fitur-fitur Menarik dari i.Saku

  • Pengsisian saldo yang mudah baik untuk pengguna Standard Service maupun Full Service. Pembayaran di merchant yang telah bekerjasama dengan i.Saku secara lebih cepat dan praktis bagi pengguna i.Saku Standard Service atau Full Service
  • Saldo maksimum Rp2.000.000 (Standard Service) / Rp10.000.000 (Full Service) dengan registrasi awal tanpa biaya. Minimal Top Up Rp10.000 dan bebas biaya transfer serta bisa tarik tunai bagi pengguna i.Saku yang sudah Full Service.
  • Layanan pembayaran yang beragam. Mulai dari makanan, minuman, tagihan, barang atau jasa dengan menggunakan kode QRIS atau scan QR Code, khususnya di Indomaret dan merchant i.Saku yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Pros

  • Banyak promo menarik setiap transaksi menggunakan i.Saku di lebih dari 18.000 gerai Indomaret atau Indogrosir
  • Kemanan terjamin dengan PIN password, kode OTP (one time password), dan diawasi langsung oleh Bank Indonesia (BI)
  • Bisa menarik tunai saldo

Cons

  • Ada biaya transaksi, sebesar Rp1.000 tiap isi saldo dan Rp5.000 tiap tarik saldo
  • Upgrade akun Full Service hanya bisa dilakukan di gerai Indomaret
  • Layanan transaksi hanya terbatas di beberapa merchant saja, terutama Indomaret

Kesimpulan

Mungkin sekian ulasan dompet digital terbaik rekomendasi Kuotabro yang bisa diandalkan. Walaupun dari aplikasi dompet digital tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan e-wallet, selain praktis tentunya juga aman.

Menurut saya, ada baiknya Anda menggunakan aplikasi dompet digital yang sudah terkenal luas dan memiliki banyak merchant. Karena akan membuat Anda merasakan langsung feedback positif dari penggunaan dompet digital tersebut. Nah, selamat mencoba! Jangan lupa nantikan artikel menarik lain dari Kuotabro, salam tekno!

Baca juga: Aplikasi Jual Pulsa Terbaik

Tinggalkan komentar