Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas seputar cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di HP Android.

Ketika membeli HP baru, pada dasarnya di HP tersebut pasti sudah terpasang aplikasi bawaan pabrik, misal seperti aplikasi kamera, browser. pesan, pengatur cuaca dan lain sebagainya.

Tapi seiring berjalannya waktu, pastinya akan merasa jenuh apabila HP yang kita gunakan hanya memiliki aplikasi bawaan pabrik.

Itulah alasan kenapa di setiap HP Android ada aplikasi PlayStore, sebab aplikasi ini sangat berguna untuk memasang aplikasi tambahan terhadap HP Android.

Nah, untuk pemasangan aplikasi tambahan yang di unduh langsung dari PlayStore ini cukup mudah.

Kamu hanya harus menentukan aplikasi apa saja yang ingin dipasang, setelah itu download aplikasi tersebut dan aplikasi yang te-rdownload sudah bisa digunakan.

Tapi sangat di sayangkan, terkadang ketika sedang proses pengunduhan aplikasi, ada saja masalah yang membuat aplikasi tidak terpasang di HP Android.

Walaupun seperti itu, jangan khawatir sebab di sini saya akan membahas secara rinci mengenai cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di semua HP Android.

Pertama-tama, saya akan membahas tentang…

Penyebab Aplikasi Tidak Terpasang

penyebab aplikasi tidak terpasang

Adapun penyebab aplikasi tidak terpasang di HP Android itu karena memori internal tidak cukup.

Oleh karena itu, kita sebagai pemilik HP harus memastikan apakah HP yang sedang digunakan itu kapasitas penyimpanannya masih mumpuni atau tidak.

Jika ternyata ruang penyimpanan dalam ponsel itu sudah tak mumpuni lagi, maka aplikasi yang ingin kamu unduh dari PlayStore pun tidak akan terpasang.

Nah, biasanya kalau di PlayStore itu bakal ada yang namanya tambahan pesan, bunyinya seperti ini “Insufficient Storage Space“.

Selain dari ruang penyimpanan yang penuh, apakah masih ada penyebab lainnya? Yaps masih ada, satu lagi penyebab aplikasi tidak terpasang yang sering terjadi di kalangan pengguna Android. Yaitu kesalahan dalam penginstallan.

Biasanya hal ini terjadi ketika HP tersebut sudah di root. Harusnya, aplikasi itu akan terinstall di direktori tertentu. Tapi, ternyata ini tidak. Dampaknya, akan muncul pesan yang berbunyi seperti ini “Incorrect Apk Intall Location“.

Setelah membahas penyebabnya, mari saatnya kita masuk ke poin utama pembahasan. Oleh karena itu, simak baik-baik ya teman-teman.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Android

cara mengatasi aplikasi tidak terpasang

Di bawah ini saya akan mengulas mengenai solusi untuk mengatasi agar aplikasi yang tadinya tidak bisa terpasang, sekarang bisa terpasang dan normal kembali.

Sedikit cerita, sebenarnya saya sendiri kerap menemukan permasalahan ini di HP yang digunakan oleh teman saya.

Namun, dengan menggunakan tips dan trik yang saya bagikan ini, permasalahan tersebut dapat teratasi dengan mudah, bahkan sampai saat ini HP Android teman saya bisa memasang aplikasi yang berat-berat.

Oh iya, cara yang akan saya bahas di bawah ini dapat kamu terapkan di semua jenis HP Android. Misal contohnya seperti HP Samsung, Xiaomi, Oppo, ASUS, Lenovo, Huawei, LG, dan berbagai macam merk android lainnya.

Untuk mempersingkat waktu, silahkan simak artikel yang ada di bawah ini:

Baca juga: Aplikasi Edit Foto Terbaik

1. Restart HP

penyebab aplikasi tidak terpasang

Sebenarnya mudah sih untuk mengatasi aplikasi tidak terpasang di HP Android, kita hanya perlu merestart ulang HP.

Sedikit cerita tentang teman saya, dia sempat mengalami masalah seperti ini pada HP nya. Singkat cerita, saya coba dengan cara seperti ini dan ketika nyala kembali, alhamdulillah HP tersebut sudah bisa dipasang kembali aplikasi tambahan.

Mungkin yang masih awam akan bertanya seperti ini, lah kok bisa si? Ya tentu saja bisa, sebab dengan melalui restart ulang, semua aplikasi yang jalan di HP akan berhenti dengan sendirinya.

Restart itu istilahnya untuk menyegarkan kembali semua sistem yang ada di HP kita.

Untuk cara restartnya tau kan? Gampang kok!

  • Pilih tombol power.
  • Ada dua opsi di sana, matikan dan nyalakan kembali.
  • Klik tombol nyalakan kembali.
  • Tunggu beberapa saat sampai HP nyala kembali.
  • Coba lakukan pemasangan aplikasi.
  • Selesai.

2. Nyalakan Unknown Resource

cara mengatasi aplikasi tidak terpasang

Yang kedua, cara mengatasi aplikasi tidak terpasang terlebih untuk aplikasi yang bentuknya APK, silahkan coba untuk menyalakan fitur sumber tidak dikenal, atau istilah dalam bahasa inggris itu Unknown Rsources.

Jika kamu ingin mencoba cara ini, silahkan ikuti petunjuk berikut ini:

  • Buka pengaturan Android.
  • Kemudian masuk ke dalam menu keamanan.
  • Lalu, cari pengaturan Unknown Resource untuk mencentang kolom tersebut.
  • Selanjutnya, restart HP untuk menyegarkan semua sistem.

Apabila semua langkah di atas sudah kamu praktekan, coba untuk install kembali aplikasi yang sebelumnya tidak dapat terpasang. Jika aplikasi tersebut berhasil terpasang, jangan sampai lupa untuk mematikan kembali pengaturan Unknown Resources.

Sebenarnya mudah kok apabila kita mengetahui bagaimana cara mengatasinya hehe.

Yuk, mari kita lanjutkan pembahasan selanjutnya.

3. Beri Izin Memori Internal

cara mengatasi apk tidak terinstall

Hampir semuanya HP Android kalau ada aplikasi yang baru dipasang, maka secara otomatis aplikasi tersebut akan tersimpan di memori internal.

Nah, untuk HP Android yang versinya sudah 5.0 ke atas, ada fitur yang mana memorinya bisa diakses ketika telah ada izin dari setiap penggunanya.

Oleh karena itu, cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di sini bisa melalui berikan izin terhadap memori internal. Sebab, biasanya aplikasi tidak terpasang itu bisa dari sini penyebabnya.

Dengan demikian, supaya tidak muncul masalah ketika proses pemasangan aplikasi, silahkan atur kembali pengaturan izin tersebut.

Untuk caranya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • pertama, silahkan buka menu pengaturan di Android.
  • Kedua, buka bagian menu aplikasi.
  • Ketiga, cari menu Google Playstore dan buka di sana.
  • Keempat, silahkan masuk ke bagian menu izin.
  • Terakhir, aktifkan perizinan penyimpanan di dalamnya.

Di bawah ini cara untuk bagian Google Playstore, ya. Apabila kamu ingin memasang aplikasi dalam bentuk APK, silahkan cek pengaturan pemasangannya. Untuk caranya, ada di bawah ini:

  • Silahkan buka menu pengaturan di Android.
  • Mulai masuk ke bagian menu aplikasi.
  • Kemudian mencari aplikasi pemasang paket.
  • Setelah itu, silahkan buuka menu izin dan aktifkan izin untuk penyimpanan.

Jika semua langkah di atas sudah kamu lakukan, seperti biasa jangan lupa untuk merestart HP, lalu coba untuk install kembali aplikasinya.

4. Hapus Chache di Google Playstore

mengatasi aplikasi tidak terpasang

Menghapus semua chahe yang adad di Google Playstor merupakan salah satu cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di Android.

Cara seperti ini dapat dikatakan cukup ampuh, terlebih ketika kamu menemukan masalah ini saat sedang memasang aplikasi dari Playstore.

Lalu bagaimana caranya? Seperti ini langkahnya:

  • Buka menu pengaturan di Android.
  • Kemudian buka menu aplikasi.
  • Seperti biasa, cari aplikasi yang ingin di buka (Playstore).
  • Lalu, masuk ke dalam ruang penyimpanan.
  • Setelah itu, ketuk tombol chache dan hapus chache tersebut.

Oh iya selain dari cara di atas, kamu juga dapat klik uninstall pembaruan. Menurut pengalaman saya, cara tersebut jauh lebih manjur apabila dibandingkan dengan cara di atas.

5. Periksa Memori Internal

cara untuk mengatasi aplikasi tidak terpasang

Ukuran dari masing-masing pasti berbeda-beda. Ukurannya ada yang mencapai sekian GB dan ada juga yang beberapa MB.

Berhubungan dengan ini, yang perlu kita perhatikan adalah, harus memastikan bahwa masih ada tempat di ruang penyimpanan ponsel, sehingga aplikasi yang kita install bisa terpasang di HP kita.

Dari sebagian pengguna Android, hal ini sering terjadi karena kebanyakan dari mereka tidak menyadari dengan sisa ruang kapasitas penyimpanan pada HP mereka.

Lantas bagaimana cara pengecekannya, gampang kok! Kamu hanya cukup buka menu di aplikasi File Manager. Di sana akan ada informasi mengenai kapasitas memori internal, berapa banyak yang sudah terpakai dan berapa banyak yang tersisa.

Nah jika kamu mengalami kesulitan ketika ingin memasang aplikasi, alangkah baiknya langsung saja masuk ke dalam file manager untuk menghapus data-data yang tidak penting.

Misal seperti menghapus foto-foto, musik, dokumen dan video yang menurut kamu tidak terlalu penting.

6. Perhatikan Kompatibilitas Aplikasi

ini cara mengatas apk tidak terpasang

Perlu diketahui, kompabilitas sistem akan sangat berpengaruh terhadap berlangsungnya fungsi aplikasi, sebab dari kompabilitas ini kita dapat mengetahui apakah aplikasi tersebut normal atau tidak.

Sebagai contohnya, kamu bisa memperhatikan ulasan yang sebelumnya saya bahas. Memasang aplikasi versi terbaru di Android versi lama, begitupun dengan sebaliknya.

Lantas untuk solusinya sendiri bagaimana? Jadi, kamu harus memperhatikan terlebih dulu versi aplikasi yang ingin di install dan kompabilitasnya. Silahkan sesuaikan dengan versi terbaru.

7. Menghapus Aplikasi yang Jarang Digunakan

cara mengatasi aplikasi tidak terpasang

Perlu kamu ketahui, menghapus aplikasi yang jarang digunakan itu merupakan salah satu dari bagian cara mengatasi aplikasi tidak terpasang.

Kenapa bisa seperti itu? Sebab aplikasi yang jarang sekali digunakan, lama-lama aplikasi tersebut akan membuat memori internal penuh.

Jika hal ini terjadi, maka ketika kamu ingin memasang aplikasi baru seperti untuk kebutuhan game, kerjaan atau finance, otomatis aplikasi tersebut tidak akan bisa kamu pasang.

Tapi tenang, masih ada solusinya kok, solusinya pun cukup sederhana. Kamu hanya perlu mencari aplikasi yang memang jarang digunakan bahkan hampir tidak digunakan sama sekali, lalu menghapusnya.

  • Buka menu pengaturan.
  • Kemudian, masuk ke halaman aplikasi.
  • Lalu, cari aplikasi yang memang jarang digunakan sama sekali.
  • Dan hapus atau uninstall aplikasi tersebut.

Sama seperti beberapa cara di atas, yaitu jangan sampai lupa untuk merestart HP sebelum melakukan proses penginstallan aplikasi yang kamu inginkan.

8. Reset Ulang

cara mengatasi apk tidak terinstall

Pertanyaannya seperti ini, apakah melakukan reset ulang pada HP itu hukumnya wajib? Jawabannya tentu saja tidak, ya. Namun, terkecuali HP yang kamu gunakan itu memang udah seharusnya dilakukan install ulang, baru lakukan reset ulang.

Jika kamu memilih cara ini, tentu saja akan ada efek sampingnya. Misal salah satu contohnya seperti seluruh data di HP Android akan hilang. Begitu juga dengan semua sistem yang eror akan hilang juga.

Bagi yang belum mengetahui bagaimana cara reset ulang pada HP, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:

  • Langkah pertama seperti biasa, yaitu membuka menu pengaturan.
  • Kemudian, masuk ke menu cadangkan dan atur ulang.
  • Terakhir, lakukan reset ulang seperti biasa.

Itulah ulasan soal cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di HP Android. Semoga tulisan di atas mudah dimengerti dan juga bermanfaat untuk kita semua.

Mungkin sekian yang bisa saya sampaikan, mohon maaf apabila masih banyak kekurangan dalam penyampaiannya. Terimakasih telah berkunjung, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Malik Delvatinson

Seorang pecinta otomotif, teknologi, game, dan fotografi. Suka ngotak-ngatik hape dan laptop.

Tinggalkan komentar