Fatih Faldhian Selalu ada pembelajaran dari setiap tulisan, selalu ada mimpi dari setiap inspirasi. Terima kasih telah membaca artikel saya!

15 Aplikasi Translate Terbaik dan Akurat

9 min read

Aplikasi Translate Terbaik

Dunia saat ini mengharuskan kita untuk selalu mengetahui informasi penting yang terus berubah setiap waktu. Apalagi jika informasi tersebut berkaitan dengan bidang yang kita tekuni. Tak hanya berasal dari informasi dalam negeri, kita juga perlu mengetahui berita dari belahan dunia lain, tentunya dalam bahasa yang berbeda.

Nah, kendala perbedaan bahasa tersebut sebenarnya bukan masalah yang besar di era teknologi dan informasi. Apalagi kini banyak kemudahan untuk saling menerjemahkan antar bahasa yang banyak digunakan di dunia. Salah satunya yang paling praktis adalah dengan menggunakan aplikasi translate terbaik dan akurat.

Sehingga dengan menggunakan aplikasi tersebut, kita dapat mudah mencerna informasi dari bahasa yang berbeda di berbagai belahan dunia. Selain itu, aplikasi tersebut juga bisa digunakan untuk membantu komunikasi kita dengan orang yang berbahasa asing dimanapun. Karenanya dibutuhkan aplikasi translate yang mumpuni.

Keakuratan aplikasi translate dapat menanggulangi terjadinya miskomunikasi dan disinformasi. Oleh sebab itu, berikut Kuotabro rekomendasikan beberapa aplikasi terbaik dan akurat yang bisa Anda instal di smartphone Andorid atau iPhone.

Beberapa aplikasi translate yang akan dipaparkan sebagai berikut memiliki keunikannya masing-masing.

Namun secara keseluruhan, aplikasi translate memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Aplikasi translate tersebut juga mampu menerjemahkan berbagai bahasa. Jika penasaran, simak daftar sebagai berikut.

Google Translate

aplikasi translate terbaik online Google Translate

Siapa yang tidak familiar dengan Google Translate? Mungkin kebanyakan dari kita sudah tidak asing lagi. Karena, biasanya kita pasti menemukannya saat sedang mencari dengan search engine Google. Nah, ternyata ada juga loh aplikasinya.

Aplikasi dari Google LLC tersebut termasuk menjadi aplikasi translate terbaik dan akurat yang banyak digunakan oleh pengguna internet. Apalagi bagi Anda pengguna Andorid, karena Goggle Translate terintegrasi dengan aplikasi milik Google lainnya.

Google Translate memiliki banyak sekali fitur menarik. Selain bisa menerjemahkan hingga lebih dari 103 bahasa, Google Translate juga bisa menerjemahkan dengan menggunakan kamera, foto, percakapan, dan tulisan tangan, pada beberapa bahasa.

Aplikasi Google Translate juga bisa Anda gunakan secara offline meskipun hanya tersedia untuk menerjemahkan 59 bahasa saja. Ada pula buku frasa yang bisa digunakan untuk menyimpan kata sebagai refernesi terjemahan di lain waktu.

Pros

  • Terjemahan instan dan otomatis
  • Mendukung voice playback

Cons

  • Kata-kata sinonim dan homonim membingungkan
  • Tidak bisa menerjemahkan banyak kata sekaligus

Microsoft Translator

aplikasi translate terbaik untuk pc Microsoft Translator

Microsoft Translator adalah sebuah layanan penerjemah dari Microsoft. Bagi pengguna search engine Bing mungkin nama tersebut cukup familiar. Ternyata, Microsoft Translator tersebut juga memiliki aplikasi yang bisa Anda instal juga.

Microsoft Corporation sebagai salah satu perushaan besar di teknologi merupakan developer dari aplikasi Microsoft Translator. Secara tampilan, aplikasi Microsoft Translator memiliki desain UI yang bisa dibilang lebih modern daripada yang lainnya.

Aplikasi translate terbaik dan akurat Microsoft Translator tersebut telah mendukung lebih dari 70 bahasa. Fitur yang ditawarkan juga termasuk menerjemahkan teks, suara, percakapan, dan juga teks dalam foto atau melalui hasil tangkapan kamera.

Microsoft Translator juga mendukung penerjemahan offline yang dapat dilakukan dengan mengunduh beberapa bahasa terlebih dahulu. Ada pula kamus frasa yang bisa digunakan sebagai penerjemah terverifikasi, serta ada terjemahan alternatif.

Pros

  • Antarmuka pengguna terlihat simpel
  • Bisa digunakan offline

Cons

  • Terbatas pada satu jenis interpretasi
  • Terjemahan kurang akurat

iTranslate Translator & Dictionary

aplikasi translate terbaik iPhone iTranslate

Aplikasi translate terbaik dan akurat yang berikutnya adalah iTranslate Translator & Dictionary.

Aplikasi terjemahan tersebut dibuat oleh developer Austria, iTranslate. Seperti namanya, selain sebagai penerjemah, iTranslate juga bisa menjadi kamus.

iTranslate sempat menjadi salah satu aplikasi terbaik Editor Choice pada tahun 2015 silam. Aplikasi tersebut juga sempat diulas oleh majalah Time dengan catatan jika memiliki kendala yang minim. Tidak heran jika banyak orang yang mengunduhnya.

Aplikasi iTranslate mampu menerjemahkan lebih dari100 bahasa. Beberapa fitur pro yang ditawarkan termasuk melakukan translate menggunakan kamera, suara terjemahan, atau pada percakapan. Selain itu, bisa juga digunakan untuk transliterasi.

Hal menarik lainnya adalah bisa untuk beralih antar dialek yang berbeda. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, selain juga mampu untuk penerjemah, aplikasi iTranslate juga merupakan kamus dengan sinonim dan alternatif arti yang beragam.

Pros

  • Sudah mendukung banyak bahasa
  • Terjemahan suara dapat dikustomisasi

Cons

  • Membutuhkan koneksi internet untuk terjemahan suara
  • Fitur unggulan membutuhkan biaya berlangganan
Naver Papago - AI Translator

Naver Papago – AI Translator adalah aplikasi penerjemah menarik yang sangat membantu jika dibutuhakn selama perjalanan.

Seperti seekor Papago atau burung beo dalam bahasa Esperanto yaitu burung yang memiliki kemampuan bahasa.

Nama tersebut bukan tanpa alasan, sebab developer Papago, NAVER Corp. membuat aplikasinya untuk menerjemahkan secara real-time. Artinya, aplikasi Papago dapat menerjemahkan percakapan Anda dengan orang lain yang berbahasa asing.

Papago telah didukung 13 bahasa yang banyak digunakan. Fitur utamanya sendiri selain terjemahan real-time juga termasuk kemampuan menerjemahkan gambar, terjemahan suara, tulisan tangan, situs web, kamus, serta terjemahan layar otomatis.

Seperti aplikasi translate terbaik dan akurat yang lain, Papago juga bisa digunakan untuk menerjemahkan saat offline. Aplikasi Papago tersebut hanya bisa diinstal pada versi Andorid 5.0 (Lollipop) ke atas dan di versi iOS 11 atau yang lebih terbaru.

Pros

  • Dibekali fitur yang menarik
  • Terjemahan bahasa Korea terbaik

Cons

  • Bahasa yang tersedia cukup terbatas
  • Cenderung fokus pada bahasa di Asia

PONS Translate

PONS Translate

PONS Translate juga bisa menjadi aplikasi translate terbaik dan akurat yang bisa diinstal pada Andorid atau iOS.

Bagi Anda yang belum tahu, PONS sendiri memang bergerak dibidang pembelajaran bahasa dengan pengalaman kurang lebih 40 tahun.

Oleh sebab itu, PONS Publishing dengan warna hijau yang khas mengembangkan aplikasi PONS Translate untuk memperluas layanan bahasanya. Sehingga jangan heran jika terdapat pula kamus PONS dengan tarif berlangganan bagi pengguna.

Ada setidaknya 44 kamus PONS yang tersedia dan alat penerjemahan gratis yang mencakup 36 bahasa. Salah satu fitur unggulan dari PONS Translator adalah pencarian cerdas, sehingga bisa lebih cepat termasuk saran untuk kata dan frasa.

Selain itu, aplikasi PONS Translator juga bisa digunakan saat offline. Berbagai kemampuan lain yang ditawarkan oleh PONS Translator adalah refernesi yang nyaman, contoh kalimat, serta adanya tinjauan langsung dari ahli kamus PONS.

Pros

  • Akurasi cukup tinggi
  • Berasal dari lembaga ahli bahasa

Cons

  • Ada iklan dalam aplikasi
  • Antarmuka kurang user-friendly

SayHi Translate

aplikasi translate terbaik dan akurat SayHi Translate

Aplikasi translate terbaik dan akurat yang juga tak kalah menarik adalah, SayHi Translate.

Bahkan, aplikasi tersebut termasuk dalam featured App dalam beberapa media terkemuka, seperti TechCrunch, NBC Today Show, Gizmodo, dan sebagainya.

SayHi Translate adalah aplikasi besutan SayHi – An Amazon Company, yang bekerja layaknya penerjemah pribadi. Sehingga, aplikasi SayHi bisa menerjemahkan sara secara instan, termasuk melalui fitur percakapan dalam dua bahasa yang berbeda.

SayHi telah support hingga lebih dari 70 lebih bahasa dan juga didukung dialek dari setidaknya 50 bahasa. Tampilan SayHi yang modern juga membuat aplikasi tersebut nyaman digunakan. Apalagi UI yang ada pada aplikasi SayHi mudah untuk digunakan.

Namun untuk dapat menerjemahkan suara secara langsung Anda membutuhkan koneksi internet. Meskipun demikian, suara yang akan diterjemahkan bisa Anda atur tingkat kecepatannya. Karena itu, aplikasi SayHi bisa menjadi teman perjalanan Anda.

Pros

  • Aplikasi mudah digunakan
  • Speech recognition cukup akurat

Cons

  • Tidak memiliki terjemahan offline
  • Terjemahan suara terdengar kurang jelas

U-Dictionary

15 Aplikasi Translate Terbaik dan Akurat - u dictionary img

Aplikasi U-Dictionary ternyata bukan hanya merupakan kamus seperti namanya, tetapi bisa juga Anda gunakan sebagai aplikasi translate terbaik dan akurat.

Hal menarik dari U-Dictionary adalah memiliki kamus Oxford resmi dalam 12 bahasa.

Aplikasi besutan Talent Education Inc, U-Dictionary, ternyata masih memiliki banyak fitur menarik lainnya. Terlebih adalah fitur terjemahan Magic, yang mana aplikasi U-Dictionary mampu menerjemahkan di dalam aplikasi maupun game dalam sekejap.

Selain itu, fitur lain dari aplikasi U-Dictionary termasuk terjemahan kata, menerjemahkan dengan kamera untuk 93 bahasa dan percakapan dalam 35 bahasa dan 49 aksen. Bahkan ada juga contoh kalimat, permainan kata, dan video seru.

U-Dictionary juga telah mendukung terjemahan offline dalam 58 bahasa dan ketika online mampu men-translate hingga 108 bahasa. Sehingga aplikasi U-Dictionary dapat digunakan untuk memudahkan Anda dalam belajar bahasa lebih dari kamus.

Pros

  • Ada video, permainan kata, dan kuis bahasa asing
  • Mendukung terjemahan otomatis

Cons

  • Terjemahan dengan kamera kurang akurat
  • Memiliki iklan dalam aplikasi

Yandex Translate

15 Aplikasi Translate Terbaik dan Akurat - yandex translate img

Ternyata masih ada lagi aplikasi translate terbaik dan akurat yang lain loh.

Yandex Translate merupakan aplikasi penerjemah yang juga patut Anda pertimbangkan. Apalagi aplikasi tersebut berasal dari penyedia layanan search engine, Yandex.

Yandex adalah perusahaan search engine asal Rusia yang cukup terkenal. Melalui Yandex Apps perusahaan tersebut juga tidak mau kalah dari Google atau Microsoft, dan membuat aplikasi translate-nya sendiri dengan dukungan setidaknya 95 bahasa.

Seperti aplikasi translate yang lain, Yandex. Translate juga bisa menerjemahkan gambar, halaman buku, atau menu dengan kamera. Bisa juga men-translate foto dari gelari Anda. Tapi sayangnya fitur tersebut saat inihanya tersedia untuk 12 bahasa saja.

Selain itu, Yandex. Translate juga memiliki kemampuan untuk menerjemahkan suara dari kata atau frasa. Hasil terjemahan juga dapat disimpan pada perangkat serta Anda juga bisa mempelajari berbagai bahasa melalui fitur kamus di dalam aplikasi Yandex.

Pros

  • Mendukung koreksi bahasa dan grammar
  • Bisa menerjemahkan offline

Cons

  • Kurang akurat untuk menerjemahkan banyak kalimat
  • Cenderung fokus pada bahasa di Eropa

Reverso Translate and Learn

Reverso Dictionary

Pernah mendengar tentang aplikasi Reverso Translate and Learn?

Sebenarnya aplikasi ini tidak kalah populer dengan aplikasi translate terbaik dan akurat yang sudah disebutkan sebelumnya. Aplikasi Reverso juga bisa menjadi media belajar bahasa.

Reverso Technologies Inc. meluncurkan aplikasi Reverso Translate and Learn dengan mengandalkan algoritma dari big data yang berisi jutaan teks multibahasa. Sehingga saat Anda mencari suatu kata, maka didukung pula oleh contoh penggunaan kata.

Contoh kata atau ekspresi tertentu pada Reverso Translate and Learn dirangkai serta diambil dari dokumen resmi, subtitle film, atau deskripsi produk. Metode tersebut diberi istilah sebagai pembelajaran SRS (Spaced Repetition System) oleh Reverso.

Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Reverso Translate and Learn telah mendukung setidaknya terjemahan di dalam 12 bahasa. Selain itu, ada pula fitur menarik lain, seperti kartu flash, kuis, dan permainan bahasa untuk memudahkan belajar bahasa.

Pros

  • Memiliki metode pembelajaran yang unik
  • Terdapat fitur-fitur yang interaktif

Cons

  • Terjemahan bahasa masih kurang akurat
  • Dukungan bahasa terbatas

TripLingo

15 Aplikasi Translate Terbaik dan Akurat - triplingo img

Aplikasi yang juga bisa menjadi teman selama perjalanan Anda saat travelling adalah TripLIngo.

Tak heran jika banyak wisatawan internasional menggunakan TripLingo sebagai alat penerjemah utamanya. Karena bisa digunakan untuk terhjemahan instan.

Sebagai sebuah perusahaan, TripLingo berhasil membawa aplikasinya meraih penghargaan sebagai Businees Travel Innovation pada tahun 2012 oleh Fast Company. Selain penerjemah, ada berbegai referensi budaya termasuk bahasa slang.

TripLingo memiliki lebih dari 2.000 frasa dari masing-masing 13 bahasa yang didukung. Selain itu, ada pula 10.000 kata dalam kamus pengunjung. Fitur lainnya, adalah akses terjemahan oleh translator secara langsung yang dikenai biaya tertentu.

Tak hanya itu, untuk memudahkan para traveller, TripLingo membekali aplikasinya dengan konvertor mata uang serta pembelajaran lewat kuis, flashcards, dan audio. Aplikasi TripLingo tentu akan sangat membantu Anda saat berlibur di luar negeri.

Pros

  • Fiturnya cocok digunakan oleh para traveller
  • Terjemahan dua arah yang mengesankan

Cons

  • Aplikasi sering mengalami crash
  • Beberapa terjemahan bahasa kurang akurat

TextGrabber

15 Aplikasi Translate Terbaik dan Akurat - textgrabber img

TextGrabber merupakan salah satu aplikasi penerjemah gambar terbaik.

Pemenang SUPERSTAR Award dalam kategori Mobile Productivity App, Mobile Image Capture App, dan Text Input tersebut dapat men-translate gambar secara langsung dan cepat.

Aplikasi yang diluncurkan oleh developer ABBY Mobile tersebut telah mendukung terjemahan ke dalam lebih dari 100 bahasa. Menariknya, TextGrabber dapat mengenali bahasa untuk diterjemahkan secara offline di dalam mode real-time.

Melalui teknologi ABBYY RTR SDK, aplikasi TextGrabber akan otomatis menampilkan terjemahan secara digital pada permukaan apapun tanpa harus mengambil foto. Semua teks hasil terjemahan tersebut bisa Anda simpan, edit, atau hapus setelahnya.

Namun versi gratis dari aplikasi TextGrabber didiukung oleh iklan dengan hanya 3 pilihan pengenalan teks dan terjemahan yang tersedia. Selain itu, proses terjemahan dilakukan sepenuhnya oleh layanan pihak ketiga di luar kewenangan dari developer.

Pros

  • Unggul dalam terjemahan bahasa dengan kamera foto
  • Bisa menerjemahkan secara offline

Cons

  • Terdapat iklan dalam aplikasi
  • Tidak bisa menyimpan hasil terjemahan

Translate Now

15 Aplikasi Translate Terbaik dan Akurat - translatenow img

Aplikasi translate terbaik dan akurat yang dapat diandalkan bagi pengguna iPhone adalah Translate Now.

Aplikasi tersebut memiliki rating yang cukup bagus di App Store. Apalagi dikarenakan kemudahan untuk menerjemahkan berbagai bahasa.

Wzp Soultions Lda sebagai developer dari aplikasi Translate Now, membekali beragam fitur yang menarik. Mulai dari terjemahan melalui suara, kamera, termasuk melalui fitur AR atau Augmented Reality serta dukungan terjemahan di dalam aplikasi.

Ada setidaknya 110 lebih bahasa yang bisa diterjemahkan oleh aplikasi Translate Now. Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan mode percakapan, phrasebook, serta bisa terhubung melalui Aplle Watch dan juga Siri Shortcuts yang lebih efisien.

Sedangkan bagi Anda yang menggunakan fitur Pro dengan membayar biaya berlangganan, akan terbebas dari iklan, serta penggunaan unlimited termasuk akses ke semua Air Apps. Jadi bagi pengguna iOS, apakah tertarik dengan Translate Now?

Pros

  • Mudah untuk digunakan
  • Memiliki fitur-fitur menarik

Cons

  • Versi gratis memiliki fitur terbatas
  • Hanya tersedia di iOS

Voice Tranlsator

Voice Translator

Voice Translator merupakan aplikasi penerjemah suara dan memunculkan hasilnya.

Aplikasi tersebut tentu berguna saat Anda sedang melakukan perjalanan, karena bisa menjadi penerjemah saat berkomunikasi dengan bagi orang yang berbahasa asing.

Aplikasi besutan AxismobInc., Voice Translator, juga bisa menjadi sarana untuk belajar bahasa apalagi karana di dalamnya juga terdapat kamus. Namun, untuk dapat menjalankan penerjemah suara, Voice Translator membutuhkan koneksi internet.

Tetapi jika Anda ingin belajar bahasa, aplikasi Voice Translator juga bisa menyimpan suara Anda secara lokal untuk diterjemahkan offline. Fitur menarik lainnya adalah ada sesi terjemahan yang berbentuk dialog, untuk men-translate dua bahasa di dalamnya.

Dukungan input suara pada Voice Translator adalah sekitar 20 bahasa serta dukungan pemutaran suara lebih dari 40 bahasa. Selain itu, terjemahan multi-bahasa juga dilakukan secara simultan dan mampu menyimpan sesi data terjemahan di perangkat.

Pros

  • Sesi terjemahan berbentk dialog
  • Terjemagan suara memuaskan

Cons

  • Membutuhkan koneksi internet
  • Dukungan bahasa cukup terbatas

Speak and Translate: Translate all languages

BK Translate

Speak and Translate: Translate all languages, adalah aplikasi translate garapan BK Translate.

Aplikasi tersebut mungkin terasa kurang familiar? Namun, aplikasi dari BK Translate tersebut bisa menjadi pilihan sebagai aplikasi translate terbaik dan akurat.

BK Translate sayangnya hanya membuat aplikasinya untuk pengguna Android saja. Hasil terjemahan dalam aplikasi tersebut berasal dari berbagai mesin translate terkemuka seperti Google Translator, Yandex Translate, dan juga Baidu Translate.

Speak and Translate: Translate all languages dari BK Translate telah mendukung terjemahan hingga lebih dari 150 bahasa. Mendukung juga beragam fitur seperti kamus, terjemahan suara, tulisan tangan, maupun translate menggunakan kamera.

Aplikasi dari BK Translate juga bisa digunakan offline dan bisa untuk menerjemahkan dokumen atau screen text. Cocok digunakan untuk pelajar, turis, mahasiswa internasional, dan siapapun yang memerlukan aplikasi penerjemah berbagai bahasa.

Pros

  • Mendukung terjemahan offline
  • Dibekali dengan banyak fitur

Cons

  • Hanya tersedia di Android
  • Setiap aplikasi fokus pada terjemahan dua bahasa saja

Kamusku

Kamus Inggris (Kamusku)

Dari namanya saja, kita sudah bisa mengetahui bahwa fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk menerjemahan teks dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia atau sebaliknya.

Maka bisa dipastikan jika Kamusku hanya mendukung dua bahasa saja.

Meskipun begitu, aplikasi buatan developer Indonesia yaitu Kodelukus Cipta Aplikasi tersebut bisa menjadi salah satu alternatif aplikasi translate terbaik dan akurat. Hal tersebut terbukti dari banyaknya pengguna yang telah menginstal aplikasi Kamusku.

Sebenarnya tidak ada fitur lain selain terjemahan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia pada aplikasi Kamusku. Namun, justru karena itu aplikasi Kamusku terbilang sangat praktis dan mudah digunakan serta memiliki ukuran yang ringan.

Salah satu keunggulan dari Kamusku adalah karena bisa menerjemahkan secara offline layaknya buku kamus konvensional. Tapi jangan khawatir, sebab Kamusku juga bisa digunakan secara online melalui Bing Translator untuk kosa kata yang tidak ada.

Pros

  • Terjemahan Indonesia-Inggris yang lengkap
  • Pilihan arti kata yang beragam

Cons

  • Tidak bisa terjemahan kalimat
  • Fiturnya sangat terbatas

Akhir Kata

Nah, itulah 15 aplikasi translate terbaik dan akurat yang bisa Anda gunakan. Dari sekian banyak aplikasi di atas, mungkin masih banyak yang bertahan pada aplikasi Google Translate atau Microsoft Translator.

Padahal aplikasi-aplikasi lainnya juga tak kalah populer serta memiliki banyak fitur menarik dan tentunya dapat diandalkan.

Baca Juga 13 Aplikasi VPN Gratis Terbaik

Avatar photo
Fatih Faldhian Selalu ada pembelajaran dari setiap tulisan, selalu ada mimpi dari setiap inspirasi. Terima kasih telah membaca artikel saya!