Aplikasi Tips & Trik

Cara Mengganti Background WhatsApp

Cara Mengganti Background WhatsApp
https://kuotabro.com
Avatar
Writen & Edited By Charis Fitriyanto

Ingin mengganti latar WA? Cek disini ada beberapa cara mengganti background layar utama whatsapp biasa tanpa aplikasi apapun.

Kuotabro.com – WhatsApp merupakan aplikasi messenger dengan segudang fitur bermanfaat. Pembuat WhatsApp sangat memikirkan tampilan WhatsApp agar selalu menarik dilihat. Bahkan, ketika penggunanya ingin mengganti background sekalipun, sudah ada fiturnya.

Secara default, background WhatsApp sebenarnya sudah pas dan nyaman dipandang mata. Namun, terkadang ada saja penggunanya yang merasa jenuh karena setiap hari melihat tampilan dengan background chat yang itu-itu saja. Tapi tenang, kita bisa kok mengubahnya dengan sangat mudah.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan 2 cara yang bisa Anda gunakan untuk mengganti background WhatsApp tanpa ribet. Cara yang digunakan ini tanpa harus menambahkan aplikasi terlebih dahulu ya karena di WhatsApp memang sudah ada fiturnya.

Oh ya, cara ini bisa dipraktikkan pada semua jenis WhatsApp ya, baik itu WhatsApp original maupun WhatsApp MOD.

Jenis-jenis Wallpaper WhatsApp

Sebelum menuju ke caranya, tidak ada salahnya ya kita mengetahui jenis-jenis background atau wallpaper WhatsApp yang bisa kita gunakan. Jadi, saat pemilihan wallpaper nantinya bisa langsung paham dan tidak kebingungan lagi.

Nah, berikut ini adalah jenis wallpaper pada WhatsApp:

1. Tidak Ada Wallpaper

WhatsApp Tidak Ada Wallpaper

Tidak ada wallpaper bukanlah sebuah wallpaper ya, cuma sebatas warna polos saja yang dijadikan background chat. Jadi, ketika Anda memilih ini sebagai wallpaper WhatsApp Anda, maka tampilannya sangat sederhana, bisa dilihat pada gambar di atas.

Sebenarnya ini bisa dikatakan bagus juga ya karena warnanya sudah cocok dengan bubble chat yang ada pada halaman WhatsApp tersebut.

2. Galeri Wallpaper

Galeri Wallpaper WhatsApp

Wallpaper galeri adalah sebuah pilihan wallpaper yang bisa diambil dari aplikasi galeri di HP Anda. Jadi, Anda bisa menjadikan gambar apa saja yang ada di galeri sebagai wallpaper WhatsApp.

Pilihan ini tentu sangat bervariasi ya karena kita bisa memilih gambar apapun, termasuk jika ingin mendownload gambar bagus terlebih dahulu di Google images.

Tapi ingat, Anda tidak boleh menghapus gambar yang dijadikan wallpaper background dari galeri. Karena jika gambar tersebut Anda hapus, maka background pada WhatsApp akan kembali ke default lagi secara otomatis.

3. Warna Solid

Wallpaper WhatsApp Solid

Ini hampir mirip dengan tidak ada wallpaper, yaitu hanya sebuah warna polos saja. Bedanya, pada warna solid ini kita diberikan pilihan untuk memilih warna yang diinginkan.

Saat menghitung tadi, ada setidaknya 27 warna solid yang bisa Anda gunakan sebagai wallpaper WhatsApp. Jumlah warnanya hanya itu saja, jadi Anda tidak bisa menambahkan warna lain.

4. Galeri WhatsApp

Galeri WhatsApp Wallpaper

Galeri yang ini berbeda dengan galeri sebelumnya ya. Galeri wallpaper yang ini adalah sebuah aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda download melalui Google Play Store. Jadi, jika Anda klik Galeri Wallpaper di atas, maka secara otomatis akan diarahkan untuk mendownloadnya terlebih dahulu.

Wallpaper yang terdapat pada aplikasi ini cukup keren ya, karena sangat cocok ketika dijadikan background sebuah chat. Sayangnya, jumlah gambar yang bisa dijadikan wallpaper hanya sekitar 31 saja dan tidak akan bertambah lagi.

Aplikasi ini terakhir update pada 24 Mei 2011, cukup lama memang. Jadi sepertinya, kita memang tidak akan pernah mendapatkan update tambahan wallpaper lagi dari aplikasi ini.

5. Default Wallpaper

Default Wallpaper WhatsApp

Default wallpaper adalah wallpaper bawaan pada WhatsApp, sebagai penggunanya Anda semua pasti sudah tidak asing lagi dengan wallpaper ini.

Ini adalah wallpaper yang letaknya ada di dalam aplikasi WhatsApp, jadi memang tidak bisa dihapus. Tujuannya agar saat kita hendak kembali pada wallpaper default, tidak perlu mendownload terlebih dahulu, melainkan tinggal klik tombol tersebut.

Setelah mengetahui jenis-jenis wallpaper WhatsApp, maka Anda sudah tahu ya mau menggunakan wallpaper jenis apa. Baiklah, berikut adalah cara mengganti wallpaper pada aplikasi WhatsApp.

Cara Mengganti Background WA dengan Setelan

Cara Mengganti Background WA dengan Setelan

Cara pertama yang bisa digunakan untuk mengganti background WhatsApp adalah melalui setelan. Cara ini sangat mudah ya karena letak pengaturannya memang mudah ditemukan.

Berikut adalah cara ganti Wallpaper WhatsApp dengan setelan:

  1. Pertama, silahkan buka aplikasi WhatsApp di HP masing-masing.
  2. Setelah itu, klik menu Setelan atau Settings.
  3. Selanjutnya, pada menu Setelan silahkan pilih Chat (Cadangkan, riwayat, wallpaper). Setelah masuk ke pengaturan Chat, silahkan pilih Wallpaper.
  4. Nah, selanjutnya akan muncul beberapa pilihan wallpaper seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, silahkan pilih sesuai keinginan.
  5. Setelah dipilih, biasanya Anda akan disuruh mengatur posisi wallpaper tersebut agar pas. Jika sudah pas, silahkan pilih Setel.
  6. Selesai.

Cara Mengganti Background WA dengan Chat

Cara Mengganti Background WA dengan Chat

Sebenarnya inti dari kedua cara ini sama saja, yaitu menuju pilihan wallpaper pada WhatsApp. Mungkin, cara yang ini cukup lebih cepat ya dibandingkan cara sebelumnya.

Berikut adalah cara ganti Wallpaper WhatsApp dengan chat:

  1. Pertama, siahkan buka aplikasi WhatsApp di HP masing-masing.
  2. Setelah itu, silahkan buka chat salah satu teman Anda, bebas mau siapa saja boleh.
  3. Setelah itu, klik titik tiga pada pojok kanan atas lalu pilih Wallpaper.
  4. Selanjutnya akan muncul pilihan beberapa wallpaper seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, silahkan pilih sesuai kebutuhan.
  5. Setelah dipilih, biasanya Anda akan disuruh mengatur posisi wallpaper tersebut agar pas. Jika sudah pas, silahkan pilih Setel.
  6. Selesai.

Nah, itulah penjelasan mengenai cara mengganti background WhatsApp melalui setelan maupun melalui chat. Bagaimana, keduanya sama-sama mudah, bukan?

Akhir Kata

Demikianlah artikel yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua, terutama bagi yang masih belum bisa mengganti background di WhatsApp.

Selamat mencoba!

Tentang Penulis

Avatar

Charis Fitriyanto

Sekadar bocah dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis, lebih spesifiknya menulis blog.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992