Cara Menghilangkan Tombol Add Friend di Facebook

Oleh: /

Sebagai platform sosial media jejaring pertemanan, tentu saja Facebook dibekali dengan fitur untuk menambahkan teman.

Fitur yang dikenal sebagai tombol Add Friend tersebut digunakan ketika akan menambahkan teman baru pada akun Facebook. Tombol Add Friend terdapat di halaman profil akun Facebook seseorang.

Namun, kadang kala kita hanya ingin berteman dengan orang-orang yang kenal saja, demi alasan privasi misalnya. Jadi, agar tidak terlalu banyak orang yang meminta pertemanan akun Facebook, apakah ada cara menghilangkan tombol Add Friend di Facebook?

Jangan khawatir, ada kok cara untuk menyembunyikan tombol Add Friend.

Beberapa pengguna Facebook mungkin mengeluhkan anyaknya orang asing yang tak dikenal melakukan Add Friend ke akun Facebook mereka. Jadi, salah satu solusi paling jitu adalah dengan meneymbunyikan tombol Add Friend tersebut.

Nah, berikut ini cara menghilangkan tombol Add Friend di Facebook dengan mudah versi Kuotabro.

Cara Menghilangkan Tombol Add Friend Facebook di PC

Cara menghilangkan tombol Add Friend yang pertama bisa kalian lakukan dengan menggunakan PC/laptop.

Untuk lebih jelasnya silakan ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah-langkah Menghilangkan Tombol Add Friend Facebook di PC

1. Buka Facebook dan Login
Jalankan Facebook melalui browser favorit yang ada di PC/laptop, kemudian login ke akun Facebook.

2. Masuk ke menu Settings di Facebook
Langkah berikutnya, klik tanda panah ke bawah di bagian kanan atas halaman Facebook, lalu pilih Pengaturan (Settings) dari menu drop down.

Masuk ke menu Settings Facebook

3. Masuk ke menu Privasi
Dari halaman Pengaturan, selanjutnya klik tab Privasi (Privacy)

Masuk ke menu privasi

4. Klik Edit pada opsi Siapa yang bisa mengirimkan permintaan pertemanan kepada Anda?
Pada tahap tersebut, ketika kalian klik Edit pada opsi Siapa yang bisa mengirimkan permintaan pertemanan kepada Anda?, akan muncul beberapa opsi, yaitu Semua Orang dan Teman dari Teman, lalu pilih Teman dari Teman.

Jika memilih Semua Orang maka siapa pun akan bisa mengirim permintaan pertemanan ke akun Facebook kalian. Tetapi, apabila kalian memilih Teman dari Teman maka tombol Add Friend hanya akan tersedia untuk orang yang memiliki teman yang sama dengan kalian. Sehingga bisa mencegah orang yang tak dikenal mengirim permintaan pertemanan ke akun Facebook kalian.

Klik Edit Pengaturan Facebook

5. Lakukan klik Edit juga pada opsi Siapa yang bisa melihat daftar teman Anda?
Selain mengubah edit pada opsi sebelumnya, pada opsi Siapa yang bisa melihat daftar teman Anda? juga audiens kalian ubah menjadi Hanya Saya. Hal tersebut agar teman dari teman akun Facebook kalian yang ada pada tahap sebelumnya juga tidak bisa menambah pertemanan pada akun kalian.

6. Klik Close (Tutup)
Jika Anda sudah selesai menyesuaikan pengaturan Privasi selanjutnya Klik Close dan pengaturan pun akan otamatis tersimpan.

7. Selesai
Kini kalian sudah berhasil menghilangkan tombol Add Friend di Facebook.

Sayangnya, untuk cara pada tahap ke-5 hanya bisa dilakukan pada akun Facebook yang memiliki biodata umur kurang dari 18 tahun dan memiliki teman kurang dari 1000 orang. Untuk yang sudah lebih dari itu, maka tidak akan ada opsi Hanya Saya.

Jadi, bagi akun Facebook dengan biodata umur lebih dari 18 tahun dan berteman lebih dari 1000, maka pilih opsi Teman dari Teman. Hal tersebut berguna untuk membatasi permintaan pertemanan dari akun orang-orang yang tidak kita kenal.

Cara Menghilangkan Tombol Add Friend Facebook di Ponsel

Cara kedua untuk menghilangkan tombol Add Friend adalah dengan menggunakan ponsel, baik Andorid ataupu iOS.

Untuk lebih jelasnya, silakan ikuti tutorial berikut ini:

Langkah-langkah Menghilangkan Tombol Add Friend Facebook di Ponsel

1. Masuk ke Facebook Android
Silakan kalian buka dan login ke akun Facebook, bisa melalui browser atau aplikasi Facebook. Jika menggunakan browser sebaiknya gunakan Chrome.

2. Masuk ke menu Settings (Pengaturan)
Selanjutnya, klik tombol tiga garis atau hamburger di sebelah kanan atas dan gulir ke bawah lalu pilih menu Settings (Pengaturan)
Masuk ke Pengaturan Facebook Android

3. Masuk ke menu Privacy Settings (Pengaturan Privasi)
Langkah berikutnya, setelah masuk ke menu Pengaturan kemudian klik tab Privacy Settings (Pengaturan Privasi).
Masuk ke Privasi Facebook Android

Klik pada opsi Siapa yang dapat mengirimkan permintaan pertemanan pada anda?
Siapa yang kirim permintaan teman

4. Ganti pilihan audiens pada opsi Siapa yang bisa mengirimkan permintaan pertemanan kepada Anda menjadi Teman dari Teman (Friends of Friends)

Ganti menjadi Teman dari teman

5. Selesai
Pengaturan akun Facebook kalian akan otomatis tersimpan.

Sama seperti cara sebelumnya, sekarang akun Facebook kalian hanya akan bisa di Add Friend oleh orang-orang yang menjadi teman dari teman akun Facebook Anda. Jadi, kalian berhasil menghilangkan tombol Add Friend di Facebook bagi pengguna umum.

F.A.Q

Apa Itu Facebook?

Facebook adalah layanan jejaring media sosial dari California, Amerika Serikat yang diluncurkan ke publik sejak Februari, 2004. Hingga sekarang sosial media yang dibuat oleh Mark Zuckerberg tersebut telah memiliki lebih dari tiga miliar pengguna aktif.

Bagaimana cara menambahkan teman di Facebook?

  • Di kolom pencarian halaman Facebook (di bagian atas), masukkan nama teman (bisa melalui e-mail, nama pengguna, atau nomor ponsel), lalu klik.
  • Kemudian untuk mengirim permintaan pertemanan, klik tombol Tambah Jadi Teman (Add Friend) yang ada di profilnya.

Berapa jumlah maksimum pertemenan di Facebook?

Maksimum adalah 5.000 teman.

Apakah bisa menambah teman di Facebook lebih dari 5000?

Tidak bisa, tapi bisa diakali dengan memanfaatkan fitur follower di Facebook. Cara kerjanya mirip di Instagram, jadi tetap bisa mengetahui kabar dari akun yang diikuti.

Apakah bisa menyembunyikan tombol add friend di Facebook?

Bisa, secara singkat, kalian bisa melakukannya dengan cara masuk ke menu Pengaturan lalu pilih Privasi. Di bagian Siapa yang dapat mengirimkan permintaan pertemanan kepada Anda? Ganti menjadi Teman dari Teman. Dengan begitu, hanya teman dari teman saja yang bisa mengirim pertemanan pada akun Facebook kalian.

Akhir Kata

Itu lah cara menghilangkan tombol Add Friend di Facebook, mudah bukan? Dengan menghilangkan tombol Add Friend di Facebook, maka akan memberikan privasi yang lebih pada akun Facebook kalian. Mengingat terkadang banyak akun tak dikenal yang meminta pertemanan di akun Facebook. Selamat mencoba, semoga bisa bermanfaat.

Mahasiswi asal Malang, Jawa Timur, yang kesehariannya tak pernah jauh dari layar laptop. Terima kasih telah membaca tulisan saya. :)

Tinggalkan komentar