10 Daftar Channel Telegram Bermanfaat

Oleh: /

Selain BOT, salah satu yang membedakan Telegram dengan aplikasi pesan instan lainnya adalah fitur channel.

Sekilas, channel Telegram memang terlihat seperti grup. Tapi sebetulnya channel berfungsi sebagai tempat untuk mengirimkan broadcast atau siaran ke semua anggota atau subscriber di channel tersebut.

Menariknya adalah, tidak ada batasan berapa jumlah subscriber yang bisa berlangganan pada sebuah channel.

Oleh karena itu, banyak pengguna Telegram yang memanfaatkan fitur tersebut untuk berbagai macam hal. Dari mulai berjualan produk, jasa, atau hanya sekadar berbagi ilmu.

Nah, di sini kami berkolaborasi dengan Gawaiso.com, sudah mengumpulkan sedikitnya 10 channel Telegram yang sering berbagi ilmu bermanfaat secara gratis. Berikut adalah daftarnya.

1. All Psychology

10 Daftar Channel Telegram Bermanfaat - Channel Psikologi Telegram

Channel Telegram bermanfaat yang pertama ada All Psychology yang sering berbagi ilmu tentang psikologi.

Kalian juga bisa mendapatkan informasi terkait fakta-fakta umum, fakta menyenangkan, fenomena-fenomena tertentu di bidang psikologi yang disajikan dengan menarik.

Terlepas dari kalian tertarik pada dunia psikologi atau tidak, kami kira channel tersebut memberikan pengetahuan baru bagi siapa saja.

Link channel: https://t.me/psychologynews44

2. Tech Guide

10 Daftar Channel Telegram Bermanfaat - Channel Teknologi Telegram

Channel Telegram bermanfaat kedua ada Tech Guide yang sering memberikan broadcast tentang berita teknologi terbaru, panduan menggunakan aplikasi, hingga tips-trik memaksimalkan laptop dan smartphone yang kalian miliki.

Kalian juga akan mendapatkan konten-konten video menarik yang mengulas tentang gadget, unboxing, dll.

Jadi selain di Youtube, kalian juga bisa mendapatkan panduan dan tutorial teknologi dari channel ini.

Link channel: https://t.me/TechGuide

3. Ask Me

10 Daftar Channel Telegram Bermanfaat - Channel Tanya Jawab Telegram

Channel Telegram bermanfaat ketiga ada Ask Me yang membagikan pengetahuan dengan format tanya jawab seperti di Quora atau Brainly. Hanya saja, dalam kanal ini kalian akan mendapatkan jawaban berupa penjelasan singkat.

Topik yang diulas kanal ini juga bermacam-macam. Dari mulai kuliner, teknologi, sampai ke tata surya. Cocok untuk mengusir rasa bosan dan menambah ilmu pengetahuan dengan cara yang sederhana.

Link channel: https://t.me/askmenow

4. Learn English Idioms Land

10 Daftar Channel Telegram Bermanfaat - Channel Telegram Belajar Bahasa Inggris

Learn English Idioms Land merupakan channel Telegram yang mengulas tentang Bahasa Inggris. Utamanya tentang penggunaan idiom yang sering digunakan oleh penutur asli.

Channel ini bermanfaat sekali untuk menambah kemampuan berbahasa Inggris kalian. Terutama bagi kalian yang sedang mengejar skor TOEFL tinggi.

Link channel: https://t.me/Idiomsland

5. Ebook.id

10 Daftar Channel Telegram Bermanfaat - Channel Ebook Telegram

Selain dengan BOT, kalian juga bisa mencari e-book gratis di Telegram dengan berlangganan channel Ebook.id. Ya. Channel ini membagikan informasi dan juga ratusan e-book yang bisa kalian unduh secara gratis.

E-book tersebut bisa kalian unduh langsung ke HP jika menggunakan Telegram mobile; dan juga bisa diunduh langsung ke laptop/PC jika menggunakan Telegram web.

Link channel: https://t.me/ebookgratisid

6. Dewa Eka Prayoga

10 Daftar Channel Telegram Bermanfaat - Channel Telegram Dewa Eka Prayoga

DEP atau Dewa Eka Prayoga merupakan salah satu coach bisnis terkenal di Indonesia. Beliau memiliki basis penggemar yang sangat banyak di berbagai platform; Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan juga Telegram.

Di Telegram, beliau sering berbagi tips dalam berbisnis terutama yang berkaitan dengan internet marketing.

Link channel: https://t.me/dewaekaprayoga

7. CodePolitan

10 Daftar Channel Telegram Bermanfaat - Channel Codepolitan Telegram

Jika kalian tertarik dengan dunia programming, channel Telegram CodePolitan rasanya sangat wajib untuk kalian ikuti.

Sebab di channel tersebut, kalian bisa belajar berbagai macam bahasa pemrograman seperti PHP, HTML, CSS, JavaScript, dll.

Selain itu, di kanal ini kalian juga akan mendapatkan pengetahuan umum yang masih berkaitan dengan dunia programming, yang bisa menambah perbendaharaan wawasan kalian.

Link channel: https://t.me/codepolitan

8. CafeStartup

10 Daftar Channel Telegram Bermanfaat - Channel Startup Telegram

Channel Telegram bermanfaat berikutnya ada CafeStartup yang berisi konten-konten terkait dengan startup di Indonesia. Mulai dari business plan, history, dll. yang akan menambah pengetahuan kalian seputar dunia startup.

Apalagi jika kalian punya rencana untuk mendirikan perusahaan startup sendiri. Perlu kiranya mendapatkan insight dari banyak perusahaan startup yang sudah ada agar lebih matang dalam mengambil sebuah keputusan.

Link channel: https://t.me/cafestartupschannel

9. Kumpulan Kata Motivasi

10 Daftar Channel Telegram Bermanfaat - Channel Motivasi Telegram

Di platform lain, sebetulnya kalian bisa dengan mudah menemukan akun yang secara khusus memberikan konten-konten berupa kata motivasi. Bahkan mungkin tanpa dicari pun, konten motivasi sudah lalu-lalang di timeline kalian.

Tapi di Telegram, setelah kalian berlangganan ke channel Kumpulan Kata Motivasi, kalian akan mendapatkan pesan motivasi yang muncul di notifikasi seolah-olah diingatkan secara personal. It’s hit differently!

Link channel: https://t.me/kumpulan_kata_Motivasi

10. Webinar Gratis + Sertifikat

10 Daftar Channel Telegram Bermanfaat - Channel Webinar Telegram Gratis

Channel Telegram bermanfaat berikutnya ada Webinar Gratis + Sertifikat yang berisi informasi dan jadwal seminar gratis yang diadakan di berbagai platform.

Bagi pencari ilmu dan membutuhkan sertifikat sebagai ‘tambahan’, channel ini bisa sangat membantu sekali.

Ada banyak info webinar nasional sampai internasional yang bisa kalian dapatkan dari channel Webinar Gratis + Sertifikat.

Tertarik? Ini linknya: https://t.me/webinargratissertifikat

Demikian. Itulah tadi sedikitnya 10 channel Telegram bermanfaat yang bisa kalian subscribe dengan gratis sekarang juga.

Kalian juga bisa ikut berkontribusi positif dengan membuat channel Telegram sendiri, sesuai dengan bidang keilmuan yang kalian dalami. Itung-itung berbagi ilmu bermanfaat, sekaligus menaikkan personal branding.

Seorang jurnalis lulusan Universitas Padjajaran angkatan 2016. Kini ia menjadi jurnalis lapangan di salah satu media televisi dan penulis khusus online.

Tinggalkan komentar