Cara Melihat Status WA Tanpa Diketahui

Pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas tentang cara melihat status WA tanpa diketahui oleh pemiliknya. Seperti yang sudah diketahui, WhatsApp adalah aplikasi chatting yang banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Sebab dengan adanya WhatsApp ini bisa saling berinteraksi satu sama lain.

Selain itu, ada salah satu fitur yang saat ini kerap digunakan oleh penggunanya, yaitu fitur pembaharuan status atau biasa dikenal sebagai “Update Status”.

Dengan adanya fitur seperti itu, kamu bisa membagikan status dan juga melihat status dari teman-teman yang menggunakan WhatsApp.

Tapi gini, kira-kira bisa gak ya lihat status WA teman secara diam-diam? Bisa dong, ada kok cara melihat status WA tanpa diketahui oleh orang yang membagikannya.

Di era seperti ini sudah menjadi rahasia umum ketika kamu membuat status di WhatsApp, secara otomatis teman-teman yang ada di aplikasi tersebut pasti akan melihatnya dan kamu pun akan mendapatkan laporan siapa saja yang sudah melihat status tersebut.

Untuk mempersingkat waktu, mari kita masuk ke poin utama pembahasan. Yaitu membahas tentang cara melihat status Wa tanpa diketahui.

Cara Melihat Status WA Tanpa Diketahui

cara melihat status wa tanpa diketahui

Apabila kamu ingin melihat status teman, keluarga, pasangan atau siapapun itu tanpa diketahui oleh mereka semua, hal seperti ini sangat mudah sekali untuk dilakukan.

Lalu bagaimana cara melihat status WA tanpa diketahui oleh pemiliknya? Seperti apa langkah-langkah yang harus dilakukan? Daripada penasaran, silahkan simak artikel berikut ini:

Baca juga: Cara Melihat Back-Up WhatsApp Di Google Drive

1. Non Aktifkan Fitur Baca Pesan

cara melihat status wa tanpa diketahui

Sebenarnya cara melihat status WA tanpa diketahui itu cukup mudah untuk dilakukan, kamu hanya merubah di bagian pengaturan fitur baca, menjadi tidak aktif.

Sedikit penjelasan tentang fitur baca pesan, jadi fitur read receipts adalah fitur bawaan WhatsApp untuk memberi laporan apabila kamu membuka status yang dibagikan oleh pemiliknya.

Agar mudah dimengerti, fitur inilah yang nantinya akan membuat akun kamu tercantum atas daftar orang yang melihat status WA.

Oleh karena itu, apabila kamu merubah fitur ini yang tadinya aktif kemudian di nonaktifkan, maka secara otomatis tidak akan ada lagi laporan masuk dari WhatsApp ke pemilik status, walaupun sebenarnya kamu itu sudah melihat status WA mereka.

Lalu bagaimana cara menonaktifkan fitur read reipts ini? Untuk caranya pun cukup mudah kamu, kamu bisa melakukannya dengan beberapa langkah.

Supaya lebih jelas, silahkan ikuti instruksi yang ada di bawah ini:

  • silahkan buka aplikasi WhatsApp pada HP Andorid ataupun iOS, kemudian tap ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas
  • Setelah itu akan muncul menu tampilan dan kamu bisa langsung memilih menu pengaturan.
  • Sesudah masuk ke menu pengaturan, silahkan pilih akun untuk membuka pengaturan akun WhatsApp.
  • Setelah itu bisa tekan tombol menu bagian privacy.
  • Di jendela privacy, cari bagian read receipts dan merubahnya yang tadinya aktif menjadi tidak aktif.

Setelah selesai melakukan beberapa tahapan di atas, maka secara otomatis kamu sudah bisa melihat status WA teman, pacar, keluarga atau siapapun itu tanpa diketahui oleh mereka semua.

Tapi, ada satu hal yang harus kamu ketahui. Sebenarnya menggunakan cara seperti ini ada kekurangannya, yaitu berlaku dua arah. Dimana ketika menggunakan cara seperti ini, kamu juga tidak akan menerima laporan siapa saja yang sudah melihat status WA.

2. Melihat Status WA di File Explorer

cara melihat status wa tanpa diketahui

Cara melihat status WA tanpa diketahui selanjutnya adalah, melihat status WA di file explorer. Bagi yang belum tau, jadi setiap status WA yang masuk di akun kita akan tersimpan di memori HP. Dengan seperti itu, kamu masih tetap bisa melihat melalui file explorer.

Menariknya lagi, apabila kamu melihat status WhatsApp melalui file explorer, tentu saja aplikasi WA tidak akan memberikan laporan bahwa status yang sudah mereka bagikan telah dibuka oleh orang lain dan si pemilik status tersebut tidak akan mengetahuinya.

Apakah langkah ke dua ini sulit? Tentu saja tidak sulit, untuk informasi selanjutnya silahkan simak tulisan di bawah ini:

  • Buka file explorer di HP kamu, lalu cari folder WhatsApp.
  • Setelah masuk ke dalam folder WhatsApp, silahkan cari folder media.
  • Bila sudah menemukan folder media, silahkan cari lagi folder status.
  • Masuk ke folder status, di situ kamu akan melihat status WhatsApp yang sudah dibagikan oleh pemiliknya.
  • Selesai.

Perlu diketahui, kekurangan dari cara ini adalah, kamu hanya bisa melihat status yang berupa vidio atau gambar. Selain dari itu, kamu tidak akan bisa melihatnya (termasuk dengan status teks).

Yang menarik dari cara kedua ini ialah, kamu bisa menyimpan status WA yang telah dibagikan oleh orang lain. Status yang bisa kamu simpan ialah, seperti video dan gambar yang tidak harus mengunduhnya.

Baca Juga: Cara Menggunakan WA Web

3. Melihat Status WA di EZ File Explorer

cara melihat status wa tanpa diketahui

Cara melihat status WA tanpa diketahui yang terakhir adalah, melihat status WA melaui EZ file explorer. Sebenarnya cara ketiga ini hampir sama dengan cara kedua yang sudah saya tulis di atas, namun hanya ada sedikit perbedaan saja.

Cara ini pun sangat mudah untuk dilakukan, terlebih bagi kamu yang sudah membaca cara kedua di atas. Untuk lebih jelasnya, kamu hanya perlu mengikuti petunjuk yang sudah ada di bawah ini:

  • Jika di HP kamu belum ada EZ file explorer, silahkan langsung install aplikasi ini dengan cara mendownloadnya di Google Play Store. Bila sudah berhasil terpasang di HP, silahkan buka aplikasinya.
  • Setelah berhasil masuk ke jendela EZ file explorer, silahkan cari folder WhatsApp dan membukanya. Di folder WhatsApp akan ada folder media, dan kamu bisa masuk ke folder tersebut.
  • Di dalam folder media, silahkan cari folder status. Jika folder status tidak ditemukan, maka kamu harus menampilkannya terlebih dulu. Cara menampilkannya pun gampang, silahkan tekan tombol tiga baris yang ada di pojok kiri aplikasi EZ file explorer, kemudian tekan tombol show hidden files di daftar pilihan yang muncul, sehingga toogle yang ada di sebelah kanan akan berubah menjadi aktif.
  • Apabila sudah muncul, silahkan buka folder status yang di dalamnya ada status WA. Di folder ini, kamu akan melihat semua status yang dibagikan oleh pemiliknya, dan si pemilik status tersebut tidak akan mengetahui bahwa kamu atau siapapun itu yang sudah melihat statusnya.

Perlu diketahui mengenai kekurangan dari cara ketiga ini, yaitu hanya bisa melihat status WA berupa gambar dan video saja. Ya hampir sama dengan cara kedua, kamu juga bisa menyimpan status WA milik orang lain tanpa harus mendownloadnya terlebih dulu.

Demikian 3 cara melihat status WA tanpa diketahui oleh pemiliknya. Ketiga cara di atas sangat cocok untuk digunakan, terlebih bagi kamu yang sering kepo terhadap hidup orang lain, kamu bisa menggunakan cara ini untuk mencari informasinya melalui status WA tanpa diketahui oleh pemiliknya.

Rina Mardiana

Seorang jurnalis lulusan Universitas Padjajaran angkatan 2016. Kini ia menjadi jurnalis lapangan di salah satu media televisi dan penulis khusus online.

Tinggalkan komentar