Cara Melihat Status WA Tanpa Diketahui

Oleh: /

Pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas tentang cara melihat status WhatsApp (WA) tanpa diketahui oleh pemiliknya. Seperti yang sudah kita ketahui, WhatsApp adalah aplikasi chatting dari Facebook Inc yang banyak digunakan oleh pengguna smartphone di seluruh dunia. Apalagi karena WhatsApp gratis dan mudah digunakan.

Selain itu, WhatsApp juga dibekali dengan fitur Stories, yang saat ini kerap digunakan oleh penggunanya. Dengan adanya fitur tersebut, kamu bisa membagikan foto, video, atau teks sebagai status kepada pengguna WhatsApp lainnya yang berdurasi 24 jam.

Sudah menjadi rahasia umum ketika kamu membuat Stories atau status di WA, maka otomatis teman-teman memakai WA juga pasti bisa melihatnya. Apalagi Stories WA memang dibekali dengan fitur untuk mengetahui siapa pengguna yang melihatnya.

Tapi, apakah kira-kira kita bisa melihat status WA teman secara diam-diam?

Karena alasan privasi tertentu, terkadang kita ingin melihat status mereka tanpa diketahui.

Nah, tentu saja bisa, ada kok cara melihat status WA tanpa diketahui oleh orang yang membagikannya. Langsung saja simak ulasan cara melihat status WA tanpa diketahui.

cara melihat status wa tanpa diketahui

Apabila kamu ingin melihat status teman, keluarga, pasangan atau siapa pun itu tanpa diketahui oleh mereka? Kalau iya, ternyata hal tersebut sangat mudah untuk dilakukan.

Lalu bagaimana cara melihat status WA tanpa diketahui oleh pemiliknya? Seperti apa langkah-langkahnya? Daripada semakin penasaran, silahkan simak artikel berikut ini:

Baca juga: Cara Melihat Back-Up WhatsApp Di Google Drive

Non Aktifkan Fitur Baca Pesan

cara melihat status wa tanpa diketahui

Cara melihat status WA tanpa diketahui adalah salah satu opsi privasi yang memang disediakan WA. Jadi, sebenarnya kamu tidak perlu aplikasi tambahan untuk sekedar melihat status seseorang tanpa diketahui. Salah satunya lewat Pengaturan Privasi.

Pada Pengaturan Privasi WA ada fitur yang bernama Read Receipt. Sedikit penjelasan tentang fitur baca pesan atau Read Receipts, merupakan fitur bawaan WhatsApp untuk memberi laporan apabila kamu membuka status yang dibagikan oleh pemiliknya.

Agar mudah dipahami, fitur Read Receipt biasanya dikenal dengan nama “centang biru”. Fitur tersebut, selain untuk mengetahui apakah pesan yang dikirm sudah dibaca atau belum, juga memberitahu siapa saja pengguna yang melihat status kita di Stories.

Oleh karena itu, apabila kamu merubah fitur Read Receipt, yang tadinya aktif kemudian dinonaktifkan.

Maka secara otomatis tidak akan ada lagi laporan masuk dari WhatsApp ke pemilik status, Walaupun sebenarnya kamu juga sudah melihat status WA mereka.

Lalu bagaimana cara menonaktifkan fitur Read Receipt? Untuk caranya pun cukup mudah kamu, kamu bisa melakukannya hanya dengan beberapa langkah saja.

Supaya lebih jelas, silahkan ikuti instruksi yang ada di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Fitur Baca Pesan/Read Receipt

  • Silakan buka aplikasi WhatsApp pada ponsel Andorid ataupun iOS, kemudian tap ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas
  • Setelah itu akan muncul menu tampilan dan kamu bisa langsung memilih menu Setelan (Settings).
  • Sesudah masuk ke menu pengaturan, silakan pilih opsi Akun untuk membuka pengaturan akun WhatsApp.
  • Lalu tekan tombol menu bagian Privasi (Privacy).
  • Di jendela Privasi (Privacy), cari bagian Laporan Dibaca (Read Receipts)dan merubahnya yang tadinya aktif menjadi tidak aktif.

Setelah selesai melakukan beberapa tahapan di atas, maka secara otomatis kamu sudah bisa melihat status WA teman, pacar, keluarga atau siapa pun tanpa diketahui.

Tapi, ada satu hal yang harus kamu ketahui. Sebenarnya menggunakan cara tersebut ada kekurangannya, yaitu berlaku dua arah. Artinya, kamu juga tidak akan menerima laporan tentang siapa saja yang sudah melihat status yang kamu buat di WhatsApp.

Melihat Status WA di File Explorer

cara melihat status wa tanpa diketahui

Cara melihat status WA tanpa diketahui selanjutnya adalah, melihat status WA dengan File Explorer. Bagi yang belum tau, setiap status WA yang masuk di akun kita akan tersimpan di memori ponsel. Jadi, kamu juga bisa melihatnya melalui File Explorer.

Menariknya lagi, apabila kamu melihat status WhatsApp melalui File Explorer, tentu saja aplikasi WA tidak akan memberikan laporan bahwa status yang sudah mereka bagikan telah dibuka oleh orang lain. Sehingga, pemilik status pun tidak akan mengetahuinya.

Meskipun terlihat cukup rumit, sebenarnya cara tersebut tidak sulit untuk dilakukan, agar lebih jelas, langsung saja simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

Cara Melihat Status WA Melalui File Exploler

  • Buka File Explorer di ponsel kamu, lalu cari folder WhatsApp.
  • Setelah masuk ke dalam folder WhatsApp, silahkan cari folder Media.
  • Klik pengaturan di folder tersebut melalui tanda tiga titik di pojok kanan atas File Explorer lalui pilih Tampilkan File Tersembunyi (Show Hidden File)
  • Setelah itu masuk ke dalam folder .Statuses.
  • Kamu akan melihat status WhatsApp yang berisi file foto dan video yang sudah dibagikan oleh pemiliknya.
  • Selesai.

Perlu diketahui, kekurangan dari cara ini adalah, kamu hanya bisa melihat status yang berupa video atau gambar. Jadi jika status teks tidak bisa dilihat dengan cara tersebut. Selain itu, di dalam folder .Statuses, semua file akan tercampur, sehingga cukup sulit untuk mengetahui siapa identitas pengunggah foto atau video yang terdapat di folder.

Meskipun demikian, yang menarik dari cara tersebut adalah kamu bisa menyimpan foto atau video dari status WA orang lain, tanpa harus terlebih dahulu mengunduhnya.

Baca Juga: Cara Menggunakan WA Web

Melihat Status WA Tanpa Diketahui Menggunakan Aplikasi

Cara Melihat Status WA Tanpa Diketahui - gbwa img

Cara melihat status WA tanpa diketahui yang terakhir adalah, melihat status WA menggunakan aplikasi. Apabila cara kedua sebelumnya dirasa kurang efektif, kamu juga bisa mengandalkan aplikasi lain yang bisa digunakan untuk melihat status WA tanpa diketahui. Salah satu aplikasi yang dimaksud yaitu adalah GBWhatsApp.

GBWhatsApp sebenarnya merupakan aplikasi WhatsApp yang dibekali dengan fitur khusus, seperti Mod. Salah satu fiturnya adalah melihat status WhatsApp seseorang tanpa diketahui dan juga bisa melihat pesan yang sudah dihapus. Menarik bukan?

Jika ingin menggunakan cara tersebut, kamu harus menginstal terlebih dahulu aplikasi GBWhatsApp di smartphone.

Setelah itu, ikutilah langkah-langkah sebagai berikut.

Cara Melihat Status WA Melalui GBWhatsApp

  • Buka aplikasi GBWhatsApp yang sudah diinstal
  • Tekan ikon titik tiga di pojok kanan atas dan pilih menu GB Setting
  • Kemudian pilih opsi Privasi dan Keamanan (Privacy and Security)
  • Selanjutnya, aktifkan toggle Hide View Status
  • Selesai, sekarang kamu bisa melihat status WA teman tanpa ketahuan

Sayangnya dengan cara tersebut, kamu hanya bisa melihat status WA tanpa diketahui melalui aplikasi GBWhatsApp. Jadi, apabila kamu membuka aplikasi WA biasa, maka tidak akan berpengaruh.

Selain itu, aplikasi GBWhatsApp juga tidak ada di Google Play Store dan harus diunduh dari pihak ketiga sehingga tidak ada update aplikasi otomatis.

Akhir Kata

Demikian 3 cara melihat status WA tanpa diketahui oleh pemiliknya. Ketiga cara yang sudah dijelaskan tersebut, bisa kamu pilih sesuai kemudahan.

Jadi, bagi kamu yang sedang curiga atau kepo terhadap kehidupan orang lain, kamu bisa menggunakan cara tersebut untuk mencari informasi melalui status WA tanpa diketahui oleh pemiliknya.

Tinggalkan komentar