Aplikasi Tips & Trik

Cara Memperbarui WhatsApp

Cara Memperbarui WhatsApp
https://kuotabro.com
Avatar
Writen & Edited By Charis Fitriyanto

Cara memperbarui WhatsApp ke versi terbaru biar tidak kadaluarsa yang dapat menyebabkan error di aplikasinya, cek disini tanpa menghilangkan chat.

Kuotabro.com – Setiap pengembang aplikasi, biasanya akan selalu melakukan update atau pembaruan untuk memperbaiki permasalahan yang sebelumnya ada pada aplikasi tersebut, dalam hal ini tidak terkecuali aplikasi WhatsApp.

Bagi pengguna WhatsApp di HP yang rada jadul, seperti contohnya HP Nokia Java ataupun Symbian, pasti pernah mengalami permasalahan WhatsApp kadaularsa ya. Nah, dengan melakukan update, maka permasalahan ini akan teratasi.

Namun, saat ini HP Nokia Java dan Symbian sepertinya sudah tidak bisa menggunakan aplikasi WhatsApp sepenuhnya karena sudah tidak mendapat support lagi dari pengembang WhatsApp. Jikapun masih biasa, biasanya fiturnya akan sangat terbatas.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sebuah artikel seputar update WhatsApp yang meliputi manfaat melakukan update serta cara melakukan update. Jadi, pastikan Anda membaca artikel ini sampai selesai agar tidak bingung.

Manfaat Melakukan Update (Pembaruan)

Sebelum menuju ke cara memperbarui WhatsApp, sepertinya sangat kurang kalau tidak dilengkapi dengan penjelasan dari manfaat melakukan update atau pembaruan.

Nah, berikut adalah manfaat melakukan update aplikasi WhatsApp:

1. Memperbaiki Permasalahan

Seperti yang sudah sedikit saya singgung sebelumnya yaitu terkait permasalahan WhatsApp yang kadaluarsa, itu adalah salah satu PR pengembang WhatsApp untuk memperbaikinya. Jika sudah fix, biasanya pengembang akan memberikan update aplikasi.

Dengan ini, maka permasalahan yang sebelumnya ada akan segera teratasi. Jadi, jika Anda mengalami masalah pada aplikasi WhatsApp, cobalah untuk memperbarui aplikasi tersebut dengan mengikuti cara ini.

2. Mendapatkan Fitur Baru

WhatsApp selalu berupaya memberikan fitur terbaik untuk penggunanya. Bukan tanpa alasan, fitur-fitur ini ditujukan untuk kepuasan pengguna dalam melakukan berbagai hal dengan menggunakan fitur-fitur yang tersedia.

Biasanya, WhatsApp akan memberikan fitur terbaru melalui update. Jadi, jika sudah ada pemberitahuan untuk melakukan update aplikasi, pastikan Anda segera melakukan update tersebut untuk mendapatkan fitur terbarunya.

3. Tampilan Lebih Modern

Pada setiap versi, WhatsApp memang tidak banyak melakukan perubahan tampilan. Namun, jika diamati dengan benar-benar, maka Anda akan melihat tampilan yang tidak ada pada versi sebelumnya, meskipun perubahannya tidak terlalu ketara.

Kalau dari segi warna, dari dulu WhatsApp memang memiliki warna seperti itu, kecuali jika Anda menggunakan WhatsApp MOD, maka Anda bisa melakukan kustomisasi warna bahkan tema WhatsApp sekalipun.

4. Masih Banyak

Pada intinya, melakukan pembaruan akan memberikan banyak manfaat. Yang pasti, aplikasi Anda akan lebih optimal baik dari segi fitur maupun kinerja. Jadi, pastikan Anda melakukan update aplikasi jika sudah mendapatkan notifikasi update.

Baca Juga: Cara Menggunakan 2 WhatsApp pada 1 HP Bersamaan

Cara Memperbarui Aplikasi WhatsApp

Untuk memperbarui WhatsApp, kita bisa menggunakan beberapa cara. Agar lebih paham dengan cara-cara tersebut, silahkan simak penjelasan di bawah ini:

1. Update Melalui Google Play Store

Cara Memperbarui WhatsApp melalui Google Play

Google Play Store adalah sebuah tempat yang sering digunakan untuk mendownload berbagai aplikasi Android. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Google Play Store untuk melakukan pembaruan atau update aplikasi, apakah Anda sudah tahu?

Jadi, pihak yang mengupload aplikasi di Play Store sudah bekerjasama dengan pihak Play Store, ketika pengembang aplikasi hendak melakukan update, maka di Google Play Store akan ditampilkan pemberitahuan untuk melakukan update aplikasi tersebut.

Cara ini adalah cara paling mudah untuk memperbarui WhatsApp. Pasalnya, Anda hanya perlu membuka Google Play Store dan kemudian menekan tombol update. Sudah, Anda tinggal menunggu proses updatenya selesai. Untuk lebih jelasnya, berikut caranya:

  1. Pertama, silahkan buka aplikasi Google Play Sotre di HP Anda.
  2. Setelah itu, silahkan ketikkan WhatsApp Messenger di kolom pencarian.
  3. Jika ada tombol Update pada aplikasi tersebut, silahkan klik Update untuk memulai proses pembaruan. Namun, jika tidak ada tombol update, maka sudah bisa dipastikan kalau aplikasi WhatsApp Anda adalah aplikasi terbaru.
  4. Selesai.

2. Official Website WhatsApp

Cara Memperbarui WhatsApp melalui Website Resmi

Selain melalui Google play Store, pengembang WhatsApp juga menyediakan link download aplikasi di website resmi mereka. Selain untuk perangkat mobile seperti Android dan iPhone, pada website tersebut juga tersedia aplikasi untuk pengguna desktop.

Ketika mendownload aplikasi di website resmi WhatsApp, maka Anda sudah pasti mendapatkan aplikasi dengan versi terbaru. Pasalnya, link download pada website tersebut sudah secara otomatis terhubung dengan aplikasi yang sudah diupdate.

Jika Anda ingin melakukan update aplikasi WhatsApp melalui website resmi, silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Pertama, silahkan buka halaman download WhatsApp terbaru.
  2. Setelah itu, pilih aplikasi WhatsApp sesuai perangkat yang Anda gunakan. Jika menggunakan Android, maka pilih WhatsApp untuk Android, dan sebagainya.
  3. Jika sudah, maka aplikasi akan otomatis terdownload ke HP Anda. Selanjutnya, silahkan lakukan instalasi aplikasi WhatsApp tanpa menghapus aplikasi sebelumnya. Jadi, Anda hanya perlu menimpa aplikasi sebelumnya.
  4. Jika sudah, silahkan tunggu proses pembaruan manual selesai.

3. Install Ulang WhatsApp

Cara Memperbarui WhatsApp dengan Install Ulang

Melakukan install ulang aplikasi WhatsApp biasanya dilakukan ketika terjadi masalah pada aplikasi tersebut, seperti contoh aplikasi tidak bisa dibuka sama sekali. Hal tersebut biasanya terjadi karena terdapat file aplikasi yang corrupt, jadi aplikasi tidak bisa dibuka.

Untuk itu, Anda harus menghapus aplikasi tersebut sebelum melakukan install ulang WhatsApp. Jika aplikasi masih bisa dibuka, lebih baik Anda melakukan backup data terlebih dahulu, agar chat Anda tidak hilang. Tapi jika tidak menginginkan melakukan backup, itu juga tidak masalah.

Jadi intinya, Anda hanya perlu menghapus aplikasi WhatsApp sebelumnya, setelah itu barulah Anda menginstall aplikasi terbaru dari Google Play Store. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti langkah berikut ini:

  1. Pertama, silahkan buka aplikasi Pengaturan di HP Anda.
  2. Setelah itu, cari pengaturan Aplikasi.
  3. Jika sudah, silahkan cari aplikasi WhatsApp, biasanya terletak pada bagian bawah karena diurutkan berdasarkan abjad.
  4. Selanjutnya, silahkan uninstall dengan cara klik tombol Hapus Instalan dan tunggu proses selesai.
  5. Nah, jika sudah diuninstall, silahkan buka Google Play Store dan cari WhatsApp Messenger, klik Install dan tunggu proses instalasi selesai.
  6. Jika di HP Anda tidak terdapat Google Play Store, maka Anda bisa mendownload aplikasinya melalui website resmi (seperti cara nomor 2) dan lakukan instalasi secara manual.
  7. Selesai.

4. Melalui Pengaturan WhatsApp

Cara Memperbarui WhatsApp melalui Pengaturan

Cara memperbarui WhatsApp melalui pengaturan dulunya memang ada untuk aplikasi WhatsApp original. Namun, saat ini fitur tersebut sudah dihapus oleh pengembang WhatsApp. Jadi, cara ini hanya berlaku bagi Anda yang menggunakan WhatsApp MOD saja.

Hampir semua WhatsApp MOD tidak tersedia di Google Play Store, jadi ketika hendak mengupdate aplikasi ini, maka Anda harus melakukannya secara manual, yaitu melalui pengaturan pembaruan yang kemudian akan diarahkan ke website pembuat WhatsApp Mod.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan di bawah ini:

  1. Pertama, silahkan buka WhatsApp MOD di Android Anda (dalam contoh ini saya menggunakan YoWhatsApp).
  2. Setelah itu, klik titik tiga di pojok kanan atas lalu pilih YoMods.
  3. Selanjutnya, scroll ke bawah dan temukan Pengaturan Pembaruan. Klik Periksa Pembaruan untuk mengetahui apakah ada update atau tidak. Jika ada, maka Anda akan diarahkan ke website pembuat WhatsApp tersebut.
  4. Terakhir, Anda hanya perlu mendownload aplikasi yang disediakan dan lakukan instalasi seperti biasanya.
  5. Selesai.

Baca Juga: Cara Video Call WhatsApp di Laptop

Akhir Kata

Karena pembaruan WhatsApp adalah hal yang penting, maka pastikan Anda selalu melakukan pembaruan tersebut. Selain memperbaiki permasalahan yang sebelumnya ada, pembaruan juga berfungsi untuk penambahan fitur. Jadi, silahkan lakukan update dengan menggunakan salah satu cara di atas.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk memperbarui WhatsApp. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Tentang Penulis

Avatar

Charis Fitriyanto

Sekadar bocah dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis, lebih spesifiknya menulis blog.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992