Cara Memperbarui WhatsApp

Oleh: /

Setiap pengembang aplikasi, biasanya selalu akan melakukan update atau pembaruan pada aplikasi buatannya.

Hal tersebut bertujuan untuk memperbaiki permasalahan seperti bug atau error yang ada di aplikasi. Begitu halnya dengan aplikasi WhatsApp.

Nah, pada kesempatan kali ini, Kuotabro akan memberikan artikel yang mengulas cara memperbarui WhatsApp termasuk manfaat jika melakukan update serta cara melakukannya. Jadi, pastikan Anda baca artikel sampai selesai agar tidak bingung.

Manfaat Melakukan Update (Pembaruan) WhatsApp

Sebelum mulai membahas cara memperbarui WhatsApp, sepertinya kurang lengkap kalau tidak disertai dengan penjelasan mengenai manfaat melakukan pembaruan atau update WhatsApp.

Nah, berikut adalah manfaat melakukan update WhatsApp:

1. Memperbaiki Permasalahan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, memperbarui atau update WhastApp akan berguna untuk memperbaiki permasalahan.

Dalam hal ini yaitu mengatasi bug atau eror yang muncul pada aplikasi versi sebelumnya. Nah, hal tersebut tentu saja menjadi tugas bagi pengembang untuk menjamin kestabilan aplikasi yang dibuatnya.

Dengan memperbarui aplikasi WhatsApp, maka permasalahan yang sebelumnya ada akan segera teratasi. Jadi, jika Anda mengalami masalah pada aplikasi WhatsApp, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan memperbarui aplikasi tersebut.

2. Mendapatkan Fitur Baru

WhatsApp selalu berupaya memberikan fitur terbaik untuk penggunanya. Bukannya tanpa alasan, fitur-fitur ini ditujukan untuk kepuasan pengalaman pengguna.

Jadi WhatsApp LLC akan selalu mengupdate dan memperbarui fitur di apliksi WhatsApp. Seperti misalnya fitur Stories, yang pada beberapa tahun lalu belum ada di WhatsApp.

Oleh karena itu, apabila Anda ingin merasakan pengalam fitur terbaru adalah dengan cara memperbarui WhatsApp. Jadi, jika sudah ada pemberitahuan untuk melakukan update aplikasi, pastikan Anda segera melakukan update agar mendapat fitur terbaru.

3. Menghindari Serangan Virus

Semua perangkat lunak apalagi yang terhubung internet pastinya rentan terhadap serangan virus.

Untuk itu, pada developer akan selalu memperbarui atau mengupdate sistem keamanan secara berkala pada aplikasinya. Dengan begitu, jika aplikasi tidak diperbarui maka potensi terkena serangn virus seperti malware, akan jauh lebih besar.

Kemanan aplikasi memang tidak bisa dianggap sepele. Karena hal tersebut berkaitan dengan privasi data pengguna. Apabila, sampai terserang virus maka hal yang paling dikhawatirkan adalah terjadinya pencurian data pengguna atau biasa disebut phising.

4. Lainnya

Pada intinya, melakukan pembaruan akan memberikan banyak manfaat.

Pastinya, aplikasi yang rutin diupdate atau diperbarui akan lebih optimal baik dari segi fitur maupun kinerja. Selain itu, update juga mampu membebaskan penyimpanan ponsel.

Cara Memperbarui Aplikasi WhatsApp

Untuk memperbarui aplikasi WhatsApp, silakan Anda pilih beberapa cara yang bisa dilakukan. Untuk lebih jelasnya, silakan Anda simak tutorial dari Kuotabro berikut ini:

1. Update Melalui Google Play Store

Cara Memperbarui WhatsApp melalui Google Play

Google Play Store adalah layanan dari Android, tempat Anda biasa mengunduh dan menginstall berbagai aplikasi resmi dari pengembang.

Bisa dibilang, Google Play Store adalah pintu masuk bagi para developer aplikasi kepada pengguna Android.

Jadi, para developer yang mengupload aplikasi di Play Store sudah tentu bekerjasama dengan Google Play Store. Itu lah mengapa, ketika pengembang memperbarui aplikasi, maka di Google Play Store akan ditampilkan pemberitahuan untuk update.

Begitu halnya dengan aplikasi WhatsApp. Jadi untuk memperbarui aplikasi WhatsApp dari Google Play Store adalah cara yang paling mudah. Anda tinggal jalankan aplikasi Google Play Store dan klik update pada WhatsApp.

Langkah-langkah Memperbarui WhatsApp Melalui Google Play Store

  • Pertama, silakan jalankan aplikasi Google Play Sotre yang ada di Android
  • Setelah itu, silahkan ketikkan WhatsApp Messenger di kolom pencarian, klik profil aplikasinya, kemudian jika ada pilihan tombol update silakan Anda klik Update, sudah tinggal tunggu proses update selesai.
  • Selain cara tersebut, Anda juga bisa memperbarui aplikasi WhatsApp di Google Play Store, dengan cara klik profil Anda atau ikon foto di pojok kanan atas pada bilah pencarian, akan muncul sebuah menu lalu Anda pilih Aplikasi & Permainan Saya (My apps & games), setelah itu akan berjalan pengecekan update, jika ternyata ada WhatsApp Messenger silakan Anda klik Update
  • Selesai.

2. Official Website WhatsApp

Cara Memperbarui WhatsApp melalui Website Resmi

Selain melalui Google Play Store, Anda juga bisa mengupdate aplikasi WhatsApp dari laman resminya.

Anda dapat memasang aplikasi WhatsApp terbaru untuk mengganti versi aplikasi yang lama. Tentu saja Anda haru mengunduh file APK terlebih dahulu.

Pada laman resmi WhatsApp tersebut selain tersedia aplikasi versi ponsel juga ada aplikasi PC, jadi bisa juga digunakan untuk update WhatsApp di PC. Jika Anda ingin melakukan update aplikasi WhatsApp melalui website resmi ikuti langkah berikut ini.

Langkah-langkah Memperbarui WhatsApp Melalui Official Website WhatsApp

  • Pertama, jalankan browser dan kunjungi laman resmi WhatsApp atau dengan cara klik link yang tersedia.
  • Setelah itu, pilih aplikasi WhatsApp yang sesuai dengan perangkat yang Anda gunakan. Jika menggunakan Android, maka pilih WhatsApp untuk Android, dan sebagainya.
  • Jika sudah, maka file aplikasi akan otomatis terdownload ke perangkat Anda.
  • Selanjutnya, silakan lakukan instalasi file aplikasi WhatsApp di perangkat tanpa menghapus aplikasi sebelumnya. Jadi, Anda hanya perlu menimpa aplikasi sebelumnya.
  • Jika sudah, silahkan tunggu proses pembaruan manual selesai.
  • Enjoy!

3. Install Ulang WhatsApp

Cara Memperbarui WhatsApp dengan Install Ulang

Melakukan install ulang aplikasi WhatsApp biasanya dilakukan ketika terjadi masalah pada aplikasi tersebut.

Seperti misalnya, jika aplikasi tidak bisa dibuka sama sekali. Hal tersebut biasanya terjadi karena terdapat file aplikasi yang corrupt dan membuat eror.

Untuk itu, Anda harus menghapus aplikasi tersebut sebelum melakukan install ulang WhatsApp. Jika aplikasi masih bisa dibuka, lebih baik Anda melakukan backup data terlebih dahulu agar chat Anda tidak hilang. Jika tidak pun sebenarnya tidak masalah.

Pada intinya, Anda hanya perlu mencopot pemasangan aplikasi WhatsApp yang telah terinstal di ponsel sebelumnya. Setelah itu baru kemudian Anda menginstall aplikasi terbaru dari Google Play Store.

Langkah-langkah Memperbarui WhatsApp Dengan Install Ulang

  • Pertama, buka Pengaturan (Settings) di ponsel Anda.
  • Setelah itu, cari opsi Aplikasi (Apps) atau Aplikasi terinstal (Installed apps)
  • Jika sudah, silakan cari dan pilih aplikasi WhatsApp, biasanya terletak pada bagian bawah karena diurutkan berdasarkan abjad.
  • Selanjutnya, copot pemasangan dengan cara klik tombol Hapus Instalan (Uninstall) dan tunggu proses selesai.
  • Nah, jika sudah diuninstall, silahkan buka Google Play Store dan cari WhatsApp Messenger, klik Install dan tunggu proses instalasi selesai.
  • Selain melalui Google Play Store, Anda juga bisa mendwonload file APK dari WhatsApp dari situs resminya kemudian install di perangkat, seperti pada cara sebelumnya.
  • Selesai.

4. Melalui Pengaturan WhatsApp

Cara Memperbarui WhatsApp melalui Pengaturan

Cara memperbarui WhatsApp melalui Pengaturan ini dulunya memang tersedia di aplikasi WhatsApp resmi atau original.

Namun, saat ini fitur tersebut sudah dihapus oleh pengembang. Jadi cara terakhir ini hanya berlaku pada aplikasi WhatsApp Mod.

Wajar saja, karena memang WhatsApp Mod tidak tersedia di Google Play Store. Jadi ketika hendak mengupdate aplikasi tersebut, maka Anda harus melakukannya secara manual dari Pengaturan.

Langkah-langkah Memperbarui WhatsApp Melalui Pengaturan

  • Pertama, silahkan buka WhatsApp Mod di Android Anda, dalam contoh ini saya menggunakan YoWhatsApp).
  • Setelah itu, klik titik tiga atau menu Pengaturan (Options) di pojok kanan atas lalu pilih YoMods.
  • Kemudian, gulir ke bawah dan temukan Pengaturan Pembaruan. Klik Periksa Pembaruan untuk mengetahui apakah ada update atau tidak. Jika ada, maka Anda akan diarahkan ke website pengembang WhatsApp Mod tersebut.
  • Terakhir, Anda hanya perlu download aplikasi WhatsApp Mod versi terbaru yang disediakan dan lakukan instalasi seperti biasanya.
  • Selesai.

Akhir Kata

Karena pembaruan WhatsApp adalah hal yang penting, maka pastikan Anda selalu melakukannya secara berkala.

Selain memperbaiki permasalahan yang sebelumnya ada, pembaruan juga berfungsi untuk menambah fitur dan menjaga keamanan. Jadi, silakan lakukan update dengan menggunakan salah satu cara yang sudah dijelaskan.

Nah, itu lah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbarui WhatsApp. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua, salam tekno!

Selalu ada pembelajaran dari setiap tulisan, selalu ada mimpi dari setiap inspirasi. Terima kasih telah membaca artikel saya!

Tinggalkan komentar