Aplikasi Download Lagu Terbaik

Oleh: /

Semua orang pasti suka dengan musik. Entah itu dengan cara mendengarkan di penyedia layanan streaming musik atau mengunduhnya ke memory internal ponsel.

Musik dalam format Mp3 yang didownload, punya keunggulan bisa didengarkan secara offline. Kalau dengan streaming, berarti kamu harus mendengarkannya dengan koneksi internet. Jadi, kamu bisa tetap menikmati musik meski tanpa koneksi internet.

Nah, untuk melakukan hal tersebut, berikut ini adalah 15 aplikasi download lagu terbaik yang bisa kamu gunakan. Langsung saja, simak ulasan singkat sebagai berikut.

YouTube Music

Aplikasi Download Lagu Terbaik - ytmusic img

Selain menjadi penyedia layanan streaming konten video, anak perusahaan Google LLC, YouTube, juga mengembangkan layanan streaming musik.

Melalui sebuah aplikasi barunya, YouTube Music menyediakan antarmuka yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Seperti untuk menelusuri lagu berdasarkan genre, album, single, termasuk rekomendasi.

Layanan YouTube Music menggantikan layanan streaming musik dari Google sebelumnya yaitu, Google Play Music. Selain menjadi tempat streaming musik secara legal, YouTube Music juga bisa digunakan untuk mendownload lagu. Tetapi, sayangnya fitur download tersebut hanya bisa didapatkan jika kamu telah upgrade atau berlangganan YouTube Music Premium.

Pros

  • Pilihan lagu komplit dan legal
  • Tampilan antarmuka menarik dan user-friendly

Cons

  • Fitur gratis memiliki iklan dalam musik
  • Download hanya tersedia di versi Premium

Spotify

Aplikasi Download Lagu Terbaik - spotify img

Spotify merupakan aplikasi layanan musik populer di dunia yang dikembangkan oleh Spotify Technology SA.

Spotify menawarkan banyak sekali rekaman musik dan podcast yang memiliki hak cipta legal dari berbagai rekaman dan perusahaan media serta label independet. Pengguna dapat mencari musik berdasarkan artis, genre, album, bahkan dapat membuat playlist sendiri.

Tak hanya musik, Spotify juga memiliki konten podcast yang berasal dari media ternama. Sebagai layanan musik freemium, Spotify dilengkapi dengan iklan dan kontrol yang terbatas untuk semua musiknya. Namun sebenarnya kamu bisa menjadikan Spotify untuk mendownload lagu atau musik untuk didengarkan secara offline, apabila telah upgrade ke Spotify Premium.

Pros

  • Database lagu yang lengkap dari banyak genre
  • Bisa digunakan gratis dan mendengarkan musik secara legal

Cons

  • Terdapat iklan dalam versi gratis dan hanya bisa memutar acak
  • Fitur download hanya tersedia di versi Premium

JOOX

Aplikasi Download Lagu Terbaik - joox img

Joox atau JOOX adalah layanan streaming musik milik Tencent yang juga sangat populer di Asia.

Seperti Spotify, JOOX merupakan sebuah layanan musik freemium yang menyediakan sebagian besar musiknya gratis. Bedanya, alih-alih menyediakan iklan dalam musik, JOOX berfokus pada iklan menggunakan banner, tulisan, dan daftar putar kategori musik tertentu di dalam aplikasi.

Nah, sama seperti Spotify, kamu juga bisa memanfaatkan JOOX untuk mendownload lagu secara legal dari berbagai artis populer maupun independent. Namun, untuk membuka fitur tersebut dan lagu-lagu lain yang terkunci, kamu harus berlangganan JOOX VIP Premium terlebih dahulu. Bahkan, selain musik, JOOX juga memiliki produk podcast di dalam library-nya.

Pros

  • Memiliki banyak musik dalam berbagai genre
  • Tidak ada iklan di dalam musik atau audio

Cons

  • Database musik tidak terlelu update
  • Fitur download hanya tersedia di versi Premium

Deezer

Aplikasi Download Lagu Terbaik - deezer img

Deezer atau deezer adalah layanan streaming musik online yang dimiliki oleh Access Industries.

Melalui aplikasi tersebut, pengguna dapat mendengarkan musik secara legal dari berbagai label rekaman ternama, seperti Universal Music Group, Sony Music, dan Warner Music Group. Saat ini, Deezer bahkan telah 56 juta trek musik dan 30.000 saluran radio di dalam databese-nya.

Seperti layanan streaming musik lainnya, Deezer juga bisa digunakan untuk mendownload musik secara legal jika sudah berlangganan versi Premium. . Selain itu, sebagai sebuah aplikasi freemium, Deezer juga didukung iklan dan kontorl musik terbatas, namun Deezer dibekali fitur SongCatcher untuk mengenali judul lagu dan ada banyak kategori musik yang bisa didownload.

Pros

  • Memiliki daftar pustaka musik yang beragam
  • Aplikasi mudah digunakan dengan UI menarik

Cons

  • Fitur download hanya tersdia di akun premium
  • Terdapat iklan di dalam playlist

SoundCloud

Aplikasi Download Lagu Terbaik - soundcloud img

SoundCloud adalah platform distribusi audio online dan situs web berbagi musik yang berasal dari perusahaan dengan nama sama, SoundCloud.

Selain menyediakan layanan pemutaran musik secara streaming, SoundCloud juga mampu menjadi tempat untuk berbagi musik kepada pengguna lain. Termasuk menjelajahi musik dan audio yang sedang trending secara langsung.

Karena dibaut berbasis sosial komunitas SoundCloud dapat menghubungkan kamu dan pengguna lain atas dasar ketertarikan musik yang sama. Selain itu, SoundCloud juga bisa digunakan untuk mendownload lagu untuk didengarkan secara offline. Tetapi lagi-lagi, kamu harus berlangganan SoundCloud Go atau Go+ untuk dapat menggunakan fitru download.

Pros

  • Bisa menguplaod dan membagikan musik
  • Mengikuti artis musik secara langsung

Cons

  • Harus masuk dengan SoundCloud akun
  • Fitur download hanya bisa didapat setelah berlangganan

LangitMusik

Aplikasi Download Lagu Terbaik - langit musik img

LangitMusik adalah layanan streaming musik dari Indonesia yang merupakan hasil kerja sama Telkomsel dan PT. MeIOn Indonesia.

Melalui LangitMusik, kamu dapat mendengarkan dan mendownload lagu secara legal dari label musik ternama. Fitur yang ditawarkan juga tak kalah menarik dari layanan musik kelas dunia, seperti katalog musik, rekomendasi, dan lagu trending.

Sebagaimana aplikasi streaming musik sebelumnya, kamu dapat menggunakan LangitMusik untuk mendownload lagu favorit. Tetapi sama seperti layanan musik sebelumnya, kamu pun harus sudah berlangganan akun LangitMusik Premium. Nah, bagi pengguna Telkomsel kabar menariknya, kamu bisa streaming musik dengan aplikasi LangitMusik secara gratis tanpa kuota.

Pros

  • Pustaka lagu Indonesia yang sangat beragam
  • Ada fitur lirik lagu dan karaoke

Cons

  • Fitur download hanya tersedia di versi akun Premium
  • List musik tidak terlalu lengkap

4Shared

Aplikasi Download Lagu Terbaik - 4shared img

4Shared atau juga dikenal sebagai 4Shared.com sebenarnya adalah situs berbagai file yang memungkinkan bagi para penggunanya berbagi media dan dokumen.

4Shared mendukung protokol WebDav, FTP, dan SFTP selain menggunakan antarmuka web. Sebagai layanan freemium, pengguna diberi batasan download dengan bandwidth harian sebesar 3GB saja.

Makanya tak mengherankan jika kamu bisa mendapatkan berbagai file musik dengan format MP3 di aplikasi 4Shared. Karena, mesikpun 4Shared menyediakan layanan penyimpanan file yang sah, 4Shared juga tidak membatasi diri untuk memfasilitasi streaming dan pengunduhan musik bajakan dalam jumlah yang tidak sedikit. Jadi, bisa kamu gunakan secara cuma-cuma.

Pros

  • Pilihan lagu yang diupload user terbilang beragam
  • Menyediakan berbagai macam file media gratis lainnya

Cons

  • Beberapa file diragukan tingkat keamanannya
  • Banyak iklan di dalam aplikasi

Audiomack

Aplikasi Download Lagu Terbaik - audiomack img

Audiomack adalah platform streaming musik dan pencarian audio yang bisa dipakai oleh para artis dan produser untuk mendistribusikan musik dan podcast.

Sebagai platfrom on-demand, Audiomack melengkapi aplikasinya dengan kombinasi sidik jari, permintaan penghapusan DMCA, dan mengkurasi koleksi musiknya, untuk menekan pembajakan karya.

Audiomack juga sudah bekerja sama dengan banyak label musik kelas dunia seperti Warner mUsic Group, Universal Music Group, dan Sony Music Entertainment. Jadi, tidak usah khawatir tidak bisa menemukan lagu favorit di Audiomack. Selain itu, aplikasi tersebut juga menawarkan pengunduhan musik offline dengan membayar berlangganan akun Premium.

Pros

  • Memiliki UI yang interaktif dan terlihat simpel
  • Mudah untuk menemukan musik yang populer

Cons

  • Fitur download hanya tersedia di akun Premium
  • Kebanyakan musik bergenre hiphop dan rap

ReverbNation

Aplikasi Download Lagu Terbaik - reverbnation img

ReverbNation.com adalah sebuah situs web yang dimiliki oleh eMinor, Inc. Awalnya, platform tersebut dibuat sebagai pusat bagi para musisi dan produsen independen untuk berkolaborasi dan berkomunikasi.

ReverbNation memungkinkan pengguna untuk menempatkan konten di halaman web, melalui widget bernama TuneWidget.

Selain itu, sebenarnya kamu juga bisa menggunakan ReverbNation sebagai aplikasi untuk mendwonload lagu lagsung dari para musisi atau produser. Tetapi, kebijakan mendwonload lagu aslinya tergantung dari musisi yang menguploadnya. Ada yang membolehkan mengunduh karya musik mereka, tak sedikit juga yang membatasi download.

Pros

  • Gratis digunakan tanpa berlangganan
  • Bisa berkolaborasi dengan pengguna lain

Cons

  • Tampilan antarmuka kurang user-friendly
  • Ada musik yang bisa diunduh dan ada yang tidak

Resso

Aplikasi Download Lagu Terbaik - resso img

Resso adalah sebuah aplikasi streaming musik baru yang berasal dari developer sosial media yang sedang trending, TikTok.

ByteDance Ltd. sebagai pengembang membuat Resso dengan berbasis sosial komunitas. Pengguna, bisa menyorot, berbagi lirik, komentar, dan konten kepada pengguna lainnya di samping hanya untuk streaming saja.

Resso kabarnya sudah memiliki perjanjian lisensi dengan beberapa label musik dunia. Seperti Warner Music Group, Sony Music Entertainment, Merli and Beggars Group. dan lainnya. Tetapi, karena masih baru, lagu yang dimiliki Resso tidak sebanyak aplikasi lain. Selain itu, kamu bisa mendownload lagu-lagunya dengan cara langganan Resso.

Pros

  • Rekomendasi yang menarik
  • Memiliki tampilan antarmuka user-friendly

Cons

  • Fitur download hanya tersedia di versi Premium
  • Koleksi musik belum sebanyak aplikasi lain

Fildo

Aplikasi Download Lagu Terbaik - fildo img

Fildo adalah aplikasi khusus untuk download lagu MP3 yang bisa kamu unduh langsung dari official webiste-nya.

Sebenarnya, ada dua versi dari aplikasi Fildo, salah satunya adalah pemutar musik yang tersedia di Play Store. Tetapi, jika kamu mendownload Fildo yang ada di Play Store, kamu tidak akan bisa memanfaatkan Fildo sebagai pengunduh Mp3 seperti yang kamu mau.

Jadi, untuk mendapatkan aplikasi Fildo yang juga berfungsi sebagai alat pendownload lagu Mp3 kamu harus mengunduhnya dari situs resmi Fildo. Aplikasi yang dikembangkan langsung oleh Fildo tersebut juga berfungsi sebagai streaming musik. Koleksi musik yang ada di Fildo berasal dari berbagai sumber, bisa dikatakan Fildo bekerja layaknya search engine tapi khusus Mp3 saja.

Pros

  • Bisa digunakan untuk streaming musik gratis
  • Fitur download bisa dipakai tanpa berlangganan

Cons

  • Tidak tersedia di Google Play Store
  • Terdapat resiko masalah keamanan

NewPipe

Aplikasi Download Lagu Terbaik - newpipe img

NewPipe adalah pemutar media open source gratis yang diesdiakan oleh perangkat Android.

NewPipe lebih dikenal sebagai klien YouTube tidak resmi, dan hadir dengan repositori bebas akses di GitHub. Dengan kata lain, NewPipe bisa digunakan sebagai alternatif dari aplikasi resmi YouTube. Aplikassi tersebut dibuat langsung oleh Tim NewPipe.

NewPipe tidak menggunakan tampilan YouTube resmi, namun masih menyertakan fitur likes dan dislikes. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi jumlah data yang dibagikan dengan pihak Google. Jadi, kamu bisa menonton video YouTube seperti biasa di NewPipe, menariknya lagi, kamu juga bisa mengunduhnya dalam format video atau audio Mp3.

Pros

  • Bersifat open source dan bebas repositori
  • Memiliki video dan musik player bawaan

Cons

  • Ada iklan di dalam aplikasi
  • Termasuk sebagai aplikasi musik tidak resmi

SONGily

Aplikasi Download Lagu Terbaik - songily img

SONGily adalah aplikasi download Mp3 di Android yang menyediakan banyak lagu update untuk kamu unduh langsung dari aplikasi.

Bahkan, secara terang-terangan SONGily menyediakan folder khususu bernama Downloads untuk menyimpan semua lagu-lagu favorit yang sudah kamu unduh secara gratis melalui aplikasi buatan SONGily tersbut.

Selain itu, SONGily juga dibekali dengan fitur konverter yang bisa digunakan untuk merubah video menjadi format Mp3. Jadi, kamu bisa mendownload lagu berkualitas HQ langsung dari YouTube, misalnya. Meskipun layanan dari SONGily masih dalam tahap beta dan tidak benar-benar legal, tetapi aplikasi tersebut bisa jadi download MP3 yang handal.

Pros

  • Mudah digunakan untuk mengunduh MP3
  • Memiliki database musik yang besar

Cons

  • Terdapat iklan di dalam aplikasi
  • Memerlukan waktu untuk mencari musik original

TubeMate

Aplikasi Download Lagu Terbaik - tubemate img

TubeMate adalah aplikasi download MP3 yang sebenarnya dibuat untuk mengunduh video YouTube.

Sebagai salah satu platform video terbesar di dunia, YouTube tidak memberikan akses kepada pengguna untuk mengunduh videonya. Nah, oleh sebab itu, dengan TubeMate kamu bisa mendownload video apa pun yang tersedia di YouTube.

Fitur yang diusung oleh TubeMate juga sangat beragam, seperti bisa download lebih dari satu file secara bersamaan, bisa memilih resolusi dan kualitas, dan tentunya bisa mengkonvert video yang ada di YouTube ke Mp3. Meskipun cara tersebut sebenarnya tidak legal, tetapi TubeMate dapat menjadi alternatif bagi kamu yang bingung untuk download lagu Mp3.

Pros

  • Mengunduh dan konfersi video YouTube ke Mp3
  • Kualitas video bisa disesuaikan

Cons

  • Kecepatan dwonload rendah
  • Masalah hak cipta terutama dari pihak Google

Free Music Downloader

Aplikasi Download Lagu Terbaik - Free Music Downloader img

Sesuai dengan namanya, Free Music Downloader bisa membuat kamu memliki data lagu gratis yang bisa kamu putar secara offline.

Selain itu, sebagai aplikas pengunduh musik, kualitas lagu Mp3 yang tersedia juga bisa diatur dan dipilih sesuai selera. Bahkan, aplikasi Free Music Downloader juga dibekali dengan pemutar musik bawaan dalam aplikasi.

Menariknya, semua musik yang tersedia di aplikasi dari Light Image tersebut berlisensi Creative Commons (CC) yang berarti statusnya adalah tanpa hak cipta. Fitur yang diusung oleh aplikasi Free Music Downloader juga tak kalah dari aplikasi lainnya, seperti pencarian Mp3 berdasarkan judul, artis, genre, atau album serta multithreaded Mp3 download engine.

Pros

  • Aplikasi ringan dan mudah digunakan
  • Bisa mengatur musik berdasarkan kualitas

Cons

  • Tidak banyak pilihan musik, hanya yang berlisensi CC
  • Banyak iklan di dalam aplikasi

Akhir Kata

Nah, itulah tadi kumpulan aplikasi download lagu Mp3 terbaik yang wajib kamu miliki. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa kamu pasang langsung di smartphone Android.

Pastikan ponsel kamu support dan sesuai dengan aplikasi pilihanmu. Karena aplikasi download lagu mp3 tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Tetapi, Dan pastinya, kini kamu sudah bisa mendengarkan lagu-lagu Mp3 favoritmu secara offline. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat semua, salam tekno bro!

Baca juga: 11 Aplikasi Cari Jodoh Online Terbaik

Tinggalkan komentar