Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4×6 di Android

Oleh: /

Foto diri atau pas foto adalah salah satu tolak ukur untuk menegaskan identitas seseorang. Tak ayal jika pas foto dipakai dalam urusan-urusan penting. Pas foto berkuran 4×6 sering dijadikan sebagai format standar untuk melengkapi berkas-berkas penting. Seperti mendaftar sekolah, ijazah, melamar kerja dan sebagainya.

Untuk mendapatkan ukuran pas foto tersebut, Anda bisa memanfaatkan jasa layanan studio foto dan meminta cetakan pas foto berukuran 4×6. Namun, seiring majunya teknologi, sebenarnya Anda juga bisa membuat pasfoto sendiri bermodalkan ponsel Adroid. Jadi, selain lebih hemat, Anda tidak perlu repot lagi untuk membuat pas foto.

Meskipun sebenarnya untuk membuat pasfoto menjadi 4×6 sebaiknya menggunakan software Photoshop atau Paint di PC/laptop. Tetapi, kemampuan smartphone Android saat ini juga sudah setara dengan aplikasi tersebut. Apalagi sudah banyak tersedia tools untuk mengubah pasfoto menjadi 4×6 baik itu dengan aplikasi ataupun tidak.

Ukuran Foto 4×6

Sebelum mengubah foto menjadi 4×6, salah satu modal dasar yang harus Anda miliki terlebih dahulu adalah pengetahuan tentang ukuran foto. Foto yang dimaksud 4×6 sebenarnya adalah ukuran foto dalam satuan cm yaitu lebar 4 cm dan tinggi 6 cm.

Namun, pada kenyataannya ukuran tersebut tidaklah tepat 4 cm x 6 cm melainkan 3,81 cm untuk lebarnya dan 5,59 untuk tingginya. Selisih ukuran pada bagian panjang dan lebar foto tersebut diasumsikan sebagai jarak untuk memotong foto.

Selain menggunakan ukuran dalam satuan cm, beberapa tools editor foto untuk mengubah ukuran foto menjadi 4×6 juga tersedia dalam satuan mm dan inchi. Bahkan, ada juga editor foto yang menggunakan satuan pixel untuk mengubahnya.

Biasanya ukuran pixel lebih banyak digunakan dalam hal-hal yang bersifat grafis, untuk menghasilkan resolusi tertentu. Agar Anda lebih jelas dalam memahami ukuran foto 4×6, dalam konversi pada beberapa satuan, silakan simak tabel berikut.

SatuanLebarPanjang
Cm3,815,59
Mm38,155,9
Inchi1,52,2
Pixel472709

Ukuran pixel pada tabel tersebut berlaku apabila Anda menggunakan resolusi 300 dpi, namun jika Anda menggukan resolusi 100 dpi maka ukuran pixel yang berlaku adalah 151 x 227. Setelah paham ukuran foto, Anda bisa mulai untuk mengubahnya.

Untuk mengubah ukuran foto menjadi 4×6 di Android bisa dibedakan menjadi dua yaitu dengan aplikasi dan tanpa aplikasi.

Cara Ubah Ukuran Foto 4×6 di Android Melalui Aplikasi

Cara untuk mengubah ukuran foto menjadi 4×6 di Android yang pertama adalah dengan aplikasi. Ada beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk melakukan hal tersebut.

Berikut ini Kuotabro akan memberikan aplikasi untuk mengubah ukuran foto 4×6 di Android disertai dengan cara-caranya. Simak ulasan singkatnya berikut ini.

1. Photo & Picture Resizer

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4x6 di Android - Photo Picture Resizer img

Photo & Picture Resizer merupakan aplikasi Android recommended Kuotabro pertama yang bisa digunakan untuk mengubah ukuran foto menjadi 4×6 atau ukuran lainnya.

Selain gratis dan mudah digunakan, aplikasi buatan farluner apps & games tersebut juga mendukung berbagai format gambar foto mulai dari jpg, jpeg, png, maupun gif.

Nantinya, pengguna bisa mengubah ukuran foto berdasarkan persentase, ukuran atau resolusi foto tanpa mengurangi kualitasnya.

Fitur-fitur Unggulan dari Photo & Picture Resizer

  • Mengubah ukuran maupun resolusinya gambar atau foto secara bersamaan dan otomatis tersimpan tanpa mempengaruhi file asli
  • Gratis digunakan tanpa ada embel-embel watermark
  • Cocok untuk smartphone low end-specification karena berukuran ringan
  • Bisa melakukan kompresi foto secara optimal untuk meluangkan memori penyimpanan perangkat
  • Terintegrasi secara langsung dengan beberapa platform online seperti, Facebook, Twitter, Instagram, KakaoTalk dan beberapa situs media sosial lainnya

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4×6 Melalui Photo & Picture Resizer

  • Pertama, bukalah aplikasi Photo & Picture Resizer yang sudah terpasang di ponsel Android Anda.
  • Setelah itu, unggah foto yang ingin diedit dengan klik Pilih Foto (Select Photo) maka akan langsung dibawa ke halaman galeri perangkat. Selain mengambil dari galeri, bisa juga mengambil foto secara langsung melalui kamera HP.
  • Setelah foto terbuka, klik menu Resize dan pilih opsi Custom pada dimensi width dan height. Akan muncul kotak dialog untuk memasukkan lebar dan tinggi foto berdasarkan pixel, masukkan angka 472 x 709 pada masing-masing kolom lebar dan tinggi dengan menggunakan resolusi 300 dpi.
  • Selanjutnya klik OK, maka aplikasi akan langsung mengubah ukuran foto secara otomatis. Anda juga bisa merubah ukuran foto dengan opsi Crop, jika ingin menggunakan bagian tertentu sesuai proporsi foto yang tepat.
  • Terakhir, Anda hanya perlu klik Save untuk menyimpan hasil edit tersebut. File hasil edit akan tersimpan di folder /PhotoResizer di dalam folder Pictures.

Anda bisa memasang aplikasi Photo & Pictures Resizer melalui link download berikut.

2. PicSay – Photo Editor

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4x6 di Android - picsay img

Aplikasi PicSay seringkali digunakan oleh pengguna Android dalam hal editing foto.

Sebenarnya, aplikasi dari Shinycore tersebut tidak hanya sekedar menyajikan fitur ubah ukuran foto saja. PicSay dilengkapi pula dengan berbagai tools edit foto lainnya seperti crop, rotasi, penambahan efek maupun filter, mirip seperti Adobe Photoshop.

Jadi Anda bisa mengubah foto menjadi 4×6 di Android dengan lebih mudah lewat aplikasi PicSay.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa fitur lain yang disematkan dalam aplikasi tersebut.

Fitur-fitur Unggulan dari PicSay

  • Memiliki User Interface sederhana sehingga mudah digunakan oleh siapapun.
  • Penambahan filter, stiker, maupun efek bisa digunakan tanpa adanya batasan.
  • Pengguna bisa menambahkan font yang tidak tersedia di dalam aplikasi.
  • Mengatur exposure, kontras, temperatur, saturasi, dan kecerahan pada foto.
  • Fitur PicSay Pro yang lebih komplit dengan membayar biata berlangganan

Cara Mengubah Ukuran Foto Jadi 4×6 Menggunakan PicSay

  • Pertama, download aplikasi PicSay melalui Google Play Store dan pasanglah pada perangkat Android.
  • Setelah terpasang, buka aplikasi tersebut dan pilih Get a Picture.
  • Selanjutnya pilih Galeri jika ingin menggunakan foto yang ada di perangkat Anda atau mengambilnya langsung dari kamera. Kemudian pilih foto yang akan diedit.
  • Lalu klik Adjust dan pilih Crop and Straighten.
  • Langkah berikutnya klik ikon kotak yang ada di atas dan pilih Custom.
  • Setelah itu, masukkan ukuran lebar dan tinggi foto sesuai dengan dimensi yang mengacu pada tabel ukuran foto 4×6 yang telah dibahas sebelumnya.
  • Jika sudah selesai maka klik OK.
  • Selanjutnya simpan hasil resize dengan klik Export dan pilih Save untuk menyimpan menjadi file baru.

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba aplikasi PicSay, download lewat link berikut.

3. Photo Compress & Resize

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4x6 di Android - Photo Compress Resize img

Aplikasi lain yang tidak kalah menarik untuk dicoba untuk mengubah ukuran foto menjadi 4×6 di Android yaitu Photo Compress & Resize.

Aplikasi garapan Lit Photo tersebut mampu menubah dan mengkompres ukuran foto dengan teknik Lossy Compression yang berfungsi untuk tetap mempertahankan ukuran file foto tersebut.

Teknik kompresi yang dimiliki apliksi Photo Compress & Resize bekerja dengan cara mengurangi jumlah warna pada gambar secara selektif.

Sehingga dihasilkan foto dengan lebih sedikit byte.

Fitur-fitur Unggulan dari Photo Compress & Resize

  • Batch Compress yang mampu mengkompresi beberapa foto sekaligus
  • Tidak berpengaruh terhadap foto aslinya dan hasil kompresi disimpan terpisah
  • Mampu memutar foto 90° dan memoting pada area tertentu
  • Membagikan langsung ke platform lain atau sosial media favorit
  • Mudah digunakan dengan antarmuka pengguna yang simpel

Cara mengubah ukuran foto menjadi 4×6 Menggunakan Photo Compress & Resize

  • Sebagai langkah awal, download terlebih dahulu aplikasi Photo Compress & Resize serta install pada smartphone Android.
  • Setelah itu, jalankan aplikasi dan pilih menu Select Photo. Saat memilih foto tersebut, pengguna diberi kebebasan untuk memilih beberapa foto sekaligus.
  • Selanjutnya klik Resize Photo. Pada menu Resize Option, pilih mode resize menggunakan satuan pixel.
  • Langkah berikutnya matikan opsi Maintain Aspect Ratio dan masukkan angka 472 pada kolom width dan 709 pada kolom height. Untuk mempertahankan kualitasnya maka tidak perlu mengaktifkan opsi Resize with Compression.
  • Terakhir, klik Start Resizing untuk memulai proses ubah ukuran foto.

Mudah digunakan bukan? Langsung saja unduh aplikasinya melalui link berikut ini.

Selain menggunakan beberapa aplikasi yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda juga bisa memakai aplikasi resize foto alternatif lain yang tidak kalah berguna.

Caranya pun tidak jauh berbeda dari aplikasi sebelumnya, berikut daftar aplikasinya.

4. Adobe Photoshop Express: Photo Editor Collage Maker

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4x6 di Android - Adobe Photoshop Express img

Berbicara soal edit foto nama Adobe tentu sudah tidak diragukan lagi. Perusahaan tersebut ternyata juga meluncurkan aplikasi edit foto di Andorid bernama Adobe Photoshop Express.

Aplikasi tersebut mampu mempermudah pengguna dalam mengubah ukuran foto menjadi 4×6 berdasarkan pixelnya melalui fitur Resize Tools.

Tak hanya itu, tentu saja aplikasi tersebut juga dibekali dengan beragam tools edit foto yang mumpuni dari Adobe.

Fitur-fitur Unggulan dari Adobe Photoshop Express

  • Perspective Correction, memperbaiki distorsi dan sudut foto
  • Remove Noise, menghilangkan efek noise dan mempertajam gambar foto
  • Spot Healing, mengurangi noda pada muka
  • Quick Fixes, menyesuiakan kontras, eksposur, dan lainnya secara otomatis
  • Quality Photo Import and Sharing, menyimpan foto dalam kualitas tinggi

Bagaimana? Anda tertarik untuk mencobanya? Silakan download pada link berikut ini.

5. Image Size – Photo Resizer

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4x6 di Android - image resizer img

Mendengar namanya, mungkin sebagian orang menilai bahwa aplikasi tersebut hanya khusus untuk mengurangi ukuran foto.

Namun, aplikasi dari Codenia tersebut juga menyediakan fitur ubah ukuran foto secara manual berdasarkan satuan tertentu. Anda bisa memilih satuan centimeterm milimeter, inchi, maupun dalam satuan pixel.

Untuk mengubah ukuran foto menjadi 4×6 dengan Image Size – Photo Resizer juga sangat mudah hanya dalam empat langkah saja.

Fitur-fitur Unggulan dari Image Size – Photo Resizer

  • Memutar gambar ke kanan atau ke kiri
  • Editor foto seperti filter, tambahan teks, stiker, dan sebagainya
  • Mengatur kualitas JPG dalam pengaturan
  • Pangkas gambar dengan jari lewat gerakan Multi-Touch
  • Mengatur tempat penyimpanan hasil foto

Image Size – Photo Resizer dapat Anda download di Android melalui link berikut ini.

6. Photo Resizer

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4x6 di Android - photo resizer img

Aplikasi lainnya yang bisa digunakan untuk menghasilkan foto berukuran 4×6 di Android yaitu Photo Resizer.

Aplikasi dari Xllusion tersebut mudah digunakan dan bisa mengatur ukuran foto secara manual. Seperti namanya, Photo Resizer juga berfungsi untuk mengubah ukuran foto agar lebih ringan untuk diupload ke website.

Meskipun memiliki ukuran yang ringan, aplikasi Photo Resizer juga tetap dibekali dengan fitur editor foto esensial.

Fitur-fitur Unggulan dari Photo Resizer

  • Mengubah ukuran dalam 4 mode yaitu, 1024×768, 800×600, 640×480, 480×320
  • Ukuran kustom maksimal hingga 2048×2048
  • Mengekspor gambar ke folder khususu di penyimpanan yaotu /photoresizer
  • Membagikan gambar foto langsung ke platform lain
  • Merubah ukuran gambar yang tersimpan di galeri

Bagi Anda yang penasaran dengan aplikasi tersebut, download melalui link berikut ini

7. Pixlr – Free Photo Editor

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4x6 di Android - pixlr img

Salah satu aplikasi untuk merubah ukuran foto menjadi 4×6 yang dibekali dengan tools editing lengkap adalah Pixlr.

Aplikasi garapan Inmagine Lab tersebut bisa Anda gunakan langsung tanpa perlu membuat akun terlebih dahulu. Selain merubah ukuran foto, Pixlr juga memiliki efek, overlay, dan filter gratis untuk keperluan editing.

Selain itu, Pixlr juga memiliki tagar #madewithpixlr di sosial media yang berisi banyak inspirasi dan tips editing foto menarik.

Fitur-fitur Unggulan dari Pixlr

  • Memperbaiki warna pada foto secara otomatis dengan AutoFix
  • Menghilangkan noda, efek mata merah, menghaluskan kulit, dan lainnya
  • Memotong dan merubah ukuran foto sesuai keinginan
  • Memiliki banyak pilihan efek keren untuk foto
  • Tersedia Double Exposure untuk editing layer pada foto

Apakah Anda tertarik untuk menggunakan Pixlr? Jika iya, download pada link berikut.

8. Resize Me! – Photo & Picture resizer

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4x6 di Android - resize me img

Resize Me! – Photo & Picture resizer adalah aplikasi untuk mengubah foto menjadi 4×6 di Andorid selanjutnya.

Aplikasi garapan developer XnView tersebut dapat Anda gunakan untuk melakukan hal tersebut hanya dalam satu klik saja. Anda dapat mengupload dari galeri atau mengambil lewat kamera langsung untuk mengeditnya.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur editing foto esensial yang berguna untuk mengatur foto Anda.

Fitur-fitur Unggulan dari Resize Me!

  • Mengubah ukuran foto secara manual atau kustom
  • Memotong foto sesuai keinginan
  • Menyimpan dalam format JPEG atau PNG
  • Menyimpan dan berbagi langsung ke platform lain
  • Fitur Premium seperti teks watermark dan resize beberapa gambar

Ingin mencoba menggunakan aplikasinya? Langsung saja unduh lewat link berikut ini.

9. Photo Resizer: Crop, Resize, Share Images in Batch

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4x6 di Android - photo resizerr img

Aplikasi Photo Resizer dari Z Mobile Apps juga dapat menjadi pilihan Anda untuk mengubah foto menjadi 4×6 di Android.

Mendukung format JPEG dan PNG, aplikasi tersebut dapat mengatur ukuran foto secara presisi, baik itu dari segi pixel, persen, atau proporsi foto. Photo Resizer juga dibekali dengan teknologi optimasi gambar.

Jadi, sebenarnya aplikasi tersebut bisa mengkonfigurasi secara otomatis ukuran yang tepat bagi suatu gambar.

Fitur-fitur Unggulan dari Photo Resizer

  • Batch Resize, mengubah ukuran beberapa foto sekaligus
  • Foto asli tidak akan terpengaruh dengan hasil editing dan resize
  • Perbandingan antara foto asli dan foto hasil edit
  • Tetap mempertahankan kualitas dan aspek rasio foto
  • Memungkinkan untuk mengatur ukuran dan resolusi foto secara kustom

Aplikasi tersebut emamng memiliki reputasi yang baik. Coba unduh lewat link berikut.

10. Photo Compress 2.0 – Ad Free

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4x6 di Android - photo compress 2.0 img

Sesuai namanya, aplikasi Photo Compress 2.0 dikembangkan untuk mengubah ukuran dan resolusi suatu foto.

Saawan Apps selaku developer menawarkan kompresi gambar atau foto dengan aplikasi tersebut tanpa merubah kualitasnya. Jadi, Anda tidak perlu lagi menggunakan PC/laptop untuk merubah foto menjadi berukuran 4×6.

Sayangnya versi gratis aplikasi tersebut hanya mampu merubah ukuran maksimal untuk 10 foto saja.

Fitur-fitur Unggulan dari Photo Compress 2.00

  • Mengkompres dan mengubah beberapa foto sekaligus
  • Mengatur kualitas gambar hasil kompresi secara manual
  • Memotong foto sesuai yang diinginkan
  • Melihat pratinjau foto hasil resize dan kompres sebelum disimpan
  • Fitur aplikasi PRO yang lebih lengkap

Jika Anda tertarik untuk mencoba aplikasi tersebut, download melalui link berikut ini.

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4×6 Tanpa Aplikasi

Jika kebetulan kondisi memori penyimpanan atau RAM Anda tidak mendukung untuk memasang aplikasi resize foto yang sudah Kuotabro rekomendasikan.

Maka Anda bisa menggunakan cara lainnya yaitu memanfaatkan website yang melayani jasa resize foto. Namun Anda butuh koneksi internet untuk membuka website berikut ini.

1. Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4×6 Melalui iLoveIMG

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4x6 di Android - iloveimg img

Website resize foto yang biasa digunakan yaitu iLoveIMG. Buktinya, website tersebut selalu menempati list teratas dalam pencarian tools ubah ukuran gambar.

Apalagi website tersebut mampu mengubah ukuran beberapa foto atau gambar sekaligus. tak hanya itu, proses download juga akan berjalan otomatis setelah file berhasil diproses.

Pros

  • Mampu mengubah ukuran hingga 50 gambar dalam satu kali klik.
  • Dapat mengkoversi gambar dalam format lainnya
  • Bisa digunakan untuk mengkompres, merotasi, dan memotong foto atau gambar
  • Membuat watermark dan meme
  • Mendukung format gambar JPG, PNG, SVG, atau GIF

Cons

  • Hanya menyediakan mode resize berdasarkan prosentase atau pixel sehingga untuk membuat foto 4×6 Anda harus tahu ukuran pixelnya terlebih dahulu.

Website tersebut juga mendukung format gambar JPG, PNG, SVG, atau GIF. Adapun cara mengubah ukuran foto menjadi 4×6 melalui situs iLoveIMG yaitu sebagai berikut:

Mengubah ukuran foto menjadi 4×6 melalui situs iLoveIMG

  • Buka salah satu browser di Android, bisa menggunakan Chrome, UC atau browser yang terinstal di smatphone lainnya.
  • Setelah itu, masuk lah ke website I Love IMG secara langsung menggunakan link yang sudah Kuotabro sediakan.
  • Selanjutnya pilih opsi Resize Image dan Anda akan langsung dibawa ke halaman pemilihan foto.
  • Langkah berikutnya masukkan foto yang akan diedit ukurannya dengan klik Select Photo dan pilihlah foto dari galeri Android.
  • Kemudian klik ikon bergambar roda bergerigi untuk membuka fitur Resize Option dan pilih mode resize menggunakan pixel.
  • Setelah itu hilangkan tanda centang pada opsi Maintain aspect ratio dan masukkan angka 472 pada kolom width dan 709 pada kolom height.
  • Langkah terakhir klik Resize Image dan tunggulah prosesnya hingga selesai. Setelah proses selesai maka pengunduhan hasil resize akan berlangsung secara otomatis dan tersimpan pada folder donwnload.

Bagi yang ingin mencobanya silakan akses melalui link yang tersedia sebagai berikut.

2. Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4×6 Melalui Resize Image

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4x6 di Android - resizeimage img

Selain website iLoveIMG, website resize foto lain yang juga bisa diandalkan untuk mengubah foto menjadi 4×6 di Android yaitu Resize Image.

Sama seperti situs edit foto pada umumnya, Resize Image juga mensupport berbagai format gambar seoerti JPG, PNG, BMP, maupun GIF. Namun mempunyai batasan ukuran file berbeda-beda.

Pros

  • Bisa mengkonversi hasil resize foto dalam berbagai format yang tersedia
  • Mampu membuat background transparan
  • Tersedia fitur untuk mengoptimasi gambar atau foto dan pengaturan rasio
  • Dapat memotong dan memutar gambar atau foto sesuai pilihan

Cons

  • Memiliki batasan upload, untuk gambar dengan format JPG maksimal upload 100 MB atau 100 MP, sedangkan format GIF maksimal hanya 30 MB atau 30 MP.
  • Untuk membuat foto berukuran 4×6 maka Anda harus menonaktifkan fitur Keep aspect ratio

Mengubah Ukuran Foto Melalui Situs Resize Image

  • Pertama, masuklah ke perangkat dan bukalah web Resizeimage melalui link Kuotabro sediakan, maka Anda akan langsung dibawa ke halaman utama. Pada halaman utama tersebut akan ada beberapa tools edit foto sekaligus sehingga pengguna tidak akan berpindah-pindah halaman.
  • Kemudian unggah foto terlebih dahulu dengan klik Upload an image, maka akan langsung dibawa ke galeri perangkat. Pilihlah foto yang akan diubah menjadi 4×6.
  • Setelah itu, geser layar ke bawah untuk menuju fitur Resize your image. Pada fitur tersebut nonaktifkan fitur Keep aspect ratio.
  • Selanjutnya pada kolom width masukkan angka 472 dan 709 pada kolom height.
  • Langkah berikutnya geser lagi layar ke bagian paling bawah dan klik Resize Image, maka proses pengubahan ukuran pun akan berlangsung. Tunggu lah hingga proses resize selesai dan muncul tombol Download.
  • Terakhir, klik tombol Download untuk menyimpan file foto 4×6 tersebut.

Bagi Anda yang tertarik mencobanya silakan langsung saja kunjungi link berikut ini.

Rekomendasi Tools Online Ubah Ukuran Foto Menjadi 4×6 Lainnya

Jika Anda kesulitan mengakses situs-situs tersebut, maka bisa menggunakan website alternatif lainnya yang juga menyediakan jasa layanan ubah ukuran foto secara manual.

Untuk membuat ukuran foto menjadi 4×6 di Android, berikut beberapa rekomendasi website resize foto dari Kuotabro yang bisa Anda jadikan pertimbangan.

1. ImageResizer

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4x6 di Android - imageresizer img

ImageResizer adalah website ubah ukuran foto yang bisa membantu Anda untuk mengubah ukuran foto menjadi 4×6 dengan mudah.

Situs ini menawarkan mode resize melalui persentase maupun pixel. Selain itu, situs tersebut juga memiliki pilihan resize dalam satuan milimeter, centimeter atau inchi untuk memudahkan pengguna.

Tak hanya itu saja, sebab masih ada beberapa fitur menarik lainnya yang ditawarkan oleh website ImageResizer tersebut.

Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Fitur-fitur Unggulan dari ImageResizer

  • Mampu flip gambar, rotasi, crop, konversi format file, serta membuat gif.
  • Berbasis teknologi cloud-hosted
  • Memiliki keamanan enkripsi 256-bit SSL Connection
  • Tanpa registrasi dan tidak memiliki watermark

Untuk Anda yang ingin menggunakannya, silakan langsung saja klik link berikut ini.

2. PicResize

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4x6 di Android - picresize img

Situs yang dapat Anda gunakan untuk mengubah ukuran foto menjadi 4×6 selanjutnya adalah PicResize.

Selain dapat merubah ukuran foto, situs tersebut juga menyediakan fitur resize, crop serta edit gambar secara gratis.

PicResize menyediakan pilihan untuk mengubah ukuran sebuah foto menjadi 75%, 50% atau 25% lebih kecil.

Tak hanya itu, mereka juga menyediakan pilihan resize menggunakan pixel untuk membuat foto 4×6 atau satuan lainnya.

Fitur-fitur Unggulan dari PicResize

  • Batch Resize, mengubah ukuran beberapa foto sekaligus maksimal 100
  • Mendukung berbagai format seperti BMP, JPG/JPEG, GIF, dan PNG
  • Mendukung upload file berukuran hingga 100 MB
  • Kemanan terjamin, fotoatau gamabr akan otomatis terhapus setelah 20 menit

Untuk mencoba layanan resize foto dari PicResize, akses lah melalui link berikut ini.

3. BeFunky

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4x6 di Android - befunky img

BeFunky adalah situs editor foto online yang memiliki fitur lengkap. Jadi, untuk mengubah ukuran foto menjadi 4×6 tentu juga bisa dilakukan.

BeFunky memang dibekali dengan fitur editing yang beragam seperti filter dan efek, pembuatan kolase, dan desain grafis. Semuanya bisa diakses melalui aplikasi berbasis web dari BeFunky.

BeFunky sebenarnya telah menyediakan beberapa pilihan ukuran foto dalam satuan inchi yang tinggal Anda pilih untuk ukuran 4×6.

Fitur-fitur Unggulan dari BeFunky

  • Memotong foto dalam berbagai spesifikasi dan dimensi
  • Merubah ukuran foto secara manual pada menu custom size
  • Menghapus latar belakang sebuah gambar atau foto
  • Memiliki teknologi AI untuk menerapkan filter dan efek pada foto

Untuk mengubah ukuran foto menjadi 4×6 dengan BeFunky kunjungi link berikut ini.

F.A.Q

Berapa Ukuran Foto 4×6 dalam Pixel?

Foto 4×6 adalah salah satu ukuran yang sering digunakan dalam hal cetak foto. Foto 4×6 jika dinyatakan dalam satuan pixel menggunakan ukuran lebar kali tinggi masing-masing yaitu 472×709. Selain itu, ada juga yang menggunakan ukuran 151×227 pixel.

Keduanya hanya dibedakan dari resolusi yang digunakan yaitu 300 dpi dan 100 dpi.

Apa Perbedaan Pixel dan Resolusi?

Pixel atau Picture Element adalah sebuah elemen terkecil citra digital yang ada di dalam gambar yang merepresentasikan gambar grafis. Pixel bisa dilihat secara jelas ketika gambar tersebut dizoom dan akan ditampilkan berbentuk kotak-kotak kecil.

Pada setiap pixel akan memuat warna yang berbeda-beda dimana saat dikumpulkan akan membentuk sebuah gambar yang utuh. Sedangkan, resolusi adalah kerapatan pixel yang pada gambar yang diukur berdasarkan jumlah pixel dalam 1 inchi persegi.

Resolusi lebih berkaitan dengan kualitas gambar. Jadi, pada dasarnya pixel dan resolusi itu berbeda namun keduanya saling berkaitan dalam membentuk kualitas gambar. Semakin bagus resolusi gambar maka semakin banyak pixel di dalamnya.

Apa Pengaruh Pixel pada Gambar?

Pixel sangat erat kaitannya dengan resolusi. Jadi, semakin banyak pixel maka akan semakin detail tampilan gambar. Dengan kata lain, kualitas suatu gambar pun akan semakin baik. Gambar yang baik tersebut tidak akan terlihat pecah ketika dizoom.

Akhir Kata

Nah, itu lah tadi kumpulan cara mengubah ukuran foto menjadi 4×6. Anda bisa mencoba salah satu dari cara yang sudah Kuotabro jelaskan. Jadi, tak perlu repot lagi untuk menyiapkan foto berukuran 4×6. Menarik bukan? Selamat mencoba.

Seorang gadget freak lulusan Ilmu Kelautan. Menyukai dunia jurnalistik terutama yang berkaitan dengan teknologi dan dunia air.

Tinggalkan komentar