Cara Menggunakan 2 WhatsApp

Oleh: /

Masih seputar aplikasi chatting paling populer di dunia, WhatsApp. Kali ini Kuotabro akan membahas tentang cara menggunakan 2 WhatsApp dalam satu ponsel.

Entah itu untuk memisahkan antara kerjaan dan urusan pribadi atau ingin menjaga privasi. Melakukan hal tersebut tentu saja harus dengan bantuan aplikasi atau tools ponsel.

Mungkin bagi yang belum tau soal cara menggunakan 2 WhatsApp dalam satu ponsel akan bertanya-tanya seperti apa caranya. Padahal, sebenarnya kamu bisa melakkannya dengan mudah.

Dengan menggunakan 2 akun WhatsApp, kamu bisa membaginya untuk keperluan pribadi dan urusan pekerjaan. Selain itu, dengan menggunakan 2 akun WhatsApp ini bisa digunakan untuk keperluan lain, misalnya untuk memberikan batas privasi lebih.

Pertanyaannya, bagaimana cara memasang atau membuka 2 akun WhatsApp secara bersamaan dalam 1 smartphone?

Mudah kok, kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara. Jika tertarik, silakan ikuti langkah-langkah yang dijelaskan berikut ini.

Menggunakan WhatsApp Business

cara menggunakan 2 whatsapp

WhatsApp Business merupakan sebuah aplikasi yang hampir mirip dengan WhatsApp yang biasa digunakan. Bedanya, seperti namanya, WhatsApp Business memang lebih dikhususkan untuk komunikasi bisnis, seperti berjualan ataupun Customer Service.

Jika tujuan Anda menggunakan dua WhatsApp di ponsel karena ingin berbisnis dan ingin membedakan nomor yang digunakan. WhatsApp Business adalah pilihan yang tepat untuk Anda gunakan. Karena memang sesuai tujuan dibuatnya aplikasi tersebut.

Tetapi andaikan tidak pun, kamu masih tetap bisa menjadikan WhatsApp Business jadi alternatif untuk menggunakan dua WhatsApp dalam satu ponsel.

Cara menggunakan aplikasi tersebut tak jauh beda dari WhatsApp biasa, lebih jelasnya ikuti cara berikut:

Langkah-langkah Menggunakan WhatsApp Business

  • Pertama, silahkan install aplikasi WhatsApp Business dari Google Play Store di perangkat ponsel kamu atau langsung saja klik link di bawah.
  • Setelah berhasil terinstall, silahkan buka aplikasi WhatsApp Business, lakukan pendaftaran dengan nomor yang Anda ingin gunakan dan konfigurasikan, hingga kamu masuk ke dalam aplikasi.
  • Selesai, WhatsApp Business sudah siap untuk digunakan.

Setelah itu, kamu sudah siap menggunakan aplikasi WhatsApp Business. Perlu kamu ketahui juga, orang lain akan mengetahui kalau menggunakan WhatsApp Business.

Hal tersebut bisa diketahui dari profil dari tulisan Business account dan juga dari tampilan di chat dengan adanya ikon toko di sebelah ikon telepon dan ikon tiga titik.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain memanfaatkan WhatsApp Business, kamu juga bisa menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. Aplikasi yang dimasud adalah aplikasi kloning, yang bisa digunakan untuk menggandakan aplikasi dalam satu ponsel.

Jadi, dengan aplikasi kloning, kamu bisa menggunakan dua aplikasi WhatsApp dengan cara menggandakan aplikasinya.

Sebenarnya aplikasi kloning tidak hanya bisa menggandakan WhatsApp saja. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, aplikasi kloning juga bisa menggandakan aplikasi lain termasuk game.

Nah, jika penasaran dengan aplikasi kloning? Simak beberapa pilihan aplikasi yang bisa kamu install agar bisa menggunakan dua WhatsApp berikut.

1. Parallel Space

Cara Menggunakan 2 WhatsApp - parallel space img

Parallel Space merupakan aplikasi yang berasal dari LBE Tech. Aplikasi Parallel Space, memiliki fungsi menggandakan sebuah aplikasi. Bukan hanya aplikasi WhatsApp saja, termasuk aplikasi lain seperti Facebook, Instagram, Mobile Legend, dan yang lainnya.

Parallel Space juga dibeklai dengan fitur unggulan lain, seperti bisa menyembunyikan aplikasi dan membuat ruang virtual di Android.

Langkah-langkah Menggunakan Parallel Space

  • Pertama, silakan download dan install aplikasi Parallel Space di Google Play Store atau kamu bisa klik link di bawah.
  • Setelah diinstall, jalankan aplikasi tersebut. Maka kamu akan melihat daftar aplikasi di ponsel yang bisa digandakan. Silakan pilih aplikasi yang ingin digandakan dalam hal ini WhatsApp, klik (centang) ikon aplikasi tersebut.
  • Setelah dicentang, klik ikon tambah di aplikasi Parallel Space, letaknya di kotak bawah menu aplikasi.
  • Selanjutnya, masuk ke aplikasi WhatsApp menggunakan nomor yang Anda inginkan, lakukan pendaftaran seperti biasanya.
  • Selesai, aplikasi WhatsApp pada Parallel Space sudah bisa digunakan.

Perlu diperhatikan bahwa aplikasi Parallel Space ini tidak support dengan beberapa jenis ponsel.

Maka dari itu, jika aplikasi ini tidak support dengan ponsel yang kamu gunakan, jangan khawatir. Karena masih ada aplikasi lain yang bisa kamu gunakan.

2. Dual Space

Cara Menggunakan 2 WhatsApp - dual space img

Dual Space juga tidak kalah dengan aplikasi Parallel Space, karena pada dasarnya cara kerja yang berlaku sama.

Aplikasi tersebut juga mampu menggandakan beberapa aplikasi agar bisa kamu gunakan untuk dua akun, salah satunya adalah WhatsApp.

Cara menggunakan aplikasi dari developer DUALSPACE tersebut juga tidak ribet, hampir mirip dengan Parallel Space. Jadi, bisa membantu kamu untuk menggunakan dua aplikasi WhatsApp.

Langkah-langkah Menggunakan Dual Space

  • Pertama, download terlebih dahulu aplikasi Dual Space di Google Play Store atau klik link di bawah.
  • Setelah terinstall, silakan jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada halaman pertama aplikasi, Anda akan melihat beberapa ikon aplikasi di ponsel yang bisa kamu gandakan.
  • Karena hendak menggandakan aplikasi WhatsApp, maka klik ikon WhatsApp untuk kemudian akan digandakan.
  • Selanjutnya, klik ikon aplikasi WhatsApp hasil kloning untuk membukanya. Kemudian lakukan pendaftaran dan konfigurasi seperti biasanya.
  • Selesai.

Sebenarnya selain Parallel Space dan Dual Space masih banyak lagi aplikasi untuk kloning yang lainnya.

Jika penasaran silakan baca artikel Kutabro tentang aplikasi ganda. Namun, pada dasaranya semua aplikasi kloning memiliki cara kerja yang sama.

Clone Melalui Android

cara menggunakan 2 whatsapp

Selain dengan cara-cara sebelumnya, menggunakan dua WhatsApp di satu ponsel juga bisa dengan kloning WhatsApp.

Bedanya, tools yang digunakan adalah dari smartphone. Karena ada beberapa jenis ponsel Android yang memiliki fitur kloning.

Tapi sayangnya, tidak semua ponsel Android memiliki fitur tersebut. Jika kebetulan smartphone kamu tidak mempunyai fitur tersebut, maka kamu tidak bisa melakukan cara ini.

Namun bagi yang ada, silakan langsung saja ikuti tutorialnya sebagai berikut:

Langkah-langkah Mengunakan Fitur Clone Apps Pada Android

  • Pertama, silahkan buka aplikasi Pengaturan (Settings) di ponsel kamu.
  • Setelah itu, pergi ke Pengaturan Aplikasi (App Settings) kemudian klik Dual apps lalu klik toggle di samping kanan ikon WhatsApp untuk mengaktifkan.
  • Silakan tunggu proses pengaktifan, setelah selesai Anda bisa langsung maka WhatsApp berhasil dikloning. Aplikasi tersebut akan berada di menu ponsel.
  • Selesai, buka aplikasi hasil kloning dan lakukan pendaftaran serta konfigurasi.

Fitur kloning tersebut tersedia pada merk ponsel kondang seperti Samsung, Oppo, Xiaomi, Vivo, atau yang lain.

Biasanya fitur tersebut disematkan pada versi ponsel yang relatif terbaru. Jadi, dengan cara tersebut kamu tidak perlu install aplikasi lain.

Menggunakan Aplikasi WhatsApp Mod

Cara menggunakan dua WhatsApp yang terakhir yaitu dengan menggunakan aplikasi WhatsApp Mod.

Aplikasi WhatsApp yang telah dimodifikasi oleh para modder dapat kamu gunakan untuk menjalankan dua aplikasi WhatsApp sekaligus pada satu ponsel.

Secara fungsi memang tidak jauh berbeda dari WhatsApp resmi, hanya saja aplikasi mode memiliki lebih banyak fitur. Ada banyak sekali aplikasi WhatsApp Mod yang bisa kamu gunakan.

Langkah-langkah Menggunakan 2 WhatsApp Melalui WhatsApp Mod

  • Pertama, silakan kamu download terlebih dahulu WhatsApp Mod pada daftar berikut, pilih salah satu yang ingin kamu gunakan:
  • GBWhatsApp – Link Download
  • WhatsApp Plus – Link Download
  • YoWhatsApp – Link Download
  • Setelah didownload jangan lupa aktifkan Aplikasi sumber tidak diketahui di ponsel. Caranya buka Pengaturan di ponsel > Keamanan > aktifkan Sumber tidak diketahui (Unknown Source Apps) tersebut.
  • Setelah itu, lakukan instalasi aplikasi WhatsApp Mod seperti biasanya. Setelah berhasil diinstall, buka aplikasi tersebut lalu daftar dan konfigurasi akun WhatsApp menggunakan nomor yang diinginkan.
  • Selesai.

Nah, jadi dengan menginstal aplikasi WhatsApp Mod kamu bisa menggunakan dua WhatsApp dalam satu ponsel.

Dengan kata lain, aplikasi tersebut tidak akan membuat kinerja dari aplikasi WhatsApp resmi terganggu. Bukankah menarik untuk kamu coba?

Akhir Kata

Sekian ulasan tentang bagaimana cara menggunakan 2 WhatsApp. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kalian semua.

Silahkan pilih cara yang menurut kamu paling simpel dan mudah dilakukan. Selamat mencoba, salam tekno!

Selalu ada pembelajaran dari setiap tulisan, selalu ada mimpi dari setiap inspirasi. Terima kasih telah membaca artikel saya!

Tinggalkan komentar