Aplikasi Tips & Trik

Cara Menggunakan 2 WhatsApp

Cara Menggunakan 2 WhatsApp
https://kuotabro.com
Avatar
Writen & Edited By Charis Fitriyanto

Ingin menggunakan beberapa aplikasi WhatsApp dalam 1 HP? Yuk simak artikel kami untuk tutorial cara menggunakan 2 WhatssApp di dalam satu HP.

Kuotabro.com – Pada umumnya, pengguna handphone hanya diperbolehkan menggunakan satu akun WhatsApp saja. Namun, terkadang ada juga orang yang memiliki kepentingan lain sehingga ingin menggunakan dua WhatsApp dalam satu HP.

Nah, mungkin saja Anda adalah orang yang hendak menggunakan dua WhatsApp secara bersamaan. Entah karena ingin memisahkan antara nomor pribadi dengan nomor yang berkaitan dengan pekerjaan, ataupun alasan lainnya.

Jika kita telusuri pada aplikasi WhatsApp original, memang tidak ada tanda-tanda kalau aplikasi tersebut bisa digunakan untuk multi account. Nah, agar bisa menggunakan dua WhatsApp dalam satu HP, maka Anda harus menggunakan aplikasi lain, bukan aplikasi WhatsApp original.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan beberapa cara yang bisa Anda gunakan agar bisa memakai dua WA pada satu HP. Cara yang saya bagikan cukup bervariasi ya, jadi Anda bisa memilih cara yang cocok dengan Anda.

Cara Menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP

Adapun beberapa cara yang bisa Anda gunakan agar bisa memakai 2 WA dalam 1 HP adalah sebagai berikut:

1. WhatsApp Business

Cara Menggunakan 2 WhatsApp dengan WhatsApp Business

WhatsApp Business merupakan sebuah aplikasi yang hampir mirip dengan WhatsApp seperti umumnya. Bedanya, aplikasi ini memang lebih dikhususkan untuk orang yang memiliki bisnis, seperti orang jualan dan semacamnya.

Jika tujuan Anda menggunakan 2 WhatsApp karena ingin berbisnis dan ingin membedakan nomor yang digunakan, maka WhatsApp Business ini sangat cocok untuk Anda gunakan. Nantinya, Anda akan memiliki 2 akun WA dalam 1 HP tanpa risiko apapun.

Untuk mendaftar WhatsApp Business, caranya sama persis dengan WhatsApp original, kira-kira seperti ini langkah-langkahnya:

  1. Pertama, silahkan install aplikasi WhatsApp Business dari Google Play Store di HP Anda.
  2. Setelah berhasil terinstall, silahkan buka aplikasi tersebut, lakukan pendaftaran dengan nomor yang Anda inginkan.Cara Menggunakan 2 WhatsApp dengan WA Bisnis
  3. Selesai, WhatsApp Business sudah siap untuk digunakan.

Setelah itu, Anda sudah siap menggunakan aplikasi WhatsApp Business. Perlu diketahui juga, orang lain akan mengetahui kalau Anda menggunakan WA Bisnis karena pihak WhatsApp akan memberitahu melalui chat.

2. WhatsApp Clone

Cara Menggunakan 2 WhatsApp dengan WA Clone

Apakah Anda sudah pernah mendengar kata WhatsApp Clone? Jadi, WhatsApp Clone merupakan sebuah aplikasi yang sudah dimodifikasi sehingga bisa diinstall dan digunakan secara bersamaan dengan WhatsApp original.

WhatsApp Clone ini biasanya terdiri dari 2 macam, yang pertama adalah WhatsApp original yang dimodifikasi packagename-nya saja dan yang kedua adalah WhatsApp MOD yang memang sudah dimodifikasi total, termasuk fitur dan tampilannya.

Untuk menggunakan WhatsApp Clone, caranya sama seperti menggunakan WhatsApp biasa, berikut rinciannya:

  1. Pertama, silahkan Anda download terlebih dahulu WhatsApp Clone disini.
  2. Agar proses instalasi berjalan dengan lancar, aktifkan Sumber tidak diketahui pada HP Anda. Caranya buka Pengaturan di HP Anda > Keamanan > aktifkan Sumber tidak diketahui seperti gambar di bawah ini.Sumber Tidak Diketahui
  3. Setelah itu, silahkan lakukan instalasi aplikasi seperti biasanya. Setelah berhasil diinstall, buka aplikasi tersebut lalu daftar WhatsApp menggunakan nomor yang diinginkan.Cara Menggunakan 2 WhatsApp dengan WA Bisnis
  4. Selesai.

Oh ya, WhatsApp Clone ini tidak tersedia di Play Store ya, Anda hanya bisa menemukannya pada website-website saja, silahkan download melalui link yang saya berikan di atas.

3. Parallel Space

Cara Menggunakan 2 WhatsApp dengan Parallel Space

Parallel Space merupakan aplikasi yang memiliki fungsi menggandakan sebuah aplikasi. Bukan hanya WhatsApp saja ya, bahkan aplikasi lain seperti Facebook, Clash of Clans, ataupun aplikasi lainnya juga bisa.

Parallel Space ini bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma karena bisa ditemukan dengan mudah di Google Play Store. Untuk menggunakan aplikasi Parallel Space untuk membuka 2 WhatsApp, silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Pertama, silahkan download dan install aplikasi Parallel Space di Play Store.
  2. Setelah diinstall, silahkan buka aplikasi tersebut. Anda akan melihat daftar aplikasi di HP Anda yang bisa digandakan. Silahkan pilih aplikasi yang ingin digandakan, klik (centang) icon aplikasi tersebut.
  3. Setelah dicentang, klik icon tambah di aplikasi Parallel Space, letaknya di kotak bawah menu aplikasi.
  4. Selanjutnya, masuk ke aplikasi WhatsApp menggunakan nomor yang Anda inginkan, silahkan lakukan pendaftaran seperti biasanya.
  5. Selesai, aplikasi WhatsApp pada Parallel Space sudah bisa digunakan.

Untuk membuka aplikasi WhatsApp kedua (WhatsApp tambahan), maka Anda harus membukanya melalui aplikasi Parallel Space, karena di homescreen HP tidak muncul.

Ini menjadi kelemahan aplikasi Parallel Space karena notifikasi WhatsApp juga sering tidak muncul, kecuali Anda membuka aplikasi Parallel Space terus-menerus.

4. MoChat Android

Cara Menggunakan 2 WhatsApp dengan MoChat

MoChat juga tidak kalah dengan aplikasi Parallel Space, baik dari fungsi maupun dari tampilan. Aplikasi ini juga mampu menggandakan beberapa aplikasi agar digunakan menggunakan 2 akun, termasuk WhatsApp.

Cara menggunakan aplikasi MoChat juga tidak ribet, hampir mirip dengan Parallel Space. Jika masih butuh bantuan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, download terlebih dahulu aplikasi MoChat di Play Store.
  2. Setelah terinstall, silahkan buka aplikasi tersebut.
  3. Pada halaman pertama aplikasi, Anda akan melihat beberapa aplikasi HP Anda yang bisa digandakan.
  4. Karena hendak menggandakan aplikasi WhatsApp, silahkan klik pada icon WhatsApp lalu klik Tambah ke Aplikasi Clone. Setelah itu, maka aplikasi WhatsApp akan muncul pada kolom Aplikasi Clone seperti gambar di bawah ini.Cara Menggunakan Dua WhatsApp
  5. Selanjutnya, klik icon aplikasi WhatsApp untuk membukanya. Silahkan lakukan pendaftaran seperti biasanya.
  6. Selesai.

Aplikasi ini juga memiliki kekurangan yang sama seperti Parallel Space yaitu harus membuka WhatsApp melalui aplikasi, tidak bisa melalui pintasan di homescreen.

5. Clone via Android

Cara Menggunakan 2 WhatsApp dengan Clone Android

Pada beberapa merk HP kondang seperti Samsung, Oppo, Vivo, ataupun yang lainnya, biasanya memiliki fitur yang memungkinkan kita menggunakan 2 aplikasi messenger dalam 1 HP.

Ini berbeda dengan WhatsApp Clone loh ya, cara ini tidak memerlukan tambahan aplikasi apapun, karena pada HP sudah tersedia fiturnya, jadi kita tinggal mengaktifkannya saja.

Ingat, tidak semua HP ada fitur ini ya, hanya beberapa HP saja. Namun, Anda bisa mencoba mengeceknya dengan langkah berikut ini:

  1. Pertama, silahkan buka aplikasi Pengaturan di HP Anda.
  2. Setelah itu, masuk ke Fitur Lanjutan Dual Messenger > klik toggle di samping kanan icon WhatsApp untuk mengaktifkannya.
  3. Silahkan tunggu proses pengaktifan, setelah selesai Anda bisa langsung menggunakannya. Aplikasi tersebut akan berada di menu HP Anda.

6. OG WhatsApp

Cara Menggunakan 2 WhatsApp dengan OG WhatsApp

OG WhatsApp merupakan sebuah aplikasi WhatsApp versi MOD yang memungkinkan Anda membuka 2 WhatsApp dalam 1 HP. Jadi, yang satu menggunakan WhatsApp original dan yang satunya menggunakan OG WhatsApp.

Aplikasi ini hampir mirip dengan WhatsApp Clone, bedanya, OG WhatsApp memang sudah sepenuhnya hasil modifikasi baik dari segi tampilan maupun fitur yang tersedia.

Untuk lengkah-langkah menggunakan OG WhatsApp sama saja ya dengan WhatsApp original. Jadi, Anda tinggal download aplikasinya lalu install, setelah itu daftar WhatsApp menggunakan nomor yang Anda inginkan.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP secara bersamaan. Silahkan pilih cara yang menurut Anda paling simpel dan mudah dilakukan.

Mungkin cukup sekian artikel yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu Anda yang ingin menggunakan 2 WhatsApp.

Selamat mencoba!

Tentang Penulis

Avatar

Charis Fitriyanto

Sekadar bocah dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis, lebih spesifiknya menulis blog.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992