Elektronik

Kamera Canon vs Nikon, Pilih Mana?

Perbandingan Canon vs Nikon
https://kuotabro.com
Rina Mardiana, S.I.Kom.
Writen & Edited By Rina Mardiana, S.I.Kom.

Memilih antara kamera Canon vs Nikon seringkali membuat dilema tersendiri. Lalu pilih yang mana? Pertimbangan beberapa fitur penting ini.

Kuotabro.com – Kamera Canon vs Nikon,  lebih bagus yang mana? Berbicara tentang kamera, merk Canon dan Nikon memang menjadi dilema tersendiri bagi para fotografer pemula.

Bagi para fotografer yang sudah profesional mungkin sudah tidak lagi mempersoalkan perbedaan teknis diantara kedua merek tersebut.

Selain itu juga tidak menjadikannya sebagai faktor penentu ketika memilih kamera karena setiap seri kamera dari setiap produk tersebut menawarkan keunggulannya masing-masing.

Karena pada dasarnya semakin profesional seorang fotografer maka memiliki keyakinan bahwa merek kamera bukan menjadi faktor utama untuk mendapatkan hasil jepretan terbaik.

Melainkan bagus tidaknya suatu hasil foto tergantung dari orang dibalik kamera tersebut.

Namun hingga saat ini kesetiaan terhadap satumerk kamera masih berlaku bagi beberapa orang.

Bagi Anda yang dibuat bingung dengan memilih antara kamera Canon dan Nikon, maka dalam ulasan kali ini kami akan membuat perbandingan review dari setiap produk tersebut. Simak penjelasan lengkapnya.

6 Perbedaan Kamera Canon dan Nikon

Perbedaan Kamera Canon dan Nikon

Setiap fotografer profesional mungkin memiliki sudut pandang yang berbeda terkait perbedaan antara kamera Canon dan Nikon.

Beberapa orang mengatakan bahwa kamera terbaik dari Nikon dirancang oleh ahli mesin sedangkan pada kamera Nikon dibuat oleh fotografer.

Adapun berikut ini beberapa perbedaan secara umum antara kamera Canon dan Nikon dari beberapa spesifikasi yang ditawarkan:

Lensa

Dilihat dari segi harganya, kamera Canon menawarkan harga yang lebih murah jika dibandingkan kamera Nikon.

Banyak orang beranggapan bahwa kualitas lensa dari Nikon memiliki hasil yang lebih bagus. Namun meskipun demikian hasil yang diberikan dari Canon tak kalah dari Nikon.

Mungkin bagi beberapa orang yang ingin mengoleksi banyak lensa, Canon bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghemat biaya..

Badan Kamera

desain badan kamera dari Nikon cenderung lebih ergonomis serta penggunaan teknologi yang diaplikasikan lebih tinggi dari Canon.

Misalnya pada fitur layar LCD, tombol-tombol perintah, control flash dan lainnya.

Sensor

Dari spesifikasi sensor yang ditawarkan oleh kamera Nikon maupun Canon memiliki ukuran yang hampir sama. Namun kualitas gambar yang dihasilkan tentu tidak dilihat dari ukuran sensor tersebut.

Salah satu fitur penting yang bisa jadi pertimbangan adalah low pass filter. Filter tersebut adalah bagian yang dilewati oleh cahaya sebelum menyentuh sensor.

Apabila filter tersebut dihilangkan maka kualitas gambar lebih detail dan bekerja lebih baik pada cahaya minim.

Kamera Nikon sendiri telah menghilangkan filter tersebut dari semua kamera mereka sejak 2015. Akan tetapi pada kebanyakan kamera Canon masih menggunakan filter tersebut karena mereka berfokus dengan megapixel.

Produk kamera Canon yang sudah menghilangkan filter tersebut adalah Canon EOS 5DSR.

Sebagai perbandingan pada produk Canon EOS 5DS E bisa mengambil gambar dengan resolusi 8688 x 5792 MP, sedangkan pada Nikon d810 mengambil resolusi maksimum 7360 x 4912 MP.

Dari perbandingan tersebut, hasil jepretan Canon yang resolusi lebih besar memberikan tampilan dari hasil cetak yang lebih baik.

Sedangkan pada hasil jepretan menggunakan Nikon tersebut dengan resolusi yang lebih kecil mempunyai betal gambar yang lebih jelas namun tidak terlalu bagus jika ingin dicetak.

Kecepatan

Kedua produk tersebut memiliki kecepatan yang hampir sama dalam hal autofocus. Akan tetapi keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan ketika digunakan pada burst mode.

Pada produk kamera DSLR high end Canon bisa dibilang jauh lebih cepat dibanding kamera Nikon.

Misalnya pada Canon EOS 7D Mark II yang bisa mencapai 10 gps pada burst mode. Spesifikasi tersebut dianggap sebagai kamera terbaik untuk mendokumentasikan pertandingan olahraga.

Sedangkan pada kamera Nikon yang tercepat D7200 hanya mampu mencapai 6 fps.

Akan tetapi apabila anda membandingkan kamera murah dari Nikon dengan Canon maka Nikon lebih unggul dalam kategori tersebut karena selisihnya hanya satu atau dua frame per detik.

Video

Bagaimana perbandingan antara Nikon dan Canon dalam fitur videonya? Beberapa pengguna dari kamera Nikon mengungkapkan bahwa kamera ini menghasilkan kualitas video yang buruk.

Selain itu fokus kamera ketika masuk ke mode video juga dinilai cukup lambat. Beberapa pengguna menyarankan untuk menggunakan kamera Canon ketika pengguna lebih banyak menggunakan kamera tersebut untuk mode video.

Harga

Pada beberapa kamera Canon menawarkan harga yang lebih murah daripada kamera Nikon untuk kategori spesifikasi yang hampir sama. Sehingga Canon sering dijadikan sebagai pilihan anak muda.

Namun sebenarnya harga tidak dijadikan patokan utama dalam memilih kamera DSLR. Yang terpenting adalah spesifikasi yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Karena akan percuma jika Anda membeli kamera mahal dengan spesifikasi yang tinggi, namun belum terlalu handal untuk mengoperasikannya dan tidak sesuai dengan kebutuhan.

Canon vs Nikon

Kamera Canon vs Nikon

Dengan melihat beberapa perbedaan antara Canon dan Nikon seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, lalu sebenarnya mana yang harus dipilih diantara kedua kamera tersebut?

Beberapa gambaran berikut ini mungkin bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memilih produk kamera Canon atau Nikon?

Canon Meminimalisir Tahap Post Processing

Kamera dari Canon mempunyai sistem image processing yang bisa menjaga frame rate cepat serta menghaluskan gambar ketika proses berlangsung pada kamera.

Hal tersebut menjadi alasan mengapa penggunaan DSLR terbiasa melakukan point-and-shoot dengan Canon yang lebih baik karena dapat meminimalisir tahap post processing atau tidak terlalu banyak proses editing setelah pemotretan.

Nikon Menawarkan Autofocus Lebih Efisien

Mungkin pada kamera Nikon tidak menawarkan image processing yang tidak terlalu cepat atau tidak terlalu halus.

Akan tetapi untuk para fotografer yang profesional mengakali hal tersebut dengan menggunakan mode RAW ketika memotret serta mengandalkan data yang ada dalam memperbaiki kekurangan itu.

Apalagi fitur autofokus dari Nikon lebih efisien terlebih bagus daripada kamera Canon. Kamera Nikon juga sudah didukung dengan fitur image stabilization yang bagus sehingga dapat menghasilkan foto lebih memuaskan..

Canon Lebih Mudah Untuk Pengaturan Pre-Dial

keunggulan dari kamera Canon yaitu memiliki pengaturan pre-dial lebih mudah dibanding Nikon.

Hal tersebut dapat mengurangi konsumsi waktu yang dibutuhkan fotografer untuk mengutak-atik setingan ketika pemotretan.

Namun sepertinya masih banyak yang beranggapan bahwa ketidakadaan tampilan foto setelah pemotretan atau picture playback menjadi kekurangan dari Canon.

Lensa Nikon Lebih Lebar dan Terang

Dilihat dari spesifikasi lensa seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mungkin untuk segmen low-end cenderung untuk memilih lensa zoom dan aperture dari Canon.

Sedangkan fotografer profesional lebih menyukai lensa dari kamera Nikon karena lebih lebar dan terang.

Apalagi lensa Nikon bisa digunakan untuk berbagai jenis kamera merk Nikon dan terasa nyaman dilihat dari sisi ergonomis.

Canon Lebih Diminati Mahasiswa

Dilihat dari beberapa survey, seseorang yang mempelajari fotografi di sekolah atau perguruan tinggi lebih memilih ih kamera Canon.

Menurut mereka kamera Canon memberikan hasil jepretan yang lebih bagus dan lebih lensa lebih handal.

Sedangkan pada kamera Nikon terkadang mengalami kemacetan ketika shutter pada saat digunakan untuk kerja keras.

Nikon Lebih Diminati Fotografer yang Profesional

Kebanyakan para fotografer yang sudah berpengalaman cenderung akan memilih kamera dari Nikon.

Hal itu karena kualitas lensa yang ditawarkan dari kamera Nikon sudah premium namun memerlukan teknik dan seni yang ahli.

Hasil Jepretan Canon vs Nikon

hasil jepretan canon vs nikon

Foto Dekat

hasil jepretan canon vs nikon

Panorama Jauh

hasil jepretan canon vs nikon

Foto Makro (Paling Dekat)

hasil jepretan canon vs nikon

Panorama Menengah

hasil jepretan canon vs nikon

Panorama Jarak Dekat

Video Review Canon 1300D VS Nikon D3300

F.A.Q

Apa Keunggulan Kamera Canon?

  • Sebagai salah satu kamera DSLR populer di dunia, canon menawarkan koleksi lensa yang lengkap mulai dari kualitas rendah hingga tinggi. Sehingga cocok dijadikan sebagai pilihan untuk pemula hingga profesional kelas atas.
  • Cocok digunakan untuk pemula karena lebih mudah untuk digunakan.
  • Cukup bagus dijadikan sebagai pilihan bagi pengguna yang membutuhkan kamera DSLR untuk kepentingan video.

Apa Keunggulan Kamera Nikon?

  • Kamera Nikon menawarkan kualitas kelas tinggi dengan harga yang mahal. Sehingga kamera ini lebih cocok digunakan oleh mereka yang sudah profesional dalam mengoperasikan kamera DSLR seperti padaseri D700, D3S.
  • Memiliki auto fokus yang dapat bekerja dengan sangat baik dibandingkan dengan jenis kamera lainnya.
  • Pengendalian di ISO cukup tinggi dan diatas merk kamera DSLR lainnya. Sehingga kamera dari Nikon cocok digunakan untuk mengambil foto di tempat yang minim cahaya atau ruangan gelap.

Apa Saja Perbedaan Kamera Canon dan Nikon?

  • Canon Meminimalisir Tahap Post Processing
  • Nikon Menawarkan Autofocus Lebih Efisien
  • Canon Lebih Mudah UntukPengaturan Pre-Dial
  • Lensa Nikon Lebih Lebar dan Terang
  • Canon Lebih Diminati Mahasiswa
  • Nikon Lebih Diminati Fotografer yang Profesional

Canon vs Nikon, Pilih Mana?

Sederhananya seperti ini, apabila anda akan menggunakan kamera untuk jenis fotografi dan suasana pemotretan yang beragam dengan objek bergerak cepat maka kamera Canon bisa jadi pilihan yang tepat.

Akan tetapi jika anda sudah terbiasa memotret dengan sensitivitas lebih baik untuk cahaya redup dan melakukan pengaturan hati-hati maka kamera Nikon lebih cocok untuk anda.

Kamera Nikon kurang cocok digunakan untuk pemula karena dinilai kurang user friendly dan tidak memiliki motor auto fokus sehingga pada beberapa lensa lama tidak menggunakan fitur auto fokus alias manual.

Pada dasarnya untuk memilih kamera Nikon maupun Canon untuk setiap produk tersebut memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Canon vs Nikon Lebih Murah Mana?

Canon menawarkan harga lensa yang lebih murah daripada lensa pada Nikon. Bagi yang ingin menghemat budget, Anda bisa memilih produk kamera dari Canon.

Akhir Kata

Demikian itulah penjelasan perbedaan antara kamera Canon dan Nikon yang harus anda ketahui.

Sebenarnya untuk mengetahui perbedaan dari kamera tersebut maka anda harus pernah menggunakan keduanya untuk mengetahui secara langsung perbedaannya.

Pertimbangkan kamera sesuai kebutuhan Anda, apabila membutuhkan kamera yang mampu mengambil gambar dengan sangat cepat dalam sebuah lomba lari, maka Canon adalah jawabannya.

Tapi jika Anda akan banyak mengambil gambar di tempat-tempat minim cahaya, maka tidak ada salahnya jika Anda membeli Nikon.

Dengan mengetahui sedikit penjabaran seperti yang sudah dijelaskan diatas semoga bisa menjadi informasi bagi anda untuk membeli kamera dari merk Nikon atau Canon.

Tentang Penulis

Rina Mardiana, S.I.Kom.

Rina Mardiana, S.I.Kom.

Seorang jurnalistik lulusan Universitas Padjajaran angkatan 2012-2016. Kini sebagai jurnalis lapangan di salah satu media televisi dan penulis khusus Online.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992