As Simpati Telkomsel

Cara Cek Masa Aktif Telkomsel

Cara Cek Masa Aktif Telkomsel
https://kuotabro.com

Cara cek masa aktif telkomsel terbaru. Sekarang Kamu bisa cek masa aktif Telkomsel via Dial maupun cek masa aktif Telkomsel via online.

Kuotabro.com – Seperti yangkita ketahui bahwa setiap provider seluler memberikan masa aktif bagi setiap kartu SIM yang digunakan.

Termasuk pada provider kartu Telkomsel yang juga memberikan masa aktif kartu SIM yang berbeda-beda antar setiap pengguna.

Sehingga jika pengguna tidak melakukan perpanjang masa aktif kartu, maka Anda tidak akan bisa lagi menggunakan kartu tersebut, dengan kata lain kartu SIM akan diblokir permanen.

Masa aktif berbeda dengan masa tenggang.

Jika kartu Anda masih berada dalam masa tenggang, maka kartu SIM tersebut masih bisa digunakan.

Namun jika dalam waktu tenggang yang diberikan Anda tidak segera melakukan isi pulsa untuk memperpanjang masa aktif, maka  kartu Anda akan diblokir oleh pihak operator.

Seringkali masa aktif kartu ini tidak diperhatikan oleh para pengguna kartu seluler, karena mereka terlalu asik menggunakan kartu tanpa menyadari bahwa SIM card sudah mendekati masa aktif yang akan habis.

Itulah mengapa sangat penting untuk mengetahui dan sering mengecek masa aktif kartu Telkomsel, baik pada pengguna kartu AS, SimPATI maupun Loop.

Cara Cek Masa Aktif Kuota dan Pulsa Telkomsel

Bagi yang belum tahu caranya, berikut ini beberapa cara cek masa aktif Telkomsel yang bisa Anda gunakan.

1. Cek Masa Aktif Telkomsel via Kode USSD

Cara cek masa aktif Telkomsel dengan menggunakan kode USSD bisa dibilang paling mudah dan simpel untuk digunakan.

Bahkan dengan menggunakan cara ini Anda tidak harus  membutuhkan koneksi internet seperti cara cek masa aktif Telkomsel online.

Karena pengecekan dengan kode USSD bisa dilakukan pada HP model biasa maupun HP jadul.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengikuti langkah-langakah berikut ini untuk cek masa aktif kartu dengan menggunakan kode USSD. Bisa untuk kartu AS, SimPATI maupun Loop:

  1. Buka ponsel Anda, dan masuk ke menu Dial Up.
  2. Lalu ketik kode *888#, tekan panggil.
  3. Setelah itu akan muncul beberapa opsi, Anda bisa pilih opsi untuk “Cek Pulsa & Kuota”
  4. Kemudian pada tampilan selanjutnya akan muncul informasi sisa pulsa Anda, sisa kuota dan masa aktif kartu.Cek Masa Aktif Telkomsel via Dial

Mudah sekali bukan cara cek masa aktif Telkomsel dengan menggunakan kode USSD? Anda bisa melakukannya dengan beberapa langkah mudah tersebut.

Fyi, kode *888# tersebut juga bisa digunakan untuk kepentingan lainnya seperti membeli paket telpon dan SMS.

2. Cek Masa Aktif Telkomsel via SMS

Selain menggunakan kode USSD, Anda juga bisa cek masa aktif kartu Telkomsel via SMS.

Cara ini bisa menjadi alternatif jika Anda tidak bisa menggunakan kode USSD yang sebelumnya atau biasanya karena masalah jaringan.

Cek masa aktif dengan SMS juga diperuntukkan bagi para pengguna modem yang tentunya tidak bisa cek melalui kode.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja berikut ini langkah-langkah cek masa aktif Telkomsel via SMS.

  1. Buka HP Anda dan masuk ke menu pesan untuk mengirim SMS. Klik pesan baru untuk membuat SMS.
  2. Ketik SMS dengan format: Flash (spasi) Info, lalu kirim ke 3636
  3. Tunggu beberapa saat hingga Anda mendapatkan pesan balasan dari operator Telkomsel. Pesan balasan tersebut berisi informasi masa aktif paket internet Telkomsel yang digunakan.

Namun cara ini hanya bisa digunakan untk cek masa aktif kuota internet Telkomsel saja, bukan untuk cek masa aktif kartu.

Karena pihak Telkomsel sendiri tidak menyediakan cara cek pulsa menggunakan SMS, jadi cek masa aktif kartu dengan SMS otomatis juga tidak bisa.

Tidak perlu khawatir, masih ada beberapa cara lainnya untuk cek masa aktif kartu Telkomsel.

3. Cek Masa Aktif Telkomsel via Online

Pihak Telkomsel juga mengikuti perkembangan jaman dengan menyediakan cara cek masa aktif secara online.

Untuk cek masa aktif via online bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu via Website dan via aplikasi My Telkomsel.

Keduanya sama-sama membutuhkan koneksi internet jika ingin menggunakannya untuk cek masa aktif kartu sekaligus cek pulsa Telkomsel.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dibahas langkah-langkahnya supaya pembaca tidak bingung:

4. Cek Masa Aktif Telkomsel via Website

Cek masa aktif kartu Telkomsel via website ini bisa Anda lakukan melalui PC maupun smartphone Android yang Anda gunakan.

Langsung saja berikut ini caranya:

  1. Silahkan Anda masuk ke web browser apapun, bisa menggunakan Chrome,Mozilla Firefox maupun Opera. Lalu kunjungi situs my.telkomsel.com untuk masuk ke laman resmi Telkomsel.Cek Masa Aktif Telkomsel via Website
  2. Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman Telkomsel. Pada tampilan muka ada kolom untuk memasukkan nomor telepon. Masukkan nomor telepon Anda.
  3. Setelah memasukkan nomor telepon dengan benar, klik pada tombol kirim kode atau send code.
  4. Klik OK untuk melanjutkan.
  5. Cek kode verifikasi yang sudah dikirimkan ke nomor Anda melalui SMS. Masukkan kode tersebut pada kolom yang sudah tersedia untuk melakukan verifikasi. Pilih Masuk atau Login.
  6. Jika Anda sudah berhasil masuk ke halaman Telkomsel, maka akan ada area yang menampilkan informasi sisa pulsa dan masa aktif kartu Anda.

Mudah sekali bukan cara cek masa aktif Telkomsel via website?

Namun untuk menggunakan cara ini tentu saja Anda harus menyediakan koneksi internet karena mengharuskan Anda masuk ke laman website online.

5. Cek Masa Aktif Telkomsel via MyTelkomsel

Cek masa aktif Telkomsel secara online juga bisa dilakukan menggunakan aplikasi My Telkomsel.

Aplikasi My Telkomsel ini sendiri dikembangkan oleh pihak Telkomsel demi memudahkan para pelanggannya ketika ingin melakukan pengecekan apapun, termasuk cek masa aktif kartu.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk cek masa aktif kartu Telkomsel menggunakan aplikasi My Telkomsel:

  1. Langkah pertama, Anda perlu mengunduh dan menginstal terlebih dahulu aplikasi My Telkomsel di smartphone Aplikasi ini bisa Anda dapatkan secara gratis melalui Google Play Store.
  2. Setelah aplikasi terpasang, buka dan jalankan aplikasi tersebut. Kemudian Anda akan diminta untuk Login. Klik tombol login.My Telkomsel
  3. Selanjutnya Anda bisa memasukkan nomor Anda pada kotak yang tersedia, lalu tekan Next/ Selanjutnya.
  4. Tunggu beberapa saat hingga muncul kode verifikasi yang akan dikirimkan melalui SMS. Apabila sudah diterima, masukkan kode verifikasi tersebut pada kolom yang tersedia. Lalu pilih verify.
  5. Setelah berhasil login, maka Anda akan masuk ke halaman utama .Disitu akan ditampilkan informasi sisa pulsa dan masa aktif kartu Anda.

Melalui aplikasi ini anda juga bisa mengetahui sisa kuota internet Anda beserta paket-paket lainnya seperti paket nelpon dan SMS.

Akhir Kata

Demikian itulah informasi yang bisa Kami sampaikan tentang cara cek masa aktif Telkomsel.

Anda bisa menggunakan salah satu cara seperti yang sudah dijelaskan tersebut, bisa secara offline maupun online.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Nurikhsani S.I.Kom.

Nurikhsani S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992