Cara Mengganti Tema WhatsApp

Kuotabro.com – WhatsApp merupakan sebuah aplikasi messenger yang sangat sering dibuka dalam keseharian kita. Oleh karena itu, terkadang kita merasa bosan karena melihat tampilan WhatsApp yang itu-itu saja. Padahal, kalau bisa diubah tampilannya, pasti akan lebih keren.

Sebenarnya, WhatsApp Original sudah memberikan sebuah fitur yang bisa digunakan untuk mengubah tampilan, yaitu fitur ganti background chat. Namun, fitur tersebut dirasa masih kurang karena yang berubah hanyalah background chat saja, tidak dengan tampilan lainnya.

Kita semua pasti sepakat kalau tema adalah fitur paling lengkap untuk mengubah tampilan WhatsApp. Sayangnya, fitur ini memang tidak tersedia pada aplikasi WhatsApp original. Saya yakin, Anda semua belum pernah melihat pengaturan tema di WhatsApp Oiriginal, bukankan begitu?

Ganti Tema WhatsApp Original, Apakah Bisa?

Mungkin pertanyaan ini sering diajukan oleh pengguna WhatsApp Original ya. Sebab, di WhatsApp ini memang tidak ada sama sekali pengaturan yang berkaitan dengan tampilan tema. Maka wajar saja jika banyak pengguna WhatsApp yang belum tahu cara mengganti tema WhatsApp.

Perlu diketahui, sampai saat ini, pihak pengembang WhatsApp memang belum menyematkan fitur ganti tema pada WhatsApp Original. Entah apa alasannya saya juga kurang tahu. Mungkin bisa saja karena mereka menganggap kalau tampilan WhatsApp saat ini sudah tergolong bagus.

“Berarti tidak bisa ganti tema WhatsApp ya?” Bisa kok, tapi bukan pada WhatsApp Original, melainkan kita memerlukan aplikasi lain, lebih tepatnya aplikasi WhatsApp yang sudah dimodifikasi sehingga memiliki fitur ganti tema, aplikasi ini sering disebut dengan WhatsApp MOD.

Jadi, sampai disini sudah jelas ya kalau untuk mengganti tema WhatsApp maka Anda harus menggunakan WhatsApp MOD. Jika Anda siap menggunakan WhatsApp MOD, maka silahkan lanjut ke tutorial mengubah tema WhatsApp.

Cara Mengganti Tema WhatsApp

Cara mengganti tema WhatsApp ini sebenarnya sangat mudah dilakukan, jadi Anda yang belum paham pun tetap bisaa mengikuti cara ini. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak langkah-langkah di bawah ini:

1. Download WhatsApp MOD

Download Aplikasi WhatsApp MOD

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwasannya untuk mengganti tema WhatsApp harus menggunakan WhatsApp MOD. Jadi, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mendownload aplikasi WhatsApp MOD yang sudah banyak variannya.

Seperti pada gambar di atas, ada beberapa varian WhatsApp MOD yang bisa digunakan. Sebenarnya, masih banyak lagi varian WhatsApp MOD yang lain, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, Anda bisa membaca artikel Download WhatsApp MOD APK Terbaik.

Pada artikel tersebut, Anda akan melihat banyak aplikasi WhatsApp MOD, silahkan pilih sesuai keinginan Anda karena hampir semua sudah memiliki fitur ganti tema. Kalau saya sendiri, dalam artikel ini menggunakan YoWhatsApp.

2. Backup Chat

Backup Data WhatsApp

Saya yakin, Anda semua sudah paham dengan tahap ini ya. Jadi, backup chat WhatsApp bertujuan untuk menyimpan data chat ke Google Drive ataupun ke memori HP agar suatu saat bisa dikembalikan lagi ke aplikasi WhatsApp Anda.

Tahap ini hanya ditujukan bagi Anda yang ingin menyimpan chat Anda. Jika Anda tidak ingin menyimpan dan mengembalikan chat WhatsApp Anda, maka tidak perlu melakukan proses backup ini. Selain waktunya yang lama, juga membutuhkan cukup banyak kuota.

3. Uninstall Aplikasi WhatsApp Original

Uninstall WhatsApp Original

Selanjutnya, Anda bisa menguninstall aplikasi WhatsApp Original. Sebenarnya, langkah ini juga opsional saja, jadi Anda boleh menghapus aplikasi WhatsApp Original maupun tidak. Karena biasanya, aplikasi WhatsApp MOD akan terinstall sendiri, tidak akan menimpa WhatsApp Original.

Namun, jika Anda ingin menggunakan nomor yang sama dengan WhatsApp sebelumnya, maka lebih baik uninstall aplikasi WhatsApp Original. Karena nantinya tidak akan terpakai lagi, sayang karena bisa menyebabkan memori internal menjadi boros.

Nah, hal ini mungkin tidak berlaku untuk Anda yang ingin menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP, karena WhatsApp Original dan WhatsApp MOD bisa digunakan secara bersamaan. Untuk lebih lanjut, Anda bisa membaca Cara Menggunakan 2 WhatsApp.

4. Install WhatsApp MOD

Install WhatsApp MOD

Langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi WhatsApp MOD yang sudah didownload tadi. Untuk cara instalasinya tidak ada perbedaan dengan aplikasi WhatsApp Original, cukup buka aplikasinya dan klik Install lalu tunggu proses selesai.

Namun, terkadang proses instalasi WhatsApp MOD tidak selalu berjalan dengan lancar. Ada juga kasus gagal install, jadi, aplikasi WhatsApp MOD tidak bisa diinstall sama sekali dan memunculkan notifikasi Aplikasi tidak terpasang.

Jika Anda mengalami kasus seperti ini, coba cari aplikasi WhatsApp MOD yang lain. Saya pribadi juga pernah mengalami masalah ini, tapi setelah ganti aplikasi lain, proses instalasi berjalan dengan lancar dan aplikasi bisa digunakan dengan normal.

5. Konfigurasi WhatsApp

Konfigurasi WhatsApp

Selanjutnya, Anda hanya perlu melakukan konfigurasi WhatsApp. Konfigurasi WhatsApp yang saya maksud adalah melakukan pendaftaran, verifikasi nomor HP, mengganti foto profil, mengubah status WhatsApp, dan konfigurasi lainnya.

Selain itu, pada tahap ini Anda juga bisa mengembalikan chat yang sudah Anda backup (khusus bagi Anda yang melakukan backup pada nomor 2). Biasanya, setelah mendaftar WhatsApp akan muncul notifikasi untuk melakukan restore, silahkan klik Restore untuk mengembalikan chat.

Baca Juga: Cara Mematikan Kode Online di WhatsApp

6. Pemasangan Tema WhatsApp

Nah, jika Anda sudah bisa mengakses WhatsApp MOD, maka langkah terakhir adalah mengganti tema WhatsApp dengan fitur yang sudah disediakan. Jadi, silahkan klik titik tiga di pojok kanan atas lalu pilih YoMods (saya menggunakan YoWhatsApp), maka nanti akan muncul pengaturan seperti gambar di bawah ini.

Ganti Tema WhatsApp

Pada pengaturan WhatsApp MOD, Anda akan menemukan pengaturan yang tidak akan ditemukan pada WhatsApp Original, termasuk pengaturan tema. Untuk mengubah tema WhatsApp, silahkan pilih FMThemes. Selanjutnya, silahkan pilih Unduh YoThemes dan cari tema yang Anda inginkan.

Cara Mengubah Tema WhatsApp

Silahkan cari tema yang Anda inginkan. Pada pengaturan tema tersebut, Anda akan melihat banyak sekali tema yang bisa digunakan dan semuanya gratis. Jika sudah ketemu, silahkan klik Install dan tunggu proses selesai. Jika proses instalasi tema sudah selesai, maka secara otomatis WhatsApp akan berganti tema.

Baca Juga: Cara Mengunci WhatsApp Menggunakan Fingerprint

Pemberitahuan Penting!

Dalam proses penggantian tema WhatsApp di atas, saya menggunakan aplikasi YoWhatsApp. Jadi, bagi Anda yang menggunakan WhatsApp tipe lain, maka kemungkinan besar tampilannya akan sedikit berbeda. Tapi, pada intinya, caranya mirip dengan cara di atas.

Jika Anda bingung menggunakan tipe WhatsApp MOD lain, maka saya sarankan gunakan YoWhatsApp saja dan ikuti langkah-langkah di atas. Dengan mengikuti langkah di atas, maka saya jamin Anda akan berhasil mengganti tema WhatsApp karena saya sendiri juga sudah membuktikannya.

Akhir Kata

Jadi, untuk mengganti tema WhatsApp memang tidak bisa menggunakan WhatsApp Original, melainkan harus menggunakan aplikasi WhatsApp MOD. Ya kita sama-sama berharap saja agar suatu saat pengembang WhatsApp Original menambahkan fitur ganti tema.

Demikianlah artikel yang bisa saya sampaikan mengenai cara mengganti tema WhatsApp. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu Anda yang sudah bosan dengan tampilan WhatsApp agar tampilannya tidak monoton.

Selamat mencoba.

Seorang bocah dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis, lebih spesifiknya menulis blog.

Tinggalkan komentar