Tips & Trik

Cara Menghilangkan Virus Iklan di Android

Cara Menghilangkan Virus Iklan di Android
https://kuotabro.com

Cara Menghilangkan Virus Iklan di Android, ada 5 lebih cara tanpa aplikasi atau dengan aplikasi, pada Android root atau tanpa root.

Kuotabro.com – Di dunia milenial yang serba canggih ini teknologi pun semakin berkembang guna memenuhi kebutuhan manusia.

Salah satunya yang paling terlihat yaitu perkembangan aplikasi Android.

Aplikasi di Android ini sangat beragam dan bisa memenuhi berbagai tingkat kebutuhan, mulai dari kebutuhan pokok, untuk kerja serta kebutuhan tersier lainnya.

Sayangnya, sebagian besar aplikasi dibekali dengan adware.

Oleh karena itu, hampir semua aplikasi gratis di Android selalu memunculkan iklan saat digunakan, tak terkecuali pada game online.

Adware ini merupakan bentuk promosi dan sumber penghasilan dari pengembang aplikasi.

Selain muncul saat membuka aplikasi, saat ponsel terserang adware maka pop up iklan bisa muncul di manapun.

Bahkan, pada aplikasi yang benar-benar tidak berbayar seperti WhatsApp, Instagram dan sebagainya.

Meskipun tidak membahayakan sistem perangkat, keberadaan adware ini akan sangat mengganggu karena kemunculannya tidak terkendali.

Tak hanya itu, ada juga beberapa adware yang mengarahkan penggunanya ke situs-situs berbahaya dan mengandung virus.

Nah, untuk menghindari permasalahan tersebut, berikut cara menghilangkan virus iklan di Android.

Cara Menghilangkan Virus Iklan di Android Tanpa Aplikasi

Sebenarnya, cara mudah untuk menghilangkan iklan yang muncul dari aplikasi adalah dengan mencopot aplikasi

Namun, cara ini hanya bekerja pada iklan aplikasi bukan adware (virus iklan).

Cara mudah menghilangkan virus iklan di Android tanpa perlu menginstall aplikasi yaitu dengan menggunakan perlindungan ganda dari Google yang disebut dengan Google Play Protect.

Google Play Protect merupakan sistem perlindungan berlapis dari google yang sudah diselipkan pada semua pengguna Android.

Nantinya, sistem ini akan bekerja seperti antivirus yaitu melakukan pemindaian terhadap aplikasi.

Pemindaian oleh Google ini dilakukan sebelum aplikasi di pasang untuk memastikan tidak ada adware yang mengikutinya.

Cara pertama ini fungsinya lebih mengarah ke tindakan pencegahan dimana aplikasi dibersihkan terlebih dahulu sebelum nantinya dapat memunculkan iklan pada perangkat.

Google Play Protect ini bisa ditemukan pada Google Play Store.

Aplikasi yang diproteksi juga merupakan aplikasi yang diunduh dari Google Play Store.

Adapun cara menghilangkan virus iklan di Adnroid menggunakan sistem Google Play Protect yaitu:

  1. Pertama, masuklah ke menu Google Play Store yang ada para perangkat Anda.
  2. Setelah itu, klik menu Options yang ditandai dengan simbol garis berjumlah tiga.
  3. Kemudian scroll layar ke bawah hingga menemukan opsi Play Protect, maka akan muncul beberapa pilihan tindakan terkait perlindungan perangkat.
  4. Langkah terakhir scroll layar ke bawah dan aktifkan opsi Scan device for security threats. Selain itu, aktifkan juga opsi Improve harmful app detection.

Cara ini terbilang sangat mudah dan bisa dilakukan kurang dari 1 menit.

Sebaiknya lakukan cara ini sejak pertama kali membeli Android agar semua aplikasi maupun sistem Anda terlindungi dari virus iklan.

Jika sudah terlambat, Anda bisa melakukannya dari sekarang.

Selain itu, bisa juga melakukan reset factory dan kemudian mengaktifkan Google Play Protect untuk membersihkan semua iklan pop up maupun adware pada perangkat.

Sebelum melakukan reset factory, pastikan untuk melakukan backup data terlebih dahulu.

Cara Menghilangkan Virus Iklan di Android Tanpa Root

Beberapa orang umumnya melakukan rooting pada perangkat agar bisa memodifikasi isinya seperti menambahkan beberapa aplikasi keren, menghapus aplikasi sistem dan menghilangkan adware.

Padahal, tanpa melakukan root pun Anda tetap bisa menghapus virus iklan pada Android dengan memanfaatkan bantuan aplikasi.

Salah satu aplikasi terbaik yang bisa dicoba adalah MalwareBytes Anti-Malware.

Berikut cara menghilangkahnvirus iklan di Android menggunakan MalwareBytes Anti-Malware yaitu:

  1. Download aplikasi MawareBytes Anti-Malware dari Google Play Store dan pasang pada perangkat.
  2. Setelah itu, masuklah ke aplikasi tersebut dan aktifkan untuk melakukan scanning adware maupun virus lainnya pada perangkat. Tunggulah hingga proses scanning selesai.
  3. Setelah berhasil melakukan pemindaian terhadap semua aplikasi maupun sistem, aplikasi ini akan menampilkan sebuah log berisi informasi hasil pemindaian. Tak hanya itu, aplikasi tersebut juga akan memberikan rekomendasi tindakan yang harus dilakukan pengguna.
  4. Langkah terakhir, pilihlah tindakan yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan perangkat seperti menghapus aplikasi tertentu atau tindakan lainnya.

Cara Menghapus Virus Iklan di Android Root

Sama hanya dengan Android tanpa root, cara menghapus virus iklan pada Android root juga bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi.

Salah satu aplikasi yang recommended yaitu AdAway.

Berbeda dari beberapa cara sebelumnya, aplikasi ini tidak langsung mematikan virus penyebab munculnya iklan melainkan mencegah iklan tersebut muncul pada perangkat.

Aplikasi ini sangat efektif dimana dapat memblokir semua iklan pada Android, baik iklan pop up dari aplikasi, game online maupun website.

Adapun langkah-langkah menghapus virus iklan di Android root yaitu:

  1. Download dan install aplikasi AdAway secara gratis dari Google Play Store.
  2. Selanjutnya masuklah ke aplikasi AdAway dan berikan persetujuan jika ingin mendapatkan akses root (SuperSU Permission).
  3. Setelah itu, lakukan aktivasi aplikasi dengan klik Download file and Apply Blocking. Tunggulah hingga muncul notifikasi Applying Succesfull dan klik Yes.
  4. Langkah terakhir, reboot perangkat.

Rekomendasi Cara Menghilangkan Virus Iklan Lainnya

  • Menghapus Aplikasi Pembawa Virus Iklan

Adwre ataupun malware biasanya disebarkan melalui aplikasi gratisan. Nah, jika kebetulan virus ini muncul setelah Anda menginstall aplikasi tertentu maka langsung saja melakukan uninstall pada aplikasi tersebut. Hal ini berguna untuk mematikan virus iklan dan mencegah terjadinya penyebaran.

  • Melakukan Reset Factory

Reset factory berfungsi untuk mengembalikan pengaturan Android kembali seperti setelah pabrik. Tindakan ini akan menghapus semua data ataupun aplikasi di luar sistem pada perangkat. Oleh karena itu, virus iklan yang datang bersama dengan aplikasi lain tersebut juga akan ikut menghilang. Android pun kembali menjadi bersih. Factory reset ini bisa dilakukan melalui menu pengaturan pada perangkat. Pastikan untuk memberi centang pada opsi backup and restore agar data penting dapat tetap tersimpan.

  • Masuk ke Safe Mode

Cara lainnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan virus iklan di Android yaitu dengan masuk e mode aman (safe mode). Mode aman ini berfungsi untuk mematikan semua virus iklan maupun virus lainnya yang masuk ke perangkat bersama aplikasi maupun jalur lainnya. Saat memasuki safe mode, beberapa aplikasi tidak akan dapat digunakan, terutama aplikasi bermasalah. Cara masuk ke safe mode sangatlah mudah yaitu dengan klik tombol power dan volume secara bersamaan.

  • Matikan Akses Administrasi Android

Virus iklan lebih sering muncul dari pemasangan aplikasi-aplikasi dari sumber yang tidak jelas atau ilegal. Bisa jadi, adware masuk saat kita tidak sengaja menekan link-link mengandung virus pada saat browsing. Oleh karena itu, matikan akses administrasi Android agar tidak bisa menginstall aplikasi dari sumber tidak dikenal.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa dipilih untuk menghilangkan virus iklan pada Android.

Setelah virus hilang, sebaiknya berhati-hatilah saat mengunjungi situs-situ penyebab adware atau mngintall aplikasi dari luar Google Play Store.

Rating:

Tentang Penulis

Listiyaningsih S.I.Kom.

Listiyaningsih S.I.Kom.

Devita adalah lulusan Ilmu Kelautan yang masih bingung bagaimana mengaplikasikan ilmunya. Kini, dia pun terjebak dalam dunia jurnalistik.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992