Cara Menonaktifkan Instagram

Kuotabro.com – Saat ini, Instagram menjadi salah satu sosial media yang banyak digandrungi hampir semua lapisan masyarakat, baik itu anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orang tua sekalipun juga ada yang menggunakan Instagram.

Hal tersebut sebenarnya bukan tanpa alasan. Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Instagram itulah yang membuat para penggunanya betah berlama-lama membuka aplikasi tersebut, walaupun terkadang cuma sekadar scroll-scroll saja.

Tak jarang, banyak orang yang sampai lupa waktu gara-gara tidak bisa mengontrol penggunaan Instagram. Banyak aktivitas yang seharusnya dilakukan menjadi terlupakan begitu saja akibat terlalu lama menggunakan Instagram. Nah, apakah Anda adalah salah satu orang yang sering lupa waktu karena Instagram?

Oleh karena itu, saat ini mulai ada yang memutuskan untuk menonaktifkan Instagram sementara waktu dengan alasan ingin kembali ke dunia nyata. Artikel ini saya khususkan untuk Anda yang ingin menonaktifkan Instagram sementara waktu. Namun, jika Anda memutuskan untuk meninggalkan Instagram selamanya, silahkan baca cara menghapus akun Instagram permanen.

Keuntungan Menonaktifkan Instagram

Perlu diketahui, menonaktifkan Instagram ternyata memiliki keuntungan tersendiri loh. Sebelum masuk ke cara menonaktifkan Instagram, tidak ada salahnya kita mengetahui keuntungannya terlebih dahulu.

1. Bisa Kembali Lagi

Ketika Anda menghapus akun Instagram secara permanen, maka sudah jelas kalau akun Anda akan hilang selamanya. Namun, jika Anda hanya menonaktifkan akun saja, maka kapanpun Anda mau, Anda bisa kembali menggunakan Instagram dengan akun yang sama.

Ini menjadi keuntungan yang pertama karena bisa sedikit menghemat waktu. “Kok bisa?” Iya dong, membuat akun Instagram juga butuh waktu yang lumayan lama karena memerlukan alamat email ataupun nomor HP yang belum pernah digunakan, jadi Anda harus membuat email baru ataupun membeli nomor baru agar bisa melakukan pendaftaran.

2. Semua Data Aman

Tenang, menonaktifkan akun Instagram tidak akan menghapus data Anda kok. Data penting seperti foto, video, sorotan story, jumlah like, dan komentar tidak akan hilang, melainkan hanya disembunyikan saja.

Ini menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda yang sudah menyusun feed Instagram dengan rapi, entah itu dengan membuat feed Instagram nyambung, membuat feed Instagram dengan template, ataupun konsep lain yang memiliki tujuan merapikan feed Instagram.

Coba saja jika Anda menghapus akun Instagram secara permanen, feed yang sudah Anda buat susah payah akan hilang begitu saja dan tidak bisa dikembalikan lagi. Oleh karena itu, hal ini juga menjadi salah satu keuntungan menonaktifkan Instagram.

Nah, itulah keuntungan Anda menonaktifkan akun Instagram diluar dari hal yang berkaitan dengan dunia nyata. Kalau membahas keuntungan untuk kehidupan nyata, mungkin akan sangat panjang ya.

Cara Menonaktifkan Akun Instagram

Menonaktifkan akun Instagram bisa dilakukan dengan menggunakan HP maupun PC, caranya juga sama persis karena yang digunakan adalah web browser. Untuk web browsernya, Anda bisa menggunakan apa saja, boleh Google Chrome, Mozilla Firefox, maupun Opera.

Saya mau menonaktifkan Instagram lewat aplikasi kok tidak bisa ya?

Yups, benar sekali. Pada aplikasi Instagram memang tidak tersedia menu untuk menonaktifkan Instagram baik secara permanen maupun sementara. Hal inilah yang sering membuat bingung orang yang memiliki keinginan menonaktifkan Instagram.

Menu tersebut tidak ada pada semua platform aplikasi ya, baik itu aplikasi Android maupun aplikasi iPhone. Tapi tenang, pihak Instagram sudah menyiapkan website khusus yang bisa digunakan untuk menonaktifkan akun Instagram.

Jadi seperti yang saya katakan sebelumnya, Anda hanya perlu sebuah web browser saja untuk menonaktifkan akun Instagram ini. Sekadar info saja, saat mempraktikkan ini saya menggunakan PC dengan browser Google Chrome.

Baiklah, berikut adalah cara menonaktifkan akun Instagram:

  1. Pertama, silahkan buka web browser masing-masing.
  2. Setelah itu, kunjungi website resmi instagram.com lalu login menggunakan username dan password akun yang akan dinonaktifkan.
  3. Jika sudah login ke akun Anda, silahkan masuk ke profil dengan cara klik icon profil. Setelah itu, klik Edit Profile seperti gambar di bawah ini.Cara Menonaktifkan Instagram
  4. Setelah masuk bagian edit profil, silahkan scroll ke paling bawah sampai menemukan tulisan Temporarily disable my account (Nonaktifkan sementara akun saya), silahkan klik link tersebut.Cara Menonaktifkan Akun Instagram
  5. Pada halaman selanjutnya, Anda akan dimintai alasan kenapa ingin menonaktifkan Instagram, silahkan pilih sesuai keinginan Anda. Selain itu, Anda juga diminta memasukkan password guna melakukan validasi. Jika sudah, silahkan klik tombol Temporarily disable my account (Nonaktifkan sementara akun saya), jika muncul pop up silahkan klik Yes.Cara Menonaktifkan Instagram Sementara
  6. Selesai.

Sampai disini Anda sudah berhasil menonaktifkan akun Instagram. Oh ya, setelah Anda menonaktifkan akun tersebut, maka secara otomatis Anda akan keluar dari Instagram, baik itu yang login menggunakan aplikasi maupun yang login menggunakan browser.

Ingin mendapatkan like banyak di Instagram tanpa ribet? Silahkan gunakan Aplikasi Like Instagram Gratis.

Cara Mengaktifkan Kembali Instagram yang Dinonaktifkan

Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwasannya ketika Anda menonaktifkan akun Instagram, maka Anda bisa kembali menggunakan Instagram kapanpun Anda mau. Untuk caranya sendiri juga sangat mudah untuk dipraktikkan.

Untuk mengaktifkan akun Instagram, Anda bisa menggunakan aplikasi Instagram maupun web browser sebagai medianya. Untuk langkah-langkahnya sama saja, berikut rincian singkatnya:

  1. Pertama, silahkan buka aplikasi Instagram di HP Anda. Bagi yang menggunakan web browser, silahkan kunjungi website instagram.com.
  2. Selanjutnya, login menggunakan username dan password akun yang dinonaktifkan sebelumnya.
  3. Selesai, akun Anda sudah berhasil diaktifkan dan siap digunakan kembali.

Bagaimana, cara mengaktifkan akun Instagram cukup mudah, bukan?

Saya sudah mengikuti cara di atas, kenapa akun Instagram saya tetap belum aktif?

Jika Anda gagal mengaktifkan akun Instagram, biasanya jangka waktunya terlalu berdekatan dengan waktu saat menonaktifkannya. Seperti gambar di bawah ini, saya gagal login ke akun Instagram karena saya mencoba mengaktifkannya dalam jangka waktu kurang dari satu jam.

Cara Menonaktifkan Akun Instagram Sementara

Jadi, jika Anda mengalami masalah seperti gambar di atas, silahkan ulangi proses pengaktifan akun Instagram setelah beberapa jam. Notifikasi tersebut muncul karena proses penonaktifan akun Instagram masih berjalan, jadi Anda belum bisa login untuk menggunakannya.

Terkadang, kita tetap belum bisa mengaktifkan Instagram walaupun sudah menunggu beberapa jam. Tapi tenang dulu, kemungkinan besar batas minimal menonaktifkan akun Instagram adalah satu minggu, jadi silahkan lakukan pengaktifan Instagram setelah satu minggu.

Pernah melihat video keren di Instagram dan ingin menyimpannya? Jika belum tahu caranya, silahkan baca terlebih dahulu Cara Download Video di Instagram dengan Mudah.

Akhir Kata

Kesimpulannya adalah, menonaktifkan akun Instagram tidak akan menghilangkan akun Anda selamanya, karena cara ini memang berbeda dengan menghapus Instagram secara permanen.

Jadi, Anda tetap bisa kembali menggunakan akun Instagram kapanpun Anda mau. Namun, biasanya Anda harus menunggu selama satu minggu sebelum bisa mengaktifkan dan menggunakan akun tersebut.

Nah, itulah artikel mengenai cara menonaktifkan akun Instagram sementara serta cara mengaktifkannya kembali. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu Anda yang masih bingung dengan cara menonaktifkan Instagram.

Seorang bocah dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis, lebih spesifiknya menulis blog.

Tinggalkan komentar