Tips & Trik

Cara Download Playlist YouTube

Cara Download Playlist YouTube
https://kuotabro.com
Avatar
Writen & Edited By Charis Fitriyanto

Ingin download playlist dari channel youtube orang lain? Ternyata ada 3 cara untuk Download Playlist YouTube dari HP/ Laptop, berikut adalah tutorialnya.

Kuotabro.com – Bagi yang sering melihat video di YouTube, pasti sudah sering ya melihat daftar putar dari sebuah channel? Jadi, daftar putar tersebut berisi kumpulan video yang memiliki kategori sama.

Daftar putar tersebut lebih dikenal dengan playlist. Playlist ini bisa berisi konten video dengan kategori apa saja ya. Namun, yang sering ditemui di YouTube adalah konten dengan kategori musik.

Oleh karena itu, tak jarang ada pengguna YouTube yang ingin mendownload sebuah playlist dengan maksud agar tidak perlu mendownload video didalamnya satu per satu, jadi akan lebih hemat waktu begitu.

Bayangkan saja jika pada satu playlist terdapat ratusan video dan Anda harus mendownloadnya satu per satu, tentu akan sangat memakan waktu. Nah, karena itulah mucul sebuah ide untuk mendownload playlistnya saja.

Tenang, bisa kok! Kita bisa mendownload playlist YouTube secara langsung. Bahkan caranya bisa dibilang mudah dan cukup bervariasi. Penasaran? Baiklah, pada kesempatan kali ini akan saya berikan beberapa caranya.

Apa Itu Playlist YouTube?

Playlist YouTube

Sebelumnya, tidak ada salahnya jika kita ketahui tentang playlist terlebih dahulu.

Playlist atau lebih sering disebut dengan daftar putar adalah sebuah tools yang memiliki fungsi mengelompokkan beberapa video menjadi satu. Dengan playlist, sebuah video bisa dikumpulkan berdasarkan kategori masing-masing.

Dalam sebuah channel YouTube, mungkin Anda pernah melihat ya ada kumpulan video (daftar putar) dengan kategori yang sama. Jika daftar putar tersebut diklik, maka video didalamnya akan otomatis berputar secara berurutan.

Contohnya adalah pada gambar di atas. Dalam playlist tersebut, pemilik video sengaja mengumpulkan video dengan kategori yang sama dalam satu playlist. Dengan begitu, maka akan lebih mudah dalam menavigasinya.

Playlist ini memberikan keuntungan bagi penonton YouTube maupun Youtubernya.

Bagi penonton YouTube, playlist akan membantunya menemukan video sejenis dengan sangat mudah. Misal pada sebuah playlist Adventure Gunung, maka dalam playlist tersebut sudah pasti isinya berupa video yang ada kaitannya dengan gunung.

Sedangkan untuk Youtubernya, playlist bisa menambahkan jumlah penonton pada video mereka. Sebab, playlist YouTube itu bisa ditambahkan video orang lain. Jika salah satu video dalam playlist itu populer, maka kemungkinan besar video lain juga akan ikut populer dan bertambah viewsnya.

Cara Download Playlist di YouTube

Untuk mendownload playlist di YouTube, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, berikut adalah beberapa diantaranya.

1. YouTube By Click

YouTube By Click merupakan sebuah aplikasi downloader yang mampu mendownload playlist YouTube dengan sekali klik saja. Walaupun namanya YouTube by Click, namun aplikasi ini bisa digunakan untuk mendownload video dari Facebook, Instagram, Twitter, Vimeo, Dailymotion, YouKu, dan lainnya.

Untuk menggunakan aplikasi YouTube By Click, silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Pertama, silahkan Anda download dan install aplikasinya dari youtubebyclick.comCara Download Playlist YouTube
  2. Untuk instalasi lakukan seperti biasa saja ya, tinggal klik Next terus.
  3. Jika sudah, masukkan email Anda pada website ini lalu klik Send untuk mendapatkan kode lisensi untuk aktivasi aplikasi tadi.Cara Download Playlist di YouTube
  4. Setelah itu, buka email Anda > buka email dari support@youtubebyclick.com > copy serial number yang diberikan.
  5. Selanjutnya buka apliaksi yang sudah diinstall sebelumnya > klik anak panah ke bawah di sebelah tulisan YouTube Click lalu pilih Activate YouTube By Click.Cara Download Video Playlist YouTube
  6. Setelah itu akan muncul jendela seperti gambar di bawah ini. Silahkan masukkan kode yang dikirimkan melalui email lalu pilih Activate.Cara Mendownload Playlist YouTube
  7. Untuk mendownload playlist, silahkan Anda buka playlist tersebut lalu copy URL yang terletak pada address bar. Setelah di copy, silahkan buka aplikasi YouTube By Click, lalu klik Paste seperti pada gambar di bawah ini.Cara Download Playlist YouTube Video
  8. Selanjutnya, akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Pada bagian ini, Anda hanya perlu mengubah tempat yang hendak Anda gunakan untuk menyimpan semua video tersebut. Jika sudah, silahkan klik Download dan tunggu proses selesai.Cara Mendownload Playlist Video YouTube
  9. Selesai.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, maka Anda sudah berhasil mendownload playlist YouTube.

Yang harus Anda ketahui adalah, sebenarnya aplikasi ini berbayar, namun kita mendapatkan free trial selama 7 hari. Jadi, setelah 7 hari kita harus membayar untuk tetap bisa menggunakannya.

2. YouTube Multi Downloader

Pada cara kedua ini kita tidak membutuhkan aplikasi seperti cara pertama ya, karena yang akan digunakan adalah sebuah website.

Namun, Anda tetap memerlukan aplikasi IDM (Internet Download Manager) ya, nantinya akan digunakan untuk mendownload semua video dalam playlist.

Jika tertarik menggunakan cara ini, silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Pertama, silahkan Anda cari terlebih dahulu playlist yang ingin Anda download. Setelah itu, silahkan Anda copy URL playlist tersebut, caranya klik kanan pada address bar lalu pilih copy link address.
  2. Kemudian, silahkan kunjungi website YouTube Multi Downloader.
  3. Setelah masuk ke website tersebut, klik Playlist pada bagian atas lalu tempelkan link pada Playlist Link. Tunggu beberapa saat, setelah itu Anda sudah bisa mendownload videonya secara manual dengan cara klik format video tersebut.Cara Download Playlist YouTube Tanpa Aplikasi
  4. Untuk mendownload semua video tersebut sekaligus, silahkan copy code seperti gambar di bawah ini. Pastikan tercopy semua ya agar nantinya tidak terjadi error.Cara Mendownload Playlist YouTube Tanpa Aplikasi
  5. Setelah berhasil dicopy, silahkan buka aplikasi IDM (Internet Download Manager). Pada menu bar, silahkan klik Tugas Tambahkan banyak download sekaligus dari clipboard.
  6. Selanjutnya, Anda akan melihat semua video yang ada pada playlist yang hendak Anda download. Untuk mendownloadnya, silahkan centang semua video lalu klik Ok.Cara Download Playlist di YouTube Terbaru
  7. Proses download video tersebut tidak langsung berjalan, karena semuanya masih masuk antrian. Untuk memulai proses download, klik Antrian utama Download lalu pilih Mulai sekarang.Cara Terbaru Download Playlist YouTube
  8. Silahkan tunggu proses download hingga selesai.

3. Website Downvids.net

Ini adalah cara terakhir yang bisa Anda gunakan untuk mendownload playlist YouTube. Kalau cara ini memang benar-benar tanpa aplikasi apapun. Yang Anda perlukan hanyalah sebuah web browser seperti Google Chrome ataupun Mozilla Firefox.

Cara menggunakan website ini juga sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, silahkan Anda cari terlebih dahulu playlist yang ingin Anda download. Selanjutnya, silahkan Anda copy URL playlist tersebut, caranya klik kanan pada address bar lalu pilih copy link address.
  2. Setelah itu, silahkan kunjungi website Download YouTube Playlist Video.
  3. Kemudian, paste URL playlist yang sudah dicopy tadi pada kolom yang disediakan. Silahkan pilih format video yang Anda inginkan, jika sudah silahkan klik Download.Cara Download Daftar Putar YouTube
  4. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai. Setelah itu, silahkan pilih mau mendownload dalam format video ataupun mp3.Cara Mendownload Daftar Putar YouTube
  5. Selesai.

Untuk cara yang terakhir ini memang tidak bisa langsung mendownload semuanya ya, melainkan harus satu per satu. Tapi tidak masalah, itu juga sudah cukup memudahkan Anda mendownload sebuah video dalam playlist YouTube.

Akhir Kata

Cara download playlist YouTube memang tidak sama dengan cara download video di YouTube ya, untuk mendownload playlist jauh lebih ribet.

Dengan beberapa cara di atas, Anda akan sedikit dimudahkan karena semua caranya memang benar-benar berhasil dilakukan.

Mungkin hanya ini saja artikel yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa membantu Anda dalam mendownload playlist di YouTube.

Selamat mencoba!

Tentang Penulis

Avatar

Charis Fitriyanto

Sekadar bocah dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis, lebih spesifiknya menulis blog.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992