Cara Menonaktifkan WhatsApp sementara

Kali ini, kuoatabro akan membahas tentang cara menonaktifkan WhatsApp sementara. Dalam kondisi tertentu, pengguna WhatsApp memang ingin menonaktifkan secara sementara.

Ada masanya kita harus mnonaktifkan aplikasi WhatsApp secara sementara. Misal contohnya seperti ini, ketika sibuk karena banyaknya pekerjaan atau kegiatan lainnya, maka secara otomatis kita juga tidak ingin menerima panggilan dan pesan masuk dari seseorang melalui aplikasi WhatsApp.

Hal ini terjadi bukan hanya pada diri sendiri saja, melainkan masih banyak orang lain yang merasa terganggu dikarenakan adanya pesan masuk dari WhatsApp.

Oleh karena itu, agar tidak ada lagi pesan masuk dari aplikasi WhatsApp, banyak dari pengguna smartphone Android maupun iOS sering menonaktifkan jaringan internet.

Perlu dipahami, jika kita menonaktifkan jaringan internet pada HP, secara otomatis smartphone tidak bisa digunakan untuk keperluan lainnya yang memang sangat membutuhkan jaringan internet.

Berikut ada beberapa penjelasan mengenai cara menonaktifkan WhatsApp sementara di berbagai macam jenis HP. Untuk mempersingkat waktu, silahkan simak artikel di bawah ini.

Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara di iPhone

Bukan hanya Android saja yang bisa mematikan WhatsApp secara sementara, namun para pengguna iPhone dan iPad pun tetap bisa menonaktifkan WhatsApp secara sementara.

Lantas bagaimana langkahnya? Apakah metodenya sulit? tentu saja tidak! Karena cara menonaktifkan WhatsApp di iPhone dan iPad itu bisa dilakukan tanpa harus menggunakan aplikasi tertentu.

Tapi, cara menonaktifkan wa di iPhone ini agak sedikit berbeda dengan cara yang dilakukan pada HP Android. Kenapa? Sebab kalau di iPhone itu penggunanya hanya perlu menghilangkan pemberitahuan pada WhatsApp saja.

Caranya seperti ini:

Baca juga:
Cara melihat pesan WhatsApp yang dihapus
Cara melihat barcode WhatsApp

  1. Buka menu pengaturan yang ada di iPhone.
  2. Kemudian scroll ke bawah untuk mencari pengaturan pemberitahuan (Notification).
    cara menonaktifkan whatsapp sementara
  3. Setelah itu silahkan pilih aplikasi WhatsApp.
    cara menonaktifkan whatsapp sementara
  4. Kemudian geser slide bar yang letaknya ada di samping kanan Allow Notification untuk menonaktifkan pemberitahuan WhatsApp yang masuk.

Dengan seperti itu, secara otomatis kita tidak akan terhindar dari pemberitahuan pesan atau telpon dari aplikasi WhatsApp.

Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara di Android Menggunakan Aplikasi

Setelah di atas membahas untuk pengguna iPhone, maka cara kedua untuk menonaktifkan WhatsApp sementara ini khusus untuk pengguna HP Android.

Jadi, cara kedua ini menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga, yaitu Hibernator. Hibernator merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk menonaktifkan WhatsApp secara sementara.

Bukan hanya itu, namun aplikasi ini dapat digunakan untuk menangkal keborosan daya tahan baterai. Lantas bagaimana cara melakukannya? Simak langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka HP Android yang kamu gunakan, entah itu Oppo, Vivo, Samsung, Sony dan lain sebagainya.
  2. Setelah aplikasi Hibernator berhasil dipasang, jalankan aplikasi tersebut.
  3. Lalu scroll layar HP ke bawah sampai menemukan kolom Launched Apps.
    cara menonaktifkan whatsapp sementara
  4. Kemudian scroll lagi layar HP ke atas dan bawah untuk mencari aplikasi WhatsApp.
  5. Setelah menemukan aplikasi WhatsApp, silahkan tekan tanda ZZZ yang letaknya ada disebelah kanan aplikasi WhatsApp. Tunggu sebentar sampai aplikasi WhatsApp tidak aktif secara otomatis.
    cara menonaktifkan whatsapp sementara
  6. Selesai.

Nah, untuk mengaktifkan kembali aplikasi WhatsApp-nya pun cukup mudah. Caranya seperti ini:

  1. Silahkan buka terlebih dulu aplikasi Hibernator, lalu cari aplikasi yang ingin kamu hidupkan (WhatsApp) di kolom Hibernated Apps.
  2. Kemudian pilih tombol panah yang ada di samping aplikasi WhatsApp.
  3. Selesai, maka aplikasi WhatsApp akan segera aktif kembali.

Jika dilihat dari cara di atas, menonaktifkan aplikasi WhatsApp secara sementara ini sangat gampang. Terlebih untuk mengaktifkan kembalinya pun bisa dikatakan cukup mudah.

Catatan: WhatsApp tidak akan bisa digunakan walaupun kamu sedang membuka aplikasi tersebut.

Oleh karena itu cara seperti ini tentu saja sangat menguntungkan. Kenapa? Jika kamu lupa dan tidak sengaja membuka Aplikasi WhatsApp, kamu tidak akan menerima pesan masuk dari siapapun walaupun sedang membuka aplikasi tersebut.

Menguntungkan bukan?

Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara di Android Tanpa Aplikasi

Jika paragraf di atas membahas cara menonkatifkan WhatsApp sementara di Android menggunakan aplikasi, kini saatnya kita bahas tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Langkah awal yang dapat dilakukan dan paling mudah adalah, melakukan force stop. Bagi yang belum mengetahui apaitu force stop, force stop adalah fitur yang ada di HP Android.

Kegunaan dari force stop sendiri berfungsi untuk menghentikan aplikasi yang berjalan secara paksa.

Pertanyaannya, apakah fitur ini tersedia di seluruh merk HP Android? Tentu saja, sebab dari berbagai macam merk Android seperti Xiaomi, Samsung, Sony, LG, Lenovo, Asus dan lain sebagainya telah dilengkapi oleh fitur seperti ini.

Sebagai contohnya kita menggunakan HP Xiaomi, cara mudah menonaktifkan WhatsApp sementara di HP Xiaomi itu seperti ini:

  1. Langkah awal, silahkan buka menu pengaturan yang ada di HP Android.
  2. Cari menu pengaturan aplikasi dan tekan untuk membukanya.
    cara menonaktifkan whatsapp sementara
  3. Kemudian cari WhatsApp di menu aplikasi yang terinstall.
  4. Setelah menemukan aplikasi tersebut, silahkan pilih force stop (Hentikan secara paksa).
  5. Jika muncul sebuah pesan pertanyaan seperti “Apakah kita ingin memberhentikan aplikasi tersebut dengan paksa, silahkan pilih menu OK.
    cara menonaktifkan whatsapp sementara
  1. Selesai dan aplikasi WhatsApp akan dinonaktifkan secara sementara.

Catatan: Aplikasi WhatsApp bisa digunakan kembali dengan catatan kamu harus membukanya.

Oh iya, cara seperti ini bisa digunakan juga untuk WhatsApp Mod.

Perlu diperhatikan, jika kamu menggunakan cara ini dan ternyata tampilannya tidak sesuai dengan gambar yang ada di website ini, jangan khawatir. Kenapa? Sebab tampilan tersebut menyesuaikan dengan HP apa yang kamu gunakan.

Mungkin sekian ulasan tentang cara menonaktifkan WhatsApp sementara di iPhone (iOS) dan berbagai macam merk HP Android. Semoga isi dari pembahasan ini bermanfaat dan berguna bagi kamu yang membutuhkan.

Selamat mencoba 🙂

Rina Mardiana

Seorang jurnalis lulusan Universitas Padjajaran angkatan 2016. Kini ia menjadi jurnalis lapangan di salah satu media televisi dan penulis khusus online.

Tinggalkan komentar