Cara Menggunakan 2 WhatsApp

Masih seputar aplikasi chatting, kali ini saya akan membahas tentang cara menggunakan 2 WhatsApp. Bagi kamu yang belum tau bagaimana teknisnya, silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Kini, aplikasi chatting memang semakin dibutuhkan oleh semua kalangan, salah satunya yang sedang ramai adalah aplikasi WhatsApp.

Terlebih, banyak pengguna yang membutuhkan 2 aplikasi WhatsApp dalam 1 smartphone untuk masing-masing keperluannya. Entah itu untuk keperluan kerjaan, bisnis, dan lain sebagainya.

Biasanya, para user tidak dapat menggunakan 2 aplikasi WhatsApp yang digunakan pada 1 smartphone. Tapi, dengan adanya bantuan berupa aplikasi pihak ketiga, kamu dapat mendownload dan menjalankan 2 WhatsApp secara bersamaan dalam 1 HP.

Mungkin yang belum tau soal cara menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP akan bertanya-tanya seperti apa. Dari pada penasaran, yuk mari kita simak bareng-bareng artikel di bawah ini.

Cara Menggunakan 2 Akun WhatsApp

Cara seperti ini layak bagi kamu yang ingin menggunakan 2 akun WhatsApp untuk kebutuhan pribadi dan kerjaan. Sebenarnya bukan cuman kebutuhan kerjaan saja, namun dengan menggunakan 2 akun WhatsApp ini bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

Jika tertarik, silahkan ikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di dalam artikel ini.

Pertanyaannya, bagaimana cara memasang atau membuka 2 akun WhatsApp secara bersamaan dalam 1 smartphone? Mudah kok, kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara.

Apakah cara seperti ini harus melakukan root pada HP Android? Tentu saja tidak! Adapun cara yang dapat kamu lakukan adalah sebagai berikut:

Baca Juga:

Cara melihat status wa tanpa diketahui
Cara melihat barcode wa

Menggunakan WhatsApp Business

cara menggunakan 2 whatsapp

Perlu diketahui, WhatsApp Business adalah aplikasi WhatsApp yang dibuat secara khusus untuk kamu yang saat ini sedang menjalankan sebuah bisnis. Walaupun tujuan dari pembuatan aplikasi ini, kamu juga masih tetap bisa menggunakannya untuk keperluan diluar bisnis.

WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger ini dikembangkan oleh WhatsApp Inc. Maka dari itu, aplikasi chatting ini masih sangat aman untuk membuka 2 WhatsApp sekaligus dalam 1 HP.

Lantas bagaimana metodenya? Jangan khawatir, gampang kok! Ikuti panduan yang sudah saya tulis di bawah ini ya:

  1. Langkah awal, silahkan masuk ke Google Play Store untuk mendownload aplikasi WhatsApp Business.
  2. Setelah terpasang di ponsel yang kamu gunakan, silahkan buka aplikasinya. Nanti di halaman pertama aplikasi akan ada pilihan setuju dan lanjutkan, silahkan klik pilihan tersebut.
    cara menggunakan 2 whatsapp
  3. Setelah tahap kedua sudah diselesaikan, silahkan lakukan pendaftaran WhatsApp seperti biasanya. Masukan nomor telpon yang kamu gunakan dan verifikasi nomor tersebut.
  4. Selesai.

Dengan begitu, saat ini kamu sudah dapat menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 Hp.

Mari kita lanjutkan ke pembahasan selanjutnya.

Menggunakan Parallel Space

cara menggunakan 2 whatsapp

Selain memanfaatkan WhatsApp Business, kamu juga bisa menggunakan Parallel Space. Aplikasi ini digunakan untuk menggandakan aplikasi dalam 1 HP. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa menggunakan 2 aplikasi WhatsApp tanpa harus menginstall WhatsApp Business.

Sebenarnya bukan hanya WhatsApp saja, seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa Parallel Space ini bisa digunakan untuk menggandakan aplikasi apa saja dalam 1 HP.

Lalu bagaimana cara menggunakanya? Silahkan simak artikel di bawah ini:

  1. Pertama-tama, silahkan masuk ke halaman Google Play Store untuk mendonwload aplikasi Parallel Space.
  2. Setelah terpasang di HP kamu, silahkan buka aplikasi tersebut untuk memulai penggandaan.
  3. Ketika berada di halaman pertama, pilih dan berikan centang terhadap aplikasi yang ingin kamu gandakan. Kemudian klik pada kolom yang tulisannya “Tambahkan ke Parallel Space” dan tunggu sampai proses penggandaan selesai.
    cara menggunakan 2 whatsapp
  4. Selesainya proses penggandaan aplikasi, silahkan buka aplikasi dengan klik lambang WhatsApp.
  5. Lalu daftarkan nomor yang ingin digunakan untuk aplikasi WhatsApp.
  6. Selesai.

Perlu diperhatikan bahwa aplikasi Parallel Space ini tidak akan support terhadap beberapa jenis HP. Maka dari itu, jika aplikasi ini tidak support dengan HP yang kamu gunakan jangan khawatir, karena masih ada aplikasi lainnya yang bisa membantu kamu untuk menggandakan aplikasi WhatsApp lainnya, yaitu Parallel Space Lite.

Sedikit informasi, ketika menggunakan aplikasi Parallel Space Lite, kamu tidak akan mengalami masalah seperti error ketika sedang mempraktikakan cara seperti ini.

Jadi pada intinya, bukan hanya menggunakan Parallel Space saja untuk menggunakan 2 aplikasi WhatsApp dalam 1 HP, namun kamu juga bisa menggunakan Parallel Space Lite.

Clone Melalui Android

cara menggunakan 2 whatsapp

Selain dari cara di atas, cara menggunakan 2 WhatsApp juga bisa menggunakan cara ini, yaitu Clone WhatsApp. Ada beberapa jenis HP Android yang memiliki fitur clone untuk digunakan membuka 2 aplikasi sekaligus dalam 1 HP.

Tapi sayangnya, fitur ini hanya ada di beberapa tipe Android saja. Nah teruntuk kamu yang HPnya tidak mempunyai fitur seperti ini, maka untuk menggunakan 2 WhatsApp tidak bisa dengan cara ini.

Namun jika kamu pengguna Android dan ternyata di HP tersebut sudah ada fitur clone nya, nah fitur tersebut bisa kamu manfaatkan untuk menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP.

Sedikit informasi, ada salah satu teman saya yang bernama Fatah menggunakan HP Android dari merk Samsung dengan tipe J7 Pro, kebetulan HP tersebut sudah ada fitur clone-nya.

Akhirnya, Mas Fatah ini mencoba untuk mengulik-ngulik bagaimana si caranya menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP dengan cara seperti ini, dan alhasil dia pun berhasil mencobanya.

Bagi kamu yang ingin menggunakan fitur clone dan belum tau bagaimana caranya, silahkan ikuti panduan yang sudah saya tulis di bawah ini:

  1. Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah, membuka aplikasi pengaturan di HP Android yang kamu gunakan.
  2. Kemudian, cari menu fitur lanjutan dan pilih dual messenger seperti yang ada pada gambar berikut ini.
    cara menggunakan 2 whatsapp
  3. Di halaman selanjutnya, kamu akan melihat dengan jelas aplikasi yang dapat di clone. Nah, untuk clone WhatsApp sendiri, silahkan tap toggle yang ada di sebelah kanan. Apabila muncul pemberitahuan untuk melakukan penginstallan, silahkan pilih tombol Install. Setelah proses penginstallan selesai, tak lama dari itu akan muncul lambang clone di gambar WhatsApp.
  4. Jika sudah menyelesaikan langkah ketiga, silahkan buka menu utama di HP yang kamu gunakan. Di menu utama akan ada WhatsApp biasa dan WhatsApp yang ada lambang clone-nya. Buka WhatsApp clone untuk menyetujui aplikasi.
  5. Langkah terakhir sama seperti biasanya, yaitu melakukan pendaftaran nomor yang ingin digunakan untuk aplikasi tersebut, kemudian melakukan verifikasi.
  6. Selesai dan WhatsApp clone pun bisa digunakan seperti aplikasi pada umumnya.

Oh iya untuk tampilan WhatsApp clone ini sama persis dengan WhatsApp biasa.

Jadi seperti itu beberapa tahapan untuk menggunakan 2 aplikasi WhatsApp secara bersamaan dalam 1 HP. Ketiga cara di atas sudah saya coba dengan rekan saya, dan alhamdulillah berhasil tidak ada kendala sama sekali.

Sekian ulasan tentang bagaimana cara menggunakan 2 WhatsApp. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menjadi ilmu pengetahuan bagi para pembaca, mohon maaf apabila ada penyampaian yang kurang dimengerti dan mudah-mudahan semuanya bisa memahami apa yang sudah saya tulis di atas.

terimakasih telah berkunjung, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Malik Delvatinson

Seorang pecinta otomotif, teknologi, game, dan fotografi. Suka ngotak-ngatik hape dan laptop.

Tinggalkan komentar