Cara Root HP Xiaomi Semua Tipe

Oleh: /

Lupakan SuperSU, Framaroot, Kingroot. Udah mati.

Satu-satunya cara yang paling rekomended adalah pake Magisk.

SEBELUM mengikuti tutorial ini, HARUS unlock bootloader dulu. Ikuti caranya di sini: https://highonandroid.com/android-root-101/how-to-unlock-bootloader-on-xiaomi-android/

Xiaomi adalah salah satu produsen smartphone asal China yang terus memukau penggemarnya dengan inovasi kualitas dan harga yang murah. Akhir tahun 2020 silam, Xiaomi memperkenalkan beberapa lini produk terbarunya yang telah mendukung koneksi 5G, kinerja yang lebih upgrade, serta kamera yang menawan.

Sebagai salah satu merek smartphone Android, Xiaomi juga mengusung beberapa perangkat lunak pada perangkatnya. Bloatware yang disediakan oleh Xiaomi tersebut menawarkan fitur dasar pada penggunanya dan beberapa iklan. Sehingga, bagi pengguna yang ingin mendapatkan fitur lebih advance, Anda bisa memilih opsi root pada smartphone Xiaomi.

Untuk melakukan rooting pada smartphone Xiaomi sebenarnya cukup mudah, namun sebelum itu salah satu yang harus Anda lakukan terlebih dahulu adalah membuka Lock Bootloader-nya. Hal tersebut sesuai dengan fungsi root HP atau smartphone Andorid. Barulah kemudian melakukan rooting yang terdiri dari beberapa langkah.

Metode rooting pada smartphone Xiaomi yang ada pada artikel ini juga tidak terbatas hanya untuk perangkat terbaru dari Xiaomi, tapi merupakan metode universal.

Artinya, Anda bisa melakukan cara rooting tersebut pada semua perangkat milik Xioami. Seperti misalnya:

  • Xiaomi Mi 10T, Mi 10T Lite Mi 9, Mi 8, Mi A2, Mi A2 Lite, Mi A1, Mi 6, Mi Note 2, Mi 5, Mi 5S Plus
  • Pocophone F1
  • Redmi 9, Redmi 8, Redmi 8S, Redmi 7, Redmi 6, Redmi 6A, Redmi 5, Redmi 4
  • dan perangkat Xiaomi lainnya yang belum disebutkan

Prasyarat

tutorial cara root hp xiaomi

Sebelum mulai melakukan proses rooting pada perangkat Xiaomi, Anda harus sudah mengetahui resiko dan konseskuensi yang muncul dari proses rooting.

Selain itu, terlebih dahulu Anda harus menyiapkan beberapa prasyarat sebagai berikut.

Persiapan Sebelum Melakukan Root

  • Siapkan smartphone Xiaomi yang akan Anda rooting
  • Cadangkan semua data atau file penting yang terdapat pada perangkat smartphone Xiaomi di perangkat lain seperti PC/laptop
  • Pastikan baterai smartphone Xiaomi yang akan di-root dalam keadaan penuh atau minimal 70%
  • Lakukan langkah-langkah rooting dengan tepat dan seksama
  • Siapkan PC/laptop dengan OS Windows, Mac, atau Linux
  • Gunakan kabel USB yang berkinerja baik

Setelah semuanya siap, hal lain yang harus Anda siapkan adalah file dan tools yang dibutuhkan dalam proses rooting smartphone Xiaomi.

Ada beberapa hal yang harus Anda download, diantaranya adalah sebagai berikut:

Hal-hal Yang Perlu Diunduh Sebelum Melakukan Root

  • Download Driver USB Xiaomi
  • Download dan ekstrak driver ADB dan Fastboot.zip
  • Download Mi Unlock Tool
  • Download Magisk
  • Download TWRP atau Firmware stok yang sesuai dengan model smartphone Xiaomi masing-masing

Membuka Kunci Bootloader (Lock Bootloader)

Cara Root HP Xiaomi Semua Tipe - ubl xiaomi image

Setelah prasyarat disiapkan, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, langkah pertama pada proses rooting smartphone Xiaomi adalah membuka kunci bootloader.

Nah, bagi yang belum tahu caranya, berikut langkah-langkah untuk melakukannya:

Peringatan: Membuka kunci bootloader (Lock bootloader) akan menghapus data pada penyimpanan internal, maka sebaiknya cadangkan file dan data pribadi yang penting.

Hal-hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Melakukan Unlock Bootloader (UBL)

  • Aktifkan Mode Pengembang, caranya yaitu buka menu pengaturan (Settings) > klik tentang ponsel (About Phone) > ketuk beberapa kali pada versi UI hingga muncul tulisan sekarang kamu adalah pengembang (You are now a developer).
  • Aktifkan USB Debugging, caranya dengan menuju ke pengaturan (Settings) > pilih menu pengaturan tambahan (Additional Settings) > klik opsi pengembang (Developer Options) > aktifkan USB Debugging.
  • Tautkan Aku Mi dengan perangkat, pergi ke menu pengaturan (Settings) > pilih menu pengaturan tambahan (Additional Settings) > klik opsi pengembang (Developer Options) > lalu pilih tambahkan akun dan perangkat dan masuk ke akun Anda (Add account and device and login to your account).

Kemudian ikuti langkah sebagai berikut dengan seksama untuk membuka kunci bootloader (Lock Bootloader) pada smartphone Xiaomi.

Langkah-langkah Melakukan Unlock Bootloader (UBL)

  • Matikan perangkat Xiaomi Anda, kemudian masuk ke mode Fastboot dengan cara menekan Volume Down + Tombol Power secara bersamaan
  • Hubungkan perangkat smartphone Xiaomi dengan PC/laptop menggunakan kabel USB yang telah disiapkan
  • Unduh Mi Unlock Tool lalu ekstrak ke dalam folder
  • Buka Mi Flash Tool > Masuk (Login) dengan Akun Mi dan biarkan hingga proses verifikasi kelayakan perangkat selesai dan muncul tulisan telepon terhubung (Phone connected)
  • Tekan tombol buka kunci (Unlock) di aplikasi Mi Flash Tool dan kemudian pilih tetap buka (Unlock anyway) saat diminta lebih lanjut
  • Setelah berhasil akan muncul teks sukses membuka kunci (Unlocked successfully)
  • Reboot perangkat Xiaomi dengan cara klik reboot telepon (Reboot phone)
  • Kunci bootloader telah selesai dibuka atau unlock

Melakukan Rooting Menggunakan Magisk

Cara Root HP Xiaomi Semua Tipe - magisk image

Magisk adalah salah satu tools untuk melakukan rooting yang cukup efisien dan efektif. Untuk melakukannya, lakukan langkah-langkah berikut ini dengan hati-hati dan seksama agar proses rooting berhasil.

Caranya adalah sebagai berikut:

1. Sebelum mulai rooting pastikan bahwa Anda yang menggunakan PC/laptop dengan OS Windows telah terlebih dahulu menginstal driver Android ADB Interface. Cara mengetahuinya sudah terinstal atau tidak, adalah dengan mengecek di Device Manager dan cari Android ADB Interface. Bagi pengguna OS Mac atau Linux, Anda tidak perlu meninstal driver tersebut.

2. Matikan perangkat smartphone Xiaomi dan masuk ke dalam mode Fastboot (Volume Down + Tombol Power) lalu hubungkan dengan USB ke PC/laptop.

3. Unzip atau ekstrak file Fastboot.zip yang telah Anda unduh sebelumnya.

4. Unduh pemulihan TWRP di laman TWRP.me untuk memilih Firmware stok yang sesuai dengan perangkat smartphone Xiaomi masing-masing. Carilah dan unduh versi tebaru berupa file yang berakhiran (.img). Jika Anda tidak menemukannya dilama TWRP.me, mungkin itu dikarenakan perangkat smartphone Xiaomi Anda terlalu baru sehingga belum keluar. Oleh sebab itu, Anda bisa mencari TWRP lain yangtidak resmi dan mengunduhnya dari forum XDA developer.

5. Salin file image TWRP ke dalam direktori fastboot tempat Anda mengekstrak file Fastboot.zip sebelumnya.

6. Buka command prompt (CMD) pada OS Windows atau terminal pada OS Mac dan Linux lalu ketik perintah sebagai berikut untuk melakukan flash pemulihan TWRP ke Xiaomi Anda.

Untuk Windows:

cd Downloads
cd fastboot
fastboot flash recovery ReplaceWithTWRPImageName.img

Catatan: Gantilah ReplaceWithTWRPImageName.img dengan nama file TWRP.img yang sebenarnya sesuai yang telah Anda download.

Untuk Mac:

cd Downloads
cd fastboot
chmod 755 *
./fastboot-mac flash recovery ReplaceWithTWRPImageName.img

Catatan: Gantilah ReplaceWithTWRPImageName.img dengan nama file TWRP.img yang sebenarnya sesuai yang telah Anda download.

Untuk Linux:

cd Downloads
cd fastboot
chmod 755 *
sudo ./fastboot-linux flash recovery ReplaceWithTWRPImageName.img

Catatan: Gantilah ReplaceWithTWRPImageName.img dengan nama file TWRP.img yang sebenarnya sesuai yang telah Anda download.

7. Selanjutnya saat Anda mengetik fastboot reboot di CMD Windows atau ./fastboot-mac reboot di terminal Mac dan sudo ./fastboot-linux reboot di terminal Linux, kemudian tekan Enter, pastikan Anda sambil menahan Volume Up + Tombol Power secara bersamaan sampai memasuki pemulihan TWRP. Apabila Anda melewati langkah tersebut, maka Anda harus mengulangi lagi langkah ke 6 atau me-reflash TWRP untuk mengakses file pemulihan TWRP lagi.

8. Sebagian besar pemulihan TWRP default menggunakan bahasa China pada perangkat smartphone Xiaomi, tetapi Anda dapat merubah bahasanya dengan menggunakan tombol kanan di bagian bawah. Jika Anda menemukan opsi Keep Read Only, maka pilihlah. Jika tidak, Anda juga tetap dapat melakukannya.

9. Salin file pengnstal Magisk ZIP yang sudah Anda download sebelumnya ke dalam perangkat Xiaomi Anda. Kemudian secara otomatis, perangkat akan terhubung sebagai drive disk. Jika tidak, Anda dapat melakukan reboot dan menyalin lalu reboot kembali ke pemulihan TWRP atau mengulangi langkah ke 6.

10. Gunakan menu Install dari TWRP untuk melakukan instalasi file Magisk ZIP.

11. Setelah selesai, lakukan reboot

12. Selanjutnya, Anda akan menemukan aplikasi Magisk Manager. Jika Anda tidak melihatnya karena suatu alasan, Anda bisa menggunakan cara instalasi manual yaitu dengan mengunduh APK Magisk Manager dan menginstalnya pada perangkat.

13. Aplikasi Magisk Manager akan memunculkan tulisan Install Version dengan tanda centang. Jika hal tersebut muncul, maka bisa dipastikan smartphone Xiaomi Anda telah berhasil di-root. Apabila Anda masih ragu, cobalah instal aplikasi Titanium Backup, maka Anda akan melihat jendela permintaan Super User yang berarti perangkat telah berhasil di-root.

14. Enjoy!

Kesimpulan

Apabila Anda melakukan cara-cara tersebut, Anda akan bisa mendapatkan akses root pada perangkat smartphone Xiaomi apapun.

Cara tersebut tentunya butuh proses yang hati-hati dan seksama agar bisa berhasil dan tidak membuat perangkat Anda malah menjadi rusak atau bermasalah. Semoga bisa memabntu sobat Kuotabro.

Baca juga cara cek imei xiaomi semua tipe.

Tinggalkan komentar