Cara Screenshot Samsung untuk Semua Tipe Lengkap

Oleh: /

Masih bingung cara screenshot samsung yang mudah? Berikut ulasannya!

Screenshot yang dikenal juga sebagai screen capture atau screen grab adalah salah satu fitur pada smartphone yang banyak digunakan. Proses mengambil tangkapan layar tersebut dibuat oleh sistem operasi atau OS yang berjalan pada perangkat.

Fitur screenshot ini berguna untuk melakukan tangkapan layar yang sedang aktif. Biasanya dilakukan pada sebuah percakapan di aplikasi chatting, sebuah informasi penting di layar smartphone, atau saat terjadi momen menarik kala bermain game.

Meskipun terbilang salah satu fitur yang banyak digunakan. Namun, ada pula pengguna smartphone yang masih belum paham bagaimana cara menggunakannya. Padahal sebenarnya cara screenshot cukup universal di semua perangkat smartphone.

Seperti pada smartphone lainnya, cara screenshot pada Samsung juga tidak jauh berbeda. Entah itu pada smartphone Samsung tipe lama maupun tipe terbaru. Jika pun ada perbedaan maka itu hanya terjadi karena adanya spesifikasi khusus.

Produk keluaran smartphone Samsung yang terbaru kebanyakan tidak memiliki tombol home di bagian depan. Sehingga untuk melakukan screenshot cukup berbeda dari generasi sebelumnya, oleh sebab itu cara screenshot juga dipengaruhi oleh tipe perangkat. Secara umum, berikut bebrapa cara screenshot smartphone Samsung:

1. Menggunakan Kombinasi Tombol Fisik, pada generasi lama kombinasi tombol untuk melakukan screenshot adalah Power + Home, sedangkan keluaran smartphone Samsung terbaru mengganti kombinasinya dengan tombol Power + Volume Down secara bersamaan. Metode tersebut bisa dilakukan pada layar aktif baik itu, saat menjalankan aplikasi, game, browser, gambar, dan lain sebagainya.

2. Menggunakan Palm Swipe, pengguna smartphone Samsung terbaru, kebanyakan adalah perangkat yang diproduksi di atas tahun 2013 juga bisa melakukan screenshot dengan fitur Palm Swipe atau Motion Control. Namun, fitur tersebut harus diaktifkan secara manual terlebih dahulu di menu pengaturan dan tidak otomatis aktif. Kelebihan dari Palm Swipe yaitu karena pengguna tidak perlu menekan tombol fisik.

3. Menggunakan S-Pen, Selain kedua cara sebelumnya, pengguna smartphone Samsung juga bisa melakukan screenshot dengan perangkat tambahan yaitu Pen S. Namun, fitur teresebut hanya berlaku bagi pengguna Samsung Galaxy Note Series versi 3 ke atas. Tapi, baru-baru ini, fitur S-Pen juga bisa digunakan pada selain Samsung Galaxy Note Series, yaitu pada keluaran smartphone terbaru, Samsung S21.

4. Screenshot rolling atau panjang, screenshot pada smartphone Samsung juga ternyata bisa dimodifikasi, salah satunya adalah dengan rolling atau screenshot panjang. Metode tersebut bisa digunakan untuk mengambil tangkapan layar yang lebih banyak. Sehingga screenshot yang dihasilkan dapat berasal dari layar aktif yang membuthkan guliran atau scroll, oleh sebab itu dinamakan rolling atau panjang.

Setelah Anda mengetahui beberapa cara yang umum untuk melakukan screenshot pada smartphone Samsung di hampir semua tipe, maka selanjutnya Anda perlu mengetahui langkah-langkah untuk melakukannya, yaitu sebagai berikut:

Menggunakan Kombinasi Tombol Fisik

cara screenshot samsung

Untuk melakukan screenshot menggunakan tombol fisik ada dua cara yang bisa dilakukan. Kedua cara tersebut dibedakan dengan adanya tombol Home dan tidak.

Tipe lama masih memiliki tomol Home, tapi pada tipe Samsung terbaru dihilangkan.

Power+Home

  • Layar smartphone Samsung dalam keadaan aktif
  • Tekan tombol Power + Home secara bersamaan
  • Tahan beberapa saat hingga muncul suara klik atau getaran jika berada dalam mode getar.

Power+Volume Down

  • Layar smartphone Samsung dalam keadaan aktif
  • Tekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan
  • Tahan beberapa saat hingga terdengar suara shutter kamera atau muncul preview singkat hasil screenshot

Menggunakan Palm Swipe

cara screenshot samsung s8

Palm Swipe adalah metode screenshot pada layar smartphone Samsung yang dilakukan dengan cara mengusap atau swipe tangan dari kiri ke kanan pada layar smartphone.

Untuk mengaktifkannya, berikut cara yang harus Anda lakukan.

Langkah-langkah Screenshot HP Samsung Melalui Palm Swipe

  • Masuk ke menu pengaturan (Settings) > pilih fitur tambahan (Advanced Features) atau untuk versi Samsung yang lebih lama pilih pengaturan (Settings) > gerakan dan gestur (Motions and Gestures)
  • Aktifkan opsi Palm Swipe to Capture
  • Selesai, cobalah untuk mengusap tangan dari kiri ke kanan layar smartphone Samsung hingga terdengar suara shutter kamera

Menggunakan S-Pen

tombol screenshot samsung

Fitur S-Pen hanyalah berlaku bagi seri Samsung yang dilengkapi dengan S-Pen.

Selain seri Note, beberapa tablet Samsung seperti Tab A juga bisa melakukan teknik ini. Termasuk pada produk Samsung terbaru, yaitu S21. Caranya adalah sebagai berikut.

Langkah Screenshot HP Samsung Melalu S-Pen

  • Aktifkan menu Air Command yang otomatis muncul saat S-Pen ditarik atau dengan menekan tombol yang terdapat pada S-Pen
  • Pilih Screen Write untuk mengambil screenshot
  • Kelebihan dari fitur tersebut adalah sesaat sebelum mengambil screenshot Anda bisa menambahkan beberapa catatan pada layar, selain itu bisa juga melakukan cropping pada hasil screenshot
  • Apabila sudah selesai, tekan tombol Save atau bisa dibagikan langsung dengan tombol Share.

Screenshot Rolling atau Panjang

cara skrinsut hp samsung

Untuk mengambil layar yang lebih panjang atau lebih banyak, Anda dapat mengaktifkan screenshot rolling.

Fitur tersebut bermanfaat untuk mempersingkat proses tangkapan layar, daripada melakukan screenshot satu per satu, caranya:

Langkah-langkah Melakukan Sreenshot Panjang (Rolling)

  • Masuk ke dalam menu pengaturan (Settings) > lalu pilih fitur tambahan (Advance Features) > ketuk menu Smart Capture yang tersedia
  • Selanjutnya lakukan proses screenshot seperti biasa, baik dengan metode kombinasi tombol fisik atau
  • Nah, saat layar berkedip dan terdengar suara shutter kamera maka akan muncul opsi Capture More, Share, atau Crop
  • Untuk membuat screenshot rolling dan mendapatkan tangkapan layar yang panjang pilihlah opsi Capture More
  • Selesai, hasil screenshot akan terlihat lebih banyak

Nah, itulah beberapa cara untuk melakukan screenshot atau tangkapan layar pada perangkat smartphone Samsung secara umum. Fitur screenshot tersebut tentunya akan memudahkan bagi pengguna ketika menemukan informasi atau hal penting.

Namun ingat, jangan sampai fitur screenshot tersebut disalahgunakan ya.

Baca juga Cara Screenshot HP Xiaomi semua tipe.

Tinggalkan komentar