10 Aplikasi Scanner Android Terbaik yang Pernah Kami Coba

Oleh: /

Dalam dunia yang serba maju seperti saat ini, hampir semua hal bisa dilakukan melalui smartphone kita. Bahkan jika kamu ingin men-scan file pun sudah bisa hanya dengan bantuan aplikasi yang bisa diinstal dari Google Play Store pada ponsel Android kamu.

Umumnya, pengguna smartphone, termasuk kamu, membutuhkan aplikasi scanner di Android untuk melamar pekerjaan atau keperluan kelengkapan dokumen yang lainnya.

Pasalnya, jika kamu mengirim dokumen melalui email, WhatsApp, atau unggah berkas, tentu tahap pertama yang harus dilalui adalah melakukan scanning terlebih dahulu. Baik itu scanning berkas seperti foto KTP, KK, ijazah, dan berkas penting yang lainnya.

Tanpa berbelit-belit lagi, mending langsung aja kita simak ulasan singkat tentang rekomendasi aplikasi scanner Android terbaik versi Kuotabro. Berikut ini diantaranya:

Adobe Scan

adobe scan

Adobe Scan memungkinkan kamu memindai catatan, formulir, dokumen, kwitansi, dan gambar apa pun untuk dijadikan format file PDF.

Aplikasi scanner Android dari developer terkenal Adobe tersebut sederhana dan efektif untuk digunakan loh, guys.

Setelah kamu mengarahkan kamera ponsel ke dokumen yang ingin kamu pindai, Adobe Scan akan secara otomatis mengenali dan memindai dokumen tersebut.

Bahkan Adobe Scan juga memungkinkan kamu untuk menyusun ulang halaman sesuai kebutuhan, dan kamu juga dapat memperbaiki warna halaman dokumen di manapun.

Selain itu, Adobe Scan juga terdapat OCR bawaan yang memungkinkan kamu menggunakan kembali konten yang dipindai. Kamu juga dapat memindai banyak halaman dan meletakannya dalam satu file PDF, agar lebih praktis dan mudah dibaca.

Selain itu, aplikasi pemindai dokumen Adobe Scan memungkinkan kamu untuk mengirim file yang dipindai lewat e-mail atau menguploadnya ke cloud jika diinginkan.

Secara keseluruhan, Adobe Scan mencakup hampir semua fitur penting, lho! Omong-omong tentang harganya, Adobe Scan gratis meskipun ada fitur berbayar di aplikasi.

Fitur-fitur Unggulan dari Adobe Scan

  • Deteksi halaman otomatis.
  • OCR bawaan dan bisa memindai banyak halaman sekaligus.
  • Mengirim file lewat e-mail atau menyimpan di Cloud.
  • Mendukung pemindaian banyak halaman ke dalam satu file.
  • Mengizinkan koreksi warna dokumen yang dipindai.
  • Pemindai OCR yang layak untuk perangkat Android.

Google Drive

Google Drive

Pada awalnya, saya terkejut mengetahu bahwa aplikasi Google Drive untuk Android ternyata memiliki opsi bawaan untuk memindai dokumen.

Aplikasi unggulan dari Google LLC tersebut memang dibuat untuk menunjang kegiatan produktivitas kamu.

Meskipun alat ini tidak kaya fitur seperti aplikasi scanner Android lainnya, namun patut dicoba karena Google Drive termasuk salah satu aplikasi wajib di smartphone Android.

Untuk menemukan opsi pemindai di aplikasi Google Drive, pertama carilah tombol ‘+’ di sudut kanan bawah, dan ketuk. Kemudian mulailah melakukan scan dokumen kamu.

Aplikasi scanner Android dari Google Drive sebenarnya adalah fitur baru, yang merupakan opsi ‘Scan’. Jadi agar kamu bisa melakukan scan dokumen, sebelumnya kamu harus memberikan izin kamera terlebih dahulu agar fitur scan Drive berfungsi.

Alat scan Google Drive juga dibekali dengan fitur pemotongan dasar dan penyesuaian untuk dokumen, opsi perubahan warna, pemilih kualitas gambar, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, kamu juga bisa langsung menyimpannya di Cloud yang Google Drive miliki. Jadi jika suatu saat dokumen tersebut dibutuhkan lagi kamu tidak perlu repot.

Fitur-fitur Unggulan dari Pemindai Google Drive

  • Tidak perlu menginstall aplikasi tambahan apa pun jika sudah menggunakan aplikasi Google Drive.
  • Langsung menyimpan dokumen ke folder Drive yang dibuka.
  • Semua opsi dasar yang kamu butuhkan ada di dalam aplikasi.
  • Editor dokumen hasil Scan.
  • Opsi perubahan warna dan kualitas gambar.
  • Menyimpan di Cloud.

Clear Scan

Clear Scan

Aplikasi Clear Scan Android memungkinkan kamu untuk memindai dokumen atau gambar, langsung dari ponsel kamu dengan cepat, guys.

Aplikasi yang dibuat oleh Indy Mobile App tersebut mampu menjadi alat scan mini yang berkualitas tinggi.

Kamu dapat mengonversi dokumen atau gambar yang dipindai ke dalam format PDF atau JPEG. Clear Scan selain bekerja dengan cepat juga memiliki ukuran file ringan.

Dengan Clear Scan, kamu juga dapat mencetak dokumen atau gambar yang dipindai dengan menggunakan Cloud Print. Kamu juga bisa membukanya dari aplikasi lain.

Aplikasi pemindai gratis Clear Scan menawarkan berbagai fitur pengeditan profesional bahkan setelah menyimpan gambar ke galeri. Dengan dukungan OCR, kamu bisa mentransfer gambar ke teks sehingga kamu dapat mencari, mengedit, dan berbagi.

Selain itu, kamu dapat menyimpan banyak halaman dalam satu dokumen, menyusun ulang halaman, mengatur ukuran halaman untuk PDF, dan fitur pengeditan yang lain.

Aplikasi scan Android Clear Scan tersebut gratis untuk diunduh, namun Clear Scan memiliki iklan di dalam aplikasi yang terkadang sedikit terkesan mengganggu, guys.

Fitur-fitur Unggulan dari Clear Scan

  • Ringan dibandingkan dengan aplikasi pemindai lain.
  • Dapat beroperasi dengan cepat.
  • Dukungan cloud.
  • Konversi dokumen dalam format PDF atau JPEG.
  • Mencetak dokumen hasil Scan melalui Cloud Print.
  • OCR dan editor dokumen termasuk Scan banyak halaman sekaligus.

Microsoft Lens

Office Lens

Microsoft Lens adalah aplikasi pemindai telepon andal yang dikembangkan oleh perusahaan terkemuka Microsoft Corporations.

Aplikasi tersebut dibuat untuk memindai dokumen hingga gambar papan tulis, sebagai penunjang produktivitas.

Microsoft Lens dapat dengan cepat menangkap dokumen apa pun dan mengonversi gambar ke file PDF, Word, atau PowerPoint untuk disimpan di perangkat smartphone.

Aplikasi scanner Android tersebut juga memungkinkan kamu untuk menyimpan file kamu secara online dengan OneNote atau OneDrive agar lebih hemat penyimpanan.

Aplikasi Microsoft Lens sangat relevan untuk keperluan bisnis dan sekolah. Selain bahasa Inggris, Microsoft Lens juga berfungsi dalam berbagai bahasa populer lainnya. Fitur editor juga disematkan di dalam aplikasi seperti misalnya memangkas dokumen.

Untuk menjaga dokumen yang telah dipindai agar tetap teratur, Microsoft Lens menyediakan integrasi melalui OneNote. Tentunya supaya tetap rapi dan mudah dicari.

Microsoft Lens bebas iklan dan tidak mengandung pembelian dalam aplikasi. Jadi bagi kamu yang ingin memindai dokumen dengan lebih nyaman, Lens adalah aplikasi tepat.

Fitur-fitur Unggulan dari Office Lens

  • Cepat dan mudah dioperasikan.
  • Produktif untuk keperluan sekolah dan bisnis.
  • Mendukung sinkronisasi online.
  • Konversi dokumen dalam berbagai format.
  • Menyimpan file secara online di OneNote atau OneDrive.
  • Editor dokumen hasil Scan.

vFlat

vFlat

Seperti namanya, aplikasi scan vFlat Android bertujuan menjadi solusi terpadu kamu untuk memindai buku atau catatan dengan cepat dan efisien. Aplikasi besutan dari developer VoyagerX tersebut dapat membuat buku yang kamu miliki menjadi digital.

vFlat memiliki opsi pengatur waktu di bagian atas yang membuat aplikasi tersebut mengambil gambar secara berkala untuk membuat prosesnya lebih lancar loh, guys.

Dalam pengalaman saya, timer 3 detik bekerja dengan baik dan memberi saya cukup waktu untuk membalik halaman yang lain. Jadi bisa memindai buku dengan lebih baik.

Dengan cara tersebut, kamu tidak perlu mengetuk tombol rana secara terus menerus saat membalik halaman. Aplikasi vFlat juga mendukung deteksi dan penyortiran nomor halaman secara otomatis. Fitur perataan halaman juga membuat pemindaian efektif.

Halaman yang dipindai dapat dipotong atau digabungkan lebih lanjut menjadi satu dokumen PDF dan untuk kamu ekspor menjadi sebuah buku dengan format digital.

Aplikasi vFlat juga memiliki opsi OCR, tetapi terbatas hanya sekitar 100 per hari. Agar berfungsi maksimal vFlat harus diinstal pada Android 6.0 dengan RAM 2GB atau lebih.

Fitur-fitur Unggulan dari vFlat

  • Pilihan rana otomatis untuk pemindaian cepat.
  • Gabungan PDF yang mudah dan ekspor.
  • Rekognisi teks yang akurat.
  • Pengambilan Scan secara berkala untuk membuat buku digital.
  • Editor halaman dan format PDF.
  • Opsi OCR dengan limit per hari.

CamScanner

CamScanner

CamScanner adalah salah satu aplikasi scan terbaik untuk Android, memiliki lebih dari 100 juta unduhan di Google Play Store.

INTSIG Information Co., Ltd. meluncurkan Cam Scanner untuk memudahkan kamu melakukan scan dokmen dan berkas penting.

Kamu dapat memindai tanda terima, catatan, gambar, faktur, kartu nama, atau dokumen lainnya dan kemudian mengekspornya ke format digital yaitu PDF atau JPEG.

Setelah kamu menyimpan dokumen yang dipindai, kamu dapat mengedit, menyalin, menyimpannya di folder, atau membagikan dokumen langsung melalui media sosial.

Kamu juga dapat mencetak dokumen dengan menggunakan Cloud Printing atau mengirimnya lewat faks ke lebih dari 30-an negara. Selain itu, kamu bisa mengamankan dokumen penting dengan menetapkan kode sandi untuk melihat file.

Aplikasi scanner gratis Cam Scanner didukung iklan, termasuk upgrade ke Premium dengan berlangganan di dalam aplikasi untuk mengakses fitur-fitur lebih canggih.

Penyimpanan dokumen dalam Cam Scanner juga memungkikan untuk sinkronisasi multi-perangkat, kategorisasi label, anotasi manual, watermark, hingga e-signature.

Fitur-fitur Unggulan dari CamScanner

  • Dukungan OCR.
  • Dukungan untuk layanan Penyimpanan Cloud.
  • Kamu dapat mengatur kode sandi untuk mengamankan file penting kamu.
  • Konversi dan editor dokumen dalam format PDF dan JPEG.
  • Mencetak dokumen lewat Cloud Print dan faksimile.
  • Fitur berbayar Premium.

Tiny Scanner

Tiny Scanner

Tiny Scanner adalah aplikasi scan dokumen yang solid untuk Android yang memberikan sebagian besar fitur standar pemindaian.

Aplikasi Tiny Scanner tidak memerlukan login apa pun sebelum digunakan sehingga kamu dapat segera memakai.

Melalui aplikasi garapan Beesoft Apps tersebut, kamu Bisa memindai dokumen, kwitansi, laporan, atau file lainnya untuk disimpan dalam format digital, seperti PDF.

Meskipun berupa alat scan portabel, tetapi Tiny Scanner dilengkapi dengan fitur standar pemindaian. Seperti dukungan OCR dengan bantuan AI dan lain sebagainya.

Tiny Scanner juga memiliki dukungan untuk sebagian besar layanan penyimpanan cloud. Oleh sebab itu, Tiny Scanner juga memungkinkan kamu untuk mencetak file di mana pun dokumen atau file tersebut diperlukan hanya dalam hitungan menit saja.

Selain itu, aplikasi scanner Android Tiny Scanner, memiliki deteksi tepi otomatis yang dapat membantu mencegah distorsi ketika memindai dengan meluruskan gambar.

Aplikasi ini memiliki tingkat kontras, pencarian cepat berdasarkan judul dokumen, memiliki proteksi kode sandi untuk file penting, termasuk ada iklan di dalam aplikasi.

Fitur-fitur Unggulan dari Tiny Scanner

  • Ini dioptimalkan untuk bekerja dengan cepat.
  • Kamu dapat memindai dalam warna, skala, abu-abu, atau hitam putih.
  • Dukungan layanan cloud seperti Dropbox, Evernote, Google Drive, dan lainnya.
  • Memiliki dukungan OCR dengan bantuan AI.
  • Deteksi tepi halaman otomatis.
  • Proteksi kode sandi dan pencarian cepat dokumen.

TurboScan

TurboScan

TurboScan adalah aplikasi scanner Android yang kuat dan berfitur lengkap di mana memiliki versi gratis dan juga berbayar.

Aplikasi dari developer Piksoft Inc. tersebut, mengusung alat pemindaian multi halaman yang memiliki hasil berkualitas tinggi.

TurboScan memungkinkan kamu untuk memindai dan berbagi dokumen untuk diubah ke format digital, PDF atau JPEG. Algoritma TurboScan juga membuatnya lebih akurat.

Ini menampilkan mode SureScan untuk pemindaian yang sangat tajam, termasuk fitur editor dokumen seperti menambah halaman, menata ulang, dan juga penghapusan.

Kamu dapat membuka PDF atau JPEG dari TurboScan di aplikasi lain seperti Dropbox, Evernote, Google Drive, dan lain-lain. Kamu juga bisa langsung mencetak dokumen yang diperlukan dengan menggunakan Cloud Print atau melalui aplikasi faksimile.

Kamu juga dapat menggunakan aplikasi ini ini untuk mengatur beberapa kwitansi ataupun kartu nama dengan cepat. Pemrosesan hanya memakan waktu 3 detik saja.

Meskipun TurboScan bebas iklan tetapi menawarkan pembelian dalam aplikasi, untuk fitur yang lebih canggih. Kerahasiaan data juga dijamin dan tersimpan di perangkat.

Fitur-fitur Unggulan dari TurboScan

  • Ini ringan dan mencakup hampir semua fitur yang diperlukan.
  • Ini memberikan dokumen yang dipindai degan tajam.
  • Cepan dan mudah dioperasikan.
  • Konversi dan editor dokumen ke dalam format PDF dan JPEG.
  • Mencetak dokumen lewat Cloud Print dan faksimile.
  • Fitur berbayar di dalam aplikasi.

Smart Doc Scanner

Smart Doc Scanner

Smart Doc Scanner mencakup banyak fitur penting untuk pemindaian dokumen.

Aplikasi scanner Android tersebut memiliki dukungan untuk OCR dalam membaca teks dan gambar. Serta didukung lebih dari 40 bahasa dan termasuk pemeriksaan ejaan.

Kamu dapat mengatur ukuran halaman, mengaktifkan mode pemindaian batch untuk dokumen multi-halaman, memotong dan memperbesar fitur untuk memindai halaman.

Antarmuka Smart Doc Scanner juga dibuat intuitif dan fleksibel untuk memproses pemindaian dengan lebih baik. Aplikasi tersebut juga dibekali dengan pendeteksi tepi.

Smart Doc Scanner juga telah terintegrasi dengan Dropbox, Google Drive, dan opsi penyimpanan cloud lainnya. Aplikasi tersebut tidak menampilkan iklan dan menawarkan pembelian di dalam aplikasi, sehingga relatif nyaman untuk digunakan.

Aplikasi Smart Doc Scanner mendukung output di hampir semua format gambar populer seperti JPEG, PNG, BMP, GIP, dan WebP atau menyimpan dalam format DOC.

Agar hasilnya lebih memuaskan, Smart Doc Scanner juga dilengkapi dengan editor hasil pemindaian dokumen. Seperti mengatir ukuran, resolusi, dan lain sebagainya.

Fitur-fitur Unggulan dari Smart Doc Scanner

  • Aplikasi yang ringan.
  • Memiliki antarmuka yang intuitif untuk memungkinkan pengguna memindai dengan cepat.
  • Mendukung OCR dan penyimpanan cloud.
  • Dukungan teknologi OCR untuk pemindaian dan editor dokumen.
  • Terintegrasi dengan berbagai layanan Cloud.
  • Mendukung berbagai format gambar populer.

Fast Scanner

Fast Scanner

Fast Scanner adalah aplikasi scan dokumen lain yang dapat diandalkan di manapun.

CoolMobileSolution meluncurkan Fast Scanner dengan dibekali sebagian besar fungsi yang khas dari pemindai. Baik itu memindai dokumen hingga mengekspor file ke PDF.

Seperti namanya, Fast Scanner dioptimalkan untuk bekerja dengan cepat. Fast Scanner juga memiliki dukungan opsi pengeditan gambar agar hasilnya lebih mudah dibaca.

Hasil pemindaian juga bisa dibuka di aplikasi lain berbasis cloud. Seperti Dropbox, OneDrive, Google Drive, dan sebagainya. Agar semakin mudah untuk dibagikan lagi.

Aplikasi scan Android ini memungkinkan kamu untuk memindai dokumen apa pun, mengekspornya ke format PDF atau JPEG, menambahkan beberapa pengeditan ke dokumen yang dipindai, dan universal karena bisa mendukung sinkronisasi perangkat.

Kamu juga dapat menambahkan halaman baru atau menghapus halaman yang ada dalam file. Selain itu, kamu dapat mencetak dokumen kamu menggunakan Cloud Print.

Aplikasi Fast Scanner meskipun gratis untuk diunduh tetapi juga mempunyai iklan. Menariknya, kamu tidak dibatasi untuk memindai dokumen dan fiturnya bebas dipakai.

Fitur-fitur Unggulan dari Fast Scanner

  • Dukungan pengeditan beebrapa halaman.
  • Itu dioptimalkan untuk berjalan cepat.
  • Ringkas dan praktis.
  • Editor dokumen hasil pemindaian dan ekspor dalam format PDF atau JPEG.
  • Mencetak dokumen melalui Cloud Print.
  • Sikronisasi Cloud dan multi perangkat.

Akhir Kata

Itulah aplikasi scanner Android yang bisa Kuotabro ulas pada kesempatan kali ini. Sebagai rekomendasi aplikasi scan Android terbaik di tahun 2021, semoga daftar tersebut bisa membantu kamu dalam menyelesaiakan urusan bisnis dan profesional.

Jadi, kira-kira mana nih yang bakal jadi aplikasi andalan kamu? Berikan pendapatmu di bawah kolom komentar yaa, guys! Jangan lupa natikan artikel menarik berikutnya.

Baca juga: 8 Aplikasi Perekam Layar HP Terbaik

Tinggalkan komentar