Tips & Trik

Cara Flash Oppo Joy R1001 dengan SP Flash Tool – [Work 100%]

Cara Flash Oppo Joy R1001
https://kuotabro.com
Siva Nurikhsa S.I.Kom.
Writen & Edited By Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Berikut ini adalah panduan cara flash oppo joy R1001 yang bootloop/ mati total. Flashing menggunakan SP flash tool via PC dan via kartu SD.

Kuotabro.com – Anda pengguna Oppo Joy R1001? Seiring berjalannya waktu penggunaan perangkat elektronik, Anda pernah mengalami penurunan performa Oppo Joy R1001 ini.

Beberapa masalah yang sering dialami ketika usia ponsel beranjak tua seperti menjadi lebih lemot, aplikasi yang tidak berjalan secara semestinya serta serangan virus atau bahkan terjadi bootloop.

Oleh karena itu mungkin Anda terpikirkan untuk melakukan cara flash Oppo Joy R1001.

Flashing ponsel Android memang dipercaya dapat mengembalikan performa ponsel seperti semula.

Apa sebenarnya flashing smartphone itu? Mengapa istilah flashing sering dijadikan solusi terakhir ketika melakukan perbaikan terhadap perangkat elektronik seperti ponsel Android?

Flashing atau proses flash sendiri merupakan istilah untuk melakukan instal ulang terhadap sistem operasi yang ada di ponsel tersebut.

Jadi sederhananya proses flashing ini merupakan cara untuk menghapus semua sistem yang tadinya sudah terdapat di ponsel lalu mengisinya kembali dengan firmware yang baru agar ponsel bekerja sebagaimana mestinya.

Terutama untuk Oppo Joy R1001 yang mengalami bootloop atau gagal booting.

Jika smartphone mengalami lemot, mungkin bisa dilakukan reset factory.

Namun untuk ponsel yang mengalami bootloop satu-satunya cara yaitu dengan melakukan flashing.

Cara Flash Oppo Joy R1001 dengan SP Flashtool

Bagi Anda yang membutuhkan cara flash Oppo Joy R1001, dalam artikel kali ini kami akan membagikan tutorial untuk flashing HP Oppo Joy R1001 dengan menggunakan SP flash tool.

Sebelumnya, Jika ingin menggunakan cara flash Oppo Joy R1001 menggunakan SP flash tool maka Anda perlu menyiapkan beberapa bahan berikut ini:

  • Driver Oppo Joy R1001
  • Rom Oppo Joy R1001
  • SP Flash Tool v5144400

Setelah menyiapkan semua bahan-bahan tersebut, lanjutkan dengan mengikuti tutorial berikut ini.

  1. Pertama-tama Anda bisa mengekstrak semua file yang sudah didownload sebelumnya dari bahan bahan flashing Oppo Joy R1001 seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.
  2. Setelah itu silahkan install driver Oppo Joy R1001
  3. Kemudian Anda bisa menjalankan SP flash tool, lalu pada scatter loading silahkan download file Oppo Joy R1001 yang telah diunduh dan di ekstrak di komputer.
  4. Setelah itu, Anda bisa klik tombol Download untuk mulai proses Flash ROM Oppo Joy R1001, tekan tombol vol up yang merupakan tombol BOOT FLASH OPPO JOY R1001 dan sambungkan Oppo Joy R1001 ke komputer dengan menggunakan kabel USB.
  5. Langkah selanjutnya, proses flashing Oppo Joy R1001 akan segera berlangsung dalam beberapa menit. Apabila proses flashing telah selesai maka akan muncul kotak dialog download.
  6. Sampai ke tahap ini Anda sudah berhasil untuk melakukan flashing Oppo Joy R1001 menggunakan SP flash tool.

Permasalahan Saat Flash Oppo Joy R1001 Menggunakan SP Flash Tool

Meskipun kelihatannya tutorial cara flash HP Oppo Joy R1001 dan menggunakan SP flash tool seperti yang sudah dijelaskan diatas mudah, namun tak jarang pengguna yang mengalami sedikit kendala ketika proses flashing berlangsung.

Ada beberapa permasalahan yang bisa saja terjadi selama proses flashing berlangsung dengan menggunakan tools tersebut diantaranya:

  • Kesalahan pertama yang sering muncul yaitu ketika kertas download muncul pesan error di mana proses flashing Oppo Joy R1001 tidak dapat berjalan akan dilangsungkan. Sehingga untuk mengatasi hal tersebut maka perlu mengisi file UBOOT dengan uboot.bin serta USER DATA dengan format userdata_nvram_only.ext4.
  • Apabila proses Flash Oppo Joy R1001 masih belum dapat dijalankan, maka coba ganti pilihan pada kolom Download Only menjadi Firmware update atau bisa juga dengan Format ALL + Download dan klik tombol download untuk melanjutkan flashing Oppo Joy R1001.
  • Saat Anda menyalakan smartphone Oppo Joy R1001 dan kemudian muncul encryption unsuccessful maka silahkan klik tombol Reset Phone lalu tunggu hingga resetnya selesai.

Cara Flash Oppo Joy R1001 dengan SP Flash Tool memang bukan satu-satunya cara.

Ada cara lain yang bisa digunakan untuk flashing Android, yaitu dengan menggunakan SD card.

Apa Efeknya Ketika HP Di Flash Ulang?

Meskipun melakukan proses flashing di HP Oppo Joy R1001 merupakan solusi mengatasi bootloop, namun bukan berarti cara ini tidak memiliki efek samping.

Oleh karena itu ada baiknya Anda mengetahui beberapa dampak dari flash ulang berikut ini:

  1. File Sistem Fresh

Maksud dari file system fresh yaitu ketika suatu ponsel sudah di instal ulang dengan firmware yang baru atau flashing maka file sistem yang tadinya rusak dapat kembali ditambah dengan file terbaru yang lebih fresh untuk menjalankan fungsi smartphone secara normal.

  1. Kinerja ponsel Normal

Tujuan dari proses flashing ulang dengan firmware maka akan membuat kinerja ponsel menjadi normal kembali.

Dengan dilakukannya flash ulang terhadap ponsel maka dapat membuat kinerja ponsel menjadi layaknya baru.

  1. Menambal celah keamanan dan Bug

Selain berguna untuk meningkatkan kinerja sistem ponsel, melakukan flashing ulang terhadap smartphone juga dapat menambal celah keamanan serta memperbaiki bug.

Apalagi jika flashing dilakukan dengan firmware pada versi di atas bawahan ponsel maka dapat menambal beberapa kesalahan program yang ada di film bawaan ponsel.

  1. Menata ulang media penyimpanan

Kegunaan lainnya dari proses flashing ulang ini yaitu dapat menata ulang media penyimpanan di smartphone.

Sehingga apabila ada sektor yang rusak maka proses flashing ini berguna melakukan format media yang akan membuat ruang penyimpanan vs kembali dan berfugsi secara maksimal.

  1. Ponsel Bootloop dan Mati Total

Selain Beberapa kelebihan dari proses flashing, ternyata ada dampak buruk yang bisa terjadi ketika suatu ponsel dilakukan flashing, yaitu mengalami bootloop.

Dampak ini biasanya ditAndai dengan keluar logonya saja atau bahkan mati total.

Hal ini bisa terjadi ketika film yang digunakan tidak cocok sehingga menimbulkan kesalahan pada proses flashing.

Bahkan proses flashing juga bisa dialami meskipun Anda menggunakan firm ware yang sudah tepat.

Karena bisa saja di tengah perjalanan proses flashing terjadi macet atas karena adanya program pada IC atau lainya.

  1. Menghilangkan Garansi

Perlu menjadi catatan, sebelum melakukan cara flash Oppo Joy R1001 dengan menggunakan SP flash tool, perlu Anda ketahui bahwa cara ini akan menghilangkan garansi ponsel.

Melakukan flashing ulang pada smartphone yang masih dalam kondisi garansi nantinya tidak akan bisa melakukan klaim ke distributor atau service center nya karena Anda sudah melakukan penghapusan serta penginstalan firmware yang tidak diperkenankan sesuai perjanjian garansi ponsel.

Oleh karena itu sebaiknya untuk ponsel yang masih dalam garansi service tidak dilakukan proses flashing.

Lebih baik membawa ponsel Anda ke service center jika mengalami masalah pada ponsel yang masih dalam masa garansi.

Demikian itulah cara flash Oppo Joy R1001 yang bisa Anda coba sendiri dengan memanfaatkan SP Flash Tool.

Tentang Penulis

Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992