Android & iPhone Aplikasi

5 Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara/ Permanen

Cara Menonaktifkan WhatsApp
https://kuotabro.com

Berikut ini beberapa cara untuk menonaktifkan WhatsApp sementara dan permanen di Android/ iphone menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi.

Kuotabro.com – Pernah nggak sih merasa terganggu dengan banyaknya chat yang masuk ke WA? Mungkin Anda butuh cara menonaktifkan WhatsApp.

Apalagi jika Anda sedang asik main game online atau sedang fokus menyelesaikan pekerjaan tertentu, mungkin menonaktifkan WhatsApp sementara adalah solusi yang tepat.

Nah, bagi Anda yang ingin melakukan non aktif WA sementara maupun permanen, berikut ini Kami akan memberikan ulasannya secara lengkap beberapa cara yang bisa Anda gunakan.

Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara di Android

Khususnya bagi para pengguna Android, ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk melakukan non aktif WA sementara, yaitu dengan menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi. Cara yang akan Kami jelaskan disini sangat mudah untuk dipraktikkan, mari simak.

Menonaktifkan WhatsApp Sementara di Android tanpa Aplikasi

Cara pertama yang akan Kami jelaskan disini yaitu cara menonaktifkan WhatsApp tanpa menggunakan aplikasi. Tentu ini menjadi cara favorit banyak orang karena tidak perlu repot-repot menginstal aplikasi pihak ketiga terlebih dahulu.

Caranya sangat mudah, silahkan Anda ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Langkah yang pertama, silahkan Anda masuk ke pengaturan atau setting pada HP dan klik menu Apps atau Aplikasi (bisa disesuaikan dengan tampilan menu di HP Anda masing-masing)
  2. Selanjutnya, Anda pilik pada opsi WhatsApp. Kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Anda pilih pada Force Stop. Lalu klik OK untuk konfirmasi.Menonaktifkan WA Sementara di Android tanpa Aplikasi
  3. Selain melakukan Force Stop atau paksa berhenti, Anda juga bisa mematikan notifikasi melalui kolom notifikasi dan pilih Block.

menonaktifkan WhatsApp tanpa aplikasi sangat mudah untuk dilakukan karena Anda hanya perlu memanfaatkan  pengaturan pada HP tanpa harus menginstal aplikasi apapun.

Untuk mengaktifkannya kembali, Anda tinggal menjalankan atau masuk ke WA lagi. Mudah sekali bukan?

Menonaktifkan WhatsApp Sementara di Android dengan Aplikasi

Cara kedua yang bisa Anda gunakan untuk menonakifkan WA yaitu dengan aplikasi. Salah satu aplikasi yang  bisa digunakan yaitu Hibernator. Aplikasi tersebut memudahkan Anda untuk mematikan notifikasi aplikasi di Android sekaligus dapat mengirit baterai.

Cara menggunakannya silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Langsung saja unduh dan instal aplikasi Hibernator. Jika sudah, jalankan aplikasi tersebut.
  2. Gulir ke bawah sampai Anda menemukan kolom Launched App. Kemudian cari aplikasi WhatsApp di kolom tersebut. Gulir ke bawah dank e atas untuk menemukannya.
  3. JIka sudah menemukan, Anda bisa klik pada ikon atau gambar “zzz” di sebelah kanan samping tullisan WhatsApp. Tunggu beberapa saat, maka aplikasi tersebut akan mematikan WA Anda.Menonaktifkan WA Sementara di Android dengan Aplikasi Hibernator

Nah, jika ingin mengaktifkannya kembali, Anda tinggal menyalakannya lagi dari kolom Hibenated Apps di aplikasi tersebut. Mudah sekali bukan?

Aplikasi ini tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk menonaktifkan WhatsApp saja, melainkan juga berbagai aplikasi lainnya.

Sebagai catatan, pastikan aksesiblitas dari aplikasi Hibernator sudah diaktifkan melalui Setting.

Aplikasi Hibernator juga bukan satu-satunya yang bisa digunakan untuk menonatifkan WA. Ada beberapa aplikasi lainnya yang bisa Anda gunakan seperti Mobiwol.

Cara menonaktifkan WhatsApp di iPhone

Khusus untuk pengguna iPhone, memang cara menonaktifkan WhatsApp sejauh ini lebih efektif menggunakan pengaturan di HP saja. Belum ada aplikasi yang tepat dan bisa digunakan oleh pengguna iOS yang ingin menonaktifkan WhatsApp.

Langsung saja, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke menu Setting di iPhone Anda. Kemudian temukan menu Notifications.
  2. Gulir layar ke bawah dan temukan opsi WhatsApp
  3. Klik slide bar yang ada di samping kanan Allow Notifications untuk matikan notifikasi WhatsApp.Cara Menonaktifkan WA di iPhone

Sayangnya, cara tersebut hanya sekedar untuk menonaktifkan notifikasi WA saja, bukan benar-benar mematikan datanya.

Tapi, jika Anda ingin mematikan koneksi datanya, maka pada masuk saja ke menu pengaturan tadi dan temukan opsi Mobile Data, seperti yang terlihat pada gambar berikut:

Cara Menonaktifkan WA Sementara di Xiaomi - matikan data

Cara menonaktifkan WhatsApp Sementara di Xiaomi

Untuk cara yang selanjutnya ini hanya diperuntukkan bagi pengguna Xiaomi. Karena pada cara ini WA akan tetap non aktif meskipun membuka aplikasinya.

Cara menonaktifkan WhatsApp di Xiaomi bisa dilakukan tanpa menggunakan aplikasi apapun, karena Anda bisa melakukannya secara langsung melalui pengaturan.

Langsung saja simak caranya berikut ini:

  1. Masuk ke menu Keamanan. Jika sudah masuk ke menu tersebut, gulir pada opsi Penggunaan Data dan pilih Batasi Penggunaan Data.Cara Menonaktifkan WA Sementara di Xiaomi
  2. Pada tampilan yang berikutnya, Anda akan dibawa ke halaman yang berisi rincian aplikasi yang terpasang di ponsel. Pilih pada opsi WhatsApp.
  3. Pada bagian seluler dan Wi-Fi, silahkan Anda matikan hingga tombol menjadi berwarna gelap (atau geser tombol ke kanan). Agar lebih mudahnya, perhatikan gambar berikut ini:

Cara menonaktifkan WhatsApp Permanen

Mungkin ada beberapa alasan mengapa ada yang ingin menonaktifkan WhatsApp secara permanen. Misalnya karena memang tidak ingin menggunakan WA lagi atau karena mendapatkan terror dari orang lain.

menonaktifkan WhatsApp secara permanen sama dengan menghapus akun WA selamanya. Sehingga pastikan Anda sudah yakin jika ingin menghapus akun WA.

Semua data Anda di server WhatsApp juga akan dihapus selamanya. Meskipun Anda sudah menonaktifkan secara permanen, tapi suatu saat masih bisa didaftarkan kembali.

Langsung saja berikut ini cara menonaktifkan WhatsApp secara permanen:

  1. Masuk ke aplikasi WhatsApp. Di tampilan beranda, tap pada titik tiga di pojok kanan atas dan pilih opsi Settings.
  2. Selanjutnya, pilih Account. Lalu pilih opsi Delete my Account.
  3. Berikutnya, Anda masuk ke langkah yang paling krusial dimana harus mempertimbangakn terlebih dahulu apakah Anda yakin benar-benar akan menghapus akun WA atau tidak. Jika memang sudah benar-benar yakin, langsung saja klik Delete My Account.
  4. Pilih pertanyaan dan isi alasan mengapa Anda ingin menghapus akun WhatsApp. Lalu pilih Delete My Account.
  5. Selesai, anda akan dibawa kembali ke halaman awal saat pertama kali membuat akun WhatsAp.Menonaktifkan WA permanen

Mulai sekarang, sudah tidak ada lagi yang bisa mengirim apapun ke WA Anda karena memang sudah dihapus secara permanen.

F.A.Q

Apakah WA yang Dinonaktifkan bisa Diaktifkan Kembali?

Bisa, jika Anda melakukan non aktif sementara, bukan non aktif permanen.

Apakah Data-Data di WA akan Hilang/ Terhapus jika WhatsApp Dinonaktifkan?

Tidak, jika Anda melakukan non aktif sementara, bukan non aktif permanen.

Apakah Setelah Menghapus WA bisa Melakukan Pendaftaran Kembali?

Bisa.

Apakah menonaktifkan WhatsApp Ponsel Harus Di-Root Dulu?

Tidak, karena Anda bisa melakukan cara menonaktifkan WhatsApp secara langsung via ponsel atau bantuan aplikasi yang tidak perlu akses root.

Akhir Kata

Nah, demikian itulah beberapa cara menonaktifkan WhatsApp yang bisa Anda gunakan. Mudah sekali bukan? Sebaiknya Anda melakukan non aktif sementara saja, karena bisa menggunakan WA kembali kapan saja tanpa harus melakukan registrasi ulang.

Tentang Penulis

Nurikhsani S.I.Kom.

Nurikhsani S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992