Elektronik

Rekomendasi Proyektor Mini Terbaik

Proyektor Mini Terbaik
https://kuotabro.com
Siva Nurikhsa S.I.Kom.
Writen & Edited By Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Proyektor mini bisa jadi solusi proyektor yang praktis. Proyektor mini juga cocok digunakan untuk kebutuhan rumahan. ini rekomendasi Proyektor Mini Terbaik.

Kuotabro.com – Lagi mencari proyektor mini terbaik di tahun 2019 ini? Simak disini ya. Mungkin kita sering melihat orang-orang banyak yang menikmati film di rumah menggunakan fasilitas proyektor.

Ada juga yang menggunakan proyektor untuk kepentingan presentasi dengan membawa jenis proyektor mini kemana-mana.

Proyektor sendiri memang memiliki banyak manfaat untuk menampilkan segala sesuatu agar lebih mudah ketika dipertontonkan kepada orang lain.

Pembahasan kali ini kami akan memberikan informasi lengkap tentang proyektor serta beberapa rekomendasi produk proyektor mini yang cocok digunakan di rumah atau untuk mobilitas yang tinggi.

Bagi Anda yang sedang mencari proyektor mini terbaik, silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Apa Itu Proyektor?

Apa Itu Proyektor

Sebelum membahas lebih jauh tentang beberapa merk proyektor mini terbaik, sebagai pengetahuan Anda kami akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu proyektor.

Proyektor adalah perangkat yang bisa mengintegrasikan sumber cahaya, elektronik, sistem optik dan display untuk tujuan memproyeksikan gambar maupun video ke layar atau dinding agar membuatnya terlihat lebih besar.

Sederhananya proyektor ini adalah alat yang akan membantu kita dalam menampilkan gambar maupun video atau jenis data-data lainnya dari perangkat komputer ke sebuah layar.

Tak jarang juga orang-orang menggunakan tembok berwarna putih atau permukaan datar untuk memproyeksikan gambar menggunakan proyektor.

Tentunya proyektor sangat bermanfaat untuk membantu kita dalam presentasi atau memaparkan penjelasan presentasi dalam bentuk gambar, animasi, teks maupun video kepada audiens agar lebih mudah dimengerti dan dipahami.

Fungsi dan Kegunaan Proyektor

Melihat dari pengertian proyektor seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fungsi utama dari proyektor adalah untuk menampilkan data atau objek dari komputer atau laptop ke sebuah layar.

Melalui perangkat proyektor memungkinkan kita untuk menampilkan sesuatu agar ukurannya menjadi lebih besar serta fleksibilitasnya yang tinggi.

Adapun berikut ini beberapa fungsi proyektor di antaranya:

  • Alat Presentasi
    Proyektor berguna sebagai alat presentasi untuk memaparkan penjelasan agar lebih mudah dimengerti dan lebih atraktif.
  • Media Informasi
    Proyektor berguna untuk menampilkan suatu objek atau data di perangkat komputer agar terlihat lebih besar sehingga membuatnya menjadi media informasi yang lebih efektif serta efisien.
  • Media Hiburan (Home Theater)
    proyektor tidak hanya dimanfaatkan untuk kepentingan pekerjaan saja melainkan juga bisa digunakan sebagai media hiburan di rumah, misalnya ketika ingin menonton film dalam ukuran yang lebih besar layaknya di bioskop.

Cara Kerja Proyektor

Mengingat fungsi dari proyektor yaitu untuk menampilkan gambar dari perangkat komputer ke layar, maka cara kerja dari proyektor ini yaitu berdasarkan prinsip pembiasan cahaya.

Cahaya tersebut dihasilkan dari 3 panel LCD yang dipisahkan menurut tiga warna dasar yaitu red, green dan blue.

Karena proyektor bekerja berdasarkan prinsip pembiasan cahaya sehingga panel panel LCD yang terdapat pada proyektor akan menghasilkan cahaya

Panel-panel pada proyektor tersebut tersusun dalam 3 panel yang terpisah seperti berdasarkan tiga warna dasar tadi. Dari hasil pembiasan ketiga panel tersebutlah yang akan memancarkan cahaya dari proyektor.

Seluruh cahaya akan melewati panel dan berpadu melalui prisma di perangkat proyektor, dimana perpaduan cahaya tersebut akan dipancarkan ke layar proyeksi sehingga objek pada perangkat komputer akan diproyeksikan ke layar dengan baik.

Mengapa Harus Menggunakan Proyektor Mini?

Proyektor berdasarkan ukurannya terdapat jenis proyektor mini yang memiliki ukuran kecil.

Jenis proyektor ini memang banyak dicari karena cukup fleksibel untuk dibawa kemana-mana.

Berikut ini beberapa alasan mengapa sebaiknya menggunakan atau membeli projector mini:

  • Value (Nilai)
    Salah satu alasan mengapa banyak yang tertarik untuk membeli proyektor mini yaitu dari nilai komparatif yang ditawarkan. Ketika anda mendambakan televisi dengan layar 72 inci, Namun karena harganya tidak murah maka proyektor mini bisa jadi solusi yang tepat. karena dengan menggunakan proyektor mini memungkinkan anda untuk membuat tampilan serta nuansa TV 72 inci.
  • Penggunaan Multifungsi
    Anda bisa mengintegrasikan banyak perangkat lain menggunakan proyektor mini dengan berbagai koneksi seperti VGA, HDMI dan USB. produk elektronik ini bisa dimanfaatkan untuk memutar DVD di laptop, smartphone, konsol game maupun lainnya.
  • Mobilitas/ Portabilitas
    Ukurannya yang mini atau kecil sehingga memungkinkan proyektor jenis mini memiliki mobilitas yang tinggi untuk dimasukkan ke koper, tas atau dibawa kemana-mana.
  • Aplikatif
    Penggunaan proyektor mini menawarkan berbagai fungsi aplikatif dan serbaguna yang tidak bisa anda dapatkan dari jenis proyektor yang standar.Terutama sangat mendukung untuk kepentingan pekerjaan.

6 Tips Membeli Proyektor Mini

Jika anda tertarik untuk membeli proyektor mini, maka terdapat beberapa tips yang harus anda gunakan sebelum membeli printer jenis mini. Berikut ini beberapa di antaranya:

Pertimbangkan Ukuran & Beratnya

Poin penting yang perlu Anda pertimbangkan ketika akan membeli proyektor portable yaitu memperhatikan ukuran dan obatnya.

Apalagi jika nantinya anda akan menggunakan proyektor mini untuk dibawa kemana-mana.

Tentu dengan mempertimbangkan bobot portable proyektor mini yang ringan akan memudahkan anda untuk membawanya kemana saja.

Akan tetapi perlu diketahui bahwa biasanya pada portable proyektor mini yang berukuran ringan memiliki tingkat kecerahan dan resolusi gambar yang kurang maksimal.

Oleh karenanya Anda bisa menggunakan produk proyektor mini yang seimbang antara bobot serta kinerja yang optimal.

Sebagai acuan, untuk jenis proyektor dengan bobot dibawah 1 kg maka lebih ideal dan memiliki portabilitas yang tinggi.

Pertimbangkan Kecerahannya

Faktor penting lainnya yang harus dipertimbangkan ketika membeli proyektor mini yaitu kecerahannya.

Sebagian besar proyektor mini memiliki ukuran tingkat kecerahan yang dinyatakan dalam satuan lumen (lm).

Jika nilai lumennya semakin tinggi maka akan semakin terang cahaya yang dihasilkan

Semakin terang cahaya maka akan semakin jelas juga dalam menampilkan gambar meskipun dalam jarak yang jauh sekalipun.

Misalnya sebagai acuan standar, ketika projector akan digunakan pada ruang pertemuan dengan kapasitas 5 orang maka membutuhkan kecerahan sebesar 500 lumen. sehingga ketika ruangan tersebut berkapasitas 10 orang maka membutuhkan kecerahan 3000 lumen.

sederhananya semakin tinggi tingkat kecerahan suatu proyektor mini yang akan Anda pilih maka akan semakin bagus kualitas cahaya yang akan dipancarkan.

Pertimbangkan Resolusi dan Rasio Kontrasnya

Perlu diketahui bahwa besarnya resolusi suatu gambar dinyatakan melalui satuan pixel.

Semakin besar nilai pixel suatu gambar maka akan semakin detail juga gambar yang dihasilkan. Akan tetapi bagi Anda yang tidak terlalu fokus pada detail yang rinci maka bisa menggunakan resolusi yang tidak terlalu tinggi juga.

Sebagai patokan mungkin disarankan Anda menggunakan produk dengan resolusi lebih dari 854 x 480 piksel. Resolusi ini sudah cukup bagus dari sebuah perangkat proyektor mini dalam menampilkan gambar yang berkualitas.

Sementara untuk rasio kontras menunjukkan perbedaan warna paling terang dengan yang paling gelap ketika ditampilkan dalam layar.

Singkatnya semakin besar rasionya maka ketajaman warnet di gambar yang ditampilkan juga semakin jelas. spek rekomendasi Anda bisa menggunakan rasio kontras sebesar 1000: 1 atau diatasnya.

Pertimbangkan ukuran layar dan jarak proyeksi

Ukuran lebar gambar yang ditampilkan di sebuah jarak proyeksi dinyatakan dalam. Cara proyeksi sendiri adalah nilai untuk menunjukkan seberapa jauh jarak yang anda butuhkan agar mendapatkan ukuran tertentu di tampilan layar.

Kami menyarankan anda untuk memastikan jarak proyeksi yang diperlukan pada suatu alat proyektor dengan ukuran ruangan dimana anda menggunakannya.

Pertimbangkan koneksi input dan output-nya

Memilih proyektor mini portable maka sangat penting untuk memperhatikan terminal koneksi yang menghubungkannya ke tablet atau PC.

Saat ini sebagian besar terminal input eksternal pada PC menggunakan port HDMI. Melalui kabel tersebut juga dapat menghubungkan proyektor portable ke tablet atau smartphone. Hanya saja dibutuhkan adaptor output yang bisa dipasang di sisi terminal.

Untuk itu pastikan terlebih dahulu metode koneksi apa saja yang dapat digunakan pada produk yang anda inginkan tersebut sehingga bisa disesuaikan dengan perangkat yang anda miliki.

Pertimbangkan jenis baterai yang digunakan

Sebagian besar dari proyektor portable yang tersedia sekarang sudah menggunakan baterai langsung di dalamnya.

Dengan begitu akan memudahkan anda dalam pemakaian ketika berpergian keluar.

Baterai pada proyektor portable ternyata juga dapat difungsikan sebagai powerbank yang berkapasitas besar dan dapat digunakan untuk mengisi daya baterai pada smartphone. Sehingga pertimbangkan secara teliti kapasitas baterai dari produk proyektor mini akan Anda beli.

Rekomendasi Proyektor Mini Terbaik Untuk Presentasi

Adapun berikut ini beberapa rekomendasi proyektor mini terbaik dengan harga bersaing 2019 yang mungkin bisa menjadi alternatif anda:

Mini Projector LED VS 311 60 Lumens

Mini Projector LED VS311 60 Lumens

Mini projector terbaik pertama adalah sebuah proyektor portable yang fungsional dan sangat praktis. Projektor dengan ukuran kecil dan dengan bobot 400 gram saja sehingga cukup efektif dan ringan ketika harus dibawa kemana-mana.

Salah satu keunggulan dari mini projector ini yaitu suara yang senyap sehingga nyaman ketika digunakan dalam ruangan yang kecil.

Kemudian fitur unik lainnya yang dimiliki projektor LED VS 311 60 lumens yaitu cukup berkualitas sebagai perangkat proyektor untuk memutar video atau film dengan keberadaan dua buah speaker berukuran 2 inci.

Perangkat proyektor mini ini bisa digunakan untuk menampilkan gambar dengan resolusi hingga 480 x 320 piksel.

Nama Projector MiniMini Projector LED VS 311 60 Lumens
Harga± Rp. 608.000

Mikro Projektor UNIC P1 DLP

Mikro Proyektor UNIC P1 DLP

Rekomendasi mini proyektor lainnya yang bisa jadi alternatif untuk dibeli yaitu Mikro Projektor UNIC P1 DLP.

Mini proyektor ini menyandang sebagai jenis proyektor dengan ukuran sangat kecil dan berat hanya 92 gram saja.

Bahkan saking kecilnya proyek tercanggih ini dapat digenggam oleh tangan orang dewasa. Karena ukurannya yang kecil serta bebannya ringan sehingga jenis mini proyektor ini sangat cocok dibawa kemana-mana.

Meskipun ukurannya yang mini namun proyektor mikro ini memiliki lampu LED Osram sehingga dapat menampilkan gambar yang tajam dan jernih dengan resolusi hingga 640 x 360 piksel.

Nama Projector MiniMikro Proyektor UNIC P1 DLP
Harga± Rp. 1.163.700

Projektor Mini UNIC UC36

Proyektor Mini UNIC UC36

Produk proyektor dari UNIC lainnya yang bisa anda gunakan yaitu seri UNIC UC36. Ukurannya juga sangat kecil dan memiliki kombinasi fitur serta teknologi yang cukup mengesankan.

Meskipun memiliki ukuran yang kecil dan bentuknya yang cukup sederhana namun proyektor mini ini dapat menampilkan film full HD dengan kualitas gambar yang tajam dan jernih.

Sangat efektif untuk dibawa dan mudah disimpan tentunya menjadi kelebihan dari perangkat proyektor mini yang satu ini. Sangat kompatibel untuk dihubungkan secara langsung dengan perangkat smartphone atau gadget lainnya.

Selain itu perangkat ini juga dibekali dengan fitur WiFi DLNa Function yaitu memungkinkan pengguna untuk menghubungkannya ke berbagai perangkat serta jaringan internet dengan mudah.

Nama Projector MiniProjektor Mini UNIC UC36
Harga± Rp. 1.185.000

LG PA72G

LG PA72G

Jika anda mencari proyektor mini skala rumahan mungkin bisa membeli merek proyektor yang satu ini.

LG PA72G hadir dengan resolusi yang lebih tajam dari produk-produk mini projector sebelumnya yaitu mencapai 1280 x 800 piksel (WXGA).

Pihak LG sendiri mengklaim bahwa proyektor mini ini dapat menyala hingga 30.000 jam apabila digunakan dalam kurun waktu 4 jam setiap harinya.  Itu berarti projector ini akan awet hingga 20 tahun.

Selain itu projector mini ini sudah dilengkapi dengan speaker built in 3W+3W stereo serta memakan konsumsi daya hanya 130 watt. Keunggulan lainnya yang bisa anda nikmati menggunakan proyektor mini ini yaitu dapat menampilkan gambar dengan visual tiga dimensi.

Spesifikasi lainnya, LG PA72G memiliki rasio kontras 15.000:1, 700 lm, short focus di jarak 1,2 meter.

Nama Projector MiniLG PA72G
Harga± Rp. 7.250.000

Infocus IN128HDX

Infocus IN128HDX

Meskipun harga dari proyektor mini terbaik yang satu ini mencapai 14 jutaan namun ternyata sudah dibekali dengan kualitas premium yang tidak akan anda temukan di projector mini lainnya.

Spesifikasi dari produk proyektor ini diantaranya menyuguhkan video dengan resolusi full HD mencapai 1090p peserta dibekali dengan spesifikasi 4000 lumen.

Rasio kontras yang ditawarkan proyektor mini ini yaitu 15.000:1. Selain itu juga sudah didukung dengan konten 3D dari blu-ray, dish service, boxes dan HDMI.

Dengan menggunakan perangkat ini memungkinkan anda untuk memutar video atau film di mana saja karena sudah dilengkapi dengan speaker 10W di dalamnya.

Nama Projector MiniInfocus IN128HDX
Harga± Rp. 14.000.000

Asus ZenBeam Go E1Z

Asus ZenBeam Go E1Z

Bisa dibilang proyektor dari Asus yang satu ini menjadi salah satu yang digemari oleh kalangan pengguna smartphone.

Produk buatan Asus ini bisa anda andalkan untuk memutar video atau film di rumah atau untuk kepentingan pribadi lainnya.

Asus ZenBeam Go E1Z dapat memutar video dengan kualitas full HD sehingga menghasilkan kualitas gambar yang sangat tajam.

Hanya membutuhkan jarak sekitar 3,7 meter untuk menghasilkan gambar dengan ukuran 120 inchi. Spesifikasi ini tentunya sangat mendukung bagi anda yang suka menonton film menggunakan proyektor.

Nama Projector MiniAsus ZenBeam Go E1Z
Harga± Rp. 4.930.000

Cheerlux C6

Cheerlux C6

Produk proyektor yang satu ini hadir dengan lumen yang cukup tinggi yaitu 1200 lumen. Ukuran produknya memiliki dimensi 204,5 x 157 x 85 mm dengan bobot sekitar 1,6 kg.

Keunggulan yang ditawarkan dari proyektor mini yang satu ini yaitu sudah dilengkapi dengan TV tuner serta speaker 2 w.

Selain itu Cheerlux C6 juga mendukung konten dengan resolusi 720p dan 1080 p. Idealnya perangkat ini dapat bekerja pada jarak 1,5 meter hingga 5 meter.

Nama Projector MiniCheerlux C6
Harga± Rp. 825.000

AUN Q2 Mini Projector

AUN Q2 Mini Projector

Rekomendasi produk proyektor mini terbaik lainnya untuk penggunaan rumahan yaitu AUN Q2 Mini Projector. Produk ini hadir dengan bentuk kotak serta ada tali di atasnya untuk memudahkan membawa alat ini kemana-mana.

Perangkat proyektor mini ini dilengkapi dengan dua speaker 2 w di bagian kanan dan kiri.

Selain itu juga sudah dibekali dengan sistem pendingin untuk mencegah perangkat mengalami panas berlebih atau overheat.

Idealnya perangkat proyektor yang satu ini dapat menampilkan gambar di jarak 2 meter dengan ukuran 60 inchi. Hadir dengan tingkat kecerahan 700 lumens sehingga mendukung resolusi mencapai 1080p.

Nama Projector MiniAUN Q2 Mini Projector
Harga± Rp. 800.000

Daftar Harga Proyektor Mini Terbaik Lainnya

Selain beberapa rekomendasi produk mini projector seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, berikut ini daftar harga proyektor mini 2019 yang mungkin bisa menjadi referensi Anda:

Nama ProdukSpesifikasiHarga
Mini Projector UNIC 28+Input : 110-240v, Dimensions: 5″ x 4.75″ x 2.3″, Projection distance: 1-4 meters, Image size: 20-100 inches, Audio : Stereo Input, Lightning: LED Resolution  320×240 & Brightness: 48 lumensRp 420.000
Mini Projector LED YG300 MiniStyle: LCDLight; source: LED bulbprojective, mode: Throwing, rear projection, desktop, Brightness 15 ANSI lumens; Keystone Correction: manual correctionis; Pocket Projector:Ja Lamp; Contrast Ratio: 600: 1Lens; LEDResolution: 320×240 pixels; Screen scale: 4:3 / 16:9Rp 486.000
Mini Projector LED 400lm  – Analog TV Receiver Support 320p – VS320+Brightness 500 Lumens, lens F: 125, color: 1677k; Kontras Rasio 400:1, Ukuran Projeksi 20-80 Inch, Jarak Projeksi  1-4 Meters, Daya/ Power 24W 12V; Dimensi 137 X 126 X 56.6 Mm 400gRp 519.000
UNIC UC28B HD 1080P 50 LumensImage system: TFT, LCD; Brightness: 50 Lumens max; Max supported resolution: 1080 x 1920; Lighting : LED; Input voltage: 12V-1.5A; Image size: 10-60 Inches; Projection distance: 0.4-2.5m; Operation mode: Manual; System: Multimedia; Input: USB/TF, 5V/2A; Output terminal: Headphone (Not included)Rp 520.000
HIPLAY VS314 Mini ProyektorNative Resolution: 800 x 480; Brightness: 1500 Lumens; Contrast Ratio: 2000:1; Projection Distance: 0.9 – 6M; Image Size: 32 – 120 inch; Image Scale: 16:9,4:3; Interface: 3.5mm Audio,AV,HDMI,TF Card Slot,USB; Aspect Ratio: 16:9 / 4:3; Features: 1080P; Certificate: CE,FCC; Lamp: LEDRp 890.000
Hiplay RD606 DLP Mini Proyektor with MiracastProjection system:0.2” DMD; Throw ratio:1.2:1 (manual focus); Lifetime of Bulb:20,000 hours (standard mode); Standard Native Resolution:854×480; Brightness:1000 lumens (50 ANSI lumens); Contrast Ratio:1000:1; Projection Size:20-120 inch; Keystone:±40 degree Electronic keystone correction; Input Port:HDMI/ USB/ AUDIO OUT; Battery (optional):5,200 mAh; Working Voltage:AC100-240V / 50-60 Hz; Adapter:DC5V / 3A; Consumption:15WRp 2.150.000

Akhir Kata

Nah demikian itulah penjelasan lengkap tentang proyektor mini terbaik 2019 serta beberapa rekomendasi merk proyektor mini yang recommended untuk dibeli.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda dan menambah pengetahuan pembaca.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992