Tips WhatsApp

WhatsApp atau WA, siapa yang tidak mengenal aplikasi chatting satu ini?

Semua orang termasuk Anda juga pasti sudah mengenalnya bahkan mungkin sudah lama menginstallnya di Smartphone Anda, bukan?

Ya, WhatsApp bisa dikatakan sukses menggeser dominasi fitur instant message atau SMS bawaan ponsel.

Mengandalkan fitur yang beragam serta biaya obrolan gratis (menggunakan paket data), tak heran WhatsApp telah berhasil membuat kita melupakan fitur short message service (SMS) tersebut.

Sekali lagi WhatsApp memang kaya akan fitur-fitur canggih.

Bahkan saking banyaknya fitur yang dimiliki WhatsApp, terkadang masih ada beberapa pengguna yang tidak bisa atau tidak tahu cara menggunakan salah satu atau beberapa fiturnya yang tersembunyi.

Nah, karena itulah pada artikel ini kami ingin berbagi tentang tips dan trik rahasia WhatsApp yang jarang diketahui tapi sangat penting untuk diketahui.

Selain menambah wawasan, mengetahui fitur tersembunyi dan tips trik WhatsApp juga akan membuat Anda bisa memaksimalkan penggunaan WhatsApp.

Yuk, langsung saja disimak tips trik nya di bawah ini.

5 Tips dan Trik Rahasia WhatsApp yang Jarang Diketahui

Berikut ini tips dan trik menggunakan 5 fitur rahasia di aplikasi WhatsApp (WA):

1. Memformat Huruf (Miring, Tebal, Coret)

Tips WhatsApp-Huruf-Tebal-dan-Miring

Ternyata di WhatsApp kita bisa memformat bentuk huruf. Misalnya jika kita ingin membuat huruf miring atau tebal bahkan tercoret, di WhatsApp telah tersedia fiturnya.

Tapi tidak seperti fitur lain, untuk mengaktifkan fitur formatting huruf di WhatsApp kita harus mengetahui kodenya.

Kode-kode nya sebenarnya sederhana, yaitu:

  • Huruf Tebal – Caranya Anda tinggal mengapit kata yang ingin ditebalkan hufurnya dengan tanda asterik (*). Misalnya: *tebal*.
  • Huruf Miring – Cara membuatnya yaitu dengan mengapit kata yang ingin dibuat miring hurufnya dengan tanda strip bawah atau garis bawah (_). Contohnya: _miring_.
  • Huruf Tercoret – Cara membuatnya mudah sekali. Anda tinggal mengapit kata yang ingin dicoret dengan tanda tilde (~).

Pada ponsel tipe tertentu, untuk memformat huruf di WhatsApp sudah ada opsinya langsung pada antarmuka aplikasi WhatsApp.

Jadi, untuk membuat huruf tebal, miring atau tercoret tidak perlu menggunakan kode atau tanda di atas.

Bagaimana, apakah Anda baru tahu akan tips menulis ini?

Silahkan Anda coba sendiri, dan Anda dapat berkreasi dengan berbagai model huruf tulisan pada pesan Anda di WA.

2. Mengutip Pesan

Salah satu fitur yang disediakan oleh WA adalah fitur untuk mengutip pesan. Fitur ini sangat penting diketahui cara menggunakannya.

Manfaatnya akan sangat terasa jika Anda tergabung dalam sebuah grup yang cukup aktif sehingga dengan cepat chat-chat nya menumpuk.

Nah agar bisa membalas chat di grup sesuai kontek atau bahasan, Anda bisa mengutip salah satu pesan agar semua anggota grup tahu bahwa chat yang sedang Anda balas adalah chat yang Anda kutip.

Tips menggunakan fitur ini yaitu silahkan geser saja ke kanan salah satu chat, maka chat tersebut akan muncul sebagai kutipan yang terletak di atas chat balasan Anda.

3. Melihat Siapa Yang Sudah Membaca Pesan Anda di Grup

Fitur ini jarang diketahui, padahal cukup penting untuk melihat apakah pesan kita di grup sudah terbaca dan siapa saja yang sudah membacanya.

Nah untuk menggunakan fitur ini, triknya adalah silahkan klik pada obrolan yang sudah Anda kirimkan di grup, lalu tekan titik tiga di pojok kanan atas layar.

Selanjutnya silahkan pilih menu info dan orang atau anggota grup yang sudah membaca pesan Anda pun akan terlihat.

4. Sembunyikan Last Seen

Tips-WhatsApp-Sembunyikan-Last-Seen

Fitur ini akan cukup berguna bagi kita yang tidak ingin diketahui online di WhatsApp oleh orang lain.

Mengaktifkan fitur ini juga cukup mudah. Caranya, silahkan ke menu setelan, lalu pilih akun, kemudian pilih privasi.

Nah di menu privasi tersebut silahkan pilih lagi menu last seen. Lalu, Anda bisa mengatur siapa saja yang dapat melihat kapan terakhir kalinya Anda online di WhatsApp.

Pilihannya ada tiga yaitu semua orang, hanya kontak, dan tidak ada. Anda dapat melakukan setting sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Sembunyikan Centang Biru

Tips-WhatsApp-Hilangkan-Centang-Biru

Selain menyembunyikan last seen, kita juga bisa menyembunyikan status pesan terbaca di WhatsApp yang ditandai centang biru.

Untuk mematikan centang biru ini, silahkan ke menu setelan WhatsApp, kemudian pilih akun, lalu privasi. Nah selanjutnya, silahkan hilangkan centang pada kata laporan dibaca.

Setelah tanda centang ini Anda hilangkan, maka selanjutnya pesan dari orang lain yang sudah Anda baca hanya akan terlihat centang abu-abu oleh si pengirim.

Tapi ingat, setelah mengaktifkan fitur ini, Anda juga tidak akan menerima laporan dibaca untuk pesan atau chat yang Anda kirim ke orang lain.

Fitur sembunyikan last seen dan centang biru ini termasuk fitur privasi yang sangat dibutuhkan terbukti dari banyaknya pengguna yang mengaktifkannya.

Kalau Anda ingin fitur privasi yang lebih banyak, kami sarankan untuk mencoba aplikasi MOD WA atau WhatsApp MOD.

Karena disamping ada fitur sembunyikan last seen dan matikan centang biru, WhatsApp MOD juga masih punya banyak fitur privasi dan fitur-fitur menarik lainnya.

Berdasarkan yang kami kutip dari baguspedia.com sebagai media online yang mengulas informasi seputar teknologi, terdapat banyak apliaksi WA Modifikasi ini.

Salah satu yang paling populer adalah YoWhatsApp dan GBWhatsApp. Silahkan download aplikasi ini dan install di ponsel Anda.

Anda pasti akan senang dengan fitur-fitur yang ada pada aplikasi WhatsApp Mod ini.

Baca juga : Aplikasi Chatting Terbaik

Demikian ulasan tentang 5 tips dan trik menggunakan WhatsApp yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan atau pengetahun kita tetang aplikasi WA. Terima kasih.

Tinggalkan komentar