Aplikasi Tips & Trik

Cara Mengunci WhatsApp menggunakan Fingerprint

Cara Mengunci WhatsApp menggunakan Fingerprint
https://kuotabro.com

Sekarang WhatsApp sudah ada fitur kunci sidik jari. Begini cara mengunci WhatsApp menggunakan fingerprint/ FaceID/ TouchID dengan langkah mudah.

Kuotabro.com – Sudah tahu belum cara mengunci WhatsApp menggunakan fingerprint? Sekarang para pengguna aplikasi chatting WhatsApp bisa memberikan keamanan sidik jari.

Update terbaru dari aplikasi WA sekarang memang  menambahkan fitur fingerprint, namun tentunya hanya bisa digunakan oleh Kamu yang sudah melakukan pembaruan aplikasi dan menggunakan smartphone dengan fitur pemindai sidik jari.

Sepertinya fitur ini memang menjadi goal bagi aplikasi WA di tahun 2019 ini karena menawarkan tingkat keamanan yang tinggi bagi para penggunanya daripada aplikasi sejenis yang lain.

WhatsApp sendiri memang secara intens memberikan keamanan yang tinggi untuk pengguna, seperti yang sebelumnya menggunakan fitur end-to-end dan verifikasi dua langkah. Sehingga sekarang WA punya 3 tingkat keamanan.

Cara Mengunci WA dengan Sidik Jari

Seperti yang kita tahu, pengamanan menggunakan sidik jari sekarang menjadi salah satu trend kemajuan teknologi yang banyak ditemukan pada perangkat smartphone keluaran terbaru.

Dan kini WhatsApp menjadi aplikasi chatting pertama yang menggunakan fitur tersebut.

Dengan adanya fitur baru dari WhatsApp ini tentunya dapat memberikan pilihan pengguna mengenai keamanan WA.

Bagi Kamu yang belum mengetahui cara mengunci WA dengan fingerprint, berikut ini Kami akan memberikan langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama, Kamu harus memastikan sudah menggunakan aplikasi WhatsApp versi terbaru. Bagi yang belum menggunakan aplikasi ini maka bisa langsung saja menginstalnya melalui Google Play Store untuk mendapatkan versi terbarunya. Sedangkan untuk yang sudah memasang aplikasi ini, maka silahkan diperbarui terlebih dahulu melalui Play Store.
  2. Jika aplikasi WhatsApp sudah diperbarui, selanjutnya jalankan aplikasi tersebut dan masuk ke titik tiga di pojok kanan atas. Kemudian pilih menu setelan.
  3. Selanjutnya, Kamu pilih opsi menu Akun >> klik Privasi.Cara Mengunci WhatsApp dengan Sensor Sidik Jari
  4. Di menu Privasi, scroll ke bagian paling bawah dan seharusnya ada menu Kunci Sidik Jari. Pilih menu tersebut dan Anda akan diminta untuk konfirmasi sidik jari yang akan digunakan untuk mengunci WhatsApp. Tempelkan jari telunjuk atau jari manapun yang ingin digunakan untuk sensor.
  5. Jika sidik jari sudah berhasil dikonfirmasi, maka akan ada menu tambahan seperti pilihan untuk mengunci secara otomatis dan tampilkan konten pemberitahuan.
    Pada tahap ini, Kamu perlu merubah pengaturan kunci secara otomatis, jadi silahkan pilih opsi “Segera”. Opsi ini dimaksudkan agar WhatsApp akan segera terkunci sesaat setelah Anda menutup aplikasi.Cara Mengunci WhatsApp dengan Fingerprnt
  6. Sekarang Kamu sudah berhasil membuat pengunci WhatsApp menggunakan sensor fingerprint atau sidik jari. Keluar dari WhatsApp dan uji coba apakah pengamanan menggunakan sidik jari bekerja atau tidak.Cara Mengunci WhatsApp dengan Sidik Jari

Fungsi Kunci Sidik Jari di Aplikasi WhatsApp

Bagaimana, mudah sekali bukan membuat kunci sidik jari di aplikasi WA? Tentu saja dengan mengunci WA menggunakan sensor sidik jari, tidak akan ada sembarangan orang akan membuka aplikasi WA kamu.

Dengan kata lain, aplikasi WA hanya bisa dibuka oleh pemiliknya saja dengan cara menempelken jari ke sensor fingerprint yang ada di HP. Aplikasi media sosial seperti WhatsApp ini memang seharunya diberikan tingkat keamanan yang tinggi. Apalagi WA menjadi aplikasi chatting nomor 1 yang paling banyak digunakan.

Fitur keamanan seperti ini juga dapat melindungi data-data pengguna maupun yang dikirimkan ke pengguna speeri pesan teks, video, audio, gambar, dokumen dan lainnya. Tingkat fungsionalitasnya yang tinggi, sehingga tak heran jika aplikasi ini telah diunduh lebih dari 1M pengguna.

F.A.Q

Kenapa Tidak Menemukan Fitur Sidik Jari di WhatsApp?

Hal ini kemungkinan karena Anda belum melakukan update WhatsApp, atau karena perangkat tidak mendukung untuk menggunakan fitur tersebut.

Apakah Saat Ada Panggilan Telp/ Video Call Harus Membuka dengan Kunci Sidik Jari Dulu?

Tidak, karena fitur kunci fingerprint hanya digunakan untuk mengunci dan membuka aplikasi, sehingga tidak akan mengganggu fitur lainnya termasuk telp dan video call.

Apakah Kunci Sidik Jari Whatsapp Bisa Digunakan di HP Yang Tidak Mempunyai Sensor Fingerprint?

Tidak, karena syarat utama untuk menggunakan fitur ini yaitu HP harus memenuhi syarat pemindai sidik jari. Sehingga jika syarat tersebut tidak terpenuhi maka fitur kunci menggunakan sidik jari tidak bisa digunakan.

Apakah Kunci Sidik Jari WA Aman?

Fitur terbaru dari WhatsApp ini sangat aman untuk digunakan karena dapat meningkatkan keamanan pada aplikasi WhatsApp. Selain itu juga dapat mengurangi aktivitas kejahatan di WA atau yang memanfaatkan aplikasi untuk tujuan yang negatif.

Apakah Pengaturan Kunci Sidik Jari di Telepon Harus Dibuat Dahulu?

Iya. Selain ponsel harus sudah memiliki fitur sidik jari, juga harus melakukan pengaktifan atau menyetel sidik jari di telepon terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan dalam proses konfigurasi sidik jari di WA.

Mengapa Opsi Kunci Sidik Jari Whatsapp Memberikan 3 Pilih?

Untuk setiap opsi tersebut disesuaikan dengan kondisi atau kebutuhan pengguna. Apabila pengguna adalah tipe yang protektif dan bekerja dalamm lingkungan yang pada, maka opsi Segera bisa jadi pilihan. Karena opsi ini akan meminta WhatsApp segera mengunci aplikasi sesaat setelah pengguna keluar dari aplikasi.

Sedangkan untuk opsi 1 menit dan 30 menit dapat digunakan apabila kondisi pengguna tidak berada di lingkungan yang ramai. Misalnya ketika sedang di kamar.

Apa Manfaat Menggunakan Kunci Sidik Jari di WA?

Dengan adanya fitur pengunci sidik jari ini, sehingga dapat meningkatkan keamanan WA sebagai aplikasi messenger terbaik saat ini. Apalagi dengan semua pesan yang telah terenkripsi end-to-end dan fitur verifikasi 2 langkah, sehingga menggunakan WA semakin aman. Mengunci WhatsApp dengan sidik jari juga lebih modern di jaman sekarang. Baca Selanjutnya

Akhir Kata

Demikian artikel kami kali ini mengenai Cara Mengunci WhatsApp menggunakan Fingerprint, tidak ada bedanya dengan WA yang dikunci menggunakan faceID atau touch ID. Caranya sama seperti diatas.

Tentang Penulis

Nurikhsani S.I.Kom.

Nurikhsani S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992