Komputer

10+ Cara Mengatasi Error Msvcp100.dll Missing

Cara Mengatasi Msvcp100.dll Missing
https://kuotabro.com

Program di komputer tidak bisa dibuka dan muncul notifikasi error msvcp100.dll? Tidak perlu panik, begini cara mengatasi msvcp100.dll missing.

Kuotabro.com – Pernah nggak tiba-tiba muncul pesan eror saat membuka salah satu program di komputer yang berisi informasi bahwa file msvcp100.dll missing?

Hal ini pun menyebabkan program tersebut tidak dapat terbuka sehingga aktivitas komputer pun menjadi terganggu.

Sebenarnya, hilangnya file msvcp100.dll bukanlah masalah serius jika langsung ditangani dengan cepat.

Bagaimana cara mengatasi msvcp100.dll missing? Yuk,simak selengkapnya pada pembahasan berikut.

Apa itu msvcp100.dll?

Apa itu msvcp100.dll

Msvcp100.dll missing adalah sebuah pesan eror yang memberitahukan kepada pengguna bahwa program yang diinginkan tidak dapat dibuka karena file msvcp100.dll telah hilang.

File Dynamic Link Library (dll) digunakan oleh sebuah program dimana berisi instruksi untuk menjalankan sebuah operasi tertentu.

Selain msvcp100.dll missing, pesan eror akibat rusaknya file dll ini juga bisa ditandai dengan adanya pesan berbunyi seperti berikut ini.

“Msvcp100.dll is not found”

“Cannot find [PATH]\msvcp100.dll”

“Cannot start [program]. A required component is missing: msvcp100.dll. Please install (program] again”

“The file msvcp100.dll is missing”

“The program can’t start because MSVCP100.dll is missing from your computer”

Pesan ini tidak hanya muncul saat membuka porgram tertentu, pada beberapa komputer juga muncul saat pertama kali menyalakan komputer berbasis Windows tersebut atau ketika akan mematikannya.

Pesan eror msvcp100.dll missing bisa terjadi pada semua versi OS Windows, mulai dari Windows 2000, XP, Vista, 7, 8 maupun 10.

Yang jelas, kendala eror ini bisa terjadi pada semua program yang memiliki kaitan dengan file msvcp100.dll.

Penyebab msvcp100.dll missing

Jika dibaca secara sekilas sangat jelas bahwasannya eror tersebut terjadi karena file msvcp100.dll telah hilang.

Tidak hanya disebabkan oleh hilangnya file msvcp100.dll missing, pesan eror ini juga bisa muncul ketika file tersebut mengalami kerusakan atau corrupt.

Selain itu, bisa juga disebabkan oleh adanya permasalahan pada hardware maupun Windows Registry.

Penyebab lainnya yaitu adanya serangan malware ataupun virus.

This application failed to start because msvcp100.dll was not found. Re-installing the application may fix this problem.

11 Cara Mengatasi msvcp100.dll Missing

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pesan eror msvcp100.dll missing bisa terjadi pada saat-saat tertentu.

Nah, waktu munculnya pesan ini bisa dijadikan sebagai alat untuk mengidentifikasi letak permasalahan tersebut.

Jadi, misalnya pesan eror tersebut muncul saat Anda membuka program A, maka kemungkinan besar file msvcp100.dll di program tersebut mengalami corrupt atau hilang.

Berikut beberapa cara mengatasi msvcp100.dll missing dengan mudah yang dijamin ampuh.

Melakukan Pengecekan pada Recycle Bin

Hilangnya file msvcp100.dll pada komputer bisa saja terjadi karena Anda tidak sengaja menghapusnya.

Nah, saat menghapus file tersebut maka hasilnya akan tersimpan pada Resycle Bin asalkan tidak dihapus secara permanen.

Oleh karena itu, Anda perlu mengecek Recycle Bin untuk mengetahui apakah file tersebut ada di sana.

Jika pada Recycle Bin terdapat banyak sekali file, maka Anda bisa mencarinya dengan mudah melalui kolom pencarian dengan mengetikkan msvcp100.dll.

Apabila sudah ketemu, maka kembalikan file tersebut ke tempat asalnya dengan cara klik kanan pada file msvcp100.dll dan klik Restore.

Melakukan Pengecekan Windows Updates

Cara lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi msvcp100.dll missing yaitu dengan melakukan pengecekan Windows Update.

Dengan melakukan update pada komputer, maka file msvcp100.dll pun akan terupadate atau tergantikan sehingga nantinya bisa dipakai kembali dalam menjalankan program.

Untuk melakukan pengecekan update sangatlah mudah yaitu:

  1. Pertama-tama, masuklah ke menu Pengaturan pada komputer.
  2. Setelah itu, bukalah ke menu Update & Security maka Anda akan langsung dibawa ke halaman pembaruan Windows. Pada halaman tersebut, pilih dan klik Check for update untuk melakukan pengecekan program-program yang perlu diperbarui. Apabila ada pembaruan, maka install program tersebut dan lakukan pembaruan hingga mendapatkan versi terbaru.
  3. Selanjutnya cobalah menjalankan program yang sebelumnya mengalami eror msvcp100.dll missing untuk mengecek apakah pesan eror tersebut masih muncul atau tidak.

Install atau Reinstall The Microsoft Visual C ++ Redistributable Package

Visual C++ adalah bagian dari C suite dalam bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk berbagai tipe pengembangan proyek yang berbeda-beda.

Visual C++ brisi sebuah paket runtime dan library yang berfungsi untuk membuat kompilasi yang berbeda dari fungsi panggilan, prosedur maupun kode-kode lainnya yang terintegrasi pada sebuah software.

Nah, biasanya msvcp100.dll merupakan bagian dari Visual C ++ Redistributable untuk Visual Studio 2010.

Jika file msvcp100.dll hilang, maka Anda pun bisa menginstall Microsoft Visual C++ Redistributable untuk Visual Studio 2010 agar mendapatkan versi terbaru.

Anda bisa mendownlaod program tersebut melalui website resmi Microsoft.

Nantinya Anda hanya perlu memilih mengunduh file “vc_redist.x64.exe” atau “vc_redist.x84.exe” tergantung pada spesifikasi komputer yang dimiliki.

Saat melakukan instalasi atau instal ulang, tutup semua program yang dibuka sebelumnya.

Abapila setelah menginstall Microsoft Visual C++ Redistributable untuk Visual Studio 2010 masih terjadi eror, maka lakukan install ulang dengan cara unistall terlebih dahulu dan kemudian mengintallnya lagi.

Cara unistall program ini sangatlah mudah dimana Anda hanya perlu klik kanan pada program tersebut dan memilih Unistall atau Unistall/Change.

Download Visual Studio 2015, 2017, dan 2019

Reinstall The Program

Apabila pesan eror terkait file msvcp100.dll missing atau not found terjadi ketika Anda membuka program tertentu, maka kemungkinan letak permasalahan ada pada program yang dibuka.

Untuk mengatasi msvcp100.dll missing ini Anda pun perlu melakukan install ulang pada program tersebut.

Cara melakukan reinstall program pada berbagai versi Windows yaitu:

  1. Pertama, masuklah ke menu Program and Features dengan melalui Windows Run. Klik logo Windows + R dan masukkan kata kunci appwiz.cpl pada kolom Windows Run. Selanjutnya klik Enter maka Anda akan langsung dibawa ke halaman Program and Fature.
  2. Setelah itu, carilah program yang mendapat pesan eror msvcp100.dll sebelumnya. Jika sudah ketemu maka klik kanan pada program tersebut dan pilih Uninstall.
  3. Terakhir, download dan install lagi program tersebut pada komputer Anda. Untuk mencegah terjadinya eror lagi sebaiknya dowload program dari website https://www.dll-files.com/msvcp100.dll.html.

Restore Sistem

Restore sistem juga bisa dijadikan sebagai solusi cerdas untuk mengatasi masalah msvcp100.dll eror pada komputer atau laptop.

Dengan melakukan restore sistem maka Anda akan mengembalikan semua file penting yang telah disimpan sebelumnya pada komputer.

Namun, file ini hanya bisa dikembalikan apabila Anda sudah melakukan backup (penyimpanan) terlebih dahulu pada pusat restore.

Proses backup ini bisa dijalankan secara otomatis dan pengguna hanya perlu mengatur waktu penyimpanan.

Adapun cara restore file pada komputer untuk mengembalikan msvcp100.dll yaitu:

  1. Bukalah Windows Run dengan cara klik logo Windows + R secara bersamaan.
  2. Setelah terbuka jendela Windows Run, ketik rstrui.exe pada kolom pencarian dan klik OK atau tekan tombol Enter maka Anda akan langsung dibawa ke halaman Restore sistem.
  3. Selanjutnya klik Next pada jendela System Restore, maka akan langsung dibawa ke halaman pusat restore. Jika Anda memiliki banyak titik restore maka klik Show more restore point dan pilihlah point restore yang berkaitan dengan file dll. Jika sudah maka klik Next.
  4. Kemudian konfirmasi restore pont. Untuk melihat deskripsi restore lebih jelas maka Anda bisa klik Description.
  5. Terakhir, klik Finish untuk memulai proses restore sistem dari restore point tersebut. Tunggulah hingga prosesnya selesai.

Jalankan Scan SFC

SFC adalah sebuah sebuah tools yang memungkinkan pengguna untuk memindai perangkat untuk mengetahui ada atau tidaknya file corrupt pada sistem.

Apabila SFC menemukan adanya file yang bermasalah, maka secara otomatis tools ini juga akan memperbaiki dan mengembalikan file tersebut.

Hal tersebut juga berlaku pada file msvcp100.dll yang bermasalah.

Untuk menjalankan SFC, Anda bisa dengan mudah menggunakan bantuan Command Prompt atau cmd yang sudah tersedia pada semua komputer.

Adapun langkah-langkahnya yaitu:

  1. Sebagai langkah awal bukalah menu Command Prompt dengan cara klik Start dan pilih Command Prompt. Jika tidak muncul maka Anda bisa memasukkan keyword cmd pada kolom pencarian program. Apabila sudah ketemu maka klik kanan dan pilih Run as administrator.
  2. Setelah jendela cmd yang berwarna hitam terbuka, masukkan perintah dengan mengetik “sfc /scannow” dan tekan tombol Enter. Secara otomati SFC akan melakukan pemindaian dan restore file. Tunggulah hingga selesai, sekitar 15 menit.
  3. Langkah berikutnya restart perangkat dan lihatlah apakah masih muncul pesan eror msvcp100.dll missing.

Aktifkan Windows Defender

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa terjadinya msvcp100.dll missing juga bisa disebabkan oleh adanya serangan virus ataupun malware.

Untuk menanggulangi hal tersebut Anda pun bisa menggunakan Windows Defender dimana program ini akan membantu melindungi komputer dari virus, malware, spyware maupun software berbahaya.

Berikut cara mengaktifkan Windows Defender untuk memindai virus dan melindungi perangkat.

  1. Masuklah ke kolom pencarian perangkat dan ketik virus maka akan muncul semua pengaturan ataupun program terkait virus. Kemudian pilih dan klik Virus & threat protection.
  2. Setelah itu klik Advance scan dan pilih Full scan.
  3. Selanjutnya mulailah proses scan dengan mengklik Scan now. Jika selama proses pemindaian tersebut Windows Defender menemukan virus maka Anda bisa menghapusnya secara langsung.

Selain Windows Defender, Anda juga bisa memanfaatkan antivirus lainnya yang telah dipercaya dalam melindungi komputer ataupun laptop.

Mengecek Memori dan Hard Drive

Cara lain yang bisa dipilih untuk mengatasi masalah eror file dll yaitu dengan mengecek memori maupun hard drive perangkat.

Permasalah pada kedua komponen tersebut bisa berkaitan dengan eror msvcp100.dll.

Jika setelah melakukan pengecekan hardware masih muncul pesan eror, maka Anda pun perlu mengganti memori ataupun hard drive secepatnya.

Memperbaiki Instalasi Windows

Pada beberapa kasus, hilangnya file msvcp100.dll juga bisa disebabkan oleh adanya kesalahan saat melakukan instalasi Windows maupun program lainnya yang berkaitan dengan file dll tersebut.

Untuk mengatasi eror file dll ini Anda pun bisa memperbaiki instalasi Windows sehingga bisa mengembalikan semua file dll di dalamnya.

Menggunakan Free Registry Cleaner

Permasalahan pada registrasi juga bisa menjadi pemicu terjadinya eror msvcp100.dll pada komputer sehingga Anda pun memerlukan tools khusus untuk menangani masalah tersebut.

Menggunakan Free Registry Cleaner bisa membantu Anda untuk memperbaiki berbagai permasalahan yang berkaitan dengan proses registrasi.

Cara ini bersifat tidak merusak (non-destructive) sehingga bisa dijadikan solusi sebelum Anda memilih cara lainnya yang lebih berat.

Clean Installation

Jika masalah notifikasi eror msvcp100.dll terjadi karena file tersebut telah rusak, maka pengguna pun perlu melakukan mengganti yang baru.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan membersihkan semua instalasi Window dan melakukan install ulang.

Dengan melakukan clean installation maka semua file yang ada pada hard drive akan terhapus dan Anda pun bisa menginstall lagi.

Melalui instalasi ini nantinya file msvcp100.dll yang bermasalah akan dihapus dan mendapatkan file dll baru.

Sebelum melakukan pembersihan hard drive Anda harus membackup semua data penting terlebih dahulu karena semua informasi dan data di dalamnya akan hilang selama proses clean install.

F.A.Q

Apa Itu DLL?

Dynamic Link Library (DLL) adalah sebuah sebuah file pada Windows yang digunakan untuk memanggil fungsi pada sebuah program.

Dll ini akan membuat kinerja program menjadi lebih efisien dimana Windows dan program di dalamnya bisa berjalan dengan baik dalam menjalankan fungsinya tanpa perlu memiliki fungsi tersebut.

File dll ini bersifat umum yang artinya bisa digunakan untuk beberapa program sekaligus yang membutuhkan file tersebut.

Di dalam Windows sendiri, file dll sangat beragam seperti msvcp100.dll, msvcr100.dll, mscvr110.dll, mscvp110.dll dan masih banyak lagi.

Dll ini umumnya berjalan di latar belakang dan keberadaannya jarang diketahui oleh pengguna kecuali jika terjadi eror msvcp100.dll missing.

Bagaimana Cara Membuat Rstore Point?

Restore Point adalah bagian penting yang harus Anda buat sebelum melakukan restore sistem karena nantinya fitur ini akan menjadi tempat semua data dan setting komputer tersimpan.

Sebaiknya, pembuatan restore point ini dilakukan sejak awal setelah melakukan pembelian komputer atau setelah install ulang.

Jadi, apabila di kemudian hari komputer Anda bermasalah maka bisa dikembalikan ke pengaturan sebelumnya berdasarkan pada restore point.

Adapun cara membuat restore point pada Windows 10 yaitu:

  • Sebagai langkah awal, masuklah ke menu System Properties melalui Windows Run dengan mengetik kata kunci SystemPropertiesProtection dan tekan Enter.
  • Setelah dibawa ke halaman System Properties maka klik menu Configuration dan pilih opsi Turn on System protection untuk mengaktifkan Drive Protection.
  • Selanjutnya atur kapasitas penyimpanan restore point pada kolom Max Usafe, scroll bulirnya hingga 10-15% dan klik OK.
  • Langkah berikutnya klik Create, maka akan muncul kotak dialog baru yang berisi perintah untuk memasukkan nama atau deskripsi dari restore point. Anda bisa memberi nama sesuai keinginan dan klik Create lagi untuk mengkonfirmasi pembuatan restore point.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi informasi lengkap tentang msvcp100.dll missing dan cara mengatasinya dengan tepat.

Untuk kedepannya, selalu download file msvcp100.dll dari sumber yang terpercaya dan sudah terverifikasi untuk menghindari terjadinya eror atau program tidak support.

Apabila Anda tidak bisa menjalankan komputer karena masalah msvcp100.dll yang hilang atau corrupt, maka bisa memulai Windows melalui mode aman (Safe Mode) sebelum mencoba cara di atas.

Selamat mencoba.

Tentang Penulis

Listiyaningsih S.I.Kom.

Listiyaningsih S.I.Kom.

Devita adalah lulusan Ilmu Kelautan yang masih bingung bagaimana mengaplikasikan ilmunya. Kini, dia pun terjebak dalam dunia jurnalistik.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992