Begini Cara Registrasi Kartu 3 Anti Gagal

Sesuai dengan peraturan pemerintah bidang Kominfo bahwa setiap pemilik kartu SIM prabayar diwajibkan untuk melakukan registrasi menggunakan identitas asli berupa Nomor KTP dan nomor KK.

Keputusan ini sudah disepakati dan semua penduduk Indonesia maupun warga negara Asing yang tinggal atau menetap di Indonesia dan menggunakan SIM Card, tetap wajib mendaftarkan identitas mereka.

Jika tidak, maka risikonya adalah nomor Kamu akan diblokir dan tidak diperkenankan mendapatkan akses SMS, Telepon maupun internet menggunakan nomor tersebut, meskipun sudah digunakan bertahun-tahun.

Meskipun kebijakan tersebut sudah ada sejak tahun lalul, namun ternyata masih banyak yang belum memahami bagaimana cara registrasi kartu 3 dengan benar tanpa gagal.

Bagaimana cara registrasi kartu 3?

Ada beberapa cara yang bisa Kamu lakukan untuk cara registrasi kartu 3 baru maupun cara registrasi ulang kartu 3 yaitu dengan cara registrasi kartu 3 via SMS, cara registrasi kartu 3 online, cara registrasi kartu 3 via website.

Cara Registrasi Kartu 3 Lewat SMS

Ini adalah cara pertama dan yang paling mudah dilakukan jika Kamu ingin registrasi kartu 3, baik untuk registrasi kartu baru maupun registrasi ulang.

Untuk Kamu pelanggan kartu 3, berikut cara registrasi kartu perdana 3 via SMS:

Pengguna baru: kirim pesan dengan format (16 digit nomor NIK)#(16 digit nomor KK), kirim ke 4444

cara registrasi kartu m3

blogspot.com

Pengguna lama: kirim pesan dengan format ULANG#(16 digit nomor NIK)#(16 digit nomor KK), kirim ke 4444

cara registrasi kartu 3 baru

blogspot.com

Selanjutnya akan muncul pesan balasan yang menginformasikan bahwa registrasi Kamu sudah berhasil.

Cara registrasi kartu 3 lewat SMS ini memang yang paling mudah dan simpel, sehinga lebih banyak yang menggunakan cara ini.

Bahkan Kamu tidak harus memiliki sisa pulsa untuk menggunakan cara registrasi kartu Tri 2019 ini.

Cara Registrasi Kartu 3 Online

cara registrasi kartu 3 kosong

blogspot.com

Cara daftar kartu 3 via online bisa dilakukan dengan menggunakan website Tri.

Karena sifatnya yang online, sehingga Kamu harus menggunakan koneksi internet jika ingin menggunakan cara registrasi kartu 3 internet ini.

Akan tetapi cara ini bisa diterapkan untuk daftar ulang kartu 3 maupun untuk mendaftarkan kartu 3 baru.

Berikut langkah-langkah menggunakan website 3 untuk registrasi ulang sim card:

  1. Pertama-tama, silahkan masuk ke website registrasi.tri.co.id, kemudian akan muncul dua tombol di tampilan selanjutnya yaitu untuk “Registrasi Kartu Prabayar” dan “UnReg”
  2. Karena tujuannya untuk registrasi, maka silahkan memilih “Registrasi Kartu Prabayar”
  3. Pada tampilan berikutnya akan muncul formulir registrasi kartu 3 yang melibputi Nomor Tri yang akan didaftarkan, Nomor NIK dan Nomor KK.
  4. Jika semua sudah terisi, selanjutnya pilih “Minta Kode Rahasia” untuk mengirimkan kode tersebut ke nomer Kamu sebagai verifikasi.
  5. Selain menggunakan kode rahasia, Kamu juga bisa memilih alternatif memasukkan 4 angka terakhir nomor seri/ ICCID, mana yang menurut Kamu lebih simpel saja.
  6. Terakhir klik tombol “Kirim”
  7. Tunggu beberapa saat hingga situs web Tri menampilkan informasi bahwa data Kamu sudah berhasil disimpan dan menandakan bahwa registrasi sudah berhasil dilakukan.

Selesai, cukup mudah memang cara registrasi kartu 3 via online karena cara ini bisa digunakan sebagai cara registrasi kartu 3 di Android maupun cara registrasi kartu 3 di komputer/ PC.

Apalagi meskipun 3 memiliki aplikasi BimaTri, sayangnya tidak ada cara registrasi kartu 3 BimaTri, sehingga Kamu masih bisa memanfaatkan website Tri tersebut untuk cara registrasi kartu 3 aon.

Meskipun harus menggunakan cara registrasi kartu 3 melalui internet, namun cara tersebut dijamin anti gagal.

Cara tersebut juga termasuk cara registrasi kartu 3 terbaru.

Cara Cek Registrasi Kartu 3

Bagi pengguna lama, mungkin pernah bertanya-tanya apakah nomer 3 yang mereka gunakan selama ini sudah di registrasi atau belum.

Oleh karena itu, Kamu membutuhkan cara cek registrasi karu 3 apakah sudah terdaftar atau belum melalui cara cek registrasi kartu 3 lewat SMS.

Jika Kamu mendaftarkan kartu Kamu melalui SMS seperti format yang sudah dijelaskan sebelumnya maka Kamu seharusnya mendapatkan pesan balasan berisi informasi bahwa nomor Kamu sudah berhasik teregistrasi.

Jadi jika Kamu belum mendapatkan pesan seperti itu, maka bisa menunggu maksimal 1×24 jam.

Apabila tak kunjung mendapatkan pesan balasan dari Tri, Kamu bisa melakukan resgitrasi ulang atau langsung saja menggunakna cara registrasi kartu 3 di outlet Tri.

Cara Unreg Registrasi Kartu 3

cara registrasi kartu 3 melalui sms

Selain cara registrasi kartu 3 seperti yang sudah dibahas diatas, Kamu juga bisa melakukan unregistrasi kartu Tri.

Biasanya hal ini diperlukan ketika Kamu sudah tidak lagi menggunakan kartu Tri milikmu, maka harus dilakukan unregistrasi.

Cara unreg registrasi kartu 3 cukup mudah, Kamu bisa ikuti step by step berikut ini:

  1. Pertama, silahkan Kamu masuk ke situs dengan URL https://registrasi.tri.co.id/unreg
  2. Silahkan pilih tombol “Unreg”, disitu akan muncul tampilan yang meminta Kamu untuk mengisi data berupa nomor handphone yang masih aktif dan  NIK
  3. Jangan lupa juga untuk mengisi kode rahasia, lalu klik “I’m not robot” sebagai verifikasi.
  4. Terakhir, klik kirim, tunggu hingga muncul pemberitahuan bahwa nomor Kamu sudah dilakukan un-registrasi.

Registrasi Kartu 3 Gagal?

Kadang ketika kita melakukan sesuatu memang tidak selalu berjalan sebagaimana mestinya, termasuk ketika melakukan cara registrasi kartu 3 baru maupun registrasi ulang kartu 3.

Apalagi masih banyak pengguna kartu 3 yang mengeluhkan cara registrasi kartu 3 4G yang gagal, sulit atau karena masalah lainnya.

Padahal waktu tenggang dari pemerintah untuk melakukan registrasi kartu prabayar sudah lewat jauh jatuh temponya.

Lalu apa sih penyebab registrasi kartu 3 yang bisa gagal? Dan bagaimana cara registrasi kartu 3 yang gagal?

Dari pihak Kominfo pun turut menjelaskan beberapa kemungkinan yang menyebabkan registrasi kartu prabayar, termasuk kartu Tri gagal dilakukan.

Diantaranya karena adanya kemungkinan Nomor KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan Nomor KK (Kartu Keluarga) sudah diblokit oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Biasanya hal tersebut karena adanya data ganda sehingga salah satunya harus dihapus.

Kemungkinan lainnya mengapa registrasi bisa gagal adalah karena bisa jadi pelanggan salah memasukkan angka saat melakukan registrasi.

Selain itu, keluarkan akta kematian kepala keluarga atau ayah, bisa membuat nomor KK berganti.

Oleh karena itu, sebelum melakukan cara registrasi kartu 4G LTE, sebaiknya pastikan terlebih dahulu Kamu sudah memasukkan angka-angka identitas dengan benar.

Apabila Kamu sudah memasukkan angka dengan benar, namun masih gagal registrasi, Kamu biasa langsung saja mendatangi gerai operator 3 terdekat untuk menanyakan perihal tersebut.

Di gerai operator ini biasanya Anda akan diminta untuk membuat surat pernyataan bahwa Anda adalah benar-benar pemilik kartu SIM tersebut.

Mendatangi gerai kartu 3 juga bisa menjadi solusi untuk cara registrasi kartu 3 yang terblokir.

Nah, demikian informasi tentang cara registrasi ulang kartu 3 maupaun cara registrasi kartu 3 baru.

 

Loading...
Begini Cara Registrasi Kartu 3 Anti Gagal | Qibtiyah | 4.5
error: Content is protected !!
IBX5AC5B1B595992