Aplikasi

21 Emulator Android untuk PC Spek Rendah

Emulator Android
https://kuotabro.com
RezzaID
Writen & Edited By RezzaID

Lagi cari emulator Android untuk PC spek rendah? Wajib pakai salah satu dari beberapa aplikasi emulator ini yang diklaim sangat ringan digunakan.

Kuotabro.com – Ada banyak alasan mengapa banyak yang mencari emulator Android untuk PC spek rendah. Salah satunya agar untuk menjalankan emulator tidak memberatkan beban kerja pc.

Emulator Android sendiri dibutuhkan oleh para developer untuk menguji aplikasi yang sedang mereka kembangkan. Sedangkan para gamers membutuhkan emulator untuk main game Android menggunakan keyboard dan mouse di komputer.

Jika salah menggunakan emulator, maka bisa menyebabkan perangkat anda memiliki beban kerja yang berat sehingga emulator tidak bisa dijalankan dengan optimal.

Tapi tidak perlu khawatir karena ada beberapa emulator Android yang cukup ringan digunakan. Untuk menggunakannya pun juga tidaklah sulit.

Emulator Android Paling Ringan dan Cepat

Bagi kalian yang sekarang sedang mencari emulator Android terbaik khusus untuk PC spek rendah, tidak perlu khawatir karena berikut ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi emulator yang paling ringan digunakan.

Nox App Player

Bagi para developer mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi emulator Android yang satu ini. Nox App Player menjadi aplikasi emulator Android yang secara khusus memang digunakan untuk para pemain game.

Nox App Player

Fitur yang diunggulkan dari aplikasi ini yaitu kontrol keyboard, dengan menggunakan fitur tersebut anda tidak perlu menggerakkan mouse untuk main game tapi bisa menggunakan keyboard.

Salah satu fitur menarik dari Nox adalah adanya fitur multi intance, gimana fitur ini memungkinkan anda untuk menjalankan aplikasi atau game secara bersamaan hingga 3 atau 4 game sekaligus dalam satu waktu.

Misalnya salah satu game sedang melakukan proses loading yang panjang, maka untuk menunggunya Anda bisa bermain game yang lain terlebih dahulu sambil menunggu proses game yang akan dimainkan tersebut selesai.

Namun bagi anda yang akan menggunakan fitur multi instance tersebut sebaiknya memastikan komputer sudah memiliki spesifikasi minimal RAM 4GB agar fitur dapat bekerja dengan baik.

Untuk menjalankan aplikasi emulator Android ini sebaiknya digunakan pada spesifikasi minimal PC dengan 1.5 GB RAM. Aplikasi bisa dijalankan pada beberapa perangkat Windows seperti Windows Vista, Windows 8, Windows 7,  ataupun Windows 10.

Sementara untuk spesifikasi Android yang bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi ini yaitu Android KitKat ke atas.

MEmu

Anda yang sedang mencari emulator Android untuk PC spek rendah maka bisa menggunakan aplikasi ini.

MEmu

MEmu adalah salah satu emulator terbaik yang menawarkan beberapa fitur bermanfaat untuk bermain game dengan lancar. Perangkat android yang bisa menjalankan aplikasi ini diantaranya Jellybean, KitKat, Lollipop dan diatasnya.

Khususnya bagi pengguna android kitkat, maka anda bisa mengubahnya secara langsung tanpa harus mendownload emulator lain.

Fitur tersebut dibutuhkan bagi para pengembang aplikasi game android untuk menguji apakah game dapat berjalan di versi android tersebut ada tidak.

MEmu tidak perlu dilakukan lagi performanya karena menurut hasil uji antutu diklaim 2 kali lebih cepat daripada ponsel android keluaran terbaru.

Aplikasi emulator ini bisa bekerja dengan baik pada perangkat pc dengan chipset amd atau intel. Minimal OS yang digunakan adalah Windows Vista, Windows 8.1, dan Windows 10.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan pengalaman main game menyenangkan tanpa harus membuat kinerja pc menjadi berat maka bisa menggunakan aplikasi MEmu ini.

BlueStacks

Selain Nox, aplikasi emulator android yang satu ini juga cukup populer di kalangan para gamers. Mungkin yang terlintas pertama kali dalam benak anda ketika mendengar nama emulator yang muncul adalah BlueStacks.

BlueStacks

BlueStacks juga cukup populer di kalangan para developer aplikasi game Android.

Aplikasi yang sudah dikembangkan sejak tahun 2011 ini hadir menjadi salah satu emulator Android dengan pengguna lebih dari 85 juta orang dari seluruh dunia. Sebenarnya aplikasi emulator ini tidak ringan ringan banget, tapi masih bisa diandalkan untuk kalian yang menggunakan PC spek rendah.

Meskipun sudah lama, tapi ternyata aplikasi emulator Android ini selalu melakukan pembaruan sistem untuk meningkatkan kinerja. Saat ini versi terbaru dari BlueStacks adalah versi BlueStacks 3.

Selain itu, hampir 96% perangkat Android sudah compatible menggunakan BlueStacks.

Bahkan aplikasi ini mendapatkan uji Benchmark AnTuTu bluestack dengan scores 130762. Hasil ini lebih tinggi daripada aplikasi nox.

Jika tertarik untuk menggunakan emulator Android yang satu ini maka setidaknya gunakan PC dengan minimal RAM 2GB dan sudah menggunakan OS Windows XP SP3, Windows Vista SP2, Windows 7, Windows 8/ 8.1 mauupun Windows 10.

Apabila Anda ingin mendapatkan pengalaman yang lebih menyenangkan maka bisa menggunakan PC yang memiliki spesifikasi RAM 6GB atau diatasnya. Spesifikasi ini sangat mumpuni untuk menjalankan emulator Android BlueStacks.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan yaitu kemudahan dalam proses instalasi dan konfigurasi yang simple daripada emulator Android lainnya.

Pengguna tidak perlu melakukan pengaturan yang ribet karena bluestack dapat menyesuaikan pengaturannya sendiri secara otomatis.

LeapDroid

LeapDroid adalah salah satu emulator Android yang masih bisa dikatakan sebagai aplikasi baru dari pada aplikasi aplikasi emulator yang sebelumnya.

LeapDroid

Namun aplikasi ini memiliki fitur yang lebih sederhana dan bisa berjalan pada PC dengan spesifikasi yang rendah.

Dalam aplikasi LeapDroid terdapat fitur slide-by-slide yang mirip seperti emulator nox dimana dapat digunakan untuk membuka game secara bersamaan.

Sehingga meskipun termasuk aplikasi emulator Android yang baru, tapi LeapDroid memiliki fitur yang bisa dimanfaatkan untuk memberikan pengalaman main game menggunakan emulator yang lebih keren.

Hasil skor uji benchmark gaming pun juga didapatkan nilai yang cukup bagus.

LeapDroid secara default memiliki akses root jadi anda tidak perlu bersusah payah untuk membuka akses root apabila ingin menjalankan aplikasi emulator Android yang satu ini. Hampir 98% aplikasi bisa dijalankan menggunakan aplikasi emulator ini.

Beberapa jenis PC yang kompatibel untuk menjalankan LeapDroid seperti Windows 7 SP1, Windows 8.1, dan Windows 10 serta sudah menggunakan chipset AMD maupun Intel.

Jika anda tertarik untuk menggunakan emulator Android yang satu ini, maka sebaiknya menggunakan spesifikasi minimal PC RAM 2GB. Namun menurut beberapa testimoni pengguna masih optimal untuk digunakan pada perangkat PC dengan ram 1 GB, meskipun agak sedikit terganggu.

Sayangnya, menurut kabar terbaru bahwa aplikasi emulator buatan dari Founders LeapDroid ini telah menghentikan pengembangannya karena memutuskan untuk bekerjasama dengan Google untuk pengembangan rencana yang lainnya.

Jadi bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan aplikasi emulator ini bisa mencarinya di situs situs tempat download software PC karena untuk situs resminya sendiri sudah menghapus halaman untuk download.

AMIDuOS

AMIDuOS juga bisa jadi pilihan Anda yang sedang mencari emulator Android paling ringan. Tapi untuk menggunakan aplikasi ini Anda harus membayar 15 Dolar untuk Android Lollipop atau jelly Bean.

AMIDuOS

Namun sebenarnya aplikasi juga menyediakan fitur trial secara gratis selama 30 hari. Zodiak apabila merasa cocok maka bisa membeli versi premium nya.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh emulator Android ini yaitu dukungan akselerasi 3D Ketika digunakan untuk memainkan game Android 3D. Sehingga pengalaman main game 3 dimensi pun menjadi lebih baik dan memuaskan.

AMIDuOS telah mendukung berbagai macam sensor yang ada di ponsel seperti Kompas, Orientasi, Accelerometer dan Gyrometer.

Spesifikasi PC minimal jika ingin menggunakan emulator Android ini yaitu 2 GB RAM. Akan lebih optimal ketika dijalankan pada PC dengan 3 GB RAM.

Aplikasi ini bisa dijalankan pada PC yang menggunakan OS Windows 7, 8, 8.1, 10 dengan 32-bit maupun 64-bit.

AMIDuOS adalah emulator yang mungkin lebih sering digunakan untuk kalangan pegawai atau mereka yang kesehariannya berkutat pada dokumen-dokumen maupun pekerjaan multitasking.

Emulator tersedia dalam dua versi yaitu gratis dan berbayar. Perbedaan kedua versi ini terletak dari sistem Android yang berjalan.

Untuk versi berbayar sudah mendukung versi Lollipop, Sedangkan untuk versi gratisnya masih bertahan di Jelly Bean.

Di sisi lain aplikasi AMIDuOS juga digunakan sebagai emulator untuk bermain game pada komputer dengan spesifikasi yang rendah. Bahkan diketahui tidak menemui kendala-kendala yang krusial.

Oleh karena itu bagi Anda yang memiliki spesifikasi komputer anda mungkin bisa menggunakan aplikasi emulator yang satu in

Remix OS Player

Remix OS Player adalah jenis emulator Android terbaik dan paling ringan. Sekilas mungkin tampilannya seperti Windows 10.

Remix OS Player

Terkait performa, Anda bisa menyesuaikan nya sendiri mulai dari CPU, RAM dan resolusi yang sesuai dengan perangkat komputer yang Anda gunakan.

Ketika menggunakan PC dengan spek rendah maka aplikasi ini akan menyesuaikan sendiri secara otomatis sesuai spesifikasi komputer anda.

Akan tetapi jika menggunakan PC dengan spesifikasi yang gahar maka bisa mengaturnya ke mode Advanced.

Namun berdasarkan testimoni pengguna emulator ini hanya dapat berjalan optimal pada pc dengan minimum 4 gb ram. Sangat optimal ketika digunakan pada PC dengan chipset core i3 ke atas.

Genymotion

Untuk aplikasi emulator Android yang satu ini secara khusus dikembangkan untuk para pengembang aplikasi maupun game Android.

Genymotion

Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mengetes aplikasi yang sedang anda kembangkan dalam berbagai perangkat tanpa harus menginstal banyak emulator yang memiliki versi Android berbeda-beda.

misalnya ketika ingin menguji apakah aplikasi dapat berjalan di Android jelly Bean atau marshmallow, maka anda bisa mengujinya secara langsung menggunakan emulator ini.

Akan tetapi, Genymotion tidak bisa digunakan secara gratis sehingga pengguna harus membayar jika ingin menggunakannya. Untuk versi gratisnya hanya tersedia masa trial 30 hari.

Emulator Android Ringan Ram 1GB

Android Studio’s Emulator

Aplikasi emulator Android terbaik lainnya yaitu Android Studio’s Emulator, sebagai salah satu hasil dari developer yang telah disetujui oleh Google.

Android Studio’s Emulator

Aplikasi ini hadir dengan berbagai tools untuk memudahkan para developer dalam membuat aplikasi maupun game untuk Android.

Android Studio’s Emulator memiliki built-in emulator yang bisa dimanfaatkan untuk menguji aplikasi atau game yang sedang anda.

Sehingga aplikasi yang satu ini memang lebih diperuntukkan untuk para developer yang ingin menguji aplikasi yang sedang mereka kembangkan.

Meskipun begitu tak sedikit juga yang memanfaatkan aplikasi untuk bermain game.

KoPlayer

Aplikasi emulator Android lainnya yang bisa anda gunakan yaitu KoPlayer. Aplikasi ini terbilang sangat ringan dan sederhana, namun memiliki fitur yang cukup banyak.

Fitur yang tersedia di emulator ini yaitu dapat membuka beberapa game sekaligus layaknya aplikasi emulator populer seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Selain itu dengan menggunakan emulator ini bisa merekam layar menjadi video tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga lainnya.

KoPlayer sebagai emulator Android sudah memiliki akses root secara default. sehingga jika anda ingin menjalankan aplikasi ini maka tidak membutuhkan akses root atau melakukan root secara manual.

RAM minimal yang direkomendasikan jika ingin menjalankan aplikasi emulator ini yaitu PC dengan RAM 512 MB. Sehingga dengan kapasitas RAM lebih besar tentunya kinerja yang ditawarkan semakin bagus.

ARChon

Emulator Android untuk PC spek rendah lainnya yaitu ARChon. Anda bisa menginstal aplikasi ini melalui Google Chrome.

archon emulator

Setelah itu memberikan akses Chrome untuk menjalankan aplikasi Android. ARChon memang bukan aplikasi emulator Android biasa tapi sudah teruji mudah untuk dijalankan.

Langkah yang pertama Anda harus menginstall aplikasi ke Google Chrome, kemudian harus mendapatkan APK dan memuatnya.

Namun untuk menggunakan aplikasi ini memang agak ribet karena membutuhkan beberapa tool agar dapat menyesuaikan APK supaya kompatibel kompatibel.

ARChon bisa digunakan pada perangkat PC, Linux maupun Mac sebagai salah satu emulator Android yang paling unik daripada emulator-emulator lainnya

Bliss ROMs

Bliss sangat tidam disarankan bagi Anda yang merasa kurang paham terhadap teknologi maupun cara penggunaan emulator.

Bliss ROMs

Instalasi menggunakan USB lebih rumit, tapi memungkinkan anda untuk menjalankan aplikasi Android yang asli apabila sistem kompatibel.

Aplikasi emulator ini memang ringan digunakan tapi lebih cocok untuk orang-orang yang paham terhadap teknologi maupun cara kerja emulator.

Sehingga biasanya digunakan oleh para developer aplikasi yang ingin menguji aplikasi buatan mereka.

Xamarin

Xamarin mungkin bisa dikatakan mirip seperti emulator Android studio, hanya saja aplikasi ini bisa dihubungkan dengan tools lain seperti Microsoft visual studio.

Xamarin

Aplikasi telah dilengkapi dengan built-in emulator untuk developers. Mungkin aplikasi tidak se-powerful Genymotion, tapi tetap bisa menyelesaikan pekerjaan bagi Anda yang menggunakan emulator.

Xamadin memiliki fitur bawaan yang memungkinkan pengguna melakukan test untuk sebuah aplikasi atau menguji game yang sedang dikembangkan.

Droid4X

Droid4X mungkin menjadi emulator Android yang berbeda pada aplikasi emulator pada umumnya.

Droid4X

Karena aplikasi ini tidak hanya bisa dijalankan pada perangkat PC Windows saja melainkan juga bisa berjalan di perangkat iOS.

Salah satu fitur menarik yang tersedia dalam aplikasi emulator ini yaitu dukungan berbagai macam add-ons khusus untuk memudahkan pengguna.

Misalnya ketika anda bermain game Android maka bisa menggunakan bantuan sensor accelerometer yang ada di smartphone sebagai controller.

Andyroid

Andy juga menjadi salah satu pilihan emulator Android terbaik khusus untuk PC spek rendah. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk menjadikan smartphone sebagai remote control.

Andyroid

Sehingga ketika anda capek menekan tombol di keyboard, maka bisa menggunakan ponsel untuk bermain game sambil tiduran melalui jaringan Wifi maupun bluetooth.

Mungkin di awal kehadirannya aplikasi emulator ini mengalami beberapa kendala, tapi seiring berjalannya waktu sudah berkembang jauh lebih baik.

Jika tertarik untuk menggunakan emulator Android ini maka sebaiknya digunakan pada PC dengan chipset AMD atau Intel yang berjalan pada RAM 3GB.

Aplikasi kompatibel digunakan pada OS Windows 7 SP1 dan Windows 8.1.

Emulator Android Ringan untuk Netbook

YouWave

Untuk bermain game Android menggunakan emulator memang harus mempertimbangkan emulator yang cocok untuk spek pc rendah.

Emulator Android yang satu ini sudah dikembangkan sejak tahun 2016 dan menjalankan sistem operasi Android ice cream sandwich.

Apabila ingin menikmati versi lolipop maka harus membayar 30 dolar.

Aplikasi emulator Android ini tidak hanya ringan digunakan melainkan proses instalasinya juga mudah dan cepat.

Meskipun aplikasi ini tidak memiliki fitur khusus untuk bermain game tapi masih bisa memainkan game ringan yang ada. Tidak hanya kompatibel pada perangkat Windows saja melainkan juga Mac.

Windroye

Windroye adalah emulator Android buatan dari republik Tiongkok yang tergolong sangat handal dan stabil meskipun dijalankan pada komputer dengan spesifikasi yang rendah.

Windroye

Dalam beberapa percobaan, emulator ini stabil di angka 50 FPS dengan komposisi setting komputer menggunakan single core dan ram 2GB.

Windroye bisa menjadi alternatif emulator untuk PC kelas menengah ke bawah.

Keunggulan yang ditawarkan oleh aplikasi ini yaitu memberikan keleluasaan pada pengguna untuk mencoba aplikasi lainnya yang lebih kompleks misalnya seperti Lspeed atau Nova Launcher.

Emulator ini menyediakan sistem Android penuh dengan Launcher default. Windroye juga dapat digunakan secara cuma-cuma alias gratis dan bahkan tidak menampilkan iklan sama sekali daripada emulator populer lainnya.

PhoenixOS

Bisa dibilang aplikasi ini adalah pesaing berat dari RemixOS. Karena munculnya aplikasi ini tidak berselang lama setelah kehadiran RemixOS.

PhoenixOS

Aplikasi ini juga berjalan di PC penggunaannya sama seperti sebuah sistem operasi dimana OS tersebut akan mengemulsikan sistem kerja serta tampilan Android.

Untuk menggunakan aplikasi ini perlu USB flash Drive untuk diinstal, sehingga membuat OS yang satu ini cukup mudah dipakai.

Aplikasi mendukung dual Boot, dan masih banyak fitur-fitur lainnya yang bisa digunakan sehingga membuat aplikasi ini terbilang sangat baik di kelas emulator OS.

Bahkan PhoenixOS dapat berjalan di perangkat PC dengan spesifikasi rendah.

FydeOS

Emulator ini sebenarnya masih dalam tahap Beta FydeOS, tapi bisa dijadikan sebagai alternatif emulator yang bisa digunakan untuk menjawab kebutuhan PC dengan spesifikasi rendah.

FydeOS

FydeOS adalah emulator berbasis sistem operasi yang sepertinya agak berbeda dengan kebanyakan emulator OS yang lainnya.

Emulator ini berbasis open source chromium atau browser Google Chrome sehingga cara pemasangannya mungkin berbeda.

Jika menggunakan emulator ini maka dapat merubah PC yang digunakan menjadi sebuah replika ChromeBook.

Yang perlu diperhatikan adalah tidak adanya Play Store karena emulator ini berbasis di China sedangkan aplikasi playstore masih diblokir.

LDPlayer

LDPlayer cocok digunakan bagi Anda yang membutuhkan suasana yang berbeda dari emulator Android biasanya.

LDPlayer

Aplikasi ini bisa jadi alternatif untuk bermain game karena dirancang secara khusus untuk main PUBG Mobile, AOV, Mobile Legends dan lainnya.

Keunggulan yang ditawarkan oleh aplikasi ini yaitu memiliki fitur multitasking game atau membuka lebih dari satu game di Windows game sama.

Bisa dibilang aplikasi ini harus menjadi pilihan bagi Anda yang sedang mencari emulator Android untuk komputer dengan spesifikasi rendah.

Sudah banyak benchmark game yang menggunakan emulator ini dan ternyata hasilnya cukup memuaskan.

Tencent Gaming Buddy

Untuk Emulator Tencent Gaming Buddy ini mulai terkenal di kalangan para gamers sejak kehadiran PUBG Mobile. Sehingga emulator ini dikembangkan oleh Tencent selaku pengembang pubg mobile.

Tencent Gaming Buddy

Oleh karena itu emulator juga di khususkan bagi para pemain pubg mobile, sehingga dalam bermain game ini pun jadi lebih mudah maupun ketika melakukan pengaturan untuk bermain pubg.

Meskipun secara khusus dikembangkan untuk bermain pubg mobile, tapi ternyata emulator ini ini juga dapat digunakan untuk memainkan game lain. Uniknya bahkan bisa digunakan untuk memainkan mobile Legends.

PrimeOS

Aplikasi ini disebut sebagai emulator karena mensimulasikan sistem operasi Android di PC atau laptop. Akan tetapi mekanisme yang digunakan cukup berbeda dari kebanyakan emulator yang lainnya.

PrimeOS

PrimeOS mengganti sistem operasi PC menjadi seperti aplikasi ini Sehingga nantinya tampilan serta kerjanya mirip seperti Android.

Sangat cocok digunakan bagi anda yang membutuhkan produktivitas atau para gamers FPS.

Karena emulator juga menyediakan fitur krusial seperti Gaming center untuk mendeteksi Mouse dan Keyboard, serta kemampuan multi tasking dapat dirasa lebih mudah dengan PrimeOS.

F.A.Q

Apa Itu Emulator Android?

Emulator Android adalah suatu program yang dirancang khusus dan memungkinkan layar Android agar dapat ditampilkan di PC atau laptop.

Apa Fungsi Emulator Android?

Biasanya emulator android diperlukan untuk menguji suatu aplikasi oleh para developer atau untuk main game.

Apa Aplikasi Emulator Android Paling Ringan dan Bagus Digunakan?

Setiap aplikasi emulator sebenarnya menawarkan fitur dan fungsinya masing-masing. Sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Tapi beberapa aplikasi emulator seperti yang sudah disebutkan di atas cukup ringan digunakan pada komputer dengan spek rendah.

Apakah Emulator Android Gratis Digunakan?

Tidak semuanya gratis, ada beberapa aplikasi emulator Android yang harus melakukan pembayaran terlebih dahulu jika ingin menikmati semua fiturnya.

Akhir Kata

Nah itulah beberapa daftar emulator Android terbaik untuk PC spek rendah. Dari daftar tersebut mana yang menurut anda paling recommended untuk digunakan? Untuk memilih aplikasi emulator sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan anda. Sejauh ini mungkin banyak yang lebih menyukai aplikasi nox yang tidak hanya ringan tapi juga menawarkan fitur yang lengkap.

Tapi khususnya bagi Anda yang menggunakan PC berspesifikasi mumpuni, sebaiknya memilih untuk menggunakan bluestack 3. Karena performa dari emulator ini tidak perlu diragukan lagi. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi pembaca.

Tentang Penulis

RezzaID

RezzaID

CEO Kuotabro
Seorang Sarjana Ekonomi memiliki hobbi di dunia blogging, di kuotabro.com ia sebagai Editor-in-Chief.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992