Tips & Trik

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 2×3, 3×4, dan 4×6 di Paint

Cara Mengubah Ukuran Foto
https://kuotabro.com

Mau buat foto 2×3 3×4 atau 4×6 tapi tidak mau ribet? atau tidak punya internet untuk akses tools online? Inilah cara mengubah ukuran foto menjadi di Paint.

5/5 (19)

Kuotabro.com – Beberapa orang seringkali masih dipusingkan dalam urusan membuat foto 3×4 dari file foto yang telah dimiliki sebelumnya.

Hal ini umumnya terjadi karena mereka tidak memiliki program Adobe Photoshop atau tidak tahu cara menggunakannya.

Padahal, edit foto menjadi ukuran 3×4 sendiri bisa dilakukan dengan mudah menggunakan software dari Microsoft Office yaitu Paint.

Dengan menggunakan program ini tentunya Anda tidak perlu ribet harus download dan install program baru layaknya ketika menggunakan Photoshop.

Berikut cara mengubah ukuran foto menjadi 3×4 di Paint.

Ukuran 3×4 dalam Pixel

Sebelum membahas lebih jauh, alangkah baiknya jika Anda berkenalan dulu dengan ukuran foto.

Ukuran foto secara umum sangatlah beragam, ada ukuran 2×3, 3×4, 4×6 serta ukuran-ukuran lainnya yang lebih besar.

Pada dasarnya, ukuran ini ditentukan melalui lebar dan tinggi foto dalam satuan cm.

Jadi, jika ukuran foto 3×4 maka memiliki dimensi lebar 3 cm dan tinggi 4 cm, berlaku juga pada ukuran lainnya.

Ukuran tersebut juga bisa dikonversi menjadi satuan lainnya yaitu mm, inchi hingga pixel.

Nah, dalam mengubah ukuran foto menjadi 3×4 menggunakan Paint ini kita akan membutuhkan ukuran dalam satuan pixel karena program tersebut hanya menyediakan opsi resize dalam satuan pixel atau persentase.

Foto 3×4 jika dikonversi menjadi pixel yaitu 113 x 151 pixel untuk lebar dan tingginya dengan resolusi 100 dpi.

Selain itu, bisa juga menggunakan ukuran pixel 354 x 472 apabila memakai resolusi 300 dpi.

Kedua resolusi ini akan menghasilkan foto dengan dimensi ukuran yang sama, hanya saja untuk pixel yang lebih besar akan menjadikan kualitas foto lebih baik.

Tentang Paint

Miscrosoft Paint adalah software bawaan yang yang tersedia saat pengguna melakukan instalasi Windows, mulai dari Windows XP, Vista hingga Windows 10.

Paint sendiri merupakan sebuah program khusus yang bisa digunakan untuk menggambar, namun hingga kini masih jarang digunakan.

Program dari Microsoft ini sangat ringan dengan user interface yang sederhana sehingga pemula bisa cepat memahami cara kerjanya.

Di dalam program Paint, Anda tidak hanya bisa menggambar sederhana tetapi bisa mengedit foto dengan beberapa tools dasar seperti rotasi, resize, crop gambar maupun menambahkan bentuk atau gambar tangan.

Tidak hanya merubah foto menjadi ukuran 3×4, Anda juga bisa mengganti warna background menggunakan program ini.

  • Image
    Menu image adalah sebuah menu yang berisi beberapa perintah untuk mengedit gambar seperti memotong, resize maupun rotasi. Pada opsi rotasi Anda bisa menggunakan rotasi ke kanan, ke kiri atau membalik gambar secara vertikal maupun horizontal.
  • Tools
    Menu tools memuat beberapa peralatan untuk membuat gambar atau edit foto seperti pensil untuk menggambar, penghapus, tools untuk membuat teks, memberikan warna hingga fitur zoom gambar.
  • Shapes
    Menu shapes berisi kumpulan bentuk yang bisa digunakan untuk mempercantik foto. Bentuk di sini sangat beragam mulai dari garis hingga bentuk bintang.
  • Colors
    Menu color berisi berbagai pilihan warna yang bisa diaplikasikan pada gambar. Fitur warna pada Paint ada dua yaitu Color 1 dan Color 2. Color 1 adalah warna untuk pena, sedangkan Color 2 merupakan warna penghapus.

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 3×4 di Paint

Untuk mengubah ukuran foto menjadi 3×4 di Paint sebenarnya tidaklah sulit karena memang program ini telah dirancang dengan sangat sederhana.

Bahkan, Anda bisa menggunakannya tanpa perlu adanya koneksi internet sehingga hanya modal foto saja.

Adapun cara mengubah ukuran foto menjadi 3×4 di Paint yaitu:

  1. Pertama, klik menu Start yang ada di perangkat komputer atau laptop Anda. Bisa juga langsung menekan Logo Windows pada keyboard.
  2. Setelah itu, masukkan kata kunci Paint pada kolom pencarian maka hasilnya akan ditampilkan pada list teratas. Kemudian pilih dan klik Paint untuk membuka program tersebut.
    Membuka Paint
  3. Selanjutnya bukalah foto yang akan diubah ukurannya menjadi 3×4 dengan cara klik menu File, dan klik Open. Pilihlah foto yang diinginkan pada kolom Open File. Kemudian klik Open. Bisa juga dengan langsung menekan Ctrl + O agar lebih mudah.
    Membuka Gambar
  4. Langkah berikutnya klik Resize pada menu Image, maka akan muncul jendela Resize and Skew. Cara cepat untuk membuka jendela ini bisa dilakukan dengan menekan tombol Ctrl + W.Pada jendela tersebut, ubah satuan menjadi Pixel dan hilangkan centang pada kolom Maintain aspect ratio karena kita akan menggunakan pengukuran manual.
    Ukuran FotoDalam Pixel
    2 x 3 cm76px x 113px
    3 x 4 cm113Px x 151Px
    4 x 6 cm151Px x 227Px
  5. Setelah itu, isikan kolom horizontal dan vertikal sesuai dengan keinginan seperti pada tabel diatas. Pada umumnya, Paint menggunakan resolusi 100 dpi.
    Ukuran foto dalam pixel
  6. Kemudian klik OK, maka akan ditampilkan gambar hasil resize lengkap dengan informasi ukuran file.
  7. Terakhir, simpanlah hasil ubah ukuran foto menjadi 3×4 dengan klik File, pilih Save As dan simpan dengan nama sesuai keinginan Anda. Kemudian klik Save, maka secara otomatis gambar akan tersimpan dengan nama baru.

Apabila Anda ingin menyimpan foto menggantikan file lama maka bisa langsung memilih menu Save.

Dalam menyimpan hasil resize, pengguna diberikan kebebasan untuk memilih format gambar, bisa menggunakan jpg, jped, png, gif hingga bmp.

Saat mengubah ukuran foto, jangan pernah menggunakan kursor mouse karena nantinya dapat merusak susunan pixel sehingga kualitas gambar pun akan berantakan.

Jika ingin membuat beberapa foto berukuran 3×4 sekaligus untuk memudahkan proses pencetakan, maka Anda hanya perlu menyalin file foto yang telah diresize.

Tips Cetak Foto Ukuran 3×4

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat hendak mencetak foto ukuran 3×4.

  • Pastikan untuk memposisikan objek tepat berada di tengah-tengah sehingga foto akan terlihat seimbang.
  • Pastikan untuk memberi jarak yang cukup antara bagian kepala dengan batas atas foto. Jadi, sebelum mengubah ukuran menjadi 3×4 menggunakan pixel, potong foto terlebih dahulu dengan proporsi yang sesuai.
  • Usahakan foto terlihat jelas, rapi dan cerah.
  • Sebaiknya menggunakan latar belakang dengan warna yang cerah seperti merah, biru atau putih jika memang tidak ada ketentuan yang harus diikuti.

F.A.Q

Apa Itu Pixel?

Pixel adalah singkatan dari Picture Element yaitu representasi dari titik terkecil yang ada di dalam sebuah gambar grafis.

Pixel ini dihitung per inchi dan kalau diperbesar biasanya akan tampak seperti sebuah kotak.

Nah, setiap gambar memiliki jumlah pixel yang berbedapbeda tetapi pada umumnya untuk gambar dengan resolusi HD dinyatakan dengan ukuran 1280 x 720 pixel.

Semakin banyak jumlah pixel dalam gambar maka akan semakin bagus kualitas gambar.

Apa Itu DPI?

DPI adalah kependekan dari dot per inchi.

DPI adalah satuan resolusi gambar yang menyatakan jumlah pixel dalam setiap inchi gambar.

Jadi, misalnya Anda menghasilkan gambar dengan resolusi 300 dpi berarti dalam 1 x 1 inchi gambar ada 30 poxel.

Berapa Ukuran Foto 3×4 dalam Inchi?

Ukuran foto 3×4 dalam inchi sebenarnya bisa dikonversikan dari satuan cm dimana dalam satua inchi foto memiliki panjang 1,1 dan tinggi 1,5.

Ukuran inchi ini digunakan dalam menentukan resolusi gambar yang dipakai.

Berapa Ukuran 2 x 3 cm dalam pixel?

76px x 113px (100 DPI)

Berapa Ukuran 3 x 4 cm dalam pixel?

113Px x 151Px (100 DPI)

Berapa Ukuran 4 x 6 cm dalam pixel?

151Px x 227Px (100 DPI)

Bagaimana cara mengubah foto 2×3 dan 4×6 dengan paint?

Caranya sama seperti diatas namun ukurannya yang berbeda, silahkan ganti ukuran sesuai tujuan kalian seperti pada ukuran table diatas.

Bagaimana cara mengubah foto 3×4 menggunakan tools online?

Akhir Kata

Itulah tadi cara mengubah ukuran foto menjadi 3×4 di Paint yang tidak memerlukan akses internet.

Mudah bukan? Selamat mencoba.

Rating:

Tentang Penulis

Listiyaningsih S.I.Kom.

Listiyaningsih S.I.Kom.

Devita adalah lulusan Ilmu Kelautan yang masih bingung bagaimana mengaplikasikan ilmunya. Kini, dia pun terjebak dalam dunia jurnalistik.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992