4 Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 3×4 Online

Oleh: /

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa foto berukuran 3×4 sering dipakai sebagai format untuk membuat dokumen penting.

Seperti untuk raport, melamar kerja, ijazah, dan melengkapi berkas penting yang lainnya. Tetapi banyak orang yang masih belum tahu cara membuatnya. Padahal kini telah banyak tools yang bisa membantu Anda.

Untuk membuat foto 3×4 sebenarnya Anda tidak usah rapot-repot untuk mengambil foto ulang di studio foto. Jika Anda masih punya softfile pas foto, maka Anda pun bisa membuat foto 3×4 sendiri hanya bermodalkan perangkat PC, laptop, atau ponsel, dan koneksi internet.

Lalu, bagaimana sih cara mengubah ukuran foto menjadi 3×4?

Ukuran Foto 3×4

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara mengubah ukuran foto menjadi 3×4 online, berikut Kuotabro akan jelaskan terlebih dahulu terkait ukuran foto 3×4 itu sendiri.

Sebagian orang mungkin masih bingung apakah yang dimaksud 3×4? Angka tersebut adalah perbandingan rasio atau ukuran foto, yang mewakili lebar dan tinggi.

Jadi, foto dikatakan 3×4 apabila mempunyai ukuran yang dinyatakan dalam satuan cm, dimana foto tersebut memiliki lebar 3 cm dengan tinggi 4 cm. Sedangkan dalam satuan inchi, ukuran foto 3×4 dapat dinyatakan sebagai 1,1 x 1,5 inchi. Lalu apabila dinyatakan dalam satuan pixel maka berukuran, 85 x 113 pixel atau 354 x 472 pixel.

Dalam satuan pixel yang membedakan kedua ukuran tersebut hanya terletak pada kualitas gambar saja, idealnya adalah 354 x 472 pixel. Meskipun begitu, beberapa jasa cetak foto ternyata menggunakan ukuran yang agak lebih kecil yaitu 2,79 x 3,81 cm. Dimana sisanya diasumsikan sebagai ukuran pembatas saat memotong kertas.

Nah, cara yang paling praktis membuat foto 3×4 adalah dengan tools resize foto online. Meskipun hasil jepretan kamera ponsel atau kamera DSLR memiliki hasil resolusi dan proporsi yang berbeda-beda. Tetapi jika Anda menggunakan cara mengubah ukuran foto menjadi 3×4 online, maka semua jenis foto bisa Anda resize.

Jadi tidak peduli foto tersebut diambil menggunakan kamera berjenis apa, Anda bisa mengubah ukurannya sesuai keinginan, dalam hal ini yaitu berukuran 3×4. Walaupun sebenarnya Anda bisa memanfaatkan beberapa software atau aplikasi di perangkat PC/laptop dan ponsel, namun melalui tools online juga terasa lebih praktis dilakukan.

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 3×4 Online

Sebenarnya, situs resize foto menjadi berukuran 3×4 bisa juga digunakan untuk mengubah menjadi ukuran standar pasfoto yang lain, seperti 2×3 atau 4×6.

Saat ini sudah banyak alat resize foto di internet dimana sebagian besar caranya tidak jauh berbeda. Hanya saja, setiap situs tentu saja memiliki fitur unggulan masing-masing.

Berikut ini beberapa cara mengubah ukuran foto menjadi 3×4 online versi Kuotabro.

1. Mengubah Foto 3×4 Menggunakan Situs PicResize

Mengubah Foto 3x4 dengan Picresize

Seperti namanya, situs PicResize dikembangkan khusus untuk memotong, mengedit, atau mengubah ukuran suatu foto. PicResize menawarkan beberapa pilihan resize foto yang dinyatakan dalam persen, yaitu, 25%, 50% atau 75%. Selain itu, ada juga opsi custom size sehingga Anda bisa bebas menentukan ukuran foto yang diinginkan.

Jadi, ketika Anda akan mengubah foto menjadi 3×4 maka gunakan lah fitur custom size. PicResize juga nantinya akan menampilkan resolusi hasil foto yang telah diresize.

Langkah-langkah Mengubah Foto 3×4 Menggunakan Situs PicResize

  • Buka salah satu browser di perangkat Anda.
  • Setelah itu, masukkan alamat atau klik pada link yang tersedia.
  1. Selanjutnya, klik simbol upload file untuk mengunggah foto dari perangkat Anda. Bisa juga langsung drag foto dari folder di gallery perangkat ke kolom unggah foto. Jika ingin mengubah lebih dari satu foto maka bisa menggunakan fitur Multiple Pics.
  2. Kemudian klik Continue to edit picture maka akan langsung dibawa ke halaman pengeditan gambar atau foto.
  3. Langkah berikutnya yaitu geser layar ke bawah hingga menemukan tools Resize Your Picture. Pada kolom Select new size for your picture, pilih lah custom size.
  4. Setelah itu, gunakan lah satuan pixel dan masukkan angka 354 pada kolom width dan 472 pada kolom height, untuk ukuran yang ideal. Tetapi Anda juga bisa menggunakan ukuran angka 85 pada kolom width dan 113 pada kolom height
  5. Selanjutnya geser layar ke bawah menuju fitur Save as. Pada kolom tersebut pilih lah format file dan kualitas gambar yang Anda inginkan.
  6. Kemudian, klik I’m done, resize my picture maka proses resize akan berlangsung secara otomatis.
  7. Langkah terakhir Anda hanya perlu klik Save to disk untuk menyimpan foto 3×4 yang telah dibuat ke dalam perangkat. Tunggu hingga proses download selesai dan foto pun siap untuk digunakan.

Selain mampu mengubah ukuran foto menjadi 3×4 online, PicResize juga memiliki beberapa fitur unggulan yang bisa Anda gunakan.

Fitur Unggulan PicResize

  • Dibekali alat edit foto klasik seperti memotong, merotasi, atau membalik foto.
  • Menambahkan beberapa efek agar terlihat lebih menarik seperti, tilt-shifted, frame border, polaroid, grayscale dan beberapa efek lainnya.
  • Mendukung berbagai format file gambar seperti JPG, GIF, PNG, dan BMP.
  • Bisa mengubah ukuran banyak foto sekaligus hingga 100 file.
  • Fitur berbayar Pro, seperti memperbesar foto dengan teknologi AI, menambahkan teks ke dalam foto, dan bebas dari iklan.

2. Merubah Foto 3×4 Menggunakan Situs ResizeImage

Situs edit foto selanjutnya yang bisa digunakan untuk membuat foto ukuran 3×4 yaitu ResizeImage.

Melalui website tersebut, nantinya Anda akan diberikan pilihan untuk mengubah ukuran foto dengan tetap mempertahankan rasio atau tidak. Jika Anda memilih mempertahankan rasio, maka ukuran foto tifak bisa diubah sesuai keinginan.

Hal tersebut dikarenakan nantinya ukuran lebar dan tinggi foto akan mengikuti satu sama lain, ketika mengubah ukuran salah satunya. Jadi, untuk membuat foto 3×4 Anda tidak perlu mempertahankan rasionya.

Langkah-langkah Merubah Foto 3×4 Menggunakan Situs ResizeImage

  1. Masuklah ke browser di perangkat Anda dan bukalah situs Resizeimage dengan memasukkan alamat atau dengan klik link yang tersedia.
  2. Setelah situs ResizeImage terbuka, unggah foto yang akan diganti ukurannya dengan klik Upload an image. Kemudian pilih lah foto yang Anda inginkan melalui jendela Open file dan klik Open.
  3. Selanjutnya scroll layar ke bawah hingga menemukan kolom Resize your image. Pada kolom tersebut hilangkan centang pada opsi Keep Aspect Ratio dan masukkan angka 354 pada kolom lebar dan 472 pada kolom tinggi.
  4. Langkah berikutnya geser layar ke bawah hingga menemukan tombol Resize Image, dan klik tombol tersebut. Tunggu beberapa detik hingga situs menyuguhkan hasil resize foto.
  5. Untuk memastikan gambar sudah berubah menjadi 3×4 Anda bisa klik View Image. Sedangkan jika akan mengunduhnya, langsung saja klik Download Image maka akan secara otomatis tersimpan di perangkat.
Merubah Foto 3x4 Menggunakan Situs Resizeimage
Resize Image 3x4cm

Situs ResizeImage tersebut juga tidak hanya berguna mengubah foto menjadi 3×4 online saja.

Fitur Unggulan Image Resize

  • Bisa digunakan untuk mengubah gambar berformat JPG, PNG, GIF, dan BMP.
  • Untuk gambar dengan format JPG, PNG, dan BMP Anda bisa mengupload gambar hingga berukuran 100 MB atau 100 MP, sedangkan untuk format GIF maksimal berukuran 30 MB atau 30 MP.
  • Bisa memotong dan memutar gambar atau foto.
  • Mampu menghapus latar belakang foto.
  • Ada opsi optimalisasi gambar, mulai dari Best image quality, Normal compression, dan Progressive compression.

3. Merubah Foto 3×4 Menggunakan Situs iLoveIMG

Cara mengubah foto menjadi 3×4 online lainnya yang patut untuk dicoba adalah melalui iLoveIMG.

Menariknya, situs iLoveIMG memungkinkan penggunanya untuk mengubah ukuran foto hingga 50 foto secara langsung untuk penggunaan pertama.

Namun, pada penggunaan yang berikutnya hanya bisa digunakan untuk 15 foto saja.

Untuk mengubah ukuran foto secara dimensional Anda bisa menentukan dengan berdasarkan satuan presentase ataupun pixel.

Langkah-langkah Merubah Foto 3×4 Menggunakan Situs iLoveIMG

  1. Pertama masuk ke browser dan buka website iLoveIMG.
  2. Setelah itu, pilih dan klik menu Resize IMAGE maka Anda akan langsung dibawa ke halaman untuk mengubah ukuran gambar.
  3. Selanjutnya masukkan foto yang akan diedit menjadi 3×4 dengan klik Select image atau bisa langsung drag foto ke halaman tersebut. Selain mengambil gambar dari perangkat, Anda juga bisa mengambil gambar dari cloud yaitu dari Google Drive atau Dropbox.
  4. Kemudian, pada menu Resize option klik By Pixel karena nantinya Anda akan membuat foto 3×4 menggunakan ukuran pixel.
  5. Langkah berikutnya, hilangkan centang pada kolom Maintain aspect ratio.
  6. Setelah itu masukkan ukuran pixel pada kolom width menjadi 354 dan kolom height menjadi 472.
  7. Terakhir klik Resize IMAGES dan tunggulah proses resize hingga selesai. Setelah selesai, hasilnya akan terunduh secara otomatis sehingga Anda tidak perlu mengklik tombol Download.
Merubah Foto 3x4 Menggunakan Situs ILoveIMG
Merubah Foto 3x4 dengan ILoveIMG

Dibanding dengan situs sebelumnya, iLoveIMG memiliki fitur yang lebih lengkap. Karena iLoveIMG juga dibekali dengan fitur-fitur unggulan diantaranya berikut ini.

Fitur Unggulan iLoveIMG

  • Bisa mengkompres gambar JPG, PNG, atau GIF untuk menghemat penyimpanan.
  • Mampu memotong foto, merotasi gambar, atau membuat watermark.
  • Mengkonversi file dengan format PNG, GIF, TIF, atau RAW menjadi JPG.
  • Dapat mengkonversi file JPG menjadi PNG dan GIF.
  • Dibekali dengan Photo editor yang bisa digunakan untuk menambah teks, efek khusus, bingkai, atau sticker dan termasuk fitur untuk membuat meme.

4. Mengubah Foto 3×4 Menggunakan Situs ImageResizer

Selain beberapa situs yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda juga bisa mengubah foto 3×4 online dengan website ImageResizer.

Tidak seperti situs lainnya yang hanya menyediakan pilihan resize dalam satuan persen atau pixel, situs ImageResizer bisa mengubah foto dalam satuan cm, mm, maupun inchi, jadi lebih mudah mengaturnya.

Bahkan, Anda juga bisa memperkecil ukuran file dalam KB maupun MB bersamaan dengan mengubah ukuran foto.

Langkah-langkah Mengubah Foto 3×4 Menggunakan Situs ImageResizer

  1. Buka browser dan masuk ke alamat atau klik link yang tersedia.
  2. Setelah itu, masukkan file dengan menarik (drag) foto yang akan dijadikan 3×4 dari perangkat komputer. Bisa juga dengan klik Select Image dan memilih foto pada kotak dialog lalu klik Open.
  3. Selanjutnya akan muncul gambar yang akan diubah. Geser layar ke bawah untuk menemukan fitur Resize Image dan pilihlah Custom Size.
  4. Kemudian pada kolom width masukkan angka 3 dan buka logo kunci yang berada di antara kolom lebar dan tinggi agar nantinya bisa mengatur dimensi secara manual.
  5. Setelah itu, masukkan angka 4 pada kolom height, dan gunakan satuan cm.
  6. Pada DPI ganti lah menjadi 300 agar gambarnya lebih bagus.
  7. Langkah berikutnya klik Resize Image untuk memulai proses pengubahan ukuran dan proses download akan berjalan.
Mengubah Foto 3x4 dengan Imageresize

Selain cara mengubah foto 3×4 online dengan ImageResizer tersebut. Anda juga bisa memanfaatkan fitur unggulan lain pada website ImageResizer.

Fitur Unggulan Image Resizer

  • Mampu merotasi, membalik gambar, dan memotong gambar.
  • Menyediakan fitur pengubah gambar banyak sekaligus dengan Bulk Resize.
  • Mempunyai kemanan privasi dengan enkripsi SSL 256-bit dimana file gambar atau foto akan otomatis terhapus dalam waktu 6 jam.
  • Bisa mengkonversi gambar dari HEIC ke JPG, JPG ke PNG, WEBP ke JPG, PNG ke JPG, dan PNG le ICO
  • Tersedia fitur penghapus latar belakang, Color Picker, dan Meme Generator.

F.A.Q

Apa saja situs online untuk merubah foto 3x4cm?

  • Picresize.com
  • Resizeimage.net
  • iloveimg.com
  • imageresizer.com

Kunjungi selengkapnya 12 situs edit foto online yang lainnya.

Berapa ukuran foto 3x4cm dalam pixels?

  • 85 x 113 pixel dalam 72 DPI
  • 352 x 472 pixel dalam 300 DPI
  • 330 x 450 pixel dalam 300 DPI

Apa itu DPI?

DPI adalah singkatan dari Dot per Inch. Resolusi 72 dpi menandakan bahwa saat mencetak, dalam setiap 1 x 1 inci, terdapat 72 pixel (Picture Element). Sedangkan resolusi 300 dpi itu berarti dalam setiap 1 x 1 inci suatu gambar memiliki 300 pixel.

Jika mencetak dengan resolusi 300 dpi, maka foto yang dicetak akan terlihat tajam meskipun dilihat dari jarak dekat, sedangkan jika dicetak dalam 72 dpi maka akan terlihat pecah/pixellated saat dilihat dari dekat, meskipun ukurannya akan lebih kecil.

Berapa ukuran foto 4×6 cm dalam pixels?

Idealnya berukuran 472 x 709 pixel

Selain dengan situs online, untuk mengubah foto 3×4 menggunakan apalagi?

Bisa menggunakan Adobe Photoshop, MS Paint, atau dengan aplikasi di smartphone.

Selengkapnya baca artikel Kuotabro, 14 cara memperbesar ukuran foto atau 10+ Cara Mengecilkan Ukuran JPG.

Bagaimana cara mengubah foto 2×3, 3×4, dan, 4×6 dengan paint?

Akhir Kata

Demikian tadi beberapa kumpulan cara mengubah ukuran foto menjadi 3×4 online tanpa perlu mengunduh aplikasi atau software. Selain ukuran 3×4, melalui website tersebut, Anda juga bisa melakukan resize menjadi ukuran lain, seperti 2×3 atau 4×6.

Semua website edit foto online di atas bisa digunakan pada smartphone maupun PC/laptop dengan tampilan layar menyesuaikan perangkat, akan tetapi untuk pengguna ponsel tidak bisa melakukan drag gambar layaknya PC. Selamat mencoba!

Seorang gadget freak lulusan Ilmu Kelautan. Menyukai dunia jurnalistik terutama yang berkaitan dengan teknologi dan dunia air.

Tinggalkan komentar