Komputer

Jenis-jenis Jaringan Komputer

Jenis-Jenis Jaringan Komputer
https://kuotabro.com
Siva Nurikhsa S.I.Kom.
Writen & Edited By Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Berikut ini beberapa jenis jaringan komputer yang dibedakan berdasarkan beberapa kategori. Berdasarkan topologi, area dan fungsinya.

Kuotabro.com – Mungkin diantara Anda pernah merasa penasaran, bagaimana suatu gedung memiliki jaringan komputer yang saling terhubung?

Tentunya hal itu dapat terjadi karena adanya jaringan komputer untuk menghubungkan dua komputer maupun lebih.

Dalam penerapannya sendiri jaringan komputer dibedakan menjadi beberapa jenis.

Untuk itu dalam pembahasan kali ini kami akan membagikan informasi jenis-jenis jaringan komputer beserta penjelasannya secara lengkap.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa jenis-jenis jaringan komputer dibedakan berdasarkan kategori kategori tertentu.

Agar lebih jelasnya silahkan simak tulisan kali ini sampai selesai.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Topologi Jaringan

Setiap jenis jaringan komputer berdasarkan topologi jaringan yang digunakan tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Biasanya pemilihan jaringan komputer berdasarkan topologi didasarkan atas biaya dan tujuan penggunaannya.

Adapun berikut ini jenis-jenis jaringan komputer menurut topologi yang harus anda ketahui:

Topologi Bus

Topologi Bus

Tipe jaringan komputer yang satu ini tergolong sebagai jaringan yang pertama kali digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer.

Topologi bus adalah topologi yang sederhana jika dibandingkan dengan topologi lainnya.

Karena dalam penerapannya topologi ini hanya menggunakan satu kabel panjang dan terminal.

Salah satu keunggulan dari penggunaan topologi bus yaitu dari segi harga yang lebih ekonomis dan mudah dalam proses instalasinya.

Selain itu penggunaannya juga tidak memerlukan banyak sumber daya kabel sehingga cukup simple.

Hanya saja topologi bus juga masih memiliki kekurangan yaitu ketika ada kabel terputus, maka akan memutus semua jaringan atau mengganggu komputer lainnya.

Topologi Star

Topologi Star

Sesuai dengan namanya, bentuk jaringan komputer ini mirip seperti bintang karena terdapat node inti di bagian tengah yang dihubungkan dengan node node lainnya.

Topologi star ini juga memiliki beberapa kelebihan sekaligus kekurangan.

Kelebihan penggunaan jaringan komputer topologi star adalah apabila ada 1 kabel yang rusak atau putus maka tidak akan mengganggu keseluruhan komunikasi jaringan. Selain itu jaringan ini juga lebih mudah untuk dikembangkan.

Namun topologi star juga masih memiliki kekurangan dimana ketika HUB pusat mengalami kerusakan atau kegagalan maka seluruh jaringan akan terpengaruh atau gagal beroperasi. Kekurangan topologi star yang juga dilihat dari penggunaan kabel yang terlalu banyak.

Topologi Ring

Topologi Ring

Topologi ring digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dalam suatu rangkaian berbentuk lingkaran atau cincin.

Salah satu keunggulan dari penggunaan jaringan topologi ring adalah penghematan biaya serta instalasi yang cukup sederhana. Aliran data dalam topologi ini juga lebih cepat dan mudah untuk di implementasikan.

Sementara untuk kekurangan penggunaan topologi ring yaitu ketika terdapat kabel yang terputus maka semua jaringan gagal beroperasi. Bahkan akan sangat sulit untuk menambah maupun mengurangi komputer tanpa mengganggu jaringan yang sedang beroperasi.

Topologi Tree

Topologi Tree

Series jenis jaringan komputer lainnya berdasarkan topologi adalah topologi tree atau sering juga disebut topologi pohon.

Penggunaan topologi ini seperti mengkombinasikan kan antara topologi star dan topologi bus.

Biasanya dalam penggunaan topologi ini terdapat beberapa jenis jaringan di tingkat yang lebih tinggi hingga ke tingkat yang lebih rendah.

Dengan penggunaan topologi ini maka suatu data menjadi terpusat menurut tingkatannya dan memudahkan dalam manajemen data.

Namun jenis topologi Ini juga masih memiliki kekurangan yaitu ketika Tingkatan tertinggi mengalami masalah maka akan mempengaruhi tingkatan di bawahnya.

Topologi Mesh

Topologi Mesh

Top jenis topologi ini adalah gabungan dari topologi star dan topologi ring. Salah satu keunggulannya adalah adanya berbagai jalur pengiriman untuk data yang banyak sehingga tidak perlu khawatir terjadi tabrakan data.

Akan tetapi Topologi Mesh masih memiliki kekurangan dimana membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk proses instalasinya bahkan pemasangannya pun juga cukup rumit karena membutuhkan banyak kabel.

Topologi Extended Star

Topologi Extended Star

Jenis jaringan komputer ini memang sebagai bentuk pengembangan dari topologi star yang sebelumnya.

Dengan menggunakan jaringan komputer topologi ini maka memiliki kelebihan yaitu ketika ada satu nada terputus secara otomatis tidak akan mengganggu sub node lainnya.

Meskipun sudah mengalami banyak pengembangan, namun jenis topologi Ini juga masih memiliki kekurangan yaitu tidak bisa menggunakan jenis kabel biasa karena biasanya digunakan pada jaringan berskala besar.

Hal tersebut tentunya menjadikan penggunaan topologi ini memiliki biaya instalasi yang cukup mahal.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Fungsinya

Selain jaringan komputer yang dibedakan berdasarkan topologinya, jenis jaringan komputer juga dibedakan menurut fungsinya.

Berikut ini beberapa jenis jaringan komputer berdasarkan fungsinya:

Jaringan Komputer Peer to Peer

Pada jenis jaringan komputer yang satu ini hadir menggunakan topologi peer to peer karena hanya menghubungkan 2 komputer untuk saling terhubung.

Sederhananya penggunaan jaringan ini maka memungkinkan dua komputer dapat saling berkomunikasi tanpa perantara apapun.

Penggunaan jenis jaringan ini hanya perlu satu kabel untuk menghubungkan komputer sehingga biaya yang dibutuhkan relatif terjangkau.

Namun jaringan ini masih memiliki kelemahan di mana keamanannya yang kurang terjamin.

Jaringan Komputer Client Server

Jenis jaringan komputer lainnya adalah tipe client-server, yaitu dalam penerapannya terdapat komputer yang bertindak sebagai server untuk memberikan fasilitas bagi komputer yang tergabung atau menjadi client.

Sehingga keunggulan dari tipe jaringan komputer ini memiliki akses yang cepat dan menyediakan berbagai fasilitas dalam jaringan.

Penggunaan tipe jaringan komputer ini juga lebih terjamin soal keamanan karena adanya proses backup yang baik terhadap seluruh data.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Area

Kategori jenis-jenis jaringan komputer yang ketiga yaitu dibedakan berdasarkan areanya. Adapun berikut ini pembagian jenis jaringan komputer menurut geografisnya:

Personal Area Network (PAN)

Personal Area Network (PAN)

Personal area network atau PAN adalah jaringan komputer yang hanya mencakup komputer pribadi dengan berbagai perangkat di sekitarnya seperti keyboard, mouse handphone maupun lainnya.

Biasanya penggunaan jaringan ini Dibantu teknologi seperti USB atau bluetooth untuk menghubungkan antar perangkat

Local Area Network (LAN)

Local Area Network (LAN)

LAN adalah jaringan komputer yang digunakan untuk mencakup wilayah yang kecil. Misalnya sebagai jaringan komputer di suatu gedung, kantor atau sekolah maupun di dalam rumah.

Dalam jaringan ini terdapat beberapa komputer yang saling terhubung di mana terdapat satu unit komputer yang berperan sebagai server dan lainnya sebagai client.

Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network (MAN)

MAN adalah jaringan komputer dalam skala atau cakupan wilayah yang lebih luas hingga mencapai 50 km.

Menggunakan jaringan ini mampu memberikan kecepatan yang tinggi untuk melakukan transfer data dalam suatu kota tertentu.

Jaringan MAN disebut juga sebagai gabungan antara beberapa jaringan LAN.

Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network (WAN)

Jaringan WAN memiliki jangkauan wilayah yang lebih luas daripada MAN, bahkan bisa lintas negara.

Pembangunan jaringan ini menggunakan switching sirkuit serta membutuhkan suatu router.

Dalam penerapannya tentu saja jaringan ini lebih kompleks.

Akhir Kata

Nah demikian itulah penjelasan tentang jenis-jenis jaringan komputer yang harus anda ketahui.

Pada intinya pemilihan jenis jaringan komputer yang digunakan tergantung dari kebutuhan.

Karena setiap jenis jaringan komputer tentunya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing sesuai yang sudah dijelaskan diatas.

Tentang Penulis

Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992