Android & iPhone

10 Tips Memilih Kabel Data yang Bagus dan Rekomendasi Merk Terbaik

kabel data yang bagus
https://kuotabro.com

Bingung cari kabel data yang bagus di mana dan seperti apa? Beriku kami akan membagikan tips memilih kabel data yang bagus untuk Android dan iPhone.

Kuotabro.com – USB (Universal Serial Bus) adalah teknologi canggih yang digunakan untuk menghubungkan perangkat seperti printer, keyboard, scanner smartphone maupun lainnya.

Kabel data atau USB kita kenal sebagai suatu piranti yang digunakan untuk transfer data.

Dalam kehidupan sehari-hari kita membutuhkan kabel data untuk berbagai keperluan, misalnya untuk mengecas ponsel maupun untuk memindahkan data.

Sehingga sebagai komponen yang penting dan hampir dibutuhkan oleh sebagian besar orang, tak heran jika sekarang banyak sekali produsen yang menjual berbagai jenis kabel data atau USB.

Bingung cari kabel data yang bagus di mana dan seperti apa? Untuk itu dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan sedikit tips untuk memilih kabel data yang bagus serta beberapa rekomendasi merk kabel data.

Yuk simak penjelasan lengkapnya!

Kriteria Memilih Kabel Data yang Bagus dan Berkualitas

Kita ketahui bahwa kabel data menjadi salah satu jenis kabel yang tidak bisa kita lepaskan dari kehidupan sehari-hari.

Karena peran kabel data bukan hanya sekedar untuk transfer data saja, melainkan saat ini juga dibutuhkan untuk mengisi ulang baterai ponsel.

Mengingat kabel data sangat rentan terhadap kerusakan, oleh karena itu sebelum membeli USB berikut ini beberapa kriteria kabel data yang bagus dan berkualitas yang bisa anda pertimbangkan:

Perhatikan Kemasannya

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan ketika ingin membeli kabel data adalah perhatikan kemasannya.

Perhatikan keterangan yang tertera pada kemasan, karena terdapat dua jenis kabel USB yaitu hanya bisa digunakan untuk charging saja dan yang kedua bisa digunakan untuk charging sekaligus transfer data.

Sehingga dalam hal ini anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Jangan sampai ketika Anda membutuhkan kabel data untuk keperluan transfer data, namun ternyata Anda membeli yang jenis charging only.

Selain itu pastikan kepala USB sesuai dengan port USB yang ada di perangkat yang akan digunakan.

Apabila kabel data yang akan Anda pilih tidak memiliki kemasan atau keterangan, maka anda bisa menanyakan terlebih dahulu kepada penjual supaya tidak salah beli.

Bahan Kabel

Bahan kabel data yang akan Anda pilih juga patut menjadi bahan pertimbangan.

Jika anda ingin menggunakan kabel data tersebut dalam jangka waktu yang lebih lama, pastikan untuk membeli kabel USB yang memiliki bahan berkualitas tidak mudah sobek, tidak mudah putus dan anti interference.

Fungsional

Ketika Anda membeli kabel data maka pastikan kabel tersebut fungsional.

Misalnya jika Anda membutuhkan kabel data untuk keperluan charging ponsel maupun transfer data, maka silahkan memilih produk kabel data yang mempercepat proses charging, mudah untuk sinkronisasi serta cepat transfer data.

Kompatibel

Pastikan untuk memilih jenis kabel data yang sesuai dengan perangkat yang anda punya.

Misalnya ketika anda mencari kabel data yang digunakan untuk mengechas HP, maka akan lebih baik jika anda membawa perangkat ponsel nya juga ke tempat Anda membeli kabel USB tersebut.

Tujuannya untuk memastikan bahwa colokan kabel data sesuai dengan smartphone yang akan digunakan.

Rekomendasi Merk Kabel Data yang Bagus

Bagi Anda yang sedang mencari produk kabel data bagus dan berkualitas, berikut ini Kami punya rekomendasi  daftar merk kabel USB yang bisa menjadi referensi Anda:

Remax RC042T 1 Port Micro & Lightening

Remax RC042T 1 Port Micro & Lightning

Ini adalah salah satu jenis kabel data yang multi fungsi dengan harga terjangkau. Recommended digunakan bagi Anda yang hanya memiliki lebih dari satu gadget, maka produk kabel data ini bisa jadi pilihan Anda.

Karena kabel data Remax RC0424T dilengkapi dengan 1 port micro serta 1 port lightning, sehingga bisa digunakan untuk berbagai jenis ponsel seperti iPhone, iPad, Android maupun tablet.

Selain itu, keunggulan dari kabel data ini juga sudah dilengkapi dengan kemampuan untuk transfer data cepat.

Jika digunakan untuk charging, kabel USB ini memiliki kemampuan pengisian cepat atau fast charging sehingga mampu menghemat waktu pengisian baterai smartphone Anda.

Salah satu kekurangan dari kabel data ini yaitu belum dilengkapi dengan sertifikat MFI, meskipun begitu, jenis kabel USB ini cukup direkomendasikan apalagi dengan harganya yang hanya sekitar Rp 60.000 saja.

Nama Kabel DataRemax RC042T 1 Port Micro & Lightening
Harga± Rp. 60.000

UGREEN – Metal Alloy

UGREEN – Metal Alloy

Merk kabel data lainnya yang Kami rekomendasikan adalah UGREEN – Metal Alloy. Mungkin dari namanya kurang familiar di kalangan pengguna smartphone, namun jenis kabel USB ini ternyata memiliki kualitas yang bagus.

Kabel data ini dibuat dari bahan aluminium shell dan nilon yang berdaya tahan tinggi.

Sehingga dengan lapisan bahan pembuatan tersebut membuat jenis kabel data ini memiliki daya tahan yang cukup tinggi sehingga cocok bagi Anda yang mencari jenis kabel USB yang tidak mudah kusut ketika digulung.

Dilihat dari warna dan tekstur yang terbuat dari alumunium, memberikan kesan yang menarik dan elegan dari kabel USB ini.

Nilai plus dari kabel data ini yaitu sudah bersertifikat MFi, sehingga cukup disarankan untuk digunakan.

Nama Kabel DataUGREEN – Metal Alloy
Harga± Rp. 130.000

Baseus Rainbow Apple Lightning Cable

Baseus Rainbow Apple Lightning Cable

Ini adalah merk kabel data lainnya yang Kami rekomendasikan untuk Anda, dengan spesifikasi bahan yang elastis dan tidak mudah kusut.

Terbuat dari material silicon sehingga cukup lentur untuk dibawa kemana-mana, tidak mudah patah dan mudah untuk dibengkokan.

Salah satu keunggulan dari produk ini yaitu sudah dilengkapo dengan head dari plastik yang cukup ringgan dengan bagian konektornya yang sangat mudah dipasang maupun dicabut.

Jenis kabel USB ini memiliki panjang ideal sekitar 100 cm dan sudah mendapatkan sertifikasi MFi.

Nama Kabel DataBaseus Rainbow Apple Lightning Cable
Harga± Rp. 120.000

Vivan Quick Charge & Data Cable Lightning (TL100)

Vivan Quick Charge & Data Cable Lightning (TL100)

Produk kabel data dari Vivan ini juga bisa menjadi alternatif pilihan Anda dengan bahan kuat dan kecepatan yang tinggi.

Spesifikasi material yang digunakan pada kabel USB Vivan Quick Charge & Data Cable Lightning TL100 adalah aluminium yang berlapis nikel di ujungnya, sehingga dari segi daya tahan cukup kuat terhadap benturan.

Desain dari kabelnya berbentuk pipih dan membuatnya tidak mudah rusak maupun kusut ketika digulung

Sudah dibekali dengan fitur fast chaging sehingga dapat menghemat waktu pengisian baterai smartphone Anda.

Bagi pengguna yang menginginkan produk kabel USB yang dinamis dan transfer data cepat, maka bisa menggunakan kabel data ini.

Panjang kabelnya pun juga cukup ideal, yakni sekitar 100 cm.

Jika kesulitan untuk mendapatkan produk ini, Anda bisa mencarinya melalui e-commerce seperti Lazada dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu Rp 55.000.

Nama Kabel DataVivan Quick Charge & Data Cable Lightning (TL100)
Harga± Rp. 55.000

Anker Power Line + Lightning

Anker Power Line + Lightning

Jenis kabel data ini berbahan rubber sehingag lebih awet untuk digunakan setiap waktu.

Bagi Anda yang sering mengalami masalah kerusakan pada kabel USB, mungkin produk yang dirilis dari Anker ini bisa menjadi salah satu pilihan Anda.

Dengan materialnya yang dibuat dari bahan rubber berkualitas, sehingga membuat kabel ini memiliki tingkat ketahanan mencapai 10 kali lipat lebih awet daripada jenis kabel data pada umumnya.

Tersedia beberapa pilihan warna yang bisa dipilih seperti putih, abu-abu dan merah yang dapat memberikan kesan mewah.

Selain itu, kabel data Anker ini juga menyesuaikan dengan berbagai produk dari Apple dan sudah bersertifikasi MFi.

Nama Kabel DataAnker Power Line + Lightning
Harga± Rp. 299.000

Mazer – Cavle Lightning 120CM 3.1A

Mazer - Cavle Lightning 120CM 3.1A

Rekomendasi kabel data berkualitas terjangkau lainnya adalah Mazer – Cavle Lightning 120Cm 3.1A yang memiliki masa garansi hingga 5 tahun.

Dibuat dari bahan yang awet dari nilon dan dapat memperkecil risiko kerusakan pada kabel yang sering digunakan secara terus-terusan.

Karena bahan  nilon yang digunakan pada bahan kabel USB ini berkualitas tinggi sehingga cocok digunakan bagi Anda yang sering membawa kabel data kemana saja dan aman meskipun sering digulung di dalam tas.

Dari segi tampilannya, kabel data ini memiliki desain yang mewah dengan warna yang elegan sehingga cocok dipadukan dengan smartphone jenis Apple.

Kabel data ini juga sudah mengantongi sertifikat MFi.

Nama Kabel DataMazer – Cavle Lightning 120CM 3.1A
Harga± Rp. 199.000

Baseus Portable Lightning Cable

Baseus Portable Lightning Cable

Kabel data ini dilengkapi dengan tape measure box sehingga dapat memudahkan pengguna untuk menggulung dan menyimpan kabel data tanpa khawatir berantakan.

Pengguna dapat menyimpannya dengan mudah di kotak pensil maupun di tas.

Kabel data ini memiliki spesifikasi pengisian daya cepat dan transfer data hingga 2.1 A sehingga relatif cepat dalam pengoperasiannya.

Disamping itu kabel ini sudah dilengkapi dengan sertifikat MFi sehingga cukup kompatibel untuk segala jenis produk dari iPhone.

Nama Kabel DataBaseus Portable Lightning Cable
Harga± Rp. 230.000

Anker Premium Lightning Cable

Anker Premium Lightning Cable

Sesuai dengan namanya, kabel data ini dibekali dengan fitur anti panas.

Menjadi salah satu kabel data yang dikeluarkan Anker dengan kualitas daya tahan yang sangat bagus serta fitur lengkap dari segi anti panas di konektornya.

Anker Premium juga tidak mudah rusah, tahan lama dan mudah ditekuk, cukup recommended bagi Anda yang sedang mencari produk kabel data berkualitas premium.

USB ini memiliki kabel konektor yang cukup ramping serta mudah untuk dipasang atau dicabut dari perangkat Anda.

Nama Kabel DataAnker Premium Lightning Cable
Harga± Rp. 221.000

Mcdodo Lightning Cable

Mcdodo Lightning Cable

Rekomendasi kabel data lainnya yang bisa Anda gunakan adalah merk Mcdoo Lightning Cable ini yang memiliki fitur auto disconnect.

Jenis kabel data ini terbilang cukup praktis karena dapat mengisi daya baterai dengan cukup cepat dan bisa menghentikan pengisian baterai secara otomatis ketika sudah terisi penuh.

Oleh karena itu, pengguna tidak perlu khawatir ketika meninggalkan ponselnya dalam keadaan di-chas saat tidur.

Sehingga dengan fitur tersebut, membuat kabel data ini harus menjadi pilihan Anda karena memberikan dukungan untuk tidak merusak ponsel Anda.

Dengan ukuran panjang kabelnya 1,8 meter, sepertinya kabel USB ini juga cukup mendukung untuk segala situasi.

Nama Kabel DataMcdodo Lightning Cable
Harga± Rp. 148.000

Anker Power Line Lightning Cable 3ft/0.9m

Anker Power Line Lightning Cable 3f 0.9m

Satu lagi nih produk dari Anker yang ternyata juga cukup bisa diandalkan sebagai kabel data berkualitas baik.

Dilengkapi dengan kabel dari serat fiber dan awet, menjadi daya tarik tersendiri dari kabel data ini.

Kabel data ini tidak mudah rusak meskipun ditekuk dalam 5000 kali uji coba.

Sudah dilengkapi dengan fitur fast charging, sehingga membuat kabel ini cocok bagi anda yang menginginkan produk awet dengan kerja yang cepat.

Nama Kabel DataAnker Power Line Lightning Cable 3ft/0.9m
Harga± Rp. 262.000

Rekomendasi Kabel Data Murah Berkualitas Lainnya:

Selain dari yang disebutkan sebelumnya, berikut ini rekomendasi kabel data berkualitas lainnya yang bisa Anda pilih :

Merk Kabel DataSpesifikasiHarga (mulai dari)
Vivan FM100Kabel data elastis dan awet dengan balutan material thermoplasticRp 30.000
Remax USB Type- C RC-044APengisian data dan memindahkan data, tidak mudah kusutRp 45.000
Hippo Caby 2Fast Charging dengan berbagai pilihan warnaRp 12.000
Aukey CB-CD5Fast charging dan kecepatan transfer data 480 MbpsRp 100.000
Wsken X-Cable Mini 2Material berkualitas tembaga dengan lapisan timah anti-oksidasi yang tidak berkaratRp 190.000

Cara Merawat Kabel USB Supaya Awet

Perlu Anda ketahui bahwa kabel data adalah jenis kabel yang sangat rentan terhadap kerusakan.

Apalagi jika kabel data tersebut digunakan setiap saat setiap hari dan sering dibawa kemana-mana, pasti lama-kelamaan akan menurun kualitasnya.

Oleh karena itu ada baiknya anda mulai sekarang belajar untuk merawat kabel USB supaya awet.

Adapun berikut ini sedikit tips untuk merawat kabel USB supaya lebih tahan lama dari segi keawetannya:

  • Gunakan Kabel Data Dengan Hati-hati

Mulai sekarang belajarlah untuk tidak terburu-buru memakai kabel data, apalagi ketika anda ingin mencolokkannya ke perangkat.

Karena jika terlalu terburu-buru memasang kabel data, maka bukan hanya menyebabkan kabel data mudah rusak tapi juga perangkat yang dicolokkan kabel USB juga rentan eror.

Anda juga harus memastikan kabel USB tidak sembarangan diletakkan karena bisa menyebabkan tidak sengaja terinjak, tidak sengaja diduduki atau tidak sengaja tertindih.

  • Melepas USB yang Benar

Selesai menggunakan kabel USB, pastikan anda tidak melepas kabel USB dengan menarik kabelnya. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan di dalam kabel atau mudah putus.

Sebaiknya Anda menarik bagian kepala USB ketika sudah selesai menggunakan kabel data.

  • Jangan Menggulung kabel USB

Pastikan anda tidak menggulung kabel USB ketika sudah tidak digunakan.

Karena perlu Anda ketahui bahwa kabel USB akan sangat mudah rusak jika terlalu sering digulung.

Karena tembaga yang ada di dalam kabel data tersebut akan melengkung serta tidak bisa menghantarkan listrik dengan optimal.

Caranya yaitu dengan merapikan kabel membentuk sudut 45 sampai 60 derajat, atau dengan membentuk lingkaran atau segitiga.

Jika anda tidak ingin terlalu sering berganti-ganti kabel USB maka pastikan untuk tidak membiasakan menggulungngya.

  • Gunakan pelindung

Agar lebih aman dalam menyimpan kabel data atau agar tidak lebih mudah putus maka anda bisa menggunakan pelindung kabel USB yang sedang hits sekarang.

Anda bisa menggunakan yang berbentuk spiral maupun Pir di mana penggunaan pelindung tersebut memudahkan dalam menyimpan kabel USB.

Akhir Kata

Demikian itulah pembahasan tentang cara memilih kabel data yang bagus dan berkualitas.

Mulai sekarang sebaiknya tidak menggunakan kabel data atau USB secara sembarangan jika anda ingin lebih awet.

Pastikan untuk selalu menyimpan kabel data di tempat yang tepat agar tidak mudah terinjak atau diduduki.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi pembaca.

Rating:

Tentang Penulis

Nurikhsani S.I.Kom.

Nurikhsani S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992