13 Komponen Motherboard dan Fungsinya

Oleh: /

Kuotabro.com – Mungkin kita sudah familiar dengan istilah motherboard, namun tak banyak yang tahu apa saja komponen motherboard beserta fungsinya.

Motherboard menjadi salah satu komponen perangkat keras komputer yang diletakkan di dalam CPU. Komponen ini sering disebut sebagai papan induk yang berbentuk papan sebagai tempat diletakkannya macam-macam hardware komputer lainnya agar bisa saling terhubung.

Di dalam motherboard ini terdiri dari komponen-komponen yang masing-masing memiliki fungsi dan kerjanya sendiri.

Karena masih banyak yang belum mengetahui apa saja komponen yang ada di motherboard dan fungsinya, untuk itu dalam kesempatan kali ini kami akan mengulas secara lengkap nama-nama komponen motherboard beserta fungsinya.

Bagi Anda yang ingin tahu lebih dalam tentang komponen di motherboard, silakan simak pembahasan kali ini sampai selesai.

Pengertian Motherboard

Berbicara tentang motherboard, bagi Anda yang bekerja di bidang komputer jaringan mungkin sudah tidak asing lagi dengan perangkat satu ini.

Motherboard adalah sebuah Print Sircuit Board (PCB) yang bertindak sebagai tulang belakang suatu komputer. Karena pada komponen ini sebuah konektivitas elektrik terjadi sehingga semua komponen serta perangkat eksternal pada motherboard dapat saling terhubung.

Motherboard juga memiliki kemampuan untuk mengendalikan perangkat seperti DVD driver, hard drive, keyboard dan mouse.

Fungsi Motherboard

Setelah mengetahui apa itu motherboard, Anda juga wajib mengetahui apa fungsi dari motherboard dalam suatu komputer.

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa komponen ini diibaratkan sebagai tulang punggung suatu komputer agar perangkat komputer dapat bekerja dengan semestinya.

Selain itu, fungsi utama dari motherboard juga sebagai media yang menampung komponen pada komputer.

Motherboard juga berguna dalam mengatur kode basic input output system (BIOS) pada ROM. Kode bios tersebut berupa firmware yang mana tidak akan hilang meski komputer dalam kondisi mati dan tidak bisa diubah oleh proses sistem operasi yang normal maupun software aplikasi.

Jika anda perhatikan maka pada komponen motherboard terdapat kumpulan slot-slot yang memungkinkan penggunaan perangkat eksternal untuk meningkatkan fleksibilitas dari komputer itu sendiri.

Perangkat yang dimaksud tersebut adalah keyboard, mouse, Jack audio, hardisk eksternal atau stick game.

Perangkat-perangkat tersebut bisa dihubungkan dengan komputer dengan cara menghubungi secara langsung ke motherboard menggunakan port-port yang sudah disediakan.

Komponen-komponen Motherboard

Motherboard

Setelah kita membahas sedikit tentang pengertian motherboard beserta fungsinya, berikut ini kami akan menyebutkan komponen-komponen apa saja yang terdapat di motherboard. Berikut diantaranya:

CPU Socket/ Socket Prosessor

CPU Socket

Socket processor menjadi komponen motherboard yang memiliki fungsi sebagai tempat untuk memasang processor. Apabila dilihat dari tampilannya, di sekitar situ CPU selalu ada 4 lubang yang berfungsi sebagai penyangga heatsink fan, karena ketika komponen prosesor bekerja membutuhkan penghantar panas.

Komponen CPU Socket ini harus menjadi salah satu pertimbangan ketika menentukan motherboard. Karena CPU Socket harus cocok dengan jenis prosesor yang digunakan. Jenis prosesor yang berbeda tentunya menggunakan CPU socket yang berbeda juga.

Sederhananya ketika anda menggunakan prosesor jenis AMD maka tidak akan bisa menggunakan motherboard dengan socket yang digunakan untuk prosesor Intel.

Jadi komponen ini patut menjadi pertimbangan ketika anda sedang mencari atau membeli motherboard dan usahakan soket tersebut kompatibel dengan prosesor terbaru.

Slot Memory

Slot Memory

Slot memori adalah komponen di dalam motherboard yang digunakan sebagai tempat untuk memasang RAM. dari segi fisiknya memiliki tampilan yang memanjang dan sesuai dengan bentuk RAM.

Biasanya letak dari soot memori ini bersebelahan deket dengan soket prosessor serta biasanya berjumlah lebih dari satu slot.

Perlu diperhatikan jika Anda berminat untuk membeli rumah baru maka harus memastikan jenis RAM yang akan dibeli cocok dengan slot memori yang ada di motherboard anda. Karena jika beda jenis RAM maka slot memori yang digunakan juga berbeda.

Slot IDE dan Slot SATA

Slot IDE dan Slot SATA

Kedua slot tersebut sebenarnya memiliki fungsi yang sama meskipun berbentuk berbeda, yaitu berfungsi untuk menghubungkan hardisk atau DVD ROM ke motherboard.

Bentuk dari kedua slot tersebut disesuaikan dengan kabel yang digunakan oleh masing-masing. Slot IDE mempunyai bentuk memanjang dan sesuai dengan kabel yang digunakan yaitu kabel IDE. Sedangkan pada bentuk slot SATA lebih kecil dibanding dengan slot IDE. Karena jenis kabel yang digunakan pada ada kabel SATA tersebut ukurannya lebih kecil dibanding kabel IDE.

Namun saat ini slot IDE mulai ditinggalkan oleh pengguna karena memang sudah jarang ditemukan pada komponen motherboard keluaran terbaru.

Hal itu karena jenis hardisk SATA lebih banyak digunakan dibanding hardisk IDE. Sehingga penjualnya pun juga sulit untuk ditemukan lagi.

Bagi Anda yang berencana untuk membeli motherboard maka sebaiknya membeli yang sudah ada slot SATA. Faktor ini perlu menjadi pertimbangan karena motherboard keluaran lama biasanya belum dilengkapi dengan slot ini.

Slot AGP dan Slot PCI

Slot AGP dan Slot PCI

Selain jenis slot yang sebelumnya,pada komponen motherboard juga terdapat slot AGP dan slot PCI. Keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu dijadikan tempat untuk VGA card atau graphic card.

AGP umumnya digunakan untuk VGA card yang lama, sehingga untuk komputer komputer zaman sekarang sudah jarang yang menggunakan jenis slot tersebut.

Pada kebanyakan motherboard sekarang sudah menggunakan slot PCI.

BIOS (Basic Input Output System) Dan UEFI Chip

BIOS Dan UEFI Chip

BIOS dan UEFI menjadi salah satu komponen penting yang terdapat di motherboard. Keduanya merupakan sebuah chip yang berfungsi sebagai kontrol seluruh perangkat atau hardware yang ada di komputer.

Melalui komponen tersebutlah yang bertanggung jawab ketika komputer melakukan booting.

Namun pada komputer keluaran terbaru sudah menggunakan UEFI sebagai pengganti dari BIOS. Sudah jarang perangkat komputer baru yang masih menggunakan BIOS.

Meskipun memiliki fungsi yang sama, UEFI menawarkan fitur yang lebih maksimal dibanding pendahulunya tersebut.

Battery CMOS

Battery CMOS

Baterai CMOS atau Complimentary Metal Oxide Semiconductor berupa baterai kecil yang berfungsi dalam memberikan daya pada komponen BIOS.

Dalam komponen ini menyimpan pengaturan-pengaturan yang ada di BIOS. Desainnya mirip seperti baterai jam tangan namun dengan ukuran yang lebih besar.

Apabila pengguna mencoba untuk mencabut baterai CMOS tersebut maka pengaturan BIOS akan kembali ke default pabriknya.

Sehingga sering digunakan untuk mengakali apabila pengguna lupa password untuk masuk ke BIOS sehingga bisa mencabut baterai CMOS ini.

Power Connector

power connector

Power connector juga menjadi komponen yang tak kalah penting di motherboard selain komponen lainnya. Komponen ini berperan dalam menghubungkan motherboard dengan power supply.

I/O Ports (Input/Output Ports)

I/O Ports

I/O Ports ini menjadi bagian dari komponen motherboard yang secara langsung akan berinteraksi dengan pengguna komputer atau user.

Karena di sini merupakan tempat sekumpulan port sebagai tempat untuk mencolokkan beragam perangkat hardware baik input maupun output seperti port LAN, VGA, USB, PS/2, dll.

South Bridge Controller

South Bridge Controller

Shout Bridge Controller berupa peripheral kontroler yang terintegrasi VIA VT8235 di mana mendukung berbagai input serta output fungsi termasuk 2-channel ATA/ 133 bus master IDE controller, interface LCP super I/O, 6 port USB 2.0,  interface AC’97 dan PCI 2.2.

Standby Power LED

Standby Power LED

Stand by power LED juga menjadi salah satu komponen didalamnya terdapat di mana fungsinya sebagai pengingat atau reminder untuk mematikan system power sebelum menghidupkan atau ketika mematikan komputer.

PS/ 2 Mouse Port

PS/ 2 Mouse Port

Komponen ini berperan sebagai konektor mini DIN 6 pin dimana digunakan dalam menghubungkan beberapa mouse dan keyboard ke sistem komputer PC yang kompetibel.

Nama komponen ini berasal dari dari rangkaian komputer pribadi impersonal sistem yang dikenalkan sejak tahun 1987.

Konektor mouse tersebut umumnya menggantikan konektor serial DE-9 RS-232 yang ada di perangkat motherboard keluaran lama.

Port Paralel dan Serial

Port Paralel dan Serial

Jika anda membongkar suatu papan motherboard maka anda juga akan menemukan port paralel dan serial di komponen ini.

Pada jenis motherboard AT, port serial dan paralel tidak menyatu menjadi satu di motherboard melainkan disambungkan dengan kabel. Jadi di dalam motherboard juga tersedia pin untuk menancapkan kabel.

Fungsi dari port paralel ini beragam, seperti menyambungkan komputer dengan printer, menyambungkan komputer dengan scanner hingga menghubungkan komputer dengan perangkat tambahan tertentu yang dirancang pada koneksi port paralel.

Sedangkan pada port serial digunakan untuk menghubungkan kabel modem dan kabel mouse. Namun ada juga beberapa perangkat lain yang dapat di colokan ke port serial ini.

Pada motherboard dengan jenis ATX biasanya port paralel dan serial sudah terintegrasi di motherboard sehingga pengguna tidak perlu menancapkan kabel-kabel yang merepotkan.

RJ-45 Port

RJ-45 Port

RJ45 adalah jenis standar konektor fisik pada kabel jaringan dimana sering terlihat dengan kabel ethernet dan jaringan.

Kabel ethernet modem sudah dilengkapi dengan colokan plastik kecil di setiap ujungnya.

F.A.Q

Apa Itu Motherboard?

Motherboard adalah suatu Print Sircuit Board (PCB) yang digunakan sebagai tempat untuk meletakan berbagai kompone komputer. Di motherboard ini terjadi konektivitas elektrik sehingga semua komponen serta perangkat eksternal pada motherboard dapat saling terhubung.

Apa Fungsi Motherboard?

Motherboard diibaratkan sebagai tulang punggung suatu komputer yang bertujuan agar semua perangkat komputer dapat bekerja sebagaimana semestinya. Fungsi utama motherboard juga sebagai media yang menampung komponen pada komputer.

Selain itu, motherboard juga digunakan dalam mengatur kode basic input output system (BIOS) pada ROM. Kode bios berupa firmware yang tidak akan hilang meski komputer dalam kondisi off dan tidak bisa diubah oleh proses sistem operasi yang normal maupun software aplikasi. Fungsi dari Motherboard juga disesuaikan dengan setiap komponen motherboard itu sendiri.

Apa Saja Komponen Pada Motherboard?

Komponen motherboard sebenarnya cukup banyak dan kompleks. Namun beberapa komponen utamanya seperti CPU Socket, Slot Memory, Slot IDE dan Slot SATA, BIOS dan UEFI, Battery CMOS< Power Connector, I/O Ports, South Bridge Controller dan masih banyak lainnya.

Akhir Kata

Nah itulah bagian-bagian atau komponen komponen motherboard yang harus anda ketahui. Melihat berbagai komponen yang ada di motherboard tersebut serta berbagai fungsi pentingnya, sehingga sikap pada papan motherboard sendiri ada yang mengalami gangguan maka bisa menyebabkan gangguan pada komponen lainnya.

Semoga informasi data bisa menjadi pengetahuan bagi pembaca tentang komponen di motherboard. Selamat membaca.

Mahasiswi asal Malang, Jawa Timur, yang kesehariannya tak pernah jauh dari layar laptop. Terima kasih telah membaca tulisan saya. :)

Tinggalkan komentar