Komputer

Apa Itu Software, Fungsi & Jenisnya

Software
https://kuotabro.com
Siva Nurikhsa S.I.Kom.
Writen & Edited By Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Apa Itu Software? Software adalah jembatan penghubung antara pengguna dengan hardware untuk melakukan suatu perintah tertentu.

Kuotabro.com – Jika terbiasa bekerja di bidang IT atau menggunakan perangkat komputer, mungkin kita sudah tidak asing lagi mendengar istilah software.

Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan software? Apa fungsinya dalam sebuah perangkat komputer?

Untuk itu, dalam tulisan kali ini Kami akan membahas secara lengkap apa itu software beserta fungsi dan jenis-jenisnya.

Apa itu Software?

Apa Itu Software

Software atau perangkat lunak adalah sebutan bagi suatu bagian dari sistem komputer yang tidak memiliki bentuk fisik atau wujud (tidak terlihat).

Karena software merupakan kumpulan data elektronik yang disimpan serta diatur oleh komputer yang bertujuan untuk menjalankan suatu perintah.

Beberapa orang juga menyebut software adalah suatu data yang diprogram, diformat serta disimpan secara digital. Software tidak berbentu fisik serta dapat di operasikan oleh penggunanya melalui perangkat komputer.

Mengacu dari pengertian tersebut, software adalah jembatan penghubung antara pengguna dengan hardware untuk melakukan suatu perintah tertentu.

Sederhananya, tanpa sebuah software maka perangkat komputer termasuk komponen hardware-nya tidak dapat bekerja.

Tanpa software perangkat komputer hanyalah mesin yang tidak dapat bekerja sesuai dengan perintahs user.

Fungsi Software

Sebelumnya sudah di singgung bahwa secara umum software memiliki fungsi utama untuk menjalankan perintah dari user.

Mengacu dari pengertian software sendiri, adapun Berikut ini beberapa fungsi spesifik dari software:

  • Untuk menyediakan fungsi dasar dari suatu perangkat komputer sehingga bisa dioperasikan
  • Untuk mengatur setiap komponen hardware atau perangkat keras yang ada pada komputer sehingga bisa bekerja secara simultan
  • Sebagai penghubung antara perangkat lunak lainnya dengan komponen hardware yang ada di komputer
  • Perangkat lunak atau software juga berfungsi sebagai penerjemah perintah software lainnya ke dalam bahasa mesin agar dapat dimengerti oleh hardware.
  • Software digunakan untuk mengidentifikasi suatu program yang ada di sebuah perangkat komputer

Jika melihat dari fungsi software tersebut maka tak heran jika komponen ini dianggap sebagai nyawa dari komputer.

Suatu perangkat komputer tidak akan bisa beroperasi jika hanya memiliki perangkat keras saja tanpa perangkat lunak di dalamnya.

Jenis-Jenis Software

Berikut ini beberapa jenis software yang dibedakan berdasarkan distribusinya:

Shareware

Jenis software yang ini jadi jenis software yang telah disediakan untuk user tanpa harus membayar biaya uji cobanya.

Akan tetapi jenis software ini masih memiliki kelemahan yaitu adanya batasan kombinasi dari ketersediaan maupun kenyamanan dengan fungsinya.

Biasanya shareware bisa anda temukan pada banyak situs website di mana mereka menawarkan suatu aplikasi uji coba agar anda tertarik untuk membeli versi aslinya yang memiliki lisensi.

Freeware

Ditinjau dari nama software ini sudah terlihat bahwa merupakan jenis perangkat lunak dengan hak cipta yang tidak perlu membayar serta pengguna dapat menggunakannya tanpa batasan waktu.

Yang membedakan Freeware dengan Sharware, dimana pada jenis shareware terdapat jangka waktu tertentu dan harus membayar jika menginginkan versi asli atau lebih lengkapnya.

Jenis software yang satu ini memang sengaja dibuat untuk tujuan diberikan kepada suatu komunitas tertentu.

Meskipun begitu bagi pengembangnya tidak akan kehilangan haknya sebagai pencipta sehingga ketika mereka memilih berhenti untuk mengembangkan Freeware, maka mereka dapat menerbitkan kode sumber yang ditujukan pada maker lain untuk kemudian dikembangkan bersama.

Commercial Software

Commercial Software adalah jenis software yang berbayar atau untuk tujuan komersial.

Biasanya pembuatan software ini memang untuk tujuan penjualan agar para pengguna tertarik untuk menggunakan software ini.

Beberapa jenis commercial software diantaranya seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, CorelDRAW maupun lainnya.

Para pengguna software ini pun juga memiliki batasan dimana mereka tidak dapat menyebarluaskan software.

Firmware

Firmware adalah aplikasi yang mengacu secara jelas pada suatu perangkat lunak yang tersimpan di memori read only sehingga tidak mengalami perubahan meskipun tanpa dialiri arus.

Firmware memiliki sifat tetap atau tidak dapat diubah. Namun apabila jenisnya EPROM atau mungkin flash ROM maka kemungkinan firmware di dalamnya masih bisa diubah.

Malware

Untuk jenis software yang satu ini memang sengaja diciptakan untuk tujuan merusak sistem pada komputer tanpa meminta izin dari penggunanya.

Sehingga Malware sering dianggap merugikan karena dapat menyebabkan masalah pada komputer.

Apalagi kebanyakan Malware sudah disisipi dengan virus yang dapat merusak sistem.

Free Software

Software ini dapat digunakan sebagai perangkat lunak yang sifatnya bebas digunakan, dipelajari maupun disalin akan tetapi tidak diizinkan untuk melakukan modifikasi.

Kata bebas yang di maksud disini adalah bisa menggunakannya untuk tujuan apa pun selain memodifikasi atau mengubah.

Tujuan dari pengembangan jenis software ini untuk menyediakan akses kepada publik untuk menjadi perangkat lunak yang bebas.

Open Source Software

Sesuai namanya untuk jenis software yang satu ini bisa digunakan secara bebas atau dengan kode sumber yang terbuka.

Namun open source software dengan free software terletak dari cara untuk mendapatkan lisensinya.

Karena biasanya untuk jenis software ini memang bisa digunakan secara bebas tapi memiliki aturan tertentu.

Klasifikasi Software

Selain dilihat dari jenis-jenis software, perangkat lunak ini juga dapat diklasifikasikan menjadi berikut ini:

Operating System (Sistem Operasi)

Sistem operasi adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengelola serta mengkoordinasikan setiap komponen dan fungsi dari komputer. Beberapa contoh perangkat lunak kategori sistem operasi di antaranya seperti Linux dan Windows, Unix maupun DOS.

Programming Language (Bahasa Pemrograman)

Bahasa pemrograman adalah klasifikasi perangkat lunak yang berfungsi sebagai pemberi instruksi standar dimana melibatkan sintaks dan semantik untuk mendefinisikan suatu program aplikasi komputer. Contoh dari bahasa pemograman seperti Java, PHP, Microsoft Visual Basic, dll.

Application Program  (Program Aplikasi)

Program aplikasi adalah perangkat lunak yang memiliki fungsi tertentu. Misalnya jenis software untuk presentasi, software akuntansi atau jenis software lainnya untuk tujuan tertentu.

Contoh Software dalam Penggunaan Sehari-Hari

Setelah membahas pengertian software beserta fungsi dan jenis jenisnya di atas, berikut ini contoh penerapan penggunaan software dalam kehidupan sehari-hari:

Program BIOS

Sebagai sebuah program dasar komputer untuk mengidentifikasi perangkat hardware ketika melakukan booting. Beberapa contoh program bios diantaranya AMI BIOS, AWARD BIOS, PHOENIX BIOS.

Sistem Operasi

Sebagai sebuah program untuk mengorganisir semua perangkat perangkat yang terhubung dalam perangkat komputer. Contohnya seperti Windows, Linux, Unix, Mac OS, FreeBSD.

Program Aplikasi

Sebagai sebuah software dalam komputer untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu. Contohnya program pengolah kata program pengolah angka program pengolah data maupun program pengolah gambar.

Program Utility

Sebagai software yang berfungsi untuk membantu sistem operasi dalam mengkoordinasi sistem komputer. Contohnya adalah software Utility diantaranya AntiVirus, PC Tools dan Driver.

Program Compiler

Sebagai jenis software yang digunakan untuk menterjemahkan bahasa pemrograman kedalam bahasa mesin, contohnya program compiler antara lain, Visual Basic, Visual Foxpro, Visual C, Delphi dan lain sebagainya.

Akhir Kata

Demikian itulah pembahasan secara lengkap tentang apa itu software lengkap beserta fungsi, jenis-jenis dan contoh dari software.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi pembaca yang belum mengetahui definisi dari software.

Tentang Penulis

Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992