Android & iPhone Elektronik

Alat Penangkap Sinyal WiFi Jarak Jauh

Alat Penangkap Sinyal WiFi Jarak Jauh
Listiyaningsih S.I.Kom.
Writen & Edited By Listiyaningsih S.I.Kom.

Bagaimana cara menangkap sinyal jarak jauh? Ketahui alat penangkap sinyal WiFi jarak jauh di PC dan Android berikut ini. Dijamin AMPUH!

Kuotabro.com – Anda sedang mencari alat penangkap sinyal WiFi jarak jauh? Sebenarnya meskipun sinyal WiFi berada pada jarak yang cukup jauh, masih ada kemungkinan tertangkap hingga 1 km.

Bahkan tidak menutup kemungkinan dapat ditangkap pada jarak hingga 5 km, namun tentunya membutuhkan alat penangkap sinyal WiFi yang paling tepat.

Ada banyak sekali artikel di internet yang membahas cara menangkap sinyal WiFi jarak jauh mulai dari 1 km hingga 10 km hanya dengan menggunakan peralatan bekas.

Beberapa jenis peralatan bekas yang sering digunakan untuk membuat penangkap sinyal yaitu tutup panci, CD bekas, kaleng dan lain sebagainya.

Namun secara teori sebenarnya cara tersebut tidak bisa dipastikan apakah benar-benar dapat menangkap sinyal WiFi jarak jauh atau tidak.

Untuk itu, dalam pembahasan kali ini Kami akan memberikan ulasan cara menangkap sinyal WiFi jarak jauh.

Terutama bagi Anda yang tinggal di daerah terpencil dan minim sinyal.

Penasaran bagiamana caranya? Yuk, simak pembahasan kali ini sampai selesai.

5 Antena Penangkap Sinyal WiFi Jarak Jauh

Bagi Anda yang ingin menembak sinyak WiFi melalui perangkat Android maupun laptop, maka syarat utama yang harus disediakan yaitu wajan bolic.

Pemasangannya juga tidak sulit, apalagi jika diletakkan pada TP Link TL-WA7210N dan TL-WN722N.

Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan memanfaatkan waja, modem dan router layaknya menggunakan range extended dengan access point.

Pemasangannya juga sangat mudah dimana hanya perlu mencolokkan USB ke kabel tembaga. Cara ini memang sangat recommended karena jangkauannya yang luas dan kuat baik secara indoor maupun outdoor.

Harga Alat Penangkap Sinyal Wifi Jarak Jauh

Berikut ini beberapa rekomendasi antena penangkap sinyal WiFi jarak jauh terbaik dari TP Link

Tipe AntenaSpesifikasi AntenaPerkiraan Harga (mulai dari)
Network Antena TP-LINK TL-ANT2412D2.4GHz 12dBi Outdoor Omni-directional Antenna, N-type connectorRp 460.000
Network Antena TP-LINK TL-ANT2424B2.4GHz 24dBi Outdoor Grid Antenna, N-type connectorRp 580.000
Network Antena TP-LINK TL-ANT2415D15 dbi Outdoor Omni-directional Antenna, 2.4GHzRp 624.000
Network Antena TP-LINK TL-ANT5823BOutdoor Panel Antenna, 5GHz, 23dBiRp 710.000
Network Antena TP-LINK TL-ANT5830B5GHz 30dBi Outdoor Grid Parabolic AntennaRp 805.000

Jangkauan dari beberapa antena penangkap sinyal WiFi tersebuut dapat menjangkau hingga 5 km dan tergantung dari arah angin.

Akan tetapi bagi Anda yang menggunakan alat tersebut, maka usahakan antena mengarah pada BTS pusat sumber sinyal berada.

Usahakan untuk tidak ada dinding pembatas di depan antena yang dipasang agar tidak menghalangi antena dalam menangkap sinyal.

Sehingga dengan memanfaatkan beberapa antena tersebut bisa membantu perangkat Anda dalam menangkap sinyal WiFi yang tersedia.

Cara Membuat Penangkap Sinyal WiFi Jarak Jauh Sederhana

Bagi Anda yang dibuat resah dengan sinyal yang tidak stabil, berikut ini cara membuat penangkap sinyal WiFi jarak jauh sederhana dengan peralatan yang tidak terlalu mahal.

Jika Anda tidak mau repot-repot menggunakan barang-barang bekas, maka bisa menggunakan beberapa komponen berikut ini untuk membuat WiFi Extender sendiri.

Berikut beberapa komponen yang harus disediakan:

Antena TP-LINK

Antena TP-LINK

Sebelumnya Kami sudah memberikan beberapa rekomendasi antena dari TP Link terbaik untuk menangkap sinyal WiFI jarak jauh. Anda silahkan memilih salah satunya.

Anda bisa membeli antena TP-Link di toko komputer terdekat di tempat Anda. Jika  budget sangat terbatas, maka Anda bisa menggunakan yang paling murah.

USB Wireless Adapter

USB Wireless Adapter

Peralatan yang kedua adalah USB Wireless Adapter yang bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari Rp 122.000 hingga Rp 175.000.

Anda tidak harus membeli yang mahal, yang terpenting memiliki kualitas yang cukup baik sebagai alat penangkap sinyal WiFi jarak jauh.

Kabel USB Extension Male To Female

Kabel USB Extension Male To Female

Perangkat ketiga yang Anda butuhkan yaitu kabel USB sebagai penghubung nantinya. Untuk panjang kabel bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Disarankan untuk menggunakan kabel dengan panjang 5 meter saja sudah cukup.

Harga kabel USB sendiri bervariasi mulai dari Rp 45.000.

Nah, jika semua peralatan tersebut sudah Anda siapkan, maka selanjutnya tinggal merangkainya seperti biasa.

Letakkan alat tersebut di tempat yang tepat dan tidak terhalang oleh tembok atau lainnya. Sehigga secara optimal dapat menangkap sinyal WiFi hingga 1 km lebih.

10 Aplikasi Penangkap Sinyal WiFi Jarak Jauh Android

Susah sinyal ternyata tidak dialami oleh para pengguna perangkat PC saja, namun juga oleh pengguna Android.

Namun bagi pengguna smartphone, sebenarnya Anda bisa memanfaatkan aplikasi penangkap sinyal WiFi jarak jauh yang secara efektif membantu perangkat mendapatkan sinyal yang cukup stabil.

Disamping menggunakan WiFi extender atau antena penguat sinyal jarak jauh, Anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi terbaik berikut ini untuk mengumpulkan sinyal dengan mudah di smartphone.

WiFi Manager

Aplikasi yang pertama ini cukup dikenal kalangan pengguna smartphone Android sebagai salah satu penangkap sinyal WiFi terbaik.

Hal itu karena WiFi manager memilikii kualitas kerja yang sangat menjanjikan untuk menguatkan sinyal maupun menangkap sinyal WiFi yang jauh.

Melalui aplikasi ini dapat menganalisis jaringan Anda serta membantu untuk terhubung dengan baik ke berbagai sumber sinyal.

Beberapa fitur yang ditawarkan seperti WiFi Prioritas, Auto Booster, Data Usage, Periksa Kecepatan, Scheduler, Melacak IP dan masih banyak yang lainnya.

WiFi Booster Easy Connect

Dengan memanfaatkan aplikasi ini, maka bisa dijadikan sebagai alat penguat sinyal WiFi di Android.

Menggunakan aplikasi ini memungkinkan perangkat smartphone Anda dapat meningkatkan kemampuan untuk menerima sinyal WiFi meskipun jaraknya agak jauh.

Anda bisa mengakses aplikasi ini dengan mudah dan cepat, serta gratis.

WiFi Booster Easy Connect sangat aman untuk digunakan karena sebagai salah satu aplikasi resmi yang dapat diinstal melalui Play Store.

Network Signal Speed Booster

Aplikasi penangkap sinyal WiFi lainnya yaitu Network Signal Speed Booster. Dengan menggunakan aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memperkuat tangkapan sinyal jaringan termasuk WiFi yang ada di sekitar Anda dengan cepat dan mudah.

Anda bisa menggunakan aplikasi penguat sinyal terbaik ini secara gratis. Selain itu, aplikasi tersebut juga dapat memindai sinyal WiFi dengan menyambungkannya secara cepat.

Network Booster Free

Alat penangkat sinyal WiFi jarak jauh yang selanjutnya adalah Network Booster Free yang tak kalah hebat dengan aplikasi-aplikasi yang sebelumnya.

Dengan menggunakan aplikasi ini maka bisa membantu Anda untuk meningkatkan kekuatan sinyal jaringan serta menikmati akses internet yang stabil.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menangkap sinyal WiFi jarak jauh.

Aplikasi Penangkap Sinyal WiFi Jarak Jauh Android Lainnya:

  • WiFinder
  • Wifi Analyzer
  • WiFi Overview 360
  • 3G/4G/WiFi Maps & Speedtest (OpenSignal)
  • Fresh Network Booster
  • OpenSignal Map

Akhir Kata

Demikian itulah ulasan tentang alat penangkap sinyal WiFi jarak jauh terbaik yang mungkin bisa jadi rekomendasi untuk Anda. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa menjadi solusi mengatasi sinyal lemah di tempat Anda.

Tentang Penulis

Listiyaningsih S.I.Kom.

Listiyaningsih S.I.Kom.

Devita adalah lulusan Ilmu Kelautan yang masih bingung bagaimana mengaplikasikan ilmunya. Kini, dia pun terjebak dalam dunia jurnalistik.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992