Komputer

Apa itu Access Point? Berikut ini Pengertian, Fungsi & Cara Kerjanya

Apa itu Access Point
https://kuotabro.com

Apa itu Access Point? Berikut ini penjelasan lengkap tentang access point lengkap dengan fungsi, cara kerja dan jenis-jenisnya.

Kuotabro.comApa itu access point? Biasanya perangkat ini digunakan di kantor kantor yang berhubungan dengan teknologi.

Hal itu karena penggunaan jaringan nirkabel lebih murah dan lebih praktis daripada menggunakan kabel.

Jumlah penggunaan dari access point sendiri juga tergantung dari luas jaringan yang dibutuhkan. Misalnya untuk lingkungan rumah yang kecil maka hanya memerlukan satu access point.

Namun apabila digunakan untuk ruang publik atau perusahaan dengan gedung yang besar maka membutuhkan beberapa access point. Dengan menempatkan beberapa access point tersebut maka pengguna dapat tetap terhubung ke jaringan meskipun berpindah-pindah lokasi.

Perangkat yang digunakan oleh user secara otomatis akan berpindah dari satu access point ke access point yang lainnya tanpa harus memutuskan koneksi.

Sebenarnya kita sudah terbiasa untuk menggunakan access point dalam menghubungkan perangkat seperti smartphone atau laptop ke jaringan internet. Hanya saja kita tidak benar-benar mengerti mengenai access point itu sendiri dan apa saja fungsinya.

Oleh karena itu dalam pembahasan ini kami akan memberikan penjelasan pengertian access point beserta fungsi dan cara kerjanya. Yuk, simak!

Pengertian Access point

Pengertian Access point

Access point adalah sebuah perangkat di jaringan komputer yang dibuat dalam jaringan lokal nirkabel atau WLAN (Wireless Local Area Network).

Access point tersebut akan dihubungkan dengan hub atau router atau switch melalui kabel ethernet kemudian memancarkan sinyal wifi di area tertentu. Agar dapat terhubung ke jaringan lokal yang telah dikonfigurasikan maka perangkat harus melalui access point terlebih dahulu.

Untuk menjalankan fungsinya tersebut access point terdiri dari antena dan receiver yang bertindak sebagai pusat pemancar serta penerima sinyal dari dan untuk client server.

Access point hanya bertindak untuk menyambungkan atau tidak menyambungkan suatu perangkat yang ingin terhubung ke jaringan tapi tidak bisa mengatur aliran data seperti router.

Access point akan menyambungkan berdasarkan benar atau tidaknya password yang di berikan oleh pengguna perangkat.

Misalnya ketika ada pengguna yang menyediakan akses WiFi di kamar atau ruang kerja tapi router yang dimiliki tidak menjangkau area tersebut, maka anda dapat memasang access point.

Dalam hal ini jika menggunakan access point maka jumlah perangkat yang terhubung dengan jaringan dapat menjangkau lebih luas dan lebih banyak. Tapi pengguna masih dapat membatasi siapa yang bisa terhubung karena pengguna lain harus mengetahui password yang diminta access point untuk masuk ke jaringan lokal.

Fungsi Access point

Setelah melihat dari pengertian access point seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, secara spesifik berikut ini fungsi dari access point:

  • Untuk mengirimkan atau memancarkan sinyal koneksi data dan internet via gelombang radio. Apabila kekuatan sinyal access point semakin baik area jangkauannya pun bisa semakin luas. Untuk ukuran sinyal di nyatakan dalam satuan dBm atau mW.
  • Sebagai hub yang akan menghubungkan jaringan lokal yang menggunakan kabel dengan jaringan wireless atau nirkabel
  • Untuk mengatur supaya access point dapat berperan sebagai DHCP (Dynamicc Host Configuration Protocol) Server. Sehingga secara otomatis access point akan memberikan IP address untuk setiap perangkat yang terhubung.
  • Digunakan untuk mengatur akses suatu perangkat. Akses tersebut akan diatur berdasarkan MAC address berupa identifikasi unik yang dimiliki oleh network card perangkat.
  • Untuk menerapkan fitur keamanan WEP (Wired Equivalent Privacy) atau WAP (Wi-Fi Protected Access). WAP adalah metode keamanan yang dibuat untuk melengkapi WEP dengan menambah descryption. Sedangkan untuk WEP adalah metode pengamanan jaringan nirkabel dengan otentikasi kecocokan kunci yang diberikan klien kepada access point.

Jenis Access Point

Jenis access point terbagi menjadi 3 yaitu:

  • Access Point Indoor
  • Access Point Oudoor
  • Access Point Router

Jenis-jenis dari access point tersebut dibedakan berdasarkan letak penempatannya.

Wireless access point pada dasarnya di desain untuk daerah terbuka dan jauh dari area akses internet.

Mereka dapat mendukung untuk memanfaatkan penggunaan internet dengan kecepatan yang sangat tinggi dan berhubungan dengan orang lain untuk peningkatan bisnis secara lebih baik.

Cara Kerja Access Point

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa access point menjadi gerbang penghubung perangkat nirkabel dengan jaringan lokal. Sehingga access point bekerja dengan menyediakan koneksi di antara jalur data sinyal RF yang dibentuk WiFi dengan jalur data elektrik yang dibentuk kabel ethernet.

Cara Kerja Access Point

Access point juga melakukan pengontrolan akses, toleransi kesalahan, enkripsi data dan manajemen jaringan. Biasanya perangkat ini disandingkan dengan router.

Ketika ada perangkat klien yang ingin mengakses jaringan melalui access point maka access point tersebut akan menentukan apakah mengizinkan atau tidak mengizinkan perangkat tersebut terhubung ke jaringan.

Access point bekerja untuk mengenkripsi sandi, yaitu dengan memeriksa kecocokan sandi pada access point dengan sandi yang diberikan oleh perangkat.

Apabila kata sandinya cocok maka perangkat akan diizinkan terhubung dengan jaringan.

Kemudian access point akan bertindak sebagai DHCP untuk memberikan alamat IP ke perangkat tersebut. Misalnya ketika anda mencoba mengakses internet melalui jaringan disuatu wireless publik maka sirkuit jaringan nirkabel pada perangkat mobile akan mengkoneksikan diri ke access point pada jaringan tersebut.

Apabila sudah terkoneksi dengan access point maka jendela browser yang dibuka akan menampilkan laman berisi permintaan untuk memasukkan kata sandi agar dapat terhubung dengan jaringan.

Bila kata sandi yang dimasukkan tepat maka access point akan mengizinkan pengguna terhubung ke jaringan. Access point akan memberikan alamat IP kepada Anda sehingga perangkat dapat berkomunikasi dengan perangkat lain dalam jaringan lokal.

F.A.Q

Apa Itu Access Point?

Access point adalah salah satu perangkat pada jaringan komputer untuk membuat jaringan nirkabel yang bersifat lokal.

Access point juga sering disebut sebagai Wireless Local Area Network (WLAN). Komponen ini terdiri dari antena dan transceiver yang bertugas untuk memancarkan dan menerima sinyal dari client server ataupun menuju client server.

Agar dapat memancarkan sinyal wifi, access point akan disambungkan ke perangkat keras seperti router atau hub atau switch melalui kabel ethernet.

Apa Itu HUB?

Hub adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan lainnya yang masih dalam lingkup yang sama. Artinya perangkat atau komputer yang terhubung melalui hub bisa saling bertukar informasi antar satu sama lain.

Apa Itu Router?

Router adalah suatu alat jaringan komputer yang berfungsi untuk mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan/ Internet ke tujuannya melalui suatu proses yang dikenal sebagai routing.

Mengapa Harus Menggunakan Access Point?

Untuk menjangkau koneksi jaringan internet yang lebih jauh dan lebih luas.

Berapa Harga Access Point?

Bagi Anda yang ingin membeli access point, harganya dijual mulai dari Rp 300 ribu hingga jutaan.

Apa itu Access Point Wifi?

Dalam ilmu jaringan komputer, pengertian Wireless Access Point perangkat keras yang memungkinkan perangkat wireless lain (seperti laptop, ponsel) untuk terhubung ke jaringan kabel menggunakan Wi-fi, bluetooh atau perangkat standar lainnya.

Apa itu Access Point dan fungsinya?

Access Point adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote. Denganaccess points (AP) clients wireless bisa dengan cepat dan mudah untuk terhubung kepada jaringan LAN kabel secara wireless.

SSID itu apa sih?

SSID atau Service set identifier adalah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah Jaringan WiFi. Ketika seseorang membuat sebuah Jaringan Nirkabel, maka harus ada sebuah nama yang digunakan untuk memudahkan pengguna dalam mengidentifikasi jaringan tersebut.

Akhir Kata

Demikian itulah penjelasan tentang apa itu access point beserta fungsi dan cara kerjanya.dengan memanfaatkan access point maka jangkauan koneksi serta jumlah perangkat yang bisa terhubung dengan carikan akan semakin bertambah dan luas. Semoga penjelasan diatas bermanfaat bagi pembaca dan bisa menambah pengetahuan seputar access point.

Tentang Penulis

Nurikhsani S.I.Kom.

Nurikhsani S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992