Komputer

Apa Itu Mikrotik & Cara Kerjanya + Kelebihan-Kekurangan

Apa itu Mikrotik
https://kuotabro.com

Apa Itu Mikrotik? Ketahui penjelasan lengkapnya tentang apa itu mikrotik beserta fungsi dan jenis-jenis dari Mikrotik berikut ini.

Kuotabro.comApa itu mikrotik? Dalam pembahasan kali ini kami akan membahas tentang apa itu mikrotik beserta fungsi dan jenis-jenisnya.

Bagi Anda yang belum mengetahui tentang mikrotik dan ingin mendapatkan informasi seputar mikrotik, maka berikut ini kami akan memberikan penjelasannya secara lengkap.

Pengertian Mikrotik

MikroTik atau yang lebih sering disebut sebagai Mikrotik RouterOS adalah sistem operasi yang digunakan sebagai network router. Mikrotik merupakan sistem operasi atau perangkat lunak yang digunakan untuk menjadikan komputer sebagau router network yang handal serta mencakup fitur yang dibuat untuk IP network dan jaringan wireless.

Fitur-fitur tersebut diantaranya seperti Firewall & Nat, Point to Point Tunneling Protocol, Routing, Hotspot, DNS server, Hotspot, DHCP server dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Mikrotik ini sebagai sistem operasi Linux base yang diperuntukkan sebagai network router dengan desain untuk memberi kemudahan bagi para pengguna.

Untuk administrasinya bisa dilakukan melalui Windows application. Instalasinya juga bisa melalui standard komputer PC.

Perangkat komputer yang dijadikan router mikrotik tidak memerlukan resource yang cukup besar jika digunakan untuk penggunaan standar seperti sebagai gateway.

Jika digunakan untuk kebutuhan yang berat seperti network yang kompleks atau routing yang rumit maka disarankan untuk mempertimbangkan pemilihan resource PC yang memadai.

Sejarah Mikrotik

Sejarah Mikrotik

Pada tahun 1996 John dan Arnis memulai dengan sistem Linux dan MS DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless LAN (W-LAN) Aeronet berkecepatan 2Mbps di Moldova. Barulah kemudian melayani lima pelanggannya di Latvia, karena ambisi mereka adalah membuat satu peranti lunak router yang handal dan disebarkan ke seluruh dunia. Prinsip dasar MikroTik bukan membuat Wireless ISP (WISP), tapi membuat program router yang handal dan dapat dijalankan di seluruh dunia. Hingga kini, MikroTik telah melayani sekitar empat ratusan pelanggannya.

Linux yang mereka gunakan pertama kali adalah Kernel 2.2 yang dikembangkan secara bersama-sama dengan bantuan 5 – 15 orang staf R&D Mikrotik yang sekarang menguasai dunia routing di negara-negara berkembang. Selain staf di lingkungan Mikrotik, menurut Arnis, mereka merekrut juga tenaga-tenaga lepas dan pihak ketiga yang dengan intensif mengembangkan Mikrotik secara maraton.

Kelebihan mikrotik

  • Mikrotik memiliki Operating System Kalo tidak salah di sebut RouterOs Mikrotik yang dibangun dengan core Linux opensource pula, yang menyebabkan router ini lebih murah dibanding dengan router lainnya.
  • Dari segi pengoprasiannya Mikrotik tergolong friendly dengan software winbox yang dimilikinya.
  • RouterOS Mikrotik juga sudah bisa mendeteksi berbagai macam ethernet card dari berbagai vendor yang ada.

Kekurangan mikrotik

Mikrotik mengeluarkan sertifikasi, namun sertifikasi tersebut masih kurang populer dibanding dengan vendor lain seperti cisco yang sudah diakui international Mungkin kurang bagus untuk menangani jaringan sekala yang besar karena dukungan hardwarenya.

Fungsi Mikrotik

Fungsi mikrotik sendiri dibedakan menjadi 3 fungsi utama. Yaitu mikrotik sebagai gateway, mikrotik sebagai hotspot dan negatif sebagai DHCP server.

Agar lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu fungsi mikrotik tersebut.

Mikrotik Sebagai Gateway Koneksi Internet

Sebagian besar penggunaan mikrotik yaitu dijadikan sebagai gateway koneksi internet. Disini mikrotik difungsikan sebagai jalan keluarnya jaringan LAN menuju ke internet (WAN).

Jaringan LAN tersebut dapat dikatakan sebagai klien ia menggunakan device yang berbeda seperti laptop, PC atau smartphone.

Selain difungsikan sebagai gateway, mikrotik juga berperan untuk mengatur lalu lintas data atau filtering.

Mikrotik dapat diatur untuk membuka dan menutup akses tertentu. Misalnya ketika client 1 tidak diperbolehkan untuk mengakses website A, klien 2 tidak bisa mengakses website b atau semua client tidak bisa mengakses beberapa website tertentu.

Selain digunakan untuk melakukan blocking akses internet, mikrotik juga difungsikan sebagai pengatur penggunaan bandwidth client.

Mikrotik Sebagai Gateway Hotspot

Mikrotik sebagai gateway hotspot atau access point merupakan fungsi lanjutan dari fungsi mikrotik sebagai gateway.

Pada mikrotik seri tertentu terdapat internal radio wireless seperti RB941-2nD-TC (Hap Lite) yang sudah menggunakan standar wireless  802.11b/g/n.

Pengguna bisa menggunakan mikrotik tersebut untuk akses poin bagi klien. fungsi dari wireless tersebut bisa diaktifkan maupun di non aktifkan.

Selain difungsikan sebagai access point, mikrotik juga digunakan sebagai hotspot seperti di lokasi-lokasi publik, RT RW net, kantor, sekolah maupun di lokasi manapun.

Pengguna harus menggunakan otentikasi untuk menggunakan fasilitas internet melalui perantara mikrotik sebagai gateway hotspot. Jenis autentikasi tersebut bisa dihubungkan dengan radius server.

Mikrotik sebagai hotspot juga bisa dikonfigurasi sesuai dengan kondisi instansi. Misalnya ketika tampilan halaman login dapat dimodifikasi sedemikian rupa sesuai selera pengguna.

Mikrotik Sebagai DHCP Server

Untuk fungsi yang satu ini sudah lazim digunakan dimana user tidak harus merubah atau melakukan konfigurasi IP address-nya, apalagi pada orang awam yang tidak paham untuk merubah IP.

User yang sudah terkoneksi ke jaringan LAN maka secara otomatis bisa mendapatkan IP dari mikrotik sesuai dengan aturan dan pool yang disediakan.

Beberapa instansi juga menggunakan DHCP server ini hanya untuk melakukan file sharing atau berbagi file dan printer sharing tanpa adanya koneksi internet.

Server diharuskan menggunakan IP statik dan untuk user lainnya dapat menggunakan DHCP.

Jenis-Jenis Mikrotik

Jenis mikrotik dibedakan menjadi dua, yaitu mikrotik router OS dan mikrotik routerboard. Untuk mengetahui perbedaannya, berikut ini penjelasan dari masing-masing jenis mikrotik tersebut:

Mikrotik Router Operation System

Ini adalah jenis mikrotik secara umum. Mikrotik RouterOS adalah jenis sistem operasi atau perangkat lunak yang dapat dijadikan sebagai router mikrotik dan di-install pada PC atau virtual machine. Sehingga PC maupun virtual machine tersebut akan memiliki fungsi sebagai router mikrotik.

Dengan menggunakan jenis mikrotik ini maka anda bisa membangun jaringan dengan skala kecil maupun kompleks secara lebih mudah.

Mikrotik RouterBoard

Untuk jenis mikrotik yang ini adalah sebuah perangkat keras atau hardware yang dibekali dengan prosesor, ROM maupun RAM yang digunakan untuk menjalankan router OS.

Karena bentuknya sebagai perangkat keras sehingga tidak memerlukan PC maupun virtual machine untuk menjalankannya.

Selain dijadikan sebagai router, tipe dari mikrotik routerboard ini difungsikan sebagai access point atau WiFi.

Mikrotik routerboard yang bisa dijadikan sebagai WiFi seperti RB411, RB433, RB600 dan lainnya.

Layaknya pada jenis Mikrotik Router OS, mikrotik ini memiliki fitur seperti bandwidth, firewall,  Sistem Hotspot, Wireless Access Point (WiFi), Virtual Private Netword (VPN) Server dan lainnya.

Fitur – Fitur Mikrotik

Mikrotik tidak hanya didukung dengan fitur sebagai perangkat router saja. Bagi Anda yang menginstalasi mikrotik router OS pada PC atau virtual machine maka anda akan memiliki beberapa dukungan fitur seperti Ethernet, ISDN,  Wireless Card, V35, USB Mass Storage, USB 3G Modem, E1/T1.

Adapun berikut ini beberapa fitur fitur pada mikrotik:

  • User management: fitur yang bisa digunakan seperti DHCP, Radius, Hotspot, dan lainnya.
  • Routing jaringan: fitur yang bisa digunakan seperti BGP, RIPng, RIP, OSPF, OSPF V3 dan lain sebagainya.
  • Firewall & NAT: fitur yang digunakan adalah fully-customized dan linux based.
  • QoS/ Bandwidth limiter : fitur yang digunakan adalah fully customized dan linux based.
  • Tunnel: fitur yang digunakan adalah EoIP, PPPoE, PPTP, L2TP, SSTP, OpenVPN dan lain sebagainya.
  • Real Time Tools: fitur yang digunakan adalah Torch, MRTG, watchdog, mac-ping,sniffer dan lain sebagainya.

F.A.Q

Apa Itu Mikrotik?

Mikrotik adalah sistem operasi (OS)dan perangkat lunak yang digunakan untuk menjadikan suatu komputer agar menjadi router network yang handal. Mikrotik mencakup beragam fitur yang dibuat untuk IP network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP, provider hotspot maupun untuk warnet.

Apa Fungsi Mikrotik?

Mikrotik didesain agar mudah digunakan dan biasanya digunakan untuk keperluan administrasi jaringan komputer . Misalnya untuk merancang dan membangun suatu sistem jaringan komputer  dalam skala kecil hingga yang kompleks atau yang lebih besar.

Bagaimana Cara Mengamankan Mikrotik?

  • Mengganti Username dan Password Router Mikrotik
  • Mengubah atau matikan Service yang Tidak Diperlukan
  • Non-Aktifkan Neighbors Discovery
  • Non-Aktifkan Fitur MAC Server
  • Non-Aktifkan Btest Server
  • Aktifkan Bootloader Protector
  • Aktifkan Firewall Filter yang DIgunakan Untuk Akses Service Router (DNS dan Web Proxy)
  • Ubah pin atau Non-Aktifkan Fitur LCD
  • Lakukan Backup secara berkala
  • Amankan Fisik Router

Berasal dari manakah Mikrotik?

Riga, Latvia

Siapa Penemu MikroTik?

Arnis Riekstins dan John Tully

Akhir Kata

Demikian itulah penjelasan tentang apa itu mikrotik beserta informasi lengkapnya mengenai fitur dan jenis-jenisnya. Bagi Anda yang masih awam tentang mikrotik, semoga informasi diatas dapat bermanfaat sebagai sumber pengetahuan baru pembaca.

Tentang Penulis

Nurikhsani S.I.Kom.

Nurikhsani S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992