Komputer

Program Aplikasi yang Wajib Ada di Laptop Windows 10

Aplikasi yang Wajib Ada di Laptop
https://kuotabro.com

Baru beli Laptop baru atau PC? Ini deretan Program Aplikasi yang Wajib Ada di Laptop Windows 10. Ada banyak yang bermanfaat dan berguna loh.

Kuotabro.com – Anda punya laptop baru dan terinstal Windows 10? Itu berarti Anda harus segera menginstal beberapa program penting yang harus ada di Windows 10.

Ada beberapa program aplikasi yang akan membantu untuk membuat kinerja laptop atau PC baru Anda lebih optimal.

Daripada sembarangan menginstal software, berikut ini Kami akan memberikan rekomendasi beberapa program yang harus Anda instal di laptop Windows 10.

Mulai dari program aplikasi browser, program anti virus, program booster hingga program game yang recommended khusus untuk Windows 10. Yuk, langsung saja simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Program Aplikasi Anti-Virus untuk Windows 10

Windows 10 saat ini menjadi sistem operasi yang cukup handal buatan dari Microsoft dengan berbagai fitur yang disediakan.

Namun meskipun begitu, Anda juga harus memperhatikan masalah keamanan sistem operasi ini dengan menggunakan software anti virus terbaik.

Untuk itu, berikut ini Kami memberikan beberapa rekomendasi aplikasi anti virus yang cocok diinstal di Windows 10:

Kaspersky Antivirus Protection

Kaspersky AntiVirus

Salah satu anti virus yang bisa diandalkan di Windows 10 adalah Kaspersky AntiVirus. Anti virus ini menawarkan fitur yang cukup mudah dari segi penggunaan.

Kaspersky AntiVirus memiliki fitur yang mampu melakukan update otomatis secara berkala dengan menggunakan scheduled update.

Biasanya aplikasi ini melakukan update setiap 3 jam sekali.

Avast Free Antivirus

AVAST Anti Virus

Program aplikasi anti virus lainnya yang cocok untuk Windows 10 adalah Avast. Aplikasi ini sudah cukup populer di kalangan pengguna Windows sebagai anti virus terbaik hingga saat ini.

Terlebih lagi, Avast tersedia dalam versi gratis maupun premium berbayar.

Program anti virus yang dikembangkan oleh Alwil Software dari Eropa ini memang cukup mumpuni dalam melindungi perangkat komputer kita dari serangan virus.

Selain itu, Avast juga cukup ringan digunakan sehingga tidak membebani Laptop Anda.

Bitdefender

Bitdefender Total Security

Program anti virus yang satu ini juga terbilang sangat bagus untuk diinstal di Windows 10 Anda. Karena Bitdefender memiliki kemampuan untuk mendeteksi lebih dari 97 persen virus.

Adanya dukungan scanning terhadap lalu lintas online terhadap email, website maupun instant messenger sehingga membantu perangkat komputer agar terhindar dari infeksi virus berbahaya.

Bitdefender adalah perusahaan cyber dan anti virusdari Rumania yang sudah didirikan sejak tahun 2001.

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh anti virus ini diantaranya protection file yang bagus, konsisten untuk menyingkirkan malware, blok isaha pencurian identitas (Phising) serta dukungan untuk mempertahankan daya tahan baterai.

Malwarebytes Cybersecurity

Malwarebytes Cybersecurity

Serangan malware berbahaya memang menjadi infeksi yang paling dikhawatirkan oleh para pengguna PC atau Laptop.

Bagi Anda yang menggunakan Windows 10, program anti virus yang satu ini bisa jadi pilihan anti virus terbaik.

Cara kerja dari Malwarebytes memang berfokus untuk melindungi PC dari serangan malware berbahaya dan menghapusnya secara menyeluruh.

Yang terpenting, program ini tidak akan membuat kinerja perangkat Anda menjadi lemot.

McAfee – Security Solutions for Cloud, Endpoint and Antivirus

McAfee - Security Solutions

Program anti virus yang dikembangkan oleh perusahaan lunak antivirus dari California, Amerika Serikat ini juga cukup bagus bagi pengguna Windows 10.

Ada beberapa kelebihan dari program antivirus ini, diantaranya mampu menghambat lajunya virus, menghapus virus dari file-file terinfeksi, serta dapat mendeteksi dan menghapus virus secara otomatis.

Program Aplikasi Browser untuk Windows 10

Program aplikasi browser menjadi salah satu software penting yang harus ada di semua PC, termasuk yang menggunakan Windows 10 untuk berselancar di dunia internet.

Melalui software browser memungkinkan Anda untuk mendapatkan berbagai informasi di internet.

Untuk pengguna Windows 10 sendiri sebenarnya sudah ada browser default, yaitu Microsoft Edge. Namun bagi yang ingin rekomendasi web browser lainnya, berikut ini beberapa program aplikasi Browser terbaik:

Google Chrome

Google Chrome Browser

Untuk web browser yang satu ini memang sudah cukup populer di kalangan pengguna PC maupun Laptop.

Apalagi Chrome terpasang secara otomatis di beberapa perangkat laptop. Web browser buatan dari Google ini memang cukup bisa diandalkan untuk memberikan pengalaman berselancar di internet yang terbaik.

Berdasarkan data statistik menyatakan bahwa web browser ini menjadi pilihan nomor satu untuk internetan, termasuk untuk pengguna Windows 10.

UCBrowser

UCBrowser

Meskipun sebagai pendatang baru di dunia browser, namun sepertinya UC Browser ini cukup handal digunakan untuk berselancar di dunia maya.

Salah satu keunggulan dari web browser ini yaitu mampu membuka sebuah halaman website 130% lebih cepatย  dibandingkan browser lain.

Mungkin inilah yang menjadi alasan mengapa web browser yang satu ini diterima cukup baik di kalangan pengguna perangkat Laptop.

Mozilla Firefox Quantum

Mozilla Firefox

Web browser yang ini memang dirilis oleh Mozila sebagai bentuk update dari Mozilla Firefox yang menawarkan kecepatan akses lebih baik.

Disisi lain, Firefox Quantum juga memiliki banyak fitur keamanan yang lebih mumpuni, ditambah dengan dukungan teknologi baru dua kali lebih cepat dari web browser yang sebelumnya.

Sedikit berbeda dengan yang sebelumnya, untuk web browser ini memiliki ukuran yang lebih ringan sehingga aksesnya juga lebih cepat tanpa lemot.

Program Aplikasi Multimedia untuk Windows 10

Perkembangan multimedia memang dari tahun ke tahun semakin canggih dan semakin berkembang pesat.

Software multimedia adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah berbagai jenis media informasi seperti gambar, video, foto, audi dan lainnya.

Khusus untuk Windows 10, berikut ini beberapa program aplikasi Multimedia yang recommended untuk diinstal:

VLC Media Player

VLC Media Player

Setiap pengguna Laptop, pastinya sesekali ingin menggunakannya untuk menonton video bukan? Aplikasi VLC Media Player ini recommended untuk digunakan sebagai pemutar DVD terbaik.

Perlu Anda ketahui bahwa Windows 10 tidak seperti jenis OS Windows lainnya yang bisa menggunakan pemutar DVD melalui berbagai software out of the box.

Untuk itu, Kami menyarankan Anda untuk menggunakan VLC Media Player yang bisa digunakan pada Windows 10.

Software ini bisa digunakan untuk memutar video jenis Blu-Ray, dan bahkan juga bisa digunakan untuk memutar file musik.

Spotify: Music for everyone

Spotify: Music for everyone

Sekarang sudah bukan jamannya lagi mengundug lagu-lagu dari browser yang rentan terhadap risiko virus berbahaya.

Sebagai alternatifnya, Anda bisa menggunakan software Spotify yang cocok diinstal di Windows 10 sebagai aplikasi streaming dan downloadn lagu-lagu melalui smartphone maupun PC.

Melalui software ini memungkingkan Anda untuk menemukan jutaan lagi dari berbagi genre.

Disisi lain, aplikasi multimedia yang satu ini menyediakan layanan streaming yang legal dikarenakan menyediakan hak digital manajemen yang dilindungi dari label rekaman.

Tersedia fitur premium bagi Anda yang ingin mendengarkan lagu tanpa adanya gangguan iklan.

Movie Maker for Youtuber & Instagram

Movie Maker for YouTube & Instagram

Sesuai dengan namanya, dengan memasang software ini di Windows 10 Anda, memungkinkan untuk mebuat video dan gambar yang menakjubkan dan dibagikan di Instagram maupun Youtube.

Program aplikasi berbasis desktop ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai dunia media sosial atau yang bekerja menggunakan situs-situs sosial.

Dalam program ini terdapat alat yang bergunaย  sebagai filter untuk video editing. Selain itu Anda juga bisa memanfatkan fitur untuk menggabungkan video atau memangkasnya.

Ada banyak efek keren yang akan membuat video editing Anda lebih keren. Yang jelas, program aplikasi ini cocok digunakan bagi pengguna Windows 10 dan cukup ringan untuk digunakan.

Program Aplikasi Game Terbaik untuk Windows 10

Jaman sekarang, siapa sih yang tidak suka main game? Sebagai salah satu pengisi waktu luang terbaik, main game menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Namun jika Anda ingin menginstal program aplikasi game untuk Windows 10, sebaiknya memilih jenis game yang tepat.

Karena tidak semua game PC kompatibel dan cocok digunakan para perangkat Windows 10. Apalagi jika spesifikasi laptop yang Anda gunakan kurang mumpuni.

Untuk itu, beriku ini beberapa rekomendasi program aplikasi game terbaik yang bisa Anda instal di Windows 10:

Sniper Fury

Sniper Fury Game

Bagi pengguna Windows 10 yang sangat menyukai game tembak-tembakan, Anda bisa menggunakan aplikasi game yang satu ini.

Game ini sangat cocok bagi pengguna Windows 10 dengan tampilan grafis yang bagus sehingga membuatnya lebih menarik.

Untuk mendapatkan game ini, Anda bisa mengunduhnya melalui Microsoft Store secara gratis.

Asphalt 8: Airborne

Asphalt 8: Airborne

Jika suka dengan game balap, Asphalt 8: Airbone ini harus Anda instal di laptop atau PC Windows 10 Anda.

Bahkan hingga saat ini game Asphalt masih menjadi game balap terbaik dengan tampilan grafis yang sangat menarik.

Puluhan juta pengguna sudah memainkan aplikasi game yang satu ini.

Dragon Mania Legends – Gameloft

Dragon Mania Legends - Gameloft

Apabila Anda kurang cocok dengan game tembak-tembakan atau game balap, mungkin aplikasi game santai ini cocok jadi pilihan Anda.

Pasalnya di aplikasi ini pemain akan berimajinasi memiliki peliharaan naga dari berbagai spesies.

Game terbaik untuk Windows 10 ini bisa Anda dapatkan secara gratis melalui Microsoft Store.

Program Aplikasi untuk Windows 10 Lainnya

Selain beberapa kategori program aplikasi untuk Windows 10 yang sebelumnya, berikut ini juga ada rekomendasi aplikasi terbaik lainnya yang harus Anda instal di OS Windows ini.

Microsoft Office

Microsoft Office

Jelas, setiap pengguna laptop atau PC wajib untuk memiliki program atau software Microsoft Office.

Software ini menyediakan program yang lengkap, mulai dari pengolah data, pengolah angka, dan lainnya.

Disisi lain, Microsoft Office sangat kita butuhkan untuk menunjang berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan dokumen.

Biasanya perangkat lunak ini secara otomatis sudah terinstal di PC atau laptop yang baru Anda beli sehingga tidak perlu menginstalnya secara manual.

Adobe Acrobat Reader

Adobe Acrobat Reader

Terutama bagi Anda yang bekerja dengan dokumen-dokumen sejenis PDF, maka wajib untuk menginstal software Adobe Acrobat Reader DC ini di Windows 10 Anda.

Melalui software ini memungkinkan Anda untuk membaca ebook atau file-file yang berekstensi PDF.

Adobe Acrobat sendiri menjadi PDF Reader terbaik untuk pengguna Windows 10 sebagai perangkat lunak yang dikembangkan oleh perusahaan ternama, Adobe Sistem.

Antar muka dari softwareย  ini sangat user friendly sehingga cukup mudah digunakan oleh pengguna awam sekalipun.

Selain itu, Adobe Acrobat Reader DC juga menjadi perangkat lunak yang ringan untuk digunakan serta hemat konsumsi sumber daya.

WinRAR Archiver

WinRAR Archiver

Selain jenis file dengan format PDF, sepertinya banyak juga file-file dengan ekstensi ZIP atau RAR.ย  Untuk membuka file dengan format seperti itu, maka Anda harus menggunakan software WinRAR ini.

Software ini sangat ringan digunakan, baik untuk membuka dokumen RAR/ ZIP maupun untuk membuat file menjad format tersebut.

Adobe Photoshop

Adobe Photoshop

Sebagian besar dari pengguna PC pasti sudah familiar dengan aplikasi editing yang satu ini.

Adobe Photoshop memang hingga saat ini masih menjadi software terbaik yang digunakan utnuk editing segala jenis gambar.

Meskipun biasanya yang memanfaatkan aplikasi ini dari kalangan profesional desain grafis, namun sebenarnya ada beragam fitur bermanfaat dari Adobe Photosop.

Misalnya untuk mengecilkan ukuran file foto atau hasil scan, crop gambar, atau untuk kepentingan ringan lainnya.

Sayangnya, untuk versi originalnya software ini berbayar, sehingga tidak dapat dinikmati secara gratis.

Internet Download Manager (IDM)

Internet Download Manager (IDM)

Software buatan New York ini memang mendapatkan predikat terbaik sebagai software dengan fitur untuk memaksimalkan kecepatan download.

Software ini memiliki kemampuan mulipart dimana akan membagi file yang kita downloadn menjadi beberapa bagian ketika proses download, lalu akan digabungkan kembali ketika proses download sudah selesai.

Dengan kemampuan tersebut memungkinkan software ini untuk memberikan kemampuan download yang sangat mumpuni dan cepat.

Bahkan file yang kita download menggunakan software ini terbebas dari virus-virus berbahaya karena memiliki kemampuan untuk mendeteksi keberadaan virus dengan cepat.

Ninite

Ninite

Sudah pernah mendengar tentang perangkat lunak yang satu ini? Ninite adalah salah satu rahasia ketika ingin mempercepat proses instalasi suatu program aplikasi di laptop baru.

Melalui software ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan software lain yang diinginkan dengan lebiih mudah dan praktis.

Sehingga dengan Ninite Anda tidak perlu membuang-buang waktu karena harus menginstal satu persatu aplikasi yang sedang dibutuhkan. Menarik sekali bukan?

Karena memang di jaman yang serba canggih saat ini, apapun bisa didapatkan secara lebih efektif.

CCleaner

CCleaner

Software ini tidak boleh ketinggalan untuk diinstal di Windows 10 Anda jika tidak mau perangkat lemot.

Salah satu penyebab perangkat laptop atau PC lama kelamaan menjadi lemot yaitu karena menumpuknya junk atau file sampah di perangkat yang Anda gunakan.

Junk tersebut bisa berupa cookies, history atau jenis file-file sampah lainnya. Pastikan untuk memasang software ini di perangkat Anda dan lakukan pembersihan secara teratur hanya dengan satu kali klik saja.

Wunderlist

Wunderlist

Software yang recommended diinstal di Windows 10 ini berguna untuk mencatat segala macam agenda yang harus Anda persiapkan.

Salah satu kelebihan dari software ini yaitu memungkinkan Anda untuk menyisipkan file, gambar bahkan musik sehingga terlihat lebih rapi dan indah.

So, jangan lupa untuk memasang software yang satu ini di perangkat Windows 10 yang Anda gunakan.

WhatsApp Desktop

WhatsApp Desktop

Mengingat saat ini WhatsApp menjadi aplikasi Messenger terbaik untuk berkirim pesan chat, sehingga Anda bisa menginstal aplikasi ini di perangkat PC atau Laptop Anda.

WhatsApp memang tidak hanya tersedia di smartphone saja, melainkan juga di perangkat Laptop.

Dengan begitu, ketika Anda membutuhkan aplikasi ini untuk kepentingan komunikasi kerja akan jadi lebih praktis tanpa harus menggunakan smartphone.

Akhir kata

Demikian itulah deretan program atau software yang wajib untuk diinstal pada Windows 10.

Banyak dari software-software di atas yang sangat penting dan bermanfaat untuk menunjang aktivitas Anda sehari-hari.

Semoga informasi di atas bermanfaat bagi pembaca.

Tentang Penulis

Nurikhsani S.I.Kom.

Nurikhsani S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992